Review Novel Wattpad Pacar Gelap Karya Bayu Indie

Dear Temans,

Sebagai pembaca buku yang rakus, aku tidak terlalu sering membaca buku lewat platform buku online. Padahal, saat ini apalagi di masa pandemi, platform ini menjadi favorit para penggemar novel untuk membaca novel kesukaan mereka.

Review novel watpadd pacar gelap bayu indie


Alasannya ya, aku masih lebih suka membaca buku cetak. Mata tidak lelah, dan bisa memegang bukunya secara langsung. Ada sensasi tersendiri. Tapi, aku juga membaca beberapa novel dari penulis yang kusukai sih misalnya buku-buku Teh Ary Nilandari di Wattpad. Penulis buku anak dan remaja produktif asal Bandung ini memang sudah lama merambah Wattpad.

Alasan beliau karena ingin memberi alternatif bacaan yang sehat untuk para remaja pembaca Wattpad. Nampaknya, misi Teh Ary berhasil ditunjukkan dengan novel-novelnya yang laris di Wattpad yang lalu diterbitkan versi cetaknya seperti Clair, Write Me His Story dan Pelik yang ketiganya sudah kubaca. Asli ceritanya keren, ya!

Nah, buku berikut yang aku baca di Wattpad berjudul Pacar Gelap, karya Bayu Indie. Sebelumnya, Bayu Indie telah menerbitkan banyak buku diantaranya Judith, Kisah-Kisah Religi Penjalin Hati dan Split! Aku pernah mengulas novel Judith di blogku. Nah, sekarang giliran Pacar Gelap yang babnya sudah tamat di Wattpad untuk aku ulas di blog ini.

Kalau dengar judul Pacar Gelap, sebenarnya khawatir sih. Sebenarnya,apa genre novel ini dan tentang apa ceritanya? Aku baca Judith kan genrenya teenlit nah bagaimana dengan judul satu ini? Khawatir kenapa? Hihi, takut ada adegan hotnya, haha. Malu aku tuh bacanya.

Baca Juga: Tiga Rekomendasi Drakor

Tapi, berhubung aku sudah pernah baca karya Bayu jadi aku coba baca saja novel ini. Novel Pacar Gelap ini tersedia lengkap hingga tamat di Wattpad. Ada 37 bab yang bisa kalian baca gratis di web atau aplikasi Wattpad.

Ceritanya berawal dari Ninette, mantan reporter yang jadi tim kampanye capres Kemal Batubara, mengontak mantan gebetannya Cesar yang telah menjadi penulis novel terkenal. Ninette ingin mengajak Cesar menjadi penulis memoar Kemal Batubara. Tawaran itu disanggupi Cesar dan ia pun mestitinggal di vila Puncak selama sebulan untuk mewawancara capres dan istrinya yang kurang sehat. Sebagai konsultan, Ninette yang sudah bersuamikan seorang  direktur TV pun tinggal di sana dan pulang ke Jakarta seminggu sekali.

Ternyata, kedekatan mereka saat bekerja membuat getar-getar diantara keduanya kembali terasa. Kegiatan saling membalas chat diantara mereka setiap hari sebelum tidur menjadi kebiasaan yang susah ditinggalkan. Padahal, sejarah mereka berdua saat SMA tidak seindah itu. Nah kan, berawal dari chat basa-basi bisa jadi naksir lho. Hati-hati, ya kalian semua! Hehe.

Cerita semakin seru ketika Cesar tak sengaja menemukan draft perjanjian kontrak sang capres dengan perusahaan minyak asing. Padahal, selama ini, sang capres selalu sesumbar tak akan menerima perusahaan asing untuk mengurus tambang di Indonesia. Hal ini tentu bertolak belakang dengan kenyataan. Cesar dan Ninette geram dan kecewa. Lain di bibir lain di hati. Mereka memutuskan akan menyebarkan draft ini agar tak ada rakyat yang tertipu memilih beliau.

