Nostalgia Keluarga Bareng Toyota Kijang dari Masa ke Masa

Dear Temans,

Mau bernostalgia sejenak nih dengan mobil Toyota Kijang. Gara-gara membuka-buka album foto lama, terpampang nyata foto kami sekeluarga dengan mobil dinas Papa waktu masih bertugas di Makassar. Hehe. Jadi terkenang, masa kecilku. Aku adalah anak sulung dari tiga bersaudara. Aku punya dua adik cowok. Papaku bekerja sebagai PNS Kehutanan dan mamaku ibu rumah tangga yang tangguh dan serba bisa.

Nostalgia Toyota Kijang



Keluarga kecil kami tinggal berpindah-pindah mengikuti Papa bertugas. Jadi, tidak heran lagi kalau Papa mengabari bahwa bulan depan kami akan pindah sekolah dan kami disuruh mempersiapkan barang apa saja yang akan dibawa dan barang apa saja yang akan ditinggal. Juga mulai berpamitan dengan teman-teman kami. Ya, Kami terbiasa merelakan barang kesayangan dan tidak terikat dengan suatu barang atau tempat, atau bahkan orang, uhuk. Tak heran juga, kalau Mama dan papaku adalah ahli packing barang tersohor, hehe.

Nah, setiap memegang jabatan di suatu kantor di daerah, Papa mendapat mobil dinas. Kebanyakan mobilnya adalah Toyota Kijang. Mobil dinas ini memudahkan mobilitas Papa bekerja dan juga keluarga kami dalam kegiatan sehari-hari.


Baca Juga: Materi Belajar Bahasa Inggris untuk Anak


Saat pindah ke Jayapura, mobil dinasnya adalah Toyota Kijang yang entah kenapa disebut Kijang Kapsul. Logonya sampai hapal deh, gambar kepala kijang, hehe.  Mobil dinasnya terbatas. Hanya ada satu Toyota Kijang untuk beberapa pejabat yang tinggal di kompleks kehutanan di Abepura. Solusinya, mobil dinas ini digunakan bergantian sesuai jadwal yang telah didiskusikan sebelumnya. Jadi, misalnya Senin adalah giliran keluarga A pakai mobil. Selasa adalah giliran keluarga B, hehe. Seru kan ya? Paling senang kalau kami mendapat jadwal pakai mobil di akhir pekan. Itu berarti, kami bisa pakai mobil untuk berjalan-jalan ke Kota Jayapura. Mama bisa berbelanja bulanan ke swalayan, kami bertiga bisa diajak ke toko buku kecil untuk beli komik dan novel oleh Papa terus pulangnya makan ikan bakar khas Makassar di warung tepi pantai. Ya Allah, kenangan manis bangeeet...

Alhamdulillah, pengaturan ini berjalan lancar dan tak hanya pengaturan mobil, ada juga pengaturan jadwal kerja bakti dan juga pemilihan acara TV dari parabola milik bersama, hihihi. Kangen banget suasana guyub saat aku masih SMP di Abepura saat itu.

Saat masih bekerja di Palembang, Papa mendapat mobil dinas Toyota Kijang  Krista. Generasi keempat Toyota Kijang ini nyaman dikendarai dan ditumpangi. Masih ingat, kami kerap dijemput supir kantor sepulang sekolah dengan mobil ini. Aku kerap mengajak teman-temanku juga untuk ikutan. Capeklah supirnya kudu mengantar temanku dulu sebelum kami kembali ke rumah. Memang aku akhlakless saat zaman sekolah, ups. Sungkem sama Mas Wiwit, mantan supir Papaku.


Nostalgia Toyota Kijang

Oh iya, Kami juga kerap menggunakan mobil ini saat mudik Lebaran ke Sukabumi. Bayangkan, menempuh enam ratusan kilometer naik mobil. Kalau mobilnya tidak nyaman, bakal boyoken, haha. Mobil kami dan mobil teman-teman sekerja Papa di kehutanan akan konvoi rame-rame menuju Pulau Jawa. Hal ini dilakukan demi keamanan bersama. Saat itu, perampok masih marak di Lintas Sumatera. Kami akan menyeberang di Bakauheni, Lampung bareng-bareng lalu berpencar begitu tiba di Merak.


Baca Juga: Piknik Sekolah ke Bandung


Setelah pindah kembali ke Jakarta, kami tinggal di Bogor dan Papa mendapat mobil dinas Toyota Kijang Innova yang nyaman. Kali ini, tidak usah digunakan bergantian, hehe. Saat akhir pekan, mobil ini bisa digunakan untuk piknik keluarga di Puncak, menginap di vila dan menikmati udara sejuk Puncak yang melegakan perasaan.

