Piknik Sekolah Nailah ke Bandung Yang Super Seru

Dear Temans,

Semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan dilindungi Allah, aamiin! Kali ini, aku ingin berbagi tentang pengalaman mendampingi anak-anak kelas 5 dan 6 SD Isriati Ungaran piknik ke Bandung. Ya, aku berkesempatan ikut menjadi pengawas dalam perjalanan piknik anak-anak. Alhamdulillah, pikniknya berjalan lancar dan menggembirakan.


Piknik Sekolah ke Bandung Yang Seru

Perjalanan Ungaran-Bandung naik bus memang cukup melelahkan tapi tak mengurangi kebahagiaan anak-anak. Serta bapak dan ibu guru. Apa saja yang kami kunjungi di Bandung? Yuk, baca ceritanya!

1.     Museum Geologi Bandung

Setelah mandi, salat subuh dan sarapan di Lembang, bus kami menuju Bandung. Alhamdulillah, jalannya tidak terlalu macet karena bukan akhir pekan. Tujuan kami berikutnya adalah Museum Geologi. Museum ini masuk  daftarku untuk mengajak anak-anak piknik saat ke Bandung. Museum ini beda dengan museum lain, lebih terawat dan bagus pengaturannya. 


Baca Juga: Naik Bus Shuttle ke Bandung


Penyajian materinya juga interaktif sehingga menarik perhatian anak-anak untuk belajar tentang ilmu alam. Bangunannya terbilang kuno namun terawat. Ternyata, museum ini dibangun tahun 1928 lho oleh arsitek Belanda Ir. Menalda van Schouwenburg, dan dibangun oleh 300 orang pekerja dan selesai setahun kemudian. Diresmikan bertepatan dengan Kongres Ilmu Pengetahuan Pasifik.

2.     Trans Studio Bandung

Tujuan berikutnya adalah Trans Studio Bandung! Ini yang anak-anak nantikan. Bermain sepuasnya di Trans Studio! Woohoo! Mamak juga tak kalah excited, hihihi. Trans Studio Bandung berlokasi di dalam Trans Studio Mal. Berdiri di area seluas 1.7 Ha dan mulai beroperasi Juni 2011. Saking bahagianya, anak-anak kelas 5 bersorak-sorai di bus lho saat melihat gedung Trans Studio Mal, hihi.


Piknik Sekolah ke Bandung Yang Seru

Mama teman Nailah yang juga ikut serta mengawal rombongan, mengajakku mlipir ke mal saja tapi tawaran ini kutampik karena aku penasaran permainan di Trans Studio, haha. Karena kami datang pas taman bermain ini dibuka jadi disambut tarian dan lagu deh dari seluruh kru Trans Studio. Berasa seleb disorakin pas di karpet merah! Haha. Aku sempat mencoba roller coaster mini dan banyak permainan lainnya. Nggak hanya anak-anak yang puas, bapak dan ibu guru serta daku juga bersenang-senang! 


Baca Juga: Mengumpulkan Kenangan Manis


3.     Saung Angklung Mang Udjo

Tujuan terakhir kami sebelum istirahat malam itu adalah saung angklung Mang Udjo. Beralamat di Jalan Padasuka No 118, Pasir layung, Cibeunying Kidul, Bandung. Perjalanan menuju Saung Udjo ini cukup berliku karena berada di jalan kecil nan padat. Namun suasana sumpek tadi seketika berubah ketika memasuki area Saung yang asri di tengah hamparan pohon bambu.Tujuan ini aku juga yang mengusulkan pada bapak ibu guru hihi. Soalnya, saat liburan lebaran lalu kami ke sini dan anak-anak senang sekali bisa melihat pertunjukan angklung yang meriah.

Alhamdulillah, anak-anak rombongan piknik excited dengan pertunjukan ini padahal mereka pasti lelah sekali dari subuh belum beristirahat, lho! Apalagi saat bermain angklung bersama. Seru! Setelah pertunjukan selesai, barulah kami menuju hotel terbaik di Bandung untuk beristirahat dan pulang ke Ungaran keesokan harinya.