Review novel watpadd pacar gelap bayu indie

Nah, bagaimana kelanjutan kisah mereka berdua, sepasang pacar gelap? Hm, kalian harus baca sendiri dong ya novelnya di Wattpad. Menurutku, novel Bayu ini ceritanya cukup bikin penasaran. Yang awalnya aku kira cerita cinta biasa, ternyata ada intrik politiknya juga  seputar pemilihan capres yang bisa kita ikuti dengan asyik.

Tentang genrenya, novel ini untuk orang dewasa ya bukan remaja apalagi anak. Hehe. Tapi, ada bagian flashback ke masa SMA yang porsinya cukup banyak, ada beberapa bab lho yang bikin novel ini jadi mirip teenlit. Jadi agak aneh bacanya kok sedang serius baca cerita berlatar politik, eh mendadak ada cerita remaja di tengah-tengah novel. Mungkin bisa dikurangi porsinya, menceritakan masa lalu mereka secukupnya saja. Asal tahu mereka itu bukan mantan pacar tapi..yah. Baca  sendiri, ya. Hihihi.

Baca Juga: Komik Perempuanmu

Terus, ada beberapa bab yang porsi percakapannya panjang banget. Agak ngantuk jadinya, hehe. Iya, percakapan via WA antara Cesar dan Ninette misalnya dalam Bab Cesar atau David? Dan bab selanjutnya, Ninette Mulai Merajuk.  Fiuh. Tapi, keseluruhan, buku ini seru alurnya.

Jadi, kalau kalian ingin bacaan menghibur dan bikin baper, uhuk. Jangan lupa baca novel Pacar Gelap ini, ya. terus, jangann lupa setelah baca, kasih vote, dan beri komentar yang membangun untuk penulisnya, Bayu Indie agar lebih semangat berkarya, yayaya. Sampai disini dulu ya ulasanku, semoga bermanfaat!

 

Comments

  1. Entah kenapa sampai saat ini saya belum tertarik untuk baca di aplikasi, kayak pusing aja hahaah. Memang bener mbak baca buku langsung itu seperti ada sensasi tersendiri. Next mau kucoba pakai baca di aplikasi, ah :)

    ReplyDelete
  2. Makasih rekomendasinya, Mbak..Saya malah belum pernah sama sekali baca cerita di Wattpad. Bahkan belum bikin akun pula..heuheuheu

    ReplyDelete
  3. Wahh seru banget yaa. Penasaran sama kelanjutan kisanya Pacar Gelap. Aku belum pernah merambah wattpad. Kayaknya seru-seru ya kisahnya

    ReplyDelete
  4. Aku sudah 2 minggu ini lagi senang baca buku secara online mak Dew, kebetulan baru selesai dengan 2 judul buku dengan genre romance karena ku paling suka.

    ReplyDelete
  5. Wattpad lagi happening banget ya Mbaaaa
    Kayaknya aku mau cari ahh novel ini.
    Kalo temen blogger Sby ada yg happening juga di watpad --> Wulan Kenanga

    ReplyDelete
  6. Unik ya novelnya. Saya bingung mengapa pernulisnya memilih nama Ninette ya .... terdengar aneh soalnya.

    ReplyDelete
  7. Suamiku yang suka baca novel maupun komik di wattpad, kalau aku tetep nyaman pakai buku fisik mbak. Gak tau nih mataku suka lelah aja gtu baca screen hehe.
    Tp menarik jg sih ada aplikasi kyk gini, krn kan gk semua org mungkin ada biaya buat beli buku maupun mungkin di rumahnya gk ada tempat nyimpen buku, jd bisa jd alternatif yg cocok buat generasi zaman now utamanya

    ReplyDelete
  8. Saya belum pernah baca novel di Wattpad. Kayak boleh juga sesekali cobain. Mungkin saya bisa mulai membaca dari novel Pacar Gelap ini

    ReplyDelete
  9. Saya juga senangnya baca buku cetak, kak. Tapi karena lagi pandemi ya ikutan baca cerita via platform saja deh.

