Tips Memilih Kelas Bimbingan Belajar Online Untuk Anak


Dear Temans, 

Bagaimana situasi kehidupan kalian setelah Normal Baru berlaku? Apakah masih setia di rumah saja, atau sudah mulai keluar sarang? Kalau keluargaku masih setia melakukan kegiatan di rumah saja. Walaupun sudah banyak orang yang keluar rumah dan mulai melakukan berbagai kegiatan seperti biasa. Misalnya mulai berolahraga di tempat umum, berbelanja di mal hingga berkumpul bersama teman-teman di kafe dan restoran. 

Tips Memilih Kelas Bimbingan Belajar Online Untuk Anak
Begitu juga dengan berbagai bimbingan belajar sudah mulai buka. Anak-anak temanku sudah ada yang mulai kembali masuk les. Ada yang kembali ikut kursus Bahasa Inggris, kelas musik, ada pula yang les mengaji. Alasannya agar anak-anak tidak bosan selama liburan sekolah dan bisa mempelajari hal baru. Tentu saja dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ada seperti memakai masker, tidak menyentuh muka, rajin cuci tangan hingga menjaga jarak. 

Jujur, walaupun dengan berbagai protokol kesehatan aku masih tetap khawatir untuk keluar rumah untuk urusan bukan darurat karena pertambahan pasien positif masih sangat banyak. Korban meninggal pun masih terus berjatuhan. Jadi, untuk keluarga kami memang lebih aman di rumah saja. 

Duh, anak-anak kita bakal tertinggal dong karena tidak bisa ikut les? Tenang saja, ada solusinya agar mereka tetap mempelajari berbagai hal walau hanya di rumah saja. Bagaimana caranya? Ya, dengan mengikuti berbagai kelas bimbingan belajar online.

Tips Memilih Kelas Bimbingan Belajar Online Untuk Anak
Belajar online

Adanya pandemi Covid-19 ini, kini banyak dibuka kelas untuk mempelajari suatu keahlian secara online. Entah itu kelas menulis, fotografi, public speaking, menggambar, belajar bahasa hingga kelas memasak! Media yang digunakan pun beragam. Mulai dari yang hits seperti Zoom, Google Meeting, Instagram Live, hingga yang mainstream seperti Whatsapp Group.  Ada kelas gratis, ada yang berbayar. Hal ini tentu saja menjadi keuntungan bagi kita karena dapat belajar hal baru meski di rumah saja. 


Baca Juga: Self Love, Mencintai Diri Sendiri


Alhamdulillah, aku sudah mengikuti beberapa kelas online melalui berbagai media. Diantaranya kelas manajemen stres dengan media aplikasi Zoom dan kelas menulis cerita humor bersama Bang Boim Lebon melalui WAG. Berbagai media ini tentu saja ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal kita pilih yang nyaman untuk kita. 

Saat ini aku dan Nailah sedang mengikuti kelas belajar bahasa Inggris dengan metode listening dan conversation di WA Group. Kami berdua rutin mengikuti kelasnya satu kali seminggu. Kami berdua fun mengikutinya dan mendapat ilmu baru. 

Bagaimana dengan kelas bimbingan online untuk mata pelajaran sekolah? Aku baru dapat informasi tentang kelaspintar.id, nih. Lembaga bimbingan belajar online untuk semua mata pelajaran untuk siswa SD-SMA. Metodenya pun menarik dan tidak membosankan. Materi pelajaran dijelaskan melalui video animasi lalu anak-anak diberi latihan soal oleh mentor yang berpengalaman. Yuk, langsung intip saja websitenya, ya.

Oh iya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ya sebelum mulai mengikuti kelas bimbingan online selain waktu serta kuota internet yang melimpah, hehe. Apa saja? Kita bahas bersama, yuk!

1.Jangan lupa persetujuan anak

Ya, jangan asal mendaftarkan anak ke kelas belajar online. Tanyakan pada anak, apakah tertarik ikut kelas yang kita tawarkan? Jika tertarik, mintalah komitmen anak untuk serius mengikuti kelas. Kita bisa memberinya reward jika anak berhasil menyelesaikan kelas online ini. Jika anak tidak tertarik jangan dipaksakan ya, Temans!