Piknik Sekolah ke Bandung Yang Seru

Alhamdulillah, lelah memang perjalanan saat itu. Tapi, benar-benar berkesan untuk anak-anak karena setelah itu mereka harus mempersiapkan ujian nasional untuk kelulusan SD. Tak disangka, takdir berkata lain. Ujian Nasional ditiadakan dan mereka school from home karena pandemi covid19. Bahkan, lulus pun wisuda online.

Sejak itu, Wajah dunia berubah drastis. Memang berat dan berdampak di segala bidang tapi kita harus tetap semangat dan optimis bahwa situasi akan segera membaik. Walau di rumah saja, harus tetap rajin berkarya. Aku berusaha tetap menulis dan mengajar di Ruang Aksara. Semoga badai ini segera berlalu dan kita semua bisa bebas piknik ke manapun tanpa khawatir tertular penyakit berbahaya, aamiin.

Comments

  1. Banyak sekali tempat wisata di Bandung ini ya, belum semuanya saya jelajahi termasuk Trans Studio Bandung , semoga wabah covid segera sirna biar semua bisa liburan ke Bandung lagi :)

    ReplyDelete
  2. Piknik sekolah memang menyenangkan ya. Apalagi kalau tempat tujuannya menyenangkan. Saya naksir ke saung angklung Mang Udjonya tuh, kalau ke Bandung semoga bisa sempat ke sana.

    ReplyDelete
  3. Terharu baca paragraf terakhir Dedew.... Insya ALlah kakak Nailah tetap happy, mengingat memori bermain di SD bersama teman-teman ya kak...

    Insya Allah pandemi berlalu, bisa wisata bersama teman teman lagi aamiiiin

    ReplyDelete
  4. duh kangennya nemenin anak piknik atau study tour begini, anak-anak jadi banyak belajar hal baru ya

    ReplyDelete
  5. Kalo ngawal anak2 gitu rempong gak sih makDew? Hihii.. soalnya cerita dari ibu2 yg ngawal piknik di sekolah anakku itu katanya rempong :D LOL
    kalo anaknya udah gede gak kali ya :D

    ReplyDelete
  6. Wah menarik semuatempat yang dikunjungi, Mbak Dedew. Sayangnya Bandung jauh banget dari Makassar .... huhu. Semoga suatu saat bisa keBandung deh, mengunjungi ketiga tempat itu.

    ReplyDelete
  7. Seru banget ini mbak Dew piknik ke Bandung, jadi inget waktu anakku masih TK kemarin sebelum pandemi pernah nemenin fieldtrip karena pengen mendokumentasi dia.

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah setidaknya masih sempat merasakan bersenang-senang dulu dengan teman-teman seangkatan. Momen yang berkesan dan dikangenin banget pastinya

    ReplyDelete
  9. Ah, ke museum geologi...aku mau banget ke sana kemarin ngajak anak...eh belum sempet...seru banget kayak ngeliat fosil dinosaurus gitu

    ReplyDelete
  10. Ya Allah bener mba. Pas ada korona semuanya berubah berbeda ya mba. Tapi bagaimanapun slalu kita bersyukur ya diberikan kesehatan. Smoga bisa ikutan piknik sekolah lagi ya mba :)

    ReplyDelete
  11. Aamiin yaa Allah..
    Ahh, itu tempat2 wisata yang kerap dikunjungi oleh anak2 sekolah di Bandung, mempunyai nilai sejarahnya masing2. Alhamdulillah yaa udah piknik, trus UN ga jadi deh , hihii.

    ReplyDelete
  12. Seru ya Mbak masih SD saja piknik sekolahnya beda kota beda provinsi pula. Duuh saya malah piknik seperti ini baru mengalaminya saat SMA saja. Anak saya malah hanya di dalam kota saja dimana nggak banyak tempat edukasi yang bisa dijadikan referensi seperti di Bandung.

    ReplyDelete
  13. Oh ini sebelum pandemi ya pikniknya?
    Senangnya bisa ke saung angklung Mang Udjo mbak. Aku pengen sekali nanti bawa anak2 ke sana supaya anak2 bisa mengenal angklung dr ahlinya yang beneran :D
    Apalagi main bareng2 gtu, seru!

