Mia & Ikan Goreng, Nana Imunisasi, dan Mata Doni Buram, Buku Anak Terbaru Erlangga

Dear Temans,

Alhamdulillah, kita memasuki bulan Ramadan. Semoga ibadah kita diberkahi Allah ya, aamiin. Kali ini, aku ingin mengulas tiga picture book terbaru dari Penerbit Erlangga, ketiganya termasuk dalam seri Read a Story yang menjadi andalan Penerbit Erlangga. Buku-buku ini ditujukan untuk pembaca usia 5 tahun keatas ya.

Mia & Ikan Goreng, Nana Imunisasi, dan Mata Doni Buram, Buku Anak Erlangga
Mia & Ikan Goreng, Nana Imunisasi, dan Mata Doni Buram, Buku Anak Erlangga 
Menurut Penerbit Erlangga, ada 12 manfaat Read a Story diantaranya kemampuan berbahasa meningkat, kemampuan mendengar meningkat, kecerdasan emosi baik, wawasan bertambah dan tentu saja keakraban antara orang tua dan anak meningkat.

Iya, kebiasaan membacakan buku untuk anak sebelum tidur bagus untuk mempererat ikatan antara orang tua dan anak. Membaca cerita berkualitas juga mengasah perasaan anak agar lebih halus.

Oke, Judul buku anak yang akan kita ulas ini adalah Mata Doni Buram dan Nana Imunisasi, dua buku anak dari Seri Anak Sehat. Satu lagi berjudul Mia dan Ikan Goreng, buku anak dari seri Belajar Karakter Bersama Bunda Cinta.

Mia dan Ikan Goreng

Baiklah, Kita mengulas buku Mia dan Ikan Goreng dulu, ya. Buku bergambar ini tebalnya 24 halaman dan berwarna. Harganya dibanderol Rp39.000 ya.

Mia & Ikan Goreng, Nana Imunisasi, dan Mata Doni Buram, Buku Anak Erlangga
Mia & Ikan Goreng karya Bunda Cinta

Berkisah tentang Mia yang mogok makan karena Ibu tidak memasak makanan kesukaannya. Ibu memasak ikan goreng dan Mia tidak suka. Ibu lalu menceritakan manfaat ikan agar anak-anak sehat, kuat dan pintar.

Read a Story' Penerbit Erlangga
Bunda Cinta yang cantik (Foto: Posbekasi.com)

Buku ini ditulis oleh Bunda Cinta alias Atalia Praratya, istri Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Peluncuran buku ini dilangsungkan pada Festival Literasi di Gedung Sate, Bandung, Sabtu 20 April 2019. Ilustrasinya yang menarik digambar oleh Willy Mahabi.

Menariknya, buku ini juga berisi pesan Bu dokter Cindy untuk para orangtua tentang pentingnya makan ikan bagi anak. Juga tabel kandungan gizi ikan dan manfaat konsumsi ikan.

Mata Doni Buram

Buku yang terbit Februari ini adalah salah satu judul dari seri Anak Sehat. Seri ini ditulis oleh dr. Vicka Farah Diba, Msc, Sp.a, dan ilustrasinya yang menggemaskan digambar Bella Ansori. Sungguh, aku jadi jatuh cinta deh dengan ilustrasi lucu karya Bella di seri Anak Sehat. Oh iya, harga bukunya Rp49.000 ya.

Mia & Ikan Goreng, Nana Imunisasi, dan Mata Doni Buram, Buku Anak Erlangga
Mata Doni Buram Seri Anak Sehat

Bercerita tentang Doni yang hobi main game berjam-jam. Suatu hari, matanya tiba-tiba buram dan kepalanya pusing. Ayah membawanya ke dokter mata. Bu dokter menjelaskan tentang bagian-bagian mata, gangguan mata, dan bagaimana cara agar mata kita tetap sehat.

Doni jadi paham kalau main game berjam-jam bisa merusak mata.  Membaca buku ini, Anak-anak dan orang tua mendapat pengetahuan seputar mata.

Nana Imunisasi

Buku ini juga salah satu judul dari seri Anak Sehat. Ditulis oleh dr. Vicka Farah Diba, Msc, Sp.a, dokter spesialis anak yang rajin menulis artikel kesehatan di media massa dan juga buku-buku anak bertema kesehatan.

Mia & Ikan Goreng, Nana Imunisasi, dan Mata Doni Buram, Buku Anak Erlangga
Nana Imunisasi yang gambarnya gemesin

Kisahnya tentang Nana, anak kecil yang takut diimunisasi. Ibu dokter lalu membujuk Nana dan bercerita tentang manfaat imunisasi untuk anak agar terlindungi dari penyakit. Harga bukunya Rp49.000.

