Friday, August 14, 2015

Jelajah Rasa Kuliner Semarang Bersama Sahabat Blogger :)


Dear Temans,

Alhamdulillah, Sabtu lalu (08/08) dakuw akhirnya bisa bertemu langsung dengan para sahabat blogger di Semarang Gyaa! 

pesahabatan indah dunia maya berlanjut nyata (Foto: Katerina ES)
Kami bergabung dalam sebuah grup kecil, wadah ngumpulnya teman-teman blogger saling blogwalking dan berbagi informasi. Mau tanya apa disana tentang nulis dan blogging, Inshaa Allah ada yang bantu jawab. Banyak masternya. Keren deh.

Berawal dari Mbak Rien, yang akan roadshow untuk temu kangen, eh sahabat blogger kota lain mendadak merapat di Semarang! Aak, hepii. Sayangnya, ternyata pada hari H dakuw nggak bisa jadi guide ala-ala bareng Taro dan Mbak Uniek menemani mereka, hiks. Tugas Negara memanggil, arisan dan jadi panitia 17-an hihihi. 

heboh dan rusuh hihi (Foto: Katerina ES)
Alhamdulillah, walau sebentar, dakuw bisa turun gunung, bertemu Mbak Rien dari Jakarta, Keluarga Biru Ihwan, Ivonie dan Aim dari Malang, Panda dan Manda Mbak Primastuti dan bojo dari Yogya, Mbak Dee en her hubby dari Batam, serta Mbak Diah Indri serta Mbak Fauziah dari Semarang. Yippiee! 

Kami janjian di siang bolong ketemu di Warung Mie Kopyok Pak Dhuwur, Semarang.
Membawa serta dua bocah, dakuw naik BRT disambung becak hihi. Turis banget.
Nggak lupa berbekal tumbler unyu andalan untuk anak-anakku biar nggak dehidrasi dengan udara Semarang yang hot potato, panasnya ngentang-ngentang. Bikin pengen terlentang hehe.

aakk tahu gitu aku minta tlg mba rien fotoin utk buku baruku (Foto Katerina ES)
Pertemuan hangat eh panas banget ding, hihi serasa teman lama. 
Padahal, kami hanya bersua di dunia maya. 
Biar Semarang panasnya ngentang-ngentang, Alhamdulillah hati senang. 
Hanya sebentar, tiga tempat kuliner Semarang yummi berhasil kami jelajahi. 

1. Mie Kopyok Pak Dhuwur

Akhirnya, dakuw bisa mencicipi juga mie kopyok yang happening ini, hihi. 
Sebuah warung kecil di Jalan Tanjung No.18 A Semarang. Letaknya tak jauh dari Mal Paragon.
Taro sih kasih ancer-ancer gedung PLN. Yuup, kalau sudah menemukan gedung PLN, barisan warung kaki lima ternyata banyak mangkal di dekat situ. Jadi semacam foodcourt kuliner Semarang deh.

warungnya ramee
Pas datang, rombongan heboh belum tiba. Masih nongkrong di Lawang Sewu katanya. 
Ya sutralah, kami makan duluan karena perut keroncongan. Wah, warungnya ramai, bo. Pakai antri segala untuk duduk. Mungkin karena mendekati waktu makan siang ya. Aku memesan seporsi mie kopyok dan tiga gelas es jeruk untuk Semarang nan hot. 

mie kopyok pak dhuwur (Foto: Katerina ES)
Tak lama kemudian, pesananku tiba.
Sepiring mie kuning, lontong, tahu disiram kuah bening dan air bawang. Ditambah remasan kerupuk gendar dan kecap manis. Wuiih, Alde dan Nai nagih hihi. Minta tambah lagi. Tak lama, rombongan pun tiba dan suasana langsung kacau eh ramai, hihi. Kuliner Semarang seharga Rp.10.000 per porsi ini sukses membuat teman-teman blogger makin jatuh cinta pada Semarang, uhuk.

