Buku Terbaruku Petualangan Rumi Sudah Terbit!

Dear Temans,
Aku sudah pernah cerita kan pada suatu hari di tahun 2017, aku mengajak sobat-sobat lama penulis buku anak gabung lagi di sebuah grup Whatsapp.
Buku Petualangan Rumi  Dewi Rieka Grasindo
Petulaangan Rumi on Books Store!
Mendadak kangen bercanda ria dengan mereka dan obrolin literasi. Ternyata, kerinduanku itu disambut gembira oleh mereka dan kami kembali menjalin silaturahmi.

Keberadaan mereka ternyata benar-benar mendongkrak semangatku untuk menulis buku lagi. Ya, beberapa tahun ini, aku sibuk mengurus blog dan tidak menulis naskah buku. Padahal, Mas Pemred berkali-kali menagih naskahku. Terlalu! Katanya penulis buku kok nggak nulis-nulis? Akhirnya kucanangkan #2019BukuBaru disetiap postingan di media sosial. Sebagai harapan dan doa.

Buku Petualangan Rumi  Dewi Rieka Grasindo
Sebagian member Geng Penulis Ceria 

Berawal dari penasaran dan dikompori Mbak Tria Ayu, akhirnya member Geng Penulis Ceria jadi tertarik ikutan lomba Gerakan Literasi Nasional 2018 yang diadakan Kemdikbud.  Mulai dari mencari ide tulisan hingga selesai jadi buku sekitar dua bulan. Ternyata, proses menulisnya seru banget.

Gimana tidak, Mulai dari mencari narasumber untuk naskah buku non fiksi hingga terpaksa memangkas isinya karena kepanjangan.  Belum lagi mengurusi layout, cari foto pelengkap, dan mencari layouter dan ilustrator.  Hingga berburu percetakan murmer, hihi. Iya, lomba GLN tahun ini tak hanya naskah tapi berupa buku lengkap siap baca! Rempong!

Buku Petualangan Rumi  Dewi Rieka Grasindo
Dua buku yang gagal di GLN 2018

Sungguh lomba yang menghebohkan.
Begini rasanya menerbitkan buku indie,  ya. Berkesan banget karena sudah lama aku nggak menulis buku. Setelah dikirim, aku pasrah. Apapun hasilnya serahkan pada Allah.

Dan hasilnya, cukup bikin aku lemas. Hihi.
Kedua naskah bukuku gagal lolos. Dua naskah buku untuk SD dan SMA kalah dengan sukses. Padahal, sudah ditulis dari hati, hehe. Ya, Namanya saja kompetisi. Tak lama-lama kok patah hatinya.

Karena sayang kalau tak dibaca, kedua naskah yang kalah lomba aku kirimkan ke BIP. Beberapa bulan kemudian, dapat email kalau naskah buku anakku ditolak. Baiklah. Tapi, dapat kabar baik kalau naskah buku satunya tentang travel blogger diterima! Hore!
Buku Petualangan Rumi  Dewi Rieka Grasindo
Sketsa awal Rumi 

Naskah buku anak akhirnya kukirim lagi ke Gramedia Pustaka Utama dan ditolak kembali. Huhu. Padahal, Penerbit GPU adalah targetku sejak dahulu. Aku kembali menulis naskah buku lain, Anak Kos Dodol.

Tiba-tiba, aku dihubungi seorang editor senior yang baik hati, Bu Maria dari adiknya GPU, yaitu Grasindo dan mencari masalah buku anak. Akhirnya, kukirimkan lagi naskah bukuku pada beliau.

Buku Petualangan Rumi  Dewi Rieka Grasindo
Sketsa awal

Tak disangka, beliau suka dan kami pun mendandani naskah ini bersama-sama lewat email dan chat Whatsapp. Ia ingin buku ini ditambahi beragam kegiatan aktivitas untuk anak SD.

Aku lalu membeli buku Lautan Susu Cokelat karya Mbak @rennyyaniar yang juga diterbitkan @grasindo_id. Untuk pertama kalinya, aku membuat kegiatan aktivitas untuk anak SD. Cukup rumit juga, ya!

Petualangan Rumi

Rumi adalah sebuah mobil yang didesain seperti rumah mungil. Rumi yang dikendarai oleh Papa, mengajak Agga dan Moza melakukan petualangan seru! Mereka menjelajahi beberapa kota di Indonesia dan tak lupa mencicipi kuliner khas di tiap kota.