Ilustrasinya yang lucu juga menjelaskan bagaimana imunisasi membantu kita melawan penyakit. Jadi tambah ilmu deh orang tua dan anak setelah membaca buku ini bersama-sama. Jangan lupa untuk membeli buku-buku ini ya, dan baca bareng-bareng buah hati. Pasti anak-anak senang deh, dijamin!  

Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

44 Comments

  1. ya ampun ini bacaannya bagus banget buat anak-anak. anak jadi tahu betapa pentingnya kesehatan.

    ReplyDelete
  2. Buku-buku anaknya mengajarkan kesehatan anak ya, mulai dari makan ikan nih, duh anak ceweku selalu menutup mulut kalau ada aroma ikan di makanannya. Ternyata Ibu Cinta pintar menulis buku juga yaaaaa, duh jadi kepingin dapat bukunya, buat diceritain ke anakku

    ReplyDelete
  3. Seru seru banget! Kalau buku untuk anak dibikin dengan seri dan karakter yg menyenangkan gini, bisa meningkatkan semangat membaca ya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. waah...edukatif sekali buku2nya ya mbak. dan baru tau kalau bu gub jabar juga menulis buku anak. kereeeen

    ReplyDelete
  5. Aaaw so cuuuteee! Pengen beli dew

    ReplyDelete
  6. Buku-buku yang menraik baik cerita maupun ilustrasinya..
    Wah ada Mia dan Ikan Goreng karya Bunda Cinta - Atalia Praratya...Salut. Bisa jadi pilihan bacanan anak-anak ini
    TFS Mbak

    ReplyDelete
  7. Penasaran dengan cerita Mia dan Ikane Goreng 😍

    ReplyDelete
  8. Wah, itu salah satunya buku tulisan Bu Cinta? Keren banget. Dan memang, ketiganya ditulis sama ibu-ibu keren ya. Jadi kepengen baca dan punya deh. Dan ilustratornya juga Kang Willy. Wow... makin penasaran :)

    ReplyDelete
  9. Naksir semua bukunya. Nabung ah... Mumpung anak belum 5 tahun, semoga sesampainya nanti sidah bisa koleksi buku ini 😊

    ReplyDelete
  10. Buku anak yang keren...Dekat dengan kehidupan sehari-hari anak nih...Bisa dibacain buat anak biar dia jadi berani imunisasi, mau dibatasi main hp, dll :)

    ReplyDelete
  11. sepintas tadi mengira tuk 5 th ke bawah. Asyik nih buat dibacakan ke anak-anak, secara visualnya (dari cover) bagus

    ReplyDelete
  12. Ilustrasinya menarik yaa. Ternyata istri Ridwan Kamil nulis juga toh, kereen.

    ReplyDelete
  13. Wah jadi penasaran sama bukunya. Ini bisa menjadi salah satu latihan untuk mendidik anak supaya mencintai buku. Jadi pengen beliin buku buat adik deh

    ReplyDelete
  14. Kok tertarik sama cerita doni yg buram gara2 main game ya. Ini abakku bgt mbak dew. Kpn2 mau hunting buku ini ah. Mana tau bisa bantu dhaf biar ga kebykn main game lagi😁

    ReplyDelete
  15. Harganya berapaan, Mbak? Aku ni meski belum punya baby, koleksi banyak buku anak lho di rumah. Jadi kalau ada ponakan, tetangga atau anaknya temen yang main, bisa betah di rumahku. Sekalian nabung buat babyku nanti hihi :)

    ReplyDelete
  16. Nasehat - nasehat buat anak memang biasanya lebih masuk kalau dibawakan lewat buku ya mbak. Anakku begitu soalnya.. jadi kalau mau ngasi tahu sesuatu nyari bahan cerita dulu..

    ReplyDelete
  17. Widih, ada bu Cinta jg. Seneng deh liat ada buku picbook tema kesehatan. Ngajarin anak secara ngga langsung buat jaga kesehatan Secara, makin kesini makin byk penyakit baru. Mending mencegah drpd mengobati kaaan...

    ReplyDelete
  18. Kereeen...bunda cinta yg nulis sendiri? Duh udah cantik, berbakat lagi. Jadi pengen beli buat Zril

    ReplyDelete
  19. Ternyata Mia dan Ikan Goreng itu karya istrinya Ridwan Kamil ya, mbak. Bukunya asik kayaknya buat bacaan anak sebelum tidur ya. Atau nunggu waktu berbuka, jadi anak-anak yang lagi belajar puasa enggak merasakan lamanya menanti saatnya berbuka

    ReplyDelete
  20. Haduuuhh Ibu Ataliya, kenapa harus menggoreng ikan siiiyy... Bu, jangan tenggelamkan aku ya bu yang ga suka ikan hihihiii...

    Bukunya bagus2 nih buat bacaan anak2, biar mereka belajar hal2 penting terkait dengan keseharian ya.

