Tuesday, September 15, 2015

10 Oleh-Oleh Khas Semarang Paling Hits :)

Dear Temans,

Haii posting lagii.
Kali ini, dakuw mau nulis tentang 10 oleh-oleh khas Semarang paling hits, yaa. Siapa tahu kalian yang mau berkunjung ke Semarang dan ingin cari oleh-oleh khas Semarang, bisa mencontek tulisan ini hehe. Boleeh. Apa saja sih cemilan enak dan lezat khas Semarang? Intip yuuk...

1. Lumpia Semarang

Lumpia atau loenpia sudah menjadi oleh-oleh incaran wisatawan yang berkunjung ke Semarang. Cemilan ini adalah gorengan berisi rebung dan berbagai macam isian seperti daging ayam, daging sapi hingga ikan. Dibandingkan oleh-oleh lain, lumpia termasuk mahal harganya. Tapi, mengenyangkan karena bentuknya yang besar. 

Oleh-Oleh Khas Semarang
lumpia Semarang

Di Semarang, bertebaran toko atau gerai yang menjual lumpia berbagai merek. Di pusat oleh-oleh seperti Pandanaran, atau Gerdung UMKM Center juga menyediakan cemilan ini. Salah satu yang ngehits di Semarang adalah loenpia Mbak Lien di Jalan Pemuda, Semarang. 

2. Bandeng Presto

Salah satu oleh-oleh favorit dakuw nih. Ikan bandeng yang terkenal lezat tapi banyak durinya ini, menjadi menu lezat setelah dimasak dengan cara presto. Durinya menjadi lembut hingga tidak berbahaya bila disantap. Bandeng ini bisa tahan beberapa hari lho, jadi cocok banget untuk oleh-oleh.

Oleh-Oleh Khas Semarang
bandeng presto
Salah satu tempat yang sering dikunjungi pembeli untuk membeli bandeng presto adalah Bandeng Djuwana,  di Jalan Pandanaran. Di toko ini, ada jasa pengiriman oleh-oleh lho. Jadi jika kalian berkunjung ke Semarang tapi malas pulang menenteng oleh-oleh. Kirim saja via JNE di toko itu. Praktis hehe.
Oleh-Oleh Khas Semarang
bandeng juwana toko oleh-oleh di Pandanaran (Foto:www.ceritaeka.com)
3. Wingko Babat

Penganan terbuat dari tepung dan bertekstur kenyal dan berwarna-warni ini, sebenarnya makanan khas dari Babat, Jawa Timur. Namun, kini dijadikan oleh-oleh khas Semarang juga karena banyak dijual di Semarang.

Oleh-Oleh Khas Semarang
wingko babat dijual di Toko Ibu Pudji Ungaran
Salah satu toko yang hits karena wingko babatnya yang yummi adalah Toko Wingko Babat Cap Kereta Api di kawasan Kota Lama Semarang. Pemiliknya sudah menjual wingko babat sejak tahun 1946, nyaris seusia Republik Indonesia! Sebelum menempati tokonya di Jalan Cenderawasih 14 Kota Lama Semarang, mereka berjualan di dekat stasiun Tawang.

Oleh-Oleh Khas Semarang
wingko babat cap kereta api yang legendaris

4. Tahu Baxo

Tahu baxo adalah cemilan khas Ungaran, Kabupaten Semarang.
Di Semarang, bisa dibeli di pusat oleh-oleh seperti gedung UMKM Center Jalan Banyumanik atau pusat oleh-oleh Pandanaran. Kalau di Ungaran, dimana-mana ada toko yang menjual cemilan ini dalam berbagai merek.

tahu baxo (Foto: seputarsemarang.com)
Salah satu toko yang terkenal adalah tahu baxo Ibu Pudji di Ungaran.
Tahu baxonya  berukuran besar, rapi bentuk tahu baxonya. Tahu baxo Ibu Pudji dikenal bebas formalin, borax dan bahan pengawet. Ia memiliki beberapa gerai yang tersebar di Semarang, Ungaran dan Bawen. Selain Bu Pudji, tahu baxo Bu Tum juga enak.

5. Roti Ganjel Rel

Salah satu roti terkenal di Semarang. Ganjel rel atau roti gambang adalah semacam bolu yang bertekstur padat, rasanya manis dan memiliki aroma jahe. Jika dimakan meninggalkan kesan nyangkut di leher, hehe. Konon, bentuknya mirip bantalan rel kereta api, kerasnya juga sama mungkin ya, hihi. Terinspirasi roti inilah komunitas blogger perempuan Semarang Gandjel Rel, didirikan.