Buku Petualangan Rumi  Dewi Rieka Grasindo
Calon sampul buku

Apakah kalian sudah pernah mencoba makan es pala dari Bogor, nasi jamblang dari Cirebon, tauto dari Pekalongan, sate bumbon dari Kendal, lumpia rebung dari Semarang, tahu tek dan rujak cingur dari Surabaya, serta ayam betutu dari Bali? Ikuti Petualangan Rumi yang dilengkapi aneka aktivitas seru seperti mewarnai, teka teki silang, labirin, dan mencari perbedaan.

Ayo, ke mana lagi Agga dan Moza akan bertualang bersama Rumi?  Penasaran? Ayo dong beli bukunya! Hihi. Buku ini seru untuk kado ultah buah hati, adik atau keponakan tersayang, lho!

Aku mendapat ide buku ini saat keranijngan menonton seri Tiny House  di HGTV. Aku membayangkan seru sekali kalau anak-anak berpetualangan dengan mobil rumah di Indonesia ya!!

Buku Petualangan Rumi  Dewi Rieka Grasindo
Isi bagian dalam Petualangan Rumi

Buku ini kugarap selama kurang-lebih tiga bulan bersama Ibu Maria. Kami saling tukar pikiran, berdiskusi tentang naskah ini. Bu Maria aktif mengirim contoh ilustrasi dan menanyakan pendapatku. Bahkan gambar mobil Rumi beberapa kali  direvisi. Aku jatuh cinta pada ilustrasinya yang cantik hasil karya Inke.

[21/2 10.38] Bu Maria Grasindo: Pertanyaan ilustrator: kue tradisional apa sj ya yg diinginkan?
[21/2 10.39] Maria Grasindo: Inke sdh membuat lumpia semarang..getuk...gawol...kue merah yg bawahnya sama bolu kukus..

[21/2 10.40] Coba saya cari lagi ya Bu..bagaimana kalau kue barongko dari Makassar? Timus juga bisa..

Itulah sekelumit percakapan kami.
Tak disangka, bukunya sudah selesai dicetak dan sudah terbit tanggal 29 April 2019 dan akan tersedia secara bertahap di toko buku di kotamu.  

Alhamdulillah, setelah  beberapa tahun tidak menerbitkan buku, akhirnya terkompori juga aku menulis buku lagi. Insya Allah, aku akan terus berkarya baik lewat blog dan buku.

Terima kasih Bu Maria dan @grasindo_id, terima kasih banyak doa dan dukungannya ya keluarga dan teman-temanku tersayang, sangat berarti untukku! Jangan lupa beli Petualangan Rumi dari Penerbit Grasindo, ya! Kutunggu kesan-kesan kalian!
Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

54 Comments

  1. Keren maak produktif sekali dan cepat mup on yaaah.

    ReplyDelete
  2. Wah selamat mba Dedew. Saya baca tulisan mba Dedew kali ini ngga kerasa abis 3 bolang-baling 😂 Jadi pengen beli bukunya buat adik deh. Pasti adikku suka

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen baca dan jalan2 bareng Rumi

    ReplyDelete
  4. Selamat ya atas bukunya. Dari dulu pengen deh bikin buku cerita anak trus diilustrasikan sendiri. Pernah dulu ngirim ke penerbit tapi ditolak 😭. Kayaknya nulis buku anak tuh lebih susah ya dibanding genre remaja dan dewasa. Harus bisa bikin cerita yang simple, mudah dimengerti tapi tetep menarik untuk dibaca

    ReplyDelete
  5. Selamat, Mbak Dedew.
    Itulah sebuah naskah Mbak. Pasti akan menemukan jodohnya masing-masing. Terus semangat menulis, Mbak Dedew.

    ReplyDelete
  6. Menarik ih ceritanya. Buat dibacain ke anak TK jg gpp kan mbak? Anakku masi TK soalnya

    ReplyDelete
  7. Waah selamat mbak Dewi. Anakku pas banget baca bukumu nih.

    ReplyDelete
  8. Selamat ya mbak, jadi penyemangat tersendiri utkku yg bukunya blm jadi-jadi 😁

    ReplyDelete
  9. Yeay... Menyenangkan sekali ya, karya kita bisa dinikmati oleh anak-anak seantero negeri. Semoga memberi motivasi ke penulis-penulis lainnya mb... Kereen...

    ReplyDelete
  10. Semangat Mbaaak, buku buku anak memang banyak sekali dicari untuk mengenalkan buku dan supaya anak cinta buku. Petualang Rumi bakal disuka anak-anak nich, karena ada salah satu benda yang menarik untuk anak-anak, ada mobilnyaaa.

