Manfaat Membangun Personal Branding di Media Sosial

 

Fungsi Tingkatkan Personal Branding di Media Sosial

Manfaat membangun personal branding di media sosial

Dear Teman,

Dalam dunia karir, persaingan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan kian meningkat. Hal ini seiring dengan teknologi yang kian berkembang dengan pesat. 

Jika kamu tidak bisa mengikuti perkembangan zaman, bisa dipastikan akan sulit untuk meraih prestasi yang kamu inginkan. Karena itulah penting untuk kamu agar membangun personal branding.

Dengan personal branding, kamu bisa menunjukkan citra diri yang terbaik bagi khalayak secara luas, baik di lingkungan sekitar maupun di media sosial. 

Pentingnya Personal Branding

Pada saat melamar kerja, ternyata tidak hanya CV (Curriculum Vitae) dan portofolio yang menarik saja yang bisa menjadi nilai plus bagi HRD yang membuka lowongan pekerjaan. 

Personal branding yang tampak di media sosial juga menjadi salah satu hal yang menjadi sorotan juga. Jejak digital di media sosial ini bisa menjadi penguat dalam menjelaskan bagaimana karakter seorang pelamar kerja. 

Untuk lebih memahami bagaimana pentingnya personal branding, berikut ini manfaat menunjukkan citra diri yang baik di media sosial:

              1. Memiliki Jaringan yang Luas

Manfaat pertama yang bakal kamu rasakan ketika membangun personal branding di media sosial adalah bisa memiliki relasi yang luas. 

Ketika seseorang mengembangkan kemampuan diri, minat, dan keahlian yang ditunjukkan di media sosial, besar kemungkinan akan terhubung dengan orang-orang profesional yang telah sukses. dengan minat yang sama dengan kamu. 

Misalnya nih, kamu fokus mengembangkan konten tentang ulasan buku dan film. Maka, akun media sosial milikmu bisa saja terhubung dengan para penulis buku, penulis skenario film atau para pecinta buku dan film lainnya seperti kamu. Jadi tambah teman yang sehobi ya.  

Baca juga: Unboxing Mola TV Box

             2. Memiliki Fokus Audience

Membentuk citra diri di media sosial bukan bertujuan untuk menyenangkan semua orang, melainkan fokus pada pengembangan potensi yang dimiliki. 

Dengan rutin mengunggah dan berbagi hal-hal yang bermanfaat, besar kemungkinan kamu bakal memiliki pengikut yang terfokus sesuai dengan apa yang menjadi citra kamu. 

Di awal usaha membangun personal branding ini mungkin akan banyak kendala. Namun, seiring semakin berkembangnya jaringan pertemananmu, maka jumlah pengikut tertarget akan terus bertambah dan kamu bisa mendapatkan banyak manfaat dari hal tersebut.  

3. Merintis Karir Menjadi Lebih Mudah

Dalam hal karir, kamu akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan posisi yang sesuai dengan passion atau dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki. Soalnya, media sosial yang terhubung dengan banyak orang akan membuka peluang untuk “bertemu” dengan pihak yang ingin merekrut karyawan yang kriterianya seperti kamu. 

Selain itu, ada kemungkinan pihak perekrut menelusuri media sosialmu karena merasa tertarik dengan CV dan portofolio yang kamu ajukan saat melamar pekerjaan.

4. Bisa Belajar Banyak Hal

Dengan meningkatkan personal branding, kamu akan mendapatkan pengetahuan tentang banyak hal yang berkaitan dengan media sosial. Seperti, belajar fotografi, cara mengedit foto dan video, atau cara menulis konten yang menarik

Walaupun tidak menguasai sepenuhnya, namun setidaknya kamu akan untuk belajar hal-hal yang berhubungan dengan cara meningkatkan personal branding melalui media sosial. 

Demi kelancaran pembentukan personal branding, kamu juga akan belajar berbagai hal yang berkaitan dengan website dan jaringan. Misalnya, bagaimana cara membuat website dan cara menghubungkan media sosial dengan website

Bila perlu, kamu juga mempelajari bagaimana cara memilih cloud hosting yang terbaik. Pemilihan provider hosting yang tepat sangat mempengaruhi performa website yang kamu miliki. 

Itu sebabnya sebelum memilih, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa saja sumber yang disediakan oleh provider hosting. Seperti, memory RAM, Bandwidth, Entry Process (EP), dan sebagainya. 

Jika masih ragu, kamu bisa mencari informasinya melalui internet atau bertanya ke orang-orang yang pernah menggunakan hosting untuk meningkatkan performa website

Jangan heran jika banyak yang menyarankan untuk menggunakan jasa Hostinger sebagai solusinya. Sebab, provider yang satu ini dikenal sebagai penyedia hosting yang memberikan fasilitas dan layanan yang terbaik. 


Manfaat Membangun Personal Branding

       5. Kepercayaan Diri Kian Meningkat     

Manfaat berikutnya yang bisa dirasakan dari pembentukan citra diri melalui media sosial ini adalah membuat kepercayaan diri kian meningkat. Sebab, ketika melakukan hal tersebut akan membuat kamu fokus pada kekuatan diri. 