Oleh-Oleh Khas Semarang
roti ganjel rel (sumber foto: Wikipedia)

Ceritanya nih, kami pengen jadi blogger yang padat ilmunya dan meninggalkan kesan manis dan unyu hihihi. Dulu, agak sulit didapat dan harus blusukan di Pasar Johar atau pas dugderan. Tapi, kini bisa mudah dibeli di toko kue dan roti di Semarang semacam Toko Dyriana dan Toko Elrina, Pandanaran. Teksturnya pun dimodifikasi sehingga nggak sulit ditelan lagi.

6. Kue Moaci atau kue moci

Kue moci yang sering dakuw makan adalah kue moci dari Sukabumi.
Ternnyata, di Semarang juga ada kue moci yang enaak. Kue berbentuk bulatan kecil terbuat dari tepung, berlapis gula putih bubuk, berisi kacang atau wijen ini ternyata digemari wisatawan untuk jadi oleh-oleh Semarang.

Oleh-Oleh Khas Semarang
kalau ini kue moaci merek kiki dari Semarang juga

Di Semarang, kue moaci merek Gemini yang sering diburu orang karena rasanya yang enak dan dibuat tanpa bahan pengawet. Tokonya terletak di Jalan Kentangan Barat 101, Semarang dan beberapa cabang lain di Semarang. Kemasannya berwarna merah dan terdiri dari beberapa macam ukuran kotaknya.

7. Brownies Opium

Tenang, ini bukan brownies rasa ganja yang akhir-akhir marak diberitakan karena dijual online dan digrebek polisi pabriknya. Opium Premium Brownies & Chocolate adalah toko kue yang menjual brownies premium di Semarang.
Oleh-Oleh Khas Semarang
brownies opium (foto: www.picbi.com)
Sesuai namanya, kuenya memang bikin nagih, kecanduan karena rasanya yang lezat dan nyoklat bangeeet. Opium ini sudah ada beberapa gerai di Semarang antara lain Jalan Jati Raya No. F-12 C, Banyumanik. Ada juga di Jalan Erlangga Barat 7 No. 6 Semarang.

Oleh-Oleh Khas Semarang
stand Opium di bazaar Lawang Sewu Semarang
8. Kopi Banaran & Kopi Gunung Kelir

Kopi Banaran adalah kopi hasil produksi PT. Perkebunan Nusantara IX wilayah Jawa Tengah. Perkebunannya sendiri berada di Jalan Ungaran-Solo KM 35, Bawen. Perkebunan ini dijadikan tujuan  agrowisata dengan nama Kampoeng Kopi Banaran. Selain berkemah, outbound, kita bisa piknik juga lho disana. Pulangnya, bisa membeli kopi enak dalam kemasan kotak dengan harga terjangkau di toko oleh-olehnya.

Oleh-Oleh Khas Semarang
kopi banaran bawen kabupaten semarang
Selain kopi Banaran, kopi Gunung Kelir produksi Jambu, Kabupaten Semarang bisa menjadi oleh-oleh khas Semarang yang yummi. Kopi Gunung Kelir bisa dibeli di CJ Mart, Gedung UMKM Center, Jalan Banyumanik Semarang.

kopi gunung kelir produksi Jambu kabupaten Semarang









9. Torakur

Kalau ini, manisan khas Bandungan, Kabupaten Semarang yang unik.
Terbuat dari buah tomat yang dikeringkan, dan tadaa..setelah jadi, tekstur, bentuk dan rasanya menyerupai buah kurma Arab! Hihi. Makanya diberi nama Torakur alias tomat rasa kurma. Cocok nih dijadikan oleh-oleh khas Semarang karena enak dan unik. Khas banget. Dijual dalam kemasan kota kecil seharga Rp.20.000 an.

torakur produksi Bandungan
10. Kaos Semarangan & Pernak-Pernik

Nggak lengkap kalau hanya bawa oleh-oleh berupa makanan ya. Ada banyak toko yang menjual kaos dan souvenir khas Semarang. Salah satu tokonya adalah Toko Wingko Babat Kereta Api di Jalan Cenderawasih No.14, Kota Lama Semarang.

magnet kulkas khas Semarang
Disana tersedia kaos bergambar khas Semarang seperti gambar Lawang Sewu, Gereja Blenduk dan lainnya. Ada juga gantungan kunci dan magnet tempelan kulkas bahkan kartu pos bergambar Kota Semarang. Selain itu, ada juga toko kaos namanya Kas Cloth atau Kas Store Clothing beralamat di Jl Menoreh Raya 76 Sampangan Semarang. Punya akun Twitter @kascloth. Desain kaosnya khas Semarang, unik dan keren.

desain kas cloth khas semarang
Jadi, sudah siap berburu 10 oleh-oleh Semarang paling hits? Kalau main ke Semarang, jangan lupa berburu oleh-oleh yaaa...hehe..