    ReplyDelete
  11. Sketsa awal rumi aja bagus banget nget mom.... Aku ga nyangka banget bisa bikin sebagus ini

    ReplyDelete
  12. wah selamat ya mba, duh saya ngiri banget, pengen bisa nulis buku anak.

    ReplyDelete
  13. Mbaa keren. Selamat ya sudah launching bukunya. Aku bahkan belum punya buku sendiri. Entah kapan. Heheh. Sukses mbaa

    ReplyDelete
  14. Selamat mbaaaak, ikut seneng deh, salut sama para penulis buku anak. Semoga sukses ya bukunya 😃

    ReplyDelete
  15. Selamag mba...pasti bakalan seru mbaca kisah petualangannya si Rumi. Yang pasti info kulinernya anak2 pasti bertambah ya mba.. sekalian mengedukasi anak2, bahwa makanan tradisional kitapun juga menggoda selera

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah mba senang sekali sudah ada launching buku terbaru. Tak sabar untuk membacanya bersama anak :)

    ReplyDelete
  17. Aku sungguh kagum dengan ketekunan mba Dew. Aku juga doyan banget nonton Tiny House, tapi gak kepikiran ide nulis cernak dari sana. Justru malah pengen bikin novel, tapi baru nyampe bab 3, hahahaaa

    Moga sukses dengan Rumi ya mba, tetap semangat berkarya.

    ReplyDelete
  18. Barokallah Teteh, aku jadi tertohok nih wakakakak
    lama tak nulis novel, kangen juga ahhh doa yang sama semoga aku bisa melahirkan buku lagi
    bismillah belajar nulis lagi ah, makasih Teh jadi support dan motivasi buatku.

    ReplyDelete
  19. Ternyata perjalanan untuk sampai naik cetak pun penuh petualangan, ya. Padahal temanya seru, lho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pikir kalau sudah pernah nulis cerita anak, kemudian dilajutkan dengan cerita anak lagi, tidak menemukan kendala, tep saja semua butuh perjuangan ya Mbak

      Delete
  20. Selamat Mbak...Masya Allah semnagatnya luar biasa ini..pintu satu tertutup ternyata terbuka pintu rejeki lainnya ya..
    Barakallah untuk bukunya dan semoga makin sukses karya-karya selanjutnya

    ReplyDelete
  21. Selamat ya Mbak produktif sekali salude ngeblog oke, menulis juga oke, Mbak Dedew memang dedikasi menulisnya sangat tinggi, patut dicontoh deh!

    ReplyDelete
  22. Kereeen mba ide ceritanya. Aku jd langsung inget sm salah satu kartun nickelodeon dulu itu. Apa ya judulnya aku lupaaa. Yg jelas ceritanya ttg keluarga yg suka jalan2 dg mobil rumah jg.

    ReplyDelete
  23. Produktif banget sih mbak :D
    Selamat ya atas buku barunya. DUh aku pengen banget nerbitin buku jg tapi masih susah istiqamah menulis. Semoga sukses ya buku terbarunya ini :D

    ReplyDelete
  24. Selamat mba. Keren deh mba. Aku pengen cari bukunya buat anakku.

    ReplyDelete
  25. Wah mba Dedew, aku tertarik nih sama bukunya. Ntar ta cari ah di Gramedia.

    ReplyDelete
  26. Nah kaaan... gagal melaju ke GLN malah bisa terbit di Grasindo. Memang mantab mamaknya Nai ini. Selamat ya Dew, hayooo.. perbanyak nulis buku lagi. Jangan keasyikan ngeblog mulu *halaahhh opo iki :))

    ReplyDelete
  27. Keren mbak Rieka... Semangatnya patut ditiru nih, supaya semakin banyak buku-buku untuk anak ya mbak. Sekali lagi selamat ya mbak Rieka.

    ReplyDelete
  28. Selamat mba buat buku terbarunya yang berjudul Petualangan Rumi. Anakku pasti suka nih, karena tokoh utamanya si Rumi mobil keren

    ReplyDelete
  29. Selamaaat mb dew
    Banggaaaaaaa
    Dari penggemar pertamamu 😘

    ReplyDelete
  30. Keren mba udah bisa nulis buku lagi. Ada ilustrasinya pula. aku masih belum bergerak juga nih naskahku wkwk

    ReplyDelete
  31. Wah ...keren! Selamat atas kelahiran bukunya ya, Mbak. Semoga sukses selalu dan menerbitkan buku selanjutnya

    ReplyDelete
  32. Selamat Mbak Dew. Duh, jadi penasaran pengen baca bukunya juga. Soalnya keponakanku lagi suka baca buku. Btw, ternyata lumayan lama juga proses penerbitan buku. Sukses selalu untuk mbak Dew dalam menulis di blog dan menulis buku.