Selama kami gunakan, mobil Toyota Kijang ini jarang rewel atau mogok. Apalagi, Mamaku orangnya telaten dan selalu heboh mengingatkan supir Papa untuk jadwal perawatan mobil di bengkel khusus Toyota. Ya, bagi Papa dan Mama, mobil dinas adalah amanah jadi harus dirawat. Jadi, mobil dinas Papa selalu tokcer dan blink-blink, sehingga pengganti Papa di kantor selalu senang ketika serah-terima mobil dinas. Alhamdulillah.

Oh iya, Kalian pernah mengunjungi website Auto2000? Di sini, kalian bisa melalukan pembelian kendaraan Toyota baru, mendapat layanan purna jual, membeli suku cadang, aksesoris dan trade in serta melakukan pembelian mobil bekas. Sekarang juga ada aplikasi Auto2000 Mobile lho, pelanggan bisa melakukan perawatan kendaraan lebih mudah. Keren, ya pelayanannya lengkap dan cepat. Pelanggan benar-benar dimanjakan. Lho, duh, nostalgianya jadi lama nih, hihi. Sudah dulu, ah. Mau beberes rumah dulu. Selamat menikmati hari ini, jangan lupa bahagia, ya!

 

 



 

Comments

  1. kami juga di rumah pakainya Toyota, kayaknya memang mobil sejuta umat kalau di Indonesia ya mba. pertama belajar dengan mobil ini juga, jadi kenangan banget deh sama merek ini. semoga someday bisa kebeli dengan uang sendiri, aamiin allahuma aamiin

    ReplyDelete
  2. Mba, mobil keluargaku pun dari sebelum nikah sampe skr, ttp Toyota :D. Dulu pas pacaran, pak suami msh pake yg model Vios, kan cuma dipake sendiri ke kantor Ama nganterin aku :p. Trus nikah, aku hamil, dia lgs ganti yg gedean. Krn kita mikirnya, kan suka road trip, kalo ada anak, pgnnya udh bukan sedan lagi. Dan dari awal beli sampe skr udah 8 thn, itu mobil msh bgs, ga rewel.

    Makanya aku bilang Ama suami, klo ntr kita ganti mobil, hrs Toyota lagi. Walopun dia sempet bilang pgn salah satu mobil China yg sdg hype itu, aku nolak mentah2. Ga percaya kualitasnya :p, apalagi temenku punya mobil China yg seri paling tinggi, itu mobil meledak dong pas sdg jalan di Bandung. Asap kluar dari AC awalnya. Jd aku bilang ke suami, sampe kapanpun aku ga restuin kalo dia beli mobil China itu :p. Hrs Toyota lagi pokoknya hahahahaha

    ReplyDelete
  3. Toyota emang merk ter the best apalagi Makassar ini dan dealernya juga lebih banyak di temui sehingga yang butuh kendaraan ataupun lainnya bisa mampir dengan proses yang cepat pula

    ReplyDelete
  4. Memang rata-rata yang dijadikan mobil dinas merk Toyota ya..karena ternama ketangguhannya. Apalagi didukung layanan purna jual yang juwara
    Btw, punya pengalaman berpindah menyenangkan pastinya ya, Mbak..banyak teman dan kenangan

    ReplyDelete
  5. Sekarang kayaknya mobil kijang tuh ada serie terbaru bukan, Mbak?
    Jadi Mbak Dedew nih aslinya orang mana?

    ReplyDelete
  6. Kalo aku dulu keluarga range Rover tua tuh yang atapnya kanvas. Abis tu jadi keluarga Toyota Hardtop sampe keluar Kalimantan tahun 1985 hihi

    Nah masuk Jakarta raya baru deh aku jadi keluarga Toyota Kijang kapsul juga!

    Kenapa kita jadi nostalgia yak.. ah kamuuuu ....

    ReplyDelete
  7. Mobil kijang jaman dahulu sungguh unik modelnya. Yang lebih tua dari kijang kapsul itu, aku lupa apa namanya, jadi kebanggan di keluargaku. Ingat banget waktu jalan-jalan ke Ragunan atau ancol menggunakan mobil itu. Bersempit-sempit, bawa makanan, dan gelar tikar..Sungguh ya mobil kijang sudah menorehkan banyak kenangan manis pada kita, Mbak Dew :)

    ReplyDelete
  8. KIjang emang mobil sejuta umat tapi handalnya tak perlu diragukan lagi. Sementara ini saya sama suami kalau nge-rental juga selalu ambil Kijang. Sambil ikhtiar penginnya nanti kebelinya juga Kijang Innova, amiin.