Tips Memilih Kelas Bimbingan Belajar Online Untuk Anak


2. Perhatikan penyelenggaranya

Ya, sebelum mendaftarkan anak mengikuti kelas bimbingan belajar online, pastikan bahwa penyelenggaranya adalah lembaga yang kompeten di bidangnya. Jika yang diadakan kelas menulis dicek apakah penyelenggaranya sudah biasa membuat kelas ini? Kita bisa memeriksa rekam jejak lembaga dengan memeriksa akun media sosial dan website-nya. 

3. Siapa pengajarnya?

Jika kita mendaftarkan anak kelas menulis, misalnya, pastikan pengajarnya adalah orang kompeten. Dalam artian, ia memang penulis atau guru menulis yang terbiasa mengajari orang. Jangan sampai anak-anak kita ikut kelas fotografi tapi pengajarnya tidak pernah terdengar memiliki keahlian fotografi dan tidak punya portofolio karya. Bagaimana bisa mengajar dengan baik? Kalian juga bisa meminta info dari teman-teman yang pernah mengikuti kelas yang sama atau mengintip media sosial pengajarnya. 

4. Bagaimana proses belajarnya?

Jika mendaftarkan anak-anak, jangan lupa untuk meminta secara detail kepada pihak penyelenggara bagaimana proses belajar dalam kelas ini. Apakah dengan media Zoom di mana anak bisa bertatap muka dengan pengajar? Atau melalui grup chat dan materi belajar untuk dibaca? Adakah tugas untuk dikerjakan dan dievaluasi? Nah, sesuaikan proses belajar ini dengan gaya belajar anak kita. Apakah sesuai dengan anak kita? Jangan sampai jika anak kita tipe visual, sedangkan proses belajarnya audio, ia akan mudah bosan. 

Setelah memperhatikan empat hal ini, kita bisa memutuskan apakah akan mendaftarkan anak atau tidak di kelas bimbingan belajar online. Nah, bagaimana, Temans? Sudah siap mendaftarkan anak-anak ikut kelas online? Semoga tulisanku bermanfaat ya!

Foto:

Julia M. Cameron, Pexels.com


Comments

  1. Iya setuju sama poin-poin di atas. Kita harus lihat portofolio pengajarnya juga terpenting anak-anak mau nggak ikut

    ReplyDelete
  2. Kyaaaa! Ini nih yang daku cari!
    Aku mau ubek2 website-nya ah
    siapa tau ada yg cocok buat anakku
    makasiii Mak

    ReplyDelete
  3. Oh iya yah. Sekarang bisa pakai bimbingan belajar online. Tapi kita memang kudu cari tahu dulu gimananya. Terus anaknya cocok gak biar sama-sama senang

    ReplyDelete
  4. Wuaah Bang Boim Lebon masih aktif ya beri materi?
    Eh jadi ingat belum berkunjung balik di postingan manajemen stres itu. After dari sini yaa hehe.


    Alhamdulillah ya sekarang ada pilihan bimbel online bagi anak. jadinya mudah.

    ReplyDelete
  5. Kalo di Bandung sih sepertinya aktivitas fisik untuk anak masih belum ada yah mbak. PSBB baru selesai 26 Juni sih, jadi anak2 masih pada belajar online aja.

    Bener sih ketika memilih les harus dengan persetujuan anak supaya mereka ikhlas menjalaninya yah dan gak perlu dipaksa2 hahaha

    ReplyDelete
  6. Belajar online seperti ini memang solutif buat masa pandemi seperti ini, anak tetap bisa mengasah ilmunya tanpa perlu banyak berinteraksi dengan orang luar jadi tetap aman ya Mba anak-anak kita

    ReplyDelete
  7. Meskipun stay at home, anak-anak tetap bisa belajar online ya. Nah, jaringan inet ini yang memang gak boleh lemot haha. Selain belajar online, banyak juga seminar online yang bisa menambah pengetahuan bagi anak-anak.

    ReplyDelete
  8. Sekarang banyak pilihannya ya mbak kalau mau bimbingan belajar secara online. Tapi aku pun mencari bimbingan belajar juga untuk anakku, tapi untuk ngajinya dia.