Ini dikarenakan tujuan utama personal branding tersebut adalah untuk menunjukkan keunggulan yang menjadi ciri khas kamu kepada orang lain.

Harapannya adalah, akan ada umpan balik positif dari orang lain yang membuat rasa percaya diri semakin meningkat. Walaupun demikian, tetaplah menjadi pribadi yang rendah hati agar tidak dianggap sebagai orang yang sombong. 

6. Membangun Kredibilitas

Ketika rasa percaya diri meningkat, secara tidak langsung kamu juga membangun kredibilitas publik melalui media sosial. Apalagi jika nilai personal branding tersebut mampu diimplementasikan di kehidupan nyata. 

Tidak hanya perkataan saja yang diperhatikan, namun apa yang kamu lakukan juga menjadi bahan penilaian. Akhirnya, kamu akan dikenal karena keahlianmu dalam suatu bidang.

7. Kepribadian Semakin Berkembang

Seiring berjalannya waktu, pembentukan personal branding yang terus kamu tingkatkan membuat kepribadian kamu akan semakin berkembang menjadi lebih baik. 

Banyak hal-hal baru yang akan kamu temui dan pelajari, bisa dari orang lain, berdasarkan hasil pengamatan sendiri, atau berasal dari tuntutan eksternal.

8. Memiliki Ciri Khas yang Unik

Salah satu upaya agar personal branding semakin kuat adalah dengan mencari hal yang akan menjadi ciri khasmu baik di kehidupan nyata maupun di media sosial. Dengan citra diri yang unik tersebut, publik akan terpicu untuk melirik keunikan yang kamu miliki tersebut. 

Intinya, menunjukkan kesan yang unik merupakan hal penting yang harus selalu kamu ingat. 

Sebab, hal tersebut akan membuat kamu spesial dan tidak terlupakan di mata orang lain.    

9. Mampu Menyesuaikan Persepsi

 Saat membangun personal branding, kamu bisa menentukan citra diri seperti apa yang ingin ditunjukkan ke masyarakat. Setelah itu, lakukanlah hal-hal yang bisa membentuk persepsi orang lain terhadap diri kamu sesuai dengan yang diinginkan.    
Sebagai contoh, kamu suka bermain game online. Kamu bisa menunjukkan minat terhadap permainan game online dengan mengunggah hasil kemenangan yang dicapai, ulasan game, memberikan tips untuk bisa mengalahkan lawan main, dan sebagainya. 
Dengan cara ini, kemungkinan persepsi orang lain terhadap kamu adalah:

  • Dia pemain game sejati.
  • Dia ahlinya game online.
  • Dia menjual akun game. 
  • Dan sebagainya.

Sebagai penulis buku dan blogger, aku juga terbiasa mengunggah hal-hal yang berkaitan dengan literasi di media sosial dan blog. Misalnya, buku baruku yang terbit, kegiatan mengajar kelas menulis, berbagi tips menulis, hingga memajang buku yang sudah kubaca. 
Tanpa disadari, personal branding-ku terbentuk sebagai pegiat literasi. Hal ini memudahkan orang-orang untuk mengingatku. 

          10. Kontrol Diri

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dengan membangun personal branding diharapkan bisa memberikan umpan balik positif dari orang lain. Hal ini akan membuat kamu bisa mengontrol diri untuk tidak melakukan hal-hal yang merugikan baik di kehidupan nyata maupun di media sosial. 
Misalnya, berbicara kasar, menghina dan merendahkan orang lain, penyebaran berita bohong, dan sebagainya. 
Di era digital seperti saat ini, publik bisa dengan mudah menilai diri kamu. Jadi, hindari menunjukkan citra buruk karena personal branding tidak hanya untuk kehidupan di masa kini tapi juga bermanfaat di masa mendatang. 
Manfaat Membangun Personal Branding
Manfaat Membangun Personal Branding

Baca juga: Emak Blogger Sebagai Agen Perubahan




Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

23 Comments

  1. Bener banget, di zaman yang serba digital ini penting untuk membranding diri apalagi media sosial bisa menjadi tempat bisnis yang peluangnya besar. Banyak banget manfaatnya kalau bisa membangun personal branding, terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete
  2. setuju mba, personal branding di media sosial memang penting supaya followers mengetahui siapa kita dan kita pun bisa memberikan konten-konten sesuai brandingan yang kita bangun

    ReplyDelete
  3. Noted! Membangun personal branding di media sosial itu penting dan banyak manfaatnya juga. Katanya sih jejak digital akan selalu ada, karena itu penting membangun citra diri yang baik, jangan sampai melakukan perbuatan-perbuatan tidak baik/negatif yang membuat orang lain memberikan citra buruk pada kita.

