Variety Show I live Alone, Mengintip Kehidupan Sehari-Hari Selebriti Korsel

 

Dear Teman,

Beberapa waktu lalu, aku membaca berita tentang terjadinya krisis kelahiran di Korsel di mana angka kelahiran sangat rendah selama dua tahun berturut-turut. Hal ini disebabkan makin banyaknya warga Korea Selatan usia produktif memilih untuk hidup melajang. Menurut data tahun 2020, sekitar 42% lelaki dan perempuan usia 30-an tahun memilih melajang. Angka ini memegang rekor tertinggi di Korea Selatan selama beberapa tahun belakangan ini (CNBCIndonesia,30/09/21).


Variety Show I live Alone di MBC
MC Variety Show I live Alone (Foto: VIU)

Hal ini disebabkan karena anak muda Korsel memutuskan tidak menjalani kehidupan pernikahan dan memiliki anak. Mereka merasa tidak sanggup untuk menikah dan membesarkan anak. Apalagi, saat ini pekerjaan sulit didapat di masa pandemi dan biaya hidup di Korsel sangat tinggi. Biaya untuk apartemen saja menghabiskan lebih dari satu juta USD. 

Baca Juga: 5 Drama Thriller Korea

Karena beberapa hal tersebut maka sudah tak asing lagi banyak anak muda Korsel yang hidup sendiri di apartemennya. Biasanya hanya ditemani binatang peliharaan seperti kucing dan anjing. Hal inilah yang mendasari dibuatnya acara variety show I Live Alone yang juga dikenal sebagai Home Alone. Acara ini telah disiarkan sejak tahun 2013 di MBC. Kalau di Indonesia, kita bisa menontonnya di VIU. Acara ini adalah salah satu variety show Korea yang menjadi favoritku dan ratingnya pun cukup bagus di setiap episode. Maskot acara ini adalah Wilson, boneka beruang besar berwarna putih yang dipasangi kamera di tubuhnya. Ia akan tinggal di rumah masing-masing bintang tamu saat syuting berlangsung.

Seperti judulnya, acara ini menceritakan keseharian para selebriti Korsel di kediamannya masing-masing. Setiap episode terdiri dari dua sesi yang diisi dua bintang tamu yang berbeda. Formatnya adalah para bintang tamu yang terdiri dari aktor atau aktris, idol, atlet dan selebriti lainnya di Korsel datang ke studio I Live Alone untuk menonton tayangan film dokumenternya bersama para pembawa acara yang menamakan dirinya Rainbow Club atau Klub Pelangi. Acara yang disutradarai Oh Yun Hwan dan Choi Hang Ho selalu meriah di tiap episodenya.

Nah, acara nobar ini meriah dan lucu banget karena mereka semua akan mengomentari kehidupan bintang tamu. Sudah ratusan bintang tamu yang mereka undang ke acara ini, ada yang bahkan sudah datang dua-tiga kali. Para bintang tamu yang hadir diantaranya adalah KAI EXO, Sandara Park Ex-2NE1, Aktor terkenal Nam Goong Min, aktris Kim Se Jeong dan banyak lagi yang lain. Ada biasmu, tidak?

Variety Show I live Alone di MBC
Rumah Key yang pemandangannya indah (Foto: VIU)


Siapa saja pembawa acaranya? Banyak, hehe. Pembawa acaranya silih-berganti ya maklum karena acara ini sudah berlangsung selama 8 tahun dan mencapai 400an episode. Awet juga ya. Saat ini, pembawa acaranya adalah Jun Hyun Moo MC kondang yang kembali ke I Live Alone di episode 400, lalu ada Kian84 komikus webtoon yang polos, Park Na Rae komedian terkenal Korsel yang kocak, Sung Hoon aktor yang ganteng pisan, Hwasa, member grup Mamamoo dan terakhir, ada Kim Ki Bum alias Key member boygroup Shinee. Nah, MC nya saja beken dan seru semua ya. 

Kebayang kan kehebohannya mereka berkumpul dan ngobrol dengan bintang tamu? Bahkan, banyak selebriti yang hadir di acara ini karena ingin bertemu biasnya. Hehe, jadi jumpa fans dong ya. Sayangnya, Idol Henry Lau yang juga sudah lama jadi MC nggak hadir lagi di sini padahal Henry tuh lucu banget orangnya.

Selain menceritakan kehidupan bintang tamu, setiap episode acara ini biasanya menyisipkan kehidupan para pembawa acaranya secara bergantian. Misalnya saat Key bercocok tanam, menanam daun bawang dan bermain di apartemen bersama dua anjingnya Garconn dan Comdes, atau Na Rae yang pergi makan siang di pedesaan bersama sahabatnya sejak keduanya masih komedian pemula di Seoul dan mengenang kehidupan mereka yang serba terbatas.

Variety Show I live Alone di MBC
Suasana Syuting I Live Alone (Foto: VIU)

Mengapa acara ini jadi favoritku? Ya, karena kita bisa mengintip kehidupan para bintang di rumahnya secara langsung. Apalagi kalau bintang tamunya ternyata idolaku banget seperti Key Shinee, haha. Seru saja melihat kehidupan mereka di rumah tanpa riasan, dan melakukan kegiatan sehari-hari seperti kita.