36 comments:

  1. Makasih Mbak referensinya, Insya Allah akhir bulan mau ke Semarang lagi neh tapi bareng orang kantor.

    ReplyDelete
  2. Suka sama yang ngehits-ngehits, kekinian banget pokoknya. Duluuuu, kemasan lumpia pake kardus, sekarang dah berubah ya mba dew?

    ReplyDelete
  3. Ini semua nggak ada yg nggak aku suka Mak hihihi.. Bandeng Djuwana itu enak sekali.

    ReplyDelete
  4. no 1,2,3 dan 6 aja yang familiar nih...

    ReplyDelete
  5. Kalo pulang ke Purworejo biasanya bawa tahu bakso sm lumpia....habis enak siih, dimakan anget2 sambil minum teh. Etapi mocinya juga enak, apalagi yg isinya kacang dan bertabur wijen. Nyaamm...

    ReplyDelete
  6. Penasaran sama torakur dan ganjel relnya :)

    ReplyDelete
  7. sampe sekarang,penasarannn banget sama lumpia semarang,pingin bangettt^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa iya ya bumiil..coba lumpia bisa dikirim, kukirim deh..ngga tahan lama soalnyaa....

      Delete
  8. oleh-oleh khas semarang aku cuma pernah nyobain wingko babat saja mba yang lain nya belum kalo moci pernah nyobain tapi bukan dari semarang hehehehehe

    ReplyDelete
  9. Hadjuuu aku gak pernah kenyang kalo makan sama bandeng prestooo. Pernah saking pengennya jadi beli yg ada di supermarket-supermarket itu tapi rasanya beda :(

    ReplyDelete
  10. Kemarin cuma sempat beli lunpia buat oleh-oleh keluarga.. Soalnya itu favorit keluarga banget :D

    ReplyDelete
  11. Sampe sekarang aku masih penasaran dong mbak sama lunpia gg lombok. Tapi berhubung gosipnya non halal, jadi ya nggak pernah nyobain..:D

    ReplyDelete
  12. Ralat Dew. Moaci bukan ditaburi gula halus, tapi itu tepung yang sudah disangrai mateng :D

    Hoaa, jadi lapar deh BW di sini. Kangen pulang Semarang

    ReplyDelete
  13. Sebagian besar aku pasti beli kalau ke Semarang. Yg produk2 baru itu belum, kecuali yg tahu baxo itu aku suka krn disini ada cabangnya.

    ReplyDelete
  14. Duh nyesel kenapa dulu ke Semarang nggak nyicipin lumpianya hiksss

    ReplyDelete
  15. kopiii banaraaann iiihhhh enaak bangettt *bukan pencinta kopi aja demeenn nii sayaa...

    ReplyDelete
  16. lumpia semarang mang tiada 2 nya nyari di sini muahalllll
    kangen isi rebunggg

    ReplyDelete
  17. Cuma kaos aja yang belum aku punya, hihiii, mungkin mba Dew mau ngasih dakuw? *minta dijitak

    ReplyDelete
  18. Paling suka tahu bakso sama Lumpia semarang mbaak.Ngangenin..

    ReplyDelete
  19. aku dikirimin torakur dong mbak hehehe malak

    ReplyDelete
  20. Torakur..? Penasaran.... Bahan bakunya murah-meriah klo pas lagi musim *bakule kreatif, tomat bisa diberdayakan jadi oleh-oleh

    ReplyDelete
  21. Aku suka Bandeng Prestonya ... soalnya kalau dibagi ke tetangga bisa buat lauk. Dan hampir semua tetangga menyukai bandeng.

    Salam santun

    ReplyDelete
  22. selalu bawa Lunpia dan tahu bakso. biasanya aku cemil juga dalma kereta. dua duanya bikin kenyang

    ReplyDelete
  23. Itu lumpianya bikin ngilerrrr, mb Dew :((( hiks

    ReplyDelete
  24. Torakur jarang2 nemu di semarang seh kayanya klo dibandungan atau kab.semarang banyak x ya mbak

    ReplyDelete
  25. Jika mau membeli oleh-oleh khas Semarang bisa mengunjungi http://www.yobels-snack.com/ banyak oleh-olehnya, rasa mantap dan harga terjangkau.

    ReplyDelete
  26. Waaa, favoritku ditaruh di urutan pertama, hiks, bikin kangen mbaa.
    Di Bogor susah banget cari lumpia isi rebung

    ReplyDelete
  27. Wahhh...info yang afdol. Orang Semarang tapi nggak tahu banyak pusat oleh-oleh di kotanya.
    Tengkiyu, Mbak Dedew.

    ReplyDelete
  28. jadi pengen tahu baxoo... enak tau

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...