    ReplyDelete
  4. Aku punya keponakan yang duduk sebagai HRD di sebuah perusahaan multinasional. Dia cerita sebelum merekrut karyawan, calon karyawan itu dikepoin dulu lewat sosial medianya. Nah itu kan jadi satu alasan agar semua pemilik sosial media dan ingin meningkatkan nilai diri agar mengisi sosmed mereka dengan hal-hal yang sifatnya positif dan membangun ya Mbak Dew. Aku pun kalau cari karyawan terus lihat sosmednya aca kadul, yah gak tertarik juga mengenalnya lebih lanjut :)

    ReplyDelete
  5. Betul Mba, personal branding ini penting buat membangun citra diri. Jadi baiknya di media sosial posting yang baik-baik aja. Jejak digital membekas soalnya

    ReplyDelete
  6. Membangun personal branding tentu keharusan bagi pemain media sosial, terutama yang pekerjaannya berhubungan dengan banyak orang dan produk. Ternyata banyak hal2 yang harus dipelajari dan diaplikasikan ya.

    ReplyDelete
  7. Saya jadi speechless mikirin lalu personal branding saya apa ya? Gak punya keunikan, keahlian dan sebagainya... Nulis pun random. Duh PR banget nih

    ReplyDelete
  8. Penting banget deh personal branding ini, apalagi sekarang kerja juga HRD nya suka lihat medsos kita. Ada tuh yang pernah ngga ketrima kerja gara2 twitternya postinganya rusuh,.kan sayang banget!

    ReplyDelete
  9. Salah satu yang paling terasa dari personal branding itu ciri khas seseorang ya mbak, Terlebih lagi jika kita hanya tau di media sosial saja. Banyak sekali manfaat dari personal branding, salah satunya lebih percaya diri

    ReplyDelete
  10. Penting banget ya personal branding ini, banyak sekali manfaatnya. Kita jadi bisa memanage persepsi orang lain juga ya kalau membangun personal branding.

    ReplyDelete
  11. Setuju bahwa personal branding itu bukan hanya buat masa kini, tapi masa depan juga. Ini gak bisa dibentuk satu dua hari. Makanya jangan sampai punya citra yang buruk

    ReplyDelete
  12. Penting banget personal branding ya bun. Apalagi di sosial media, jangan sampai jejak digital kita nggak baguus yaa. Yok bangun personal branding yang kereen!

    ReplyDelete
  13. Membangun personal branding itu perlu ya mbak
    Apalagi buat para kreator
    Dan emang media sosial bisa jadi media yang pas untuk personal branding

    ReplyDelete
  14. Setelah aktif ngeblog, perlahan terasa pentingnya personal branding. Senang juga ketika akhirnya saya tahu, sejumlah orang langsung mengidentikkan saya sebagai "blogger Makassar".

    ReplyDelete
  15. Tepat sekali membangun personal branded penting. Apalagi di dunia sosmed, hindari tulisan atau kata kata yang menyindir / menyakiti orang lain / mengandung SARA.

    Ada beberapa negara yang melihat sosmed kita ketika kita mengajukan visa lho.
    Bangun image yg positif 👌

    ReplyDelete
  16. bener sih mbak tapi kadang aku sendiri bingung aku brandinge opo karena sekarang banyak banget wes influencer bagus2 pula jadi keder kadang heheheh huhuu

    ReplyDelete
  17. Sepenting itu personal branding untuk lapangan pekerjaan zaman now, ya. Aku pun sempat mengikuti kelas personal branding dan manfaatnya memang terasa banget. Dan betul sekali, kita tampil di media sosial bukan untuk menyenangkan semua orang, melainkan untuk lebih mengenal dan mengembangkan potensi pada diri kita.

    ReplyDelete
  18. Kalau disebut kak Dew, aku uda nempel banget sih, pasti kujawab penulis buku.
    Kalo ditambahin cabangnya, penulis buku Anak Kos Dodol.
    Ditambahin cabangnya lagi, penulis buku yang bukunya sukses dan telah difilmkan.

    Hihii~
    Keren banget personal branding ini bisa menggiring opini publik dan meningkatkan kepercayaan seseorang.

    ReplyDelete
  19. Thank you insightnya tentang personal branding ini memang aku masih labil, hehe. Tapi alasannya mungkin karena aku sendiri pun nggak punya preferensi tertentu ingin dicitrakan sebagai apa, lalu akhirnya jadi mediocre deh :D

    ReplyDelete
  20. Pengen akun medsos fokus tp galau nih mba heuheu jdnya campur campur personal brand jadi ga jelas

    ReplyDelete
  21. Sepakat banget mbak. Meskipun aku sekarang bingung sama personal Branding ku tentang apa. Hiks. Awalnya parenting. Lalu pindah ke traveler. Eh pindah lagi sekarang bahas tentang rumah, eco friendly, wkkka. Tapi background pendidikan ku malah farmasi.

    ReplyDelete
  22. Setuju banget dengan poin terakhir, bukan sekedar ajang membentuk ciri khas dan eksistensi diri Personal branding juga merupakan sebuah upaya untuk menjaga diri sendiri dengan mengontrol dan mengatur apa saja yang ingin dibagikan dan apa yang sebaiknya tidak dibagikan mengingat sosial media dewasa ini sangat amat terhubung

    ReplyDelete
  23. Dulu pas booming bicara personal branding, aku ga ngerti sama sekali. Setelah ikut salah satu materinya dari salah satu blogger yang sudah sukses jadi trainer personal branding, saya jadi tahu fokus diri ini mau ke mana.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post