    ReplyDelete
  21. Lewat buku anak-anak juga bisa belajar ya. Cntohnya supaya anak mau makan ikan bisa dibacakan dan melihat buku ini. Wah keren ya Bunda cinta buat buku juga :)

    ReplyDelete
  22. Keren istrinya Pak RK nulis buku juga!

    BTW aku baca ini sambil nemenin hasna nonton TV. eh, dia lihat dan langsung minta dibelikan bukunya :D

    ReplyDelete
  23. Bagus ya kayaknya. Bisa nih buat anak yang kecanduan game. Hehe

    ReplyDelete
  24. Wah, aku suka buku2 edukatif begini. Kebetulan anak aku jg tipe yg banyak alasan kalo disuruh makan ikan. Dia sukanya cm dipanggang. Heu..

    ReplyDelete
  25. Seru banget ya buku ini juga lagi dibaca anak-anakku, senang banget mereka ada buku baruu, apalagi bukunya bu Cinta hehe...

    ReplyDelete
  26. Wah bagus bukunya ya mbak. Cerita anak tapi sebenarnya mengandung edukasi, baik buat anak, maupun buat ortunya yang membacakan cerita. Gak nyangka istrinya pak RK bisa nulis.

    ReplyDelete
  27. Barakallah mba,, nulis buku anak2 cita2ku bnget ini,,hrs Ada Daya imajinasinya ya biar anak2 tambah suka bacanya

    ReplyDelete
  28. Masyaallah mba.. Buku-bukunya sangat mengedukasi buat stimulus kecerdasan anak.

    ReplyDelete
  29. Saya suka. Saya suka. Ilustrasi cover cakep banget. Penasaran pengen baca bagian dalamnya. Teriam kasih infonya Dew. Jadi pengen beli nih bukunya hehe.

    ReplyDelete
  30. Kiyuutt sekali ilustrasi bukunya..
    Aku paling suka sama buku bergambar dan warna-warni begini.
    Jadi makin semangat story telling ke anak-anak.

    ReplyDelete
  31. Judul buku anak itu sederhana tapi menarik ya.
    Aku paling suka dengan gambar2nya juga. Aku yg udah gedhe aja seneng, apalagi anak2 ya.

    ReplyDelete
  32. Wah aku mau beliin buat ade keumala ah. Makasih review nya tante

    ReplyDelete
  33. Buku2 yg bagus2 ya mba... Duh anak2 pasti suka nih dibacain / membaca sendiri buku2 ini.. TFS mba..

    ReplyDelete
  34. Buku yang ccok buat anakku yang baru bisa baca nih. Temanya juga bagus untuk diterapkan oleh anak. Cuma harganya agak mahal kalau menurutku. Sepengamatanku di TK tempat anak sekolah, orang tua cenderung mau belikan buku yang rentang harganya Rp20.000 - Rp30.000. Tapi kalau sekolahnya kelas atas harga segitu nggak masalah kali, ya

    ReplyDelete
  35. Ah, jadi inget mau ikutan workshop picbook tempo lalu tapi kebentur sama acara lain. Moga2 ada waktu menimba ilmu lagi. Skrg fokus sebagai pembeli & pembaca dulu. Cuss... biar anak ga kecanduan gadget & suka membaca sedari kecil.

    ReplyDelete
  36. Kayaknya cocok buat anaku yang usianya 7 tahun. Kertas sampul dan isi bagus kaykanya ya. Soalnya harga hampir Rp50.000 untuk 1 buku

    ReplyDelete
  37. Ya Allah buku bacaan anak anak swlalu bikin kita bahagia ya Teh. Tentang keseruan dan pertanyaan yang nggak mereka tahu. Pengen baca juga ketiganya

    ReplyDelete
  38. Buku2nya seru banget kk, pasti anak2 suka bacanya

    ReplyDelete
  39. Dulu-dulu aku sering bacakan cerita kepada anakku tapi malah dia ketagihan. Suka nangis dan ngamuk kalau aku lagi malas bacakan cerita haha.

    ReplyDelete
  40. Buku2nya bikin mupeng semua adik2 sepupuku yg kecil pasti suka bgt baca buku dg ilustrasi yg kece begini.

    ReplyDelete
  41. Wah perlu dicatat, nih. Nanti kalau ada waktu di cari bukunya. Buat baca anak-anak di rumah. Keren lah

    ReplyDelete
  42. Klo kutanya itu si Mia sama Ikan Goreng jadinya sejoli apa nggak, pasti dijawab beli aja bukunya..haha..
    Baiklah mbak dew..ini referensi tambahan utk anak2nya akoh..thanks ya..

    ReplyDelete
  43. waah.. saya suka kali bacain buku anak2 gini sama ponaan, mumpung belum punya anak sendiri.. wkwkw

    ReplyDelete
  44. Ilustrasinya gemes dan cheerful banget. Anak aku suka yang visualnya macam kyk gini. Cocok nih.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post