    ReplyDelete
  9. Kelas Online untuk saat2 seperti ini banyak dicari. Ada yang buat isi waktu luang, ada yang emang butuh ya, Mbak. Emmm...Ibu dan anak kompak bangett sama-sama ikut kelas B. Inggris, euy.

    ReplyDelete
  10. Dengan ikut bimbel online, anak2 tetap mempelajari berbagai hal walau hanya di rumah aja ya.
    Namanya memuntut ilmu bisa dilakukan, gimana pun caranya.

    ReplyDelete
  11. nah, nice tips Mba. I will choose
    tutoring for children again now. school not begin again.

    ReplyDelete
  12. Anak-anakku gak terlalu antusias mbak mengikuti kelas online, boring katanya dan gak seseru kelas offline. ya memang sih ya, tapi masa pandemi begini, memang harus mulai bisa beradaptasi agar tidak ketinggalan ilmu pengetahuan baru

    ReplyDelete
  13. anakku sempet trial buat les bahasa inggris online di awal PSBB menggunakan aplikasi zoom, dia cukup menikmati hanya buat mata pelajaran lainnya belum aku coba hehehe makasi mba sharingnya

    ReplyDelete
  14. Yup, bimbingan belajar gak cuma dipilih yang bagus aja ya mbak. Persetujuan anak juga wajib nih, karena butuh nyaman juga untuk mereka yang menjalaninya

    ReplyDelete
  15. Cek cek juga ah penyedia kelas bimbingan online gini. Anak lanang nih screen timenya untuk hal-hal di luar pelajaran udah terlalu tinggi. Semoga aja dengan ikutan bimbingan belajar gini akses devicenya bisa lebih membawa manfaat.

    ReplyDelete
  16. Pengennya anak-anak juga belajarnya gak melulu materi sekolah siih..
    Materi yang menyeimbangkan antara otak kanan dan kirinya.
    Ada pilihan materinya juga kan yaa..?

    ReplyDelete
  17. Sekarang lagi ngehits banget bimbingan online. Anakku sempat ikut. Tapi sementara ini cuma ambil yang bahasa Inggris aja

    ReplyDelete
  18. bersyukur ya mba kini hadir lembaga bimbingan belajar online makin memudahkan anak-anak bisa belajar dari rumah

    ReplyDelete
  19. Anakku les bacanya juga masih onlen mbak, belum ada guru2 yang berani masuk jg.
    Tapi pengen juga nih persiapan anak SD mau masukin kyk bimbel gtu. Ada enaknya jg belajar online dr rumah jd para ibu tetap bisa mengawasi ya :D

    ReplyDelete
  20. jadi pengen daftarin anakku ke kelas pintar. Saya pelajari dulu ah gimana kelasnya semoga anakku bisa mengisi waktu liburannya dengan ikut kelas ini.

    ReplyDelete
  21. Bimbingan belajar online makin diserbu orang tua dan anak-anak sejak adanya pandemi ini. Tapi betul yang mbak tulis, perlu memperhatikan dan mempelajari bimbingan online itu sebelum menjatuhkan pilihan

    ReplyDelete
  22. Poin pertama itu, aku setuju pakai banget!
    Harus menerapkan hakikat demokrasi, mendengarkan aspirasi buah hati, karena doi-lah kelak yang akan menjalani.

    Btw,
    Aku dan putriku juga masih betah di rumah, hahaha.
    Alhamdullillah.
    Selain karena putriku Yasmin lagi persiapan UTBK, aku juga, insya Allah menikmati aktivitas di rumah.

    ReplyDelete
  23. Aku belum pernah mengikutkan anak pertamaku kelas belajar, mbak. Mungkin bisa ya dicoba, karena saat seperti ini, bakalan lebih banyak waktu di rumah ntar meskipun waktu sekolah ntar dimulai

    ReplyDelete
  24. Yang paling penting mood anak, harus dijaga banget karena kalau mood nya ga baik pasti malas belajarnya

    ReplyDelete
  25. Bimbel skrng wajib berevolusi menyesuakkan situasi. Tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kantong pastinya, hehee..
    Terimakasih mbk dah sharing :))

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Terlanjur Betah di Perpustakaan Cinta Baca di Bogor