    ReplyDelete
  9. Kijang, memang tiada duanya.
    Gitu kalo gak salah tagline nya yaa..?

    Rasanya dulu kalau naik Kijang tuh...kereen banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mobil yang luas sehingga memungkinkan bawa keluarga besar dalam satu kali perjalanan. Sungguh menghemat waktu dan uang.

      Delete
  10. wah kalo ngomongin Toyota, apalagi Kijang, pasti banyak hubungannya dengan kenangan masa kecil.. Mobil keluargaku dari SD sampai SMP ya Kijang Super kak.. Kendaraan nyaman untuk perjalanan ramai..

    ReplyDelete
  11. kenangan manis banget yaa. dulu saya tahunya merk mobil cuma kijang hihihi. ke sini sini baru tahu banyak merknya ternyata. Meskipun gak pernah punya mobil toyota kijang, tapi namanya sudah terlanjur ada diingatan.

    ReplyDelete
  12. Mobil idola banget ini ya Teh. Aku juga pengen punya mobil insyaAllah kalau ada rejeki, biar kalau mudik nggak kepanasan dan kehujanan. Eaa ... toyota muat banyak ini ya teh sekeluarga besar.

    ReplyDelete
  13. Mobil kecintaan sejuta umat ini ya Mbaaa
    Aku juga demen banget kalo naik Toyota Kijang
    Nyamaaann bangetttt, apalagi buat perjalanan luar kota

    ReplyDelete
  14. Beneran mobil sejuta umat, nih, Toyota. Bisa dibayangkan rasanya.
    Tapi beruntung juga ya, selalu dapat mobil dinas. Sesekali boleh dipakai bersama keluarga.

    ReplyDelete
  15. Ya ampuun ikutan seneng baca ceritanya ttg memori toyota kijangnya mba...
    Keren deh ayah n ibunya jaga mobil dinas setelaten itu.
    Atuhlah banyak yg krn mobil dinas jd diurus seadanya. Tp soal ketangguhan emang kijang mah dr masa dulu ya udah terkenal

    ReplyDelete
  16. Aku inget banget kata-kata "Kijang, tiada duanya"..Memang legendaris banget ya mobil satu ini. Jaman dulu udah top banget bisa ngangkut banyak orang. Banyak kenangan yang terukir manis juga dengan mobil kijang.. :)

    ReplyDelete
  17. Suka ingat alm papah kalau ingat toyota. Papah saya tuh penggemar Toyota banget. Memang gak selalu kijang. Tetapi, beberapa kali pakai kijang juga rasanya memang enak

    ReplyDelete
  18. Uwaaaa...toss dlm hal pindah2 dan mobil dinas papa mbak hahaha. Kemaren2 pindah kota 3 kali tapi mobker suamiku selalu always panther. Mbok ganti mobil tp tetap panther krn jatahnya emang ituuu. Sekarang pindah Makasaar (nah kan nyambung lg ama Mba Dewi), mobker suami adl Innova. Anak2 seneng bgt krn uda lama pengin Innova (untung nggak pengen Alpard wkwkwk).
    Tapi satu hal yg slalu kami tekankn sama anak2 bahwa itu "mobil kerja". Bukan mobil pribadi meski bisa buat jalan2. Suami emang ketat banget soal aturan pemakaian mobker ini.

    ReplyDelete
  19. Toyota kijang mobil favorit keluargaku niiih. Walaupun brand yg lain udah banyak macamnya, tapi kalau pergi ke showroom mobil, pasti perginya ke pojok toyota. Udah kadung cinta ya mo gimana. Hehehe

    ReplyDelete
  20. Wahh toyota,, dulu papaku juga ini mobilnya.
    Awet ya mbak

    ReplyDelete
  21. hehe mobil mertua jg kijang lawas. banyak yg ngincar sebab mesinnya bandel dan body masih ok. akhirnya sama ayah mertua mobilnya dijual deh, dg harga tawaran tertinggi. buat ganti beli mobil baru sebab usia senja maunya mobil yg gak pake rewel dan enteng

    ReplyDelete
  22. Di kantor klo ada pengadaan mobil rata2 belinya ya Toyota. Kalo beli merk lain suka dinyinyirin :)

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Tips Penulis Ali Muakhir Menghadapi Masa Pandemi Covid-19

Terlanjur Betah di Perpustakaan Cinta Baca di Bogor