    ReplyDelete
  33. Setelh perjuangan panjang ya Mbak. Akhirnya. Selamat... Semoga sukses dan barokah.

    ReplyDelete
  34. Tabarokallah kakaaaaak 😍😍😍 super duper inspiring banget bisa produktif bikin buku yg apik dan edukatif

    ReplyDelete
  35. Subhanalloh, kayak gitu ya Mbak prosesnya. AKu jadi tambah semangat ki. Aku tak mengintili proses kreatifmu ya, Mbak. Oh ya, Berarti Rumi sudah nangkring di rak buku kan? Cari, ah!

    ReplyDelete
  36. Selamat mbak Dedew..btw aku jadi penasaran dengan es pala dari Bogor hihi baru sekarang tau kudet banget aku ya :)

    ReplyDelete
  37. Keren bangetlah ibu satu ini. Produktif dan aktif. Selamat semoga menghasilkan karya yang lebih cetar lagi.

    ReplyDelete
  38. Justru malah jadi rejeki dicetak secara major ya Dew naskah yang kalah lomba itu. Emang rejeki tuh enggak kemana. Kalau penulis sekaliber emak kos dodol mah udah yakin keren tulisannya. *thumbs up

    ReplyDelete
  39. Perjuangan sekali yaaa untuk bisa menerbitkan buku. Akhirnya terwujud juga impian dalam hastagnya, hehe. Bisa dicoba, buatnsemangatin diri nih

    ReplyDelete
  40. Allhamdulilah bisa terbit juga ya mbak, terbukti kan kalau ceritaya bagus. Ditungu karya-karya lainnya ya. Aku pikir Rumi itu nama seoarang anak mbak ternyata mobil toh

    ReplyDelete
  41. Selalu ada rejeki untuk naskah buku ya mbak, jadi enggak usah patah hati kalo kalah seleksi.
    Mba Dew mah keren, selalu menginspirasi dan produktif menjadi penulis buku dan blog. Selamat ya mbak, moga makin sukses

    ReplyDelete
  42. Pasti buku ini jadi kenangan yang indah buat anak-anak yang membacanya yaa. Suatu saat mereka akan cerita klo ketika kecil baca buku petualangan rumi ini. Semoga sukses terus!

    ReplyDelete
  43. Masya Allah, selamat, Mba Dewi, atas terbitnya Buku Petualangan Rumi. Perjalanan untuk menerbitkan buku juga tidak mudah ya. Dari yang ikut lomba, tidak lolos, terus kirim ke penerbit tapi ditolak. Tapi dengan semangat akhirnya diterima juga.

    Waah, saya jadi pengen nih naik Rumi untuk menikmati kuliner nusantara yang enak-enak.

    ReplyDelete
  44. aih, rumi itu rumah mungil? kalau udah biasa nulis buku jadi kangen yaa nulis lagi. Semoga makin produktif ya Mba

    ReplyDelete
  45. Selamat mb Dedew untuk buku barunya. Mbak aku dong pesen bukunya satu.

    ReplyDelete
  46. Mbak, kapan dong launching di Surabaya gitu
    Kan saya juga pengen baca hasil karya Mba dan foto sama penulisnya
    Sukses terus buku selanjutnya

    ReplyDelete
  47. wahh selamat ya mbak.. atas terbitnya buku ini.. semoga sukses. laris manis...

    ReplyDelete
  48. Selamat ya mbak untuk buku barunya, ceritanya mengingatkan saya pada film kartun anak-anak duda dan dida yang punya mobil buat keliling gitu

    ReplyDelete
  49. Barakallah. Semoga best seller bukunya. Cetul berkali-kali. Masyaa Allah perjalanan rumi sampai bisa terbit. Kalah dan ditolak sana sini tapi dirimu tetap semangat pantang menyerah. Duh, aku jadi kangen pengen nulis buku anak lagi.

    ReplyDelete
  50. Selamat ya Mba Dewi...
    Keren!
    Aku padamu, mba!
    Aku percaya menerbitkan buku anak yang bermutu, di zaman digital ini, memang punya tantangan tersendiri.

    ... but you nail it!

    Once again, congratulations, mba...



    ReplyDelete
Previous Post Next Post