2. Gado-Gado & Es Pankuk Pak Yono

Setelah kenyang makan mie kopyok, kami lalu mlipir ke seberang jalan.
Warung kaki lima ini tak kalah ramainya, bo. Kami harus mengantri sejenak. 

antrilah di loket eh warung
Warung gado-gado dan es pankuk Pak Yono ini terkenal dengan gado-gadonya yang pakai selada dan bumbu kacangnya yang yummi. Sayang, perut sudah kenyang jadi kami hanya menikmati sepiring es krim pankuk saja.

es pankuk yummi
Dengar kata es krim, Alde dan Nailah langsung excited. Tadi bilang mama, kenyang banet, eh giliran ada es krim, ogah makan bareng, maunya pesan masing-masing seporsi. Tak lama, pesanan kami tiba. 

pas banget udara panas ngentang (Foto: Katerina ES)
Wow, sepiring es pankuk yang menggoda selera. Tiga skoop es krim lembut dengan rasa berbeda. berpadu potongan roti tawar dan agar-agar. Es krim coklat dipadukan potongan roti, es krim stroberi dan es krim rasa duren! Alde dan Nai langsung menguasai pringnya.


asiknya rame-rame, aakk mak uniek nutupin!
Emaknya saja dilarang icip-icip seporsi es krim pankuk seharga Rp.12.000 itu hiks! Oh iya, ada tiga warung es pankuk Pak Yono lho di Semarang selain di jalan ini. Antara lain di belakang Gramedia di Jalan Pandanaran.

para blogger beraksi di warung es pankuk pak yono

3. Loenpia Mbak Lien

Setelah Shalat Dhuhur di Mesjid PLN, rombongan blogger pun beranjak ke next destination yaitu Kelenteng Sam Po Kong. Dan dakuw harus ballik segera. Sebelum berpisah, Kami mlipir ke salah satu tempat menjual loenpia yang happening di Semarang, Loenpia Mbak Lien. 

beragam makanan ringan khas Semarang dijual di Toko Mbak Liem
Loenpia Mbak Liem bisa kita temui di Jalan Pemuda, tepatnya di Gang Grajen sebelah Timur Pusat Perbelanjaan Sri Ratu. Ada dua jenis loenpia yang dijual disini, lenpia basah dan loenpia goreng. Tapi, loenpia basah bukan berarti masih mentah lho Kuliner Semarang ini  terasa khas karena adonan rebungnya. Toko Mbak Lien ini ternyata tidak hanya menjual loenpia. 

pengunjung asyik nongkrong
Berbagai cemilan ringan dipajang di bangunan kuno dengan nuansa retro ini. Dakuw suka lantainya yang berlapis tegel kunci. Banyak pengunjung nongkrong disana, asyik numpang ngadem setelah kena teriknya Semarang.
Antrian cukup panjang ketika kami tiba disana. Ah, senang banget bisa ketemu teman-teman walau hanya sebentar. Pertemuan hangat dan berkesan. Semoga next kopdar, bisa ngetrip bareng sahabat blogger, pasti seru...

mau pilih loenpia apa?



34 comments:

  1. Semoga kebersamaan kita langgeng ya mba dedew,, seneng bisa ketemu darat yg ternyata pangling,, kutunggu di jogja ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin rukun selalu ya mba ima, hihi iya banget pas ketemu lagi lecek2nya eykeh :D

      Delete
  2. aaak... kalo emak2 ketemu dan kopdar, pasti pecah! :)))
    aku kalo ke semarang, anterin ya mbaaa.. pengen ke mie kopyok sama eskrimnyaa *ngiler*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iyaaa foto2nya ajaib kabeh mba eda, yuuk Inshaa Allah dikawal deeh..colek me ajaah :)

      Delete
  3. Baru tau ada mie kopyok ...koyo'e enak yooo mbakyuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi enak doong, merapat atuuh ke semarang....

      Delete
  4. Pas lihat foto ini bersliweran cukup heran juga mbak loh ini kok bisa lintas daerah ya bloggernya. E..ternyataa...

    Kerupuk gendar??? Mauuu ih sama es krimnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya say, aku juga kaget pas hari H kok ramee...io kremes kerupuk gendar hihihi...

