Tips Menyusun Materi Belajar Bahasa Inggris Sesuai Usia Anak

Dear Temans,

Masih semangat mengajar anak di rumah selama PJJ? Hehe. Hikmahnya, kita jadi makin dekat dengan anak dan makin pintar, ya. Soalnya, kita harus mengulang pelajaran, belajar kembali. Hehe. Salah satu tugasku di rumah adalah mengajar Bahasa Inggris untuk kedua anakku yang berhenti les sementara.

Belajar Bahasa Inggris di Rumah

Menyusun materi kursus bahasa Inggris yang sesuai dengan kategori usia anak agak sulit, ya. Soalnya, materinya harus disesuaikan dengan kemampuan anak. Misalnya nih, kita mengajari anak-anak Bahasa Inggris dengan media lagu. Kalau dulu,  lagu seperti Johny Johny Yes Papa! atau Baby Shark cocok untuk anak kategori very young learners atau usia PAUD dan TK.

Ketika anak sudah SD tentunya tidak cocok lagi kan mengajak anak menyanyikan lagi tadi, sehingga kita harus mengubah tingkat kesulitan lagu misalnya dengan lagu seperti Somewhere over the rainbow dari Judy Garland.

Baca Juga: Tips Memilih Bimbingan Online untuk Anak

Bahkan, anakku malah lebih suka belajar lagu berbahasa Inggris yang sedang hits seperti lagu terbaru Justin Bieber, Intentions yang menyemangati anak muda untuk semangat berkarya. Sehingga kita perlu punya banyak referensi dan koleksi lagu sesuai perkembangan usia anak. 

Selain itu, kita bisa mengajak anak-anak nonton film pendek berbahasa Inggris di Youtube sesuai usia anak. Aku sering mengajak anak nonton film pendek Pixar yang ceritanya menarik. Setelah menonton, aku ajak mereka menceritakan kembali film yang mereka tonton tadi dalam bahasa Inggris. Nah, berikut aku bagikan rekomendasi materi belajar bahasa Inggris untuk anak:

Materi Belajar Usia 3-6 Tahun:

1.    Menggunakan lagu dengan lirik sederhana dan diulang ulang seperti lagu yang disebutkan di atas, Baby Shark.

2.     Bercerita pada anak menggunakan cerita sederhana namun menarik, misalnya The Little Mermaid atau Lion King. Mengajak mereka nonton film pendek seperti film Pixar juga seru lho. Bahasanya juga sederhana.

Sebagai permainan, anak-anak bisa kita ajak bermain seru yaitu dengan menunjuk sebuah gambar buah atau hewan yang menarik dan meminta mereka untuk menyebutkan nama hewan tersebut dalam bahasa Inggris. Asyik, kan main tebak-tebakan!


Belajar Bahasa Inggris di Rumah

Materi Belajar Usia 6-9 tahun:

1. Menggunakan lagu dengan kosakata yang lebih kompleks dan panjang kalimatnya seperti Twinkle Twinkle Litte Star atau When you happy and you know lets clap your hand!

2.  Sedangkan untuk konten cerita, kita bisa menceritakan buku-buku berbahasa Inggris yang bisa kita baca di aplikasi Lets Read. Cerita-ceritanya menarik lho, dan berkualitas, dan tentu saja menyenangkan buat anak, ya!

3.  Bagaimana jenis permainan untuk usia ini? Kita bisa mengajak anak-anak dan menari, kemudian menyebutkan kosakata bahasa Inggris saat musik berhenti. Ketika anak bisa menyebutkannya dengan benar kita bisa memberi hadiah berupa permen atau stiker cantik untuknya. Seru! 


      Baca Juga: Aplikasi Buku Anak Lets Read


Materi Belajar Usia 10-12 Tahun

1.    Kita bisa memutar lagu-lagu yang sekiranya cocok untuk usia anak dan cukup terkenal seperti Into The Uknown (OST Frozen II)  atau Dynamite dari BTS. Kosakata di dalam lagu-lagu ini memang jauh lebih rumit dan kompleks dibandingkan untuk anak yang lebih kecil. Tapi, lagu ini lebih disukai dan cepat dikuasai anak.

2.     Kita bisa mengajak anak bercerita dengan cerita yang lebih kompleks untuk mereka. Kita bisa bercerita tentang Secret Garden, yang diambil dari novel klasik Frances Hodgson Burnett atau mungkin cerita Mary Poppins, pengasuh anak yang pandai sihir untuk mereka? Menarik banget! Namun, jangan heran jika cerita kita akan ditanggapi dengan banyak pertanyaan ajaib ya! Hehe.

3. Agar belajar bahasa Inggris tidak membosankan, kita bisa mengajak mereka bermain. Misalnya nih, permainan melengkapi lirik lagu yang kita nyanyikan atau permainan mengingat cerita yang sudah kita ceritakan sebelumnya. Jangan lupa, sediakan hadiah kecil agar anak-anak makin semangat, ya! 