    ReplyDelete
  14. Di antara 3 tempat wisata itu, yang belum saya kunjungi itu Saung Angklung Mang Ujo. Padahal sering lewat sana, tapi belum pernah masuk ke dalamnya.

    ReplyDelete
  15. Wahh seru...
    Emang ya piknik sekolah akan selalu seru dan menyenangkan..

    ReplyDelete
  16. Untung sebelumnya pernah mengikuti kegiatan piknik ya. Jadi lumayan bisa refreshing. Objek wisata yang dikunjungi juga beragam. Mulai yang edukatif sampai hiburan. Seru...jadi pengen ke Bandung nih..

    ReplyDelete
  17. Huwaaa aku ikut trenyuh baca nya, semoga pandemi segera berakhir ya. Anak-anak bisa bertemu teman-teman nya lagi. Tapi sekarang lebih baik di rumah dulu deh belajarnya, demi keamanan

    ReplyDelete
  18. Saya malah belum pernah nonton pertunjukan di saung angklung udjo... Anak saya yang pernah, itu juga bareng sekolah...

    ReplyDelete

  19. I hope the pandemic will end soon so that Nabila and her friends can have another fun picnic

    ReplyDelete
  20. Semoga pandemi segera berlalu ya Mba... dan pengalaman siswa berkunjung langsung ke lapangan dapat terulang kembali

    ReplyDelete
  21. Aih seru bener pikniknya. Jadi kangen ke Bandung juga euy. Kapan hari pas ke sana belum sempat ke banyak tempat, ya emang belum maksimal juga eksplorenya..

    ReplyDelete
  22. Kalau gak salah, Saung mang Udjo gak selalu ada pertunjukan yaa, kak..
    Apa ini sekolahnya bikin appointment dulu untuk ke sana?

    ReplyDelete
  23. Wah, ke Saung Angklung Ujo yang belum keturutan. Padahal si Najwa sudah bolak-balik minta, tapi tiap ke Bandung belum disempetin ke sana. Next time kalau ke Bandung mesti booking dulu biar gak lupa

    ReplyDelete
  24. Abis baca ini seketika pengen ke Bandung lagi euy haha. Tempat-tempat diatas aku udah familiar banget karena saking seringnya ke Bandung hahaha

    ReplyDelete
  25. Ribet nggak sih ngawal anak-anak gitu, Mbak? Klo aku mungkin udah nggak sabar ngadepin anak-anak.

    Setuju, untuk wisata edukasi, Saung Angklung Mang Udjo jni emang wajib jadi kunjungan. Saya aja yang udah tua seneng main ke Saung Mang Udjo :)

    ReplyDelete
  26. Untung lah ya Mbak, sebelum badai covid ini anak-anak sempat pikinik ke Bandung. Sekalipun habis itu sekolah di rumah, kesan main angklung di Saung Man Ujo pasti meninggalkan kenangan manis :)

    ReplyDelete
  27. Jd di saung angklung mang udjo ada semacam pertunjukannya ya. Kayak kali luat taru di bali gitu. Tapi ini khas bandung, keindahan suara alat musik jabar yg disajikan

    ReplyDelete
  28. Aku aja sampai sekarang belum pernah ke Trans Studio hahaha. Kalau wisata edukasi ke Bandung memang wajib ke Museum Geologi Bandung, salah satu museum di Indonesia yang hidup dan terawat baik.

    thetravelearn(dot)com | Matius Teguh Nugroho

    ReplyDelete
  29. Aku dulu tinggal di Bandung lama sekali. Ke Museum Geologi itu berkali-kali. Ke Saung Angklung Mang Udjo kira-kira 1 kali. Ke Trans Studio itu yang belum pernah, soalnya aku keburu pindah sebelum tempat itu dibuka.

    ReplyDelete
  30. Seru banget ajak anak-anak piknik sekolah ke tempat beginian mbak... Setelah dari Museum geologi mampir ke transtudio, lalu ke Saung Mang Udjo. Ilmu pengetahuan sejarahnya dapet,kebudayaan dan seninya dapet, dan piknik kekiniannya dari Transtudio juga dapet... Kerennnn mba..

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Terlanjur Betah di Perpustakaan Cinta Baca di Bogor