      Delete
  5. Seneng banget bisa ketemu mbak Dedew, tapi nyeseeel banget kemaren gak minta foto berdua... Mudahan lain waktu bisa ketemuan & ngobrol lebih banyak ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa aku juga lupa minta difotoin berdua hihihi....Inshaa Allah ketemu lagi ya mba dee :* aamiin

      Delete
  6. Seneng banget bisa ketemu mbak Dedew, tapi nyeseeel banget kemaren gak minta foto berdua... Mudahan lain waktu bisa ketemuan & ngobrol lebih banyak ya mbak...

    ReplyDelete
  7. Seneng banget bisa ketemu mbak Dedew, tapi nyeseeel banget kemaren gak minta foto berdua... Mudahan lain waktu bisa ketemuan & ngobrol lebih banyak ya mbak...

    ReplyDelete
  8. Seneng banget bisa ketemu mbak Dedew, tapi nyeseeel banget kemaren gak minta foto berdua... Mudahan lain waktu bisa ketemuan & ngobrol lebih banyak ya mbak...

    ReplyDelete
  9. ulala..es pankuknya enak bangettttt

    ReplyDelete
  10. Selalu merasa bahagia setiap kali jumpa dengan teman-teman blogger, baik yang sudah pernah bertemu maupun yang belum.

    Ternyata, maya dan nyata sama indahnya, karena didalamnya sama-sama tulus. Aku sangat suka.

    Terima kasih banyak atas waktunya ya mbak Dew. Sebelum berangkat ke Semarang aku sudah niatkan ingin foto bareng dan minta tanda tangan di buku AKD yang aku punya. Tapi bukunya lupa dibawa :( Dan sewaktu di sana malah lupa foto bareng. Gegara sibuk moto dan makan :D

    Moga lain waktu bisa kumpul dan jalan bareng lagi ya mbak :)

    ReplyDelete
  11. Saya terakhir ke Semarang pada tahun 2004 kalau nda salah. Itupun dalam rangka Ta aruf dengan keluarga calon istri saya waktu itu. Lokasinya memang di Semarang. Kalau nda salah di Jalan kawasan sekitar Wonderia Semarang. Saat ke Semarang tidak banyak tempat yang saya kunjungi selain Sate di Jalan Slamet Riyadi dan mampir ke Sam Pho Kong aja hiehiheie. Jadi Kangen semarang deh

    ReplyDelete
  12. Pengen coba Mie Kopyok. Ntar ke Semarang minta traktir si Ami ah. Kira2 dikabulkan gak ya? :D

    ReplyDelete
  13. Aku nggak bisa ikut, lagi sibuk bangun "Taj Mahal" sama Shah jahan. Semoga kapan kapan bisa ketemuan ya mbak, Aamiin

    ReplyDelete
  14. Enak ini haaa. Seru kayaknya kalo makan bareng-bareng

    ReplyDelete
  15. enaknya jalan-jalan kapan nih aku diajak mbak ? he3

    ReplyDelete
  16. aduh penasaran aku mie kopyok rasanya kaya gimana sih mbak

    ReplyDelete
  17. Seneng banget deh membaca pengalaman kopdar kali ini. Moga kapan2 bisa gabung. ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba ira makasih banyak oleh2nya yaa sayang kita belum sempat ketemuan hugs...

      Delete
  18. wah seru ya kuliner bareng-bareng blogger...ide bagus mau akh cari teman blogger buat kuliner heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya mba rina, jadi liputan bareng, narsis bareng hehe, ndut bareng...

      Delete
  19. Harus cobain semua kuliner itu saat ke Semarang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asiik dakuw tunggu yaa ijaah, nanti dikawal sama akyu dan taro :*

      Delete
  20. Es pankuknya itu kok seger & yummy kayaknya :)

    ReplyDelete
  21. Oke, ketika pagi gini bewe dan yg dibaca makanan, iti rasanya pengen cepet-cepet sarapan. Esnya bikin ngiler, mak..

    ReplyDelete
  22. Ya ampun itu jajanaaaan... Tidaaaaaak ;)

    ReplyDelete
  23. Aaaa kangen Semarang.
    Mbaaa, aku tu kangen bgt sama mie kopyok. Ho oh yg Pak Dhuwur itu di Tanjung terkenal bgt. Hiks, pengiin bgt.

    ReplyDelete
  24. Duh pingin nyobain es pankuk itu, kliatannya yummy bener deh

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...