    ReplyDelete
  10. Wah aku termasuk yg jarang baca lwt aplikasi baca mbak...
    Tapi baca review ini jadi tertarik pgn baca

    ReplyDelete
  11. Naaah itu sebaaaab aku di wattpad beneran hanya baca cerita teh Ary
    sebagian karena emang suka bacanya dan sebagian ya karena LOGIKA berperan penting!

    Kebayang lagi seru serunya baca cerita berlatar politik, eh mendadak ada cerita remaja di tengah-tengah novel!

    ReplyDelete
  12. Sama Mbak aku juga nggak begitu mengikuti novel-novel online masih lebih suka baca buku langsung karena feel-nya beda. Btw ini novel dewasa ya, jadi takut bacanya haha.

    ReplyDelete
  13. Aku juga lebih suka baca buku versi cetak sih mbaak, sensasi membalik halamannya itu lho hehe. Tapi ngikutin juga beberapa cerita wattpad sih. Emang wattpad zaman sekarang banyak yang masukin percakapan di whatsapp yah

    ReplyDelete
  14. Aku juga lebih senang baca buku fisik kalau novel, kalau cerita anak yang pe dek-pendek atau cerpen masih bisa online. Udah lama gak buka wattpad, cerita Bayu Indie kayanya seru, Mba. Ada intrik politiknya, ya.

    ReplyDelete
  15. Aku belum pernah baca novel lewar aplikasi. Tapi beli novel yang udah dicetak karena laris manis di aplikasi, iya.

    Tentang Pacar Gelap ini cukup bagus juga kayaknya. Karena bahas politik. Sejauh ini, saya membaca novel dalam negeri, belum menemukan intrik tentang politik. Jadi penasaran gimana itu tentang draft yang udah disebar, pasti langsung heboh nih.

    ReplyDelete
  16. Nah kan nambah bacaanku ehehe, aku belum download wattpad teh. Jadi pengen download juga nih.

    ReplyDelete
  17. Udah lama aku gaj baca wattpad nih, seru juga jalan cerita Pacar Gelap hihihi. cus buka wattpad lagi ah

    ReplyDelete
  18. Makasih review novelnya, Mbak. Aku selalu ragu mau baca novel di Wattpad, takut nggak sesuai ekspektasi. Tapi Pacar Gelap ini sepertinya menarik nih.

    ReplyDelete
  19. Aku beberapa kali baca novel via hp, lumayan menyenangkan. Tapi kadang mata capek sangking panjangnya hehe. Penasarannn banget sama ceritany

    ReplyDelete
  20. Saya juga termasuk yang senang baca buku fisik. Kalau online, matanya gak kuat untuk baca novel. Untuk bacaan yang singkat, bolehlah..
    Cerita Pacar Gelap ini cukup seru ya, berbau politik tapi diselingi dengan kisah romansa

    ReplyDelete

  21. Not bad, Mba 37 chapters, how long for me to read it. I hope you can buy it if there is a book version, thank you for the review

    ReplyDelete
  22. Hati-hati dengan chat basi basiiii~~uluuh uluuhh. Hahaha. Aku jadi deg2an bacanyaa. Btw, kalau baca novel yang nyerembet2 gitu2 juga maluu akutuuuhh. Pingin skip saja, tapi tak bisaa. Hahaha

    ReplyDelete
  23. Baca novel via wattpad ini gratis atau harus beli koin-koin gitu, kak?
    Aku seneng baca novel remaja...pasti isinya jiwa muda yang penuh semangat dan kisah cinta yang manis-pait-asem-asin.

    ReplyDelete
  24. Pernah gak sengaja baca wattpad tentang persperselingkuhan ternyata seru juga ya

    ReplyDelete
  25. Kalau baca buku di aplikasi gitu ada gambar-gambarnya ga Mba? Aku belum pernah baca buku di aplikasi deh hehehe. Kudet.

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Terlanjur Betah di Perpustakaan Cinta Baca di Bogor

Tips Penulis Ali Muakhir Menghadapi Masa Pandemi Covid-19