Mengajar bahasa Inggris untuk anak-anak memang memiliki tantangan tersendiri. Akan tetapi, kita tidak perlu khawatir kehabisan ide karena kita dapat mengunduh berbagai materi belajar bahasa Inggris yang menarik dan menyenangkan dari internet. 

Selain itu, kita juga bisa mengakses berbagai tips dan trik tentang mengajar bahasa Inggris secara menyenangkan untuk anak di web seperti learningenglishkids.britishcouncil.com atau Cambridge English. Selamat mengajar, Mamak-mamak cantik!

 

Comments

  1. Di SD Keponakanku gak ada pelajaran bahasa Inggris. Tapi sesekali kami belajar pakai lagu. Kebetulan dia suka film musikal kaya Frozen gitu kan. Jadi ya nyanyi gaje aja dengan itu. Dikit-dikit benerin focabnya

    ReplyDelete
  2. Aku jadi teringat anakku waktu preschool dia kalau ditanya warna selalu pakai bahasa Inggris karena mungkin suka aku kasih nonton Disney jadi dia tau dari situ.

    ReplyDelete
  3. Begitu, ya. Aku dulu mulai belajar bahasa inggris kelas 3 sd lewat edisi mingguan di majalah Bobo hihihi..

    ReplyDelete
  4. Penting bangett inii aku pgn anakku jago bahasa inggris nggak kaya mamaknya.... 😆😆

    ReplyDelete
  5. Bener banget kak...tantangan banget deh ngajak anak-anak belajar bahasa Inggris...Meskipun mereka sendiri sebenarnya tertarik. pendekatan lagu Korea boleh juga ya...aku sendiri malah gak terlalu ngeh sama liriknya nih...

    ReplyDelete
  6. Waktu kecil dulu aku ingetnya belajar bahasa Inggris ya dari lagu Twinkle-twinkle itu, Dew. Sisanya lupa ngapain aja ya karena akunya termasuk yang ga tekun hahaha. Pas SMP suka lagi sama bahasa Inggris karena gurunya cakep #eh trus dia ngajarinnya pake lagu juga

    ReplyDelete
  7. Wah iya ya, klo ke anak anal metodenya harus yg fun ya mbak...
    Biar mereka cepat paham

    ReplyDelete
  8. Oh ada list BTS juga niih..
    Aku yakin anak-anak zaman sekarang uda bukan era-nya seperti kita dulu yaa..
    Realitanya sudah banyak lagu remaja yang mewarnai, asalkan disesuaikan dengan usia anak.

    ReplyDelete
  9. Makasih sharingnya mbak. Anak-anak saya di rumah lagi demen-demennya nih belajar Bahasa Inggris. Emaknya malah ga bisa, huhuhu

    ReplyDelete
  10. makasih mba jadi pengen install lets read nih soalnya anakku suka sama bahasa inggris jadi butuh bacaannya..pengalaman pernah beli buku offline cuman liat cover dan judul eh pas dibaca malah negtif kontennya hahaha uda gitu kalimat bahasa inggrisnya mayan susah

    ReplyDelete
  11. Memang metode lagu nih mudah diserap sama anak2 ya, Mba utk belajar bahasa inggris. Jangankan anak2. Saya pun dulu banyak kosakatanya berawal dr lagu.

    ReplyDelete
  12. well noted banget ini mbak, jadi segala sesuatu itu bertahap ya.. termasuk dalam hal menyusun materi belajar bahasa inggris dan disesuaikan juga dengan usia anak juga ya.. karena tingkat pemahanan setiap anak berbeda beda

    ReplyDelete
  13. Iya juga sih, sekarang makin mudah untk mendapatkan materi belajar Bahasa Inggris dengan mengunduh di internet. Anak bungsuku malah bisa ngomong Inggris dengan belajar sendiri dari internet

    ReplyDelete

  14. I will try these interesting tips on children at home. thank you

    ReplyDelete
  15. metode belajar bahassa inggris melalui lagu dan diulang2 itu memang cukup efektif ya, apalagi anak-anak memang senang untuk hal baru ya...

    ReplyDelete
  16. Anakku malah belajar dari Youtube juga selain dari sekolahnya. Makasi buat tiptipsnya mak

    ReplyDelete
  17. Cocok nih buat anakku. Soalnya selama ini anak belajar bahasa inggris malah darii kartun

    ReplyDelete
  18. belajar bahasa inggris untuk anak anak emang rada tricky ya maaak.. harus cari cara terbaik gimana nyampein pelajarannya supaya mudah.. Dan youtube emang platform belajar bahasa inggris ya mak.. hehe

    ReplyDelete
  19. Dulu waktu saya SMP, salah satu yang saya inget betul adalah ketika kita nyanyi barengan let it be, duh masih teringang sampai sekarang refrainnya hihihi gurunya juga menyenangkan dan enerjik, makanya kita jadi suka belajar bahasa inggris

    ReplyDelete
  20. Anakku yang usia 3 tahun belajar bahasa inggrisnya dari lagu baby shark mbak 😁 sama beberapa video kartun favoritnya yang pake bahasa inggris.

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Terlanjur Betah di Perpustakaan Cinta Baca di Bogor