Ternyata, di balik keglamoran mereka membintangi film, drakor, mengeluarkan album solo dan konser di mana-mana, mereka adalah manusia biasa yang menjalani kehidupan mereka sehari-hari seperti kita. Harus beberes rumah dan mengurus hewan peliharaan, masak, berolaharga sendirian lalu bertemu sahabat dan keluarga untuk melepas kangen. 

Baca Juga: 5 Film Perempuan Kuat

Bedanya dengan reality show kegiatan seleb di Indonesia, rasanya ini lebih membumi dan sederhana, tidak dibuat-buat. Para aktor dan aktris, idol dan atlet yang jadi bintang tamu banyak yang tinggal di apartemen kecil dan sempit kecuali selebriti papan atas ya seperti Key, Taemin dan KAI yang apartemennya berukuran luas, mewah, dengan pemandangan Sungai Han yang indah. Mungkin karena memang harga hunian dan biaya hidup di Korsel terutama di Seoul luar biasa tinggi. Jadi bayangan kita kalau artis itu pasti hidupnya wow dan serba mewah terpatahkan di sini.

Beberapa episode favoritku adalah episode 421 dan 422 saat para anggota Klub Pelangi melakukan pemotretan untuk kalender 2022 mereka, kalender ini akan dijual dan hasilnya akan didonasikan ke badan sosial. episode ini seru banget karena setiap anggota memilih satu tema untuk kalender dan yang lain harus mengikuti arahannya. Tema mereka diantaranya back to 2000, keluarga zaman Joseon dan edisi horor. Lucu dan seru banget lihat pemotretan mereka yang terkesan asal tapi hasilnya keren. Suka juga melihat keakraban yang terjalin diantara para MC.

Variety Show I live Alone di MBC
Kai kewalahan mengurus keponakan (Foto: VIU)

Episode lainnya yang seru adalah episode 418 yang bintang tamunya adalah Anupham Tripathi yang ngehits karena berperan sebagai Ali di drama Squid Game yang meledak di seluruh dunia. Anupham cowok asal New Delhi India yang merantau di Korsel karena menjalani kuliah akting di Korea National University of Arts dan meraih gelar master. Ternyata ia telah banyak membintangi drama Korea. Kita bisa melihat kesehariannya yang bersahaja tapi seru di rumah yang terletak dekat kampusnya. Bagaimana ia meracik teh susu jahe minuman khas Pakistan, memasak kari ayam kuliner kampung halamannya, berbelanja di toko pangan Asia hingga menjamu para sahabatnya. Seru. Ketahuan juga kalau Anupham orangnya lucu dan seorang blink alias penggemar berat Blackpink hihi.

Episode lainnya yang seru saat KAI member boygroup tersohor EXO harus menjaga kedua keponakannya di apartemennya. Seru banget lihat KAI yang biasanya garang nge-dance di atas panggung harus main petak umpet dan berlarian dan nyaris pingsan kelelahan mengejar kedua ponakannya yang hiperaktif, hahaha.

Terus, episode favoritku yang lainnya adalah episode 423 di mana ex member GG fenomenal 2NE1 menjadi bintang tamu, Sandara Park. Sandara Park ini oennie atau member tertua di grupnya tapi orangnya kocak dan polos banget. Usianya 38 tahun menurut usia Korea dan akhirnya merasakan hidup terpisah dari ibunya dan tinggal sendirian.

Apartemennya tuh estetik banget dan dipenuhi pernak-pernik unik khas Sandara. Ia mengaku bebas melakukan kegiatan yang biasa dilarang ibunya seperti sarapan dangan soda dan ramyeon, haha. ia bahkan membeli mesin pembuat ramyeon. Makin seru ketika member 2NE1 yang kini jadi solois terkenal CL, mengunjunginya. Dara ingin memasak untuk CL tapi berantakan karena Dara nggak pernah masak seumur hidupnya. 

Jadi, CL khawatir banget melihat keteledoran sahabatnya, mengambil alih masakan dan mewanti-wanti Dara nggak boleh masak, pesan makanan saja daripada kebakaran. Mereka juga mencoba-coba aneka kostum dan CL merampok kacamata kesayangan Dara. Haha. Seru melihat keakraban kedua idol legendaris seperti dua saudara perempuan.

Acaranya seru dan menarik, kita jadi bisa melihat sisi lain dari para idola Korsel. Nggak heran acara ini meraih banyak penghargaan bergengsi seperti di 48th Korea Broadcasting Awards 2021 Hwasa meraih penghargaan Best Female Reality Star. Tak hanya Hwasa, anggota Klub Pelangi lainnya pernah memenangkan penghargaan berkat acara ini. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, nonton!

 

 

 

 

Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

32 Comments

  1. kalau nonton seri yang menggambarkan realita seperti ini memang seru banget yaa mba. Aku juga suka ikuti beberapa

    ReplyDelete
  2. akutu nonton ini pertama kali edisinya Kai, ga tau tentang apa asal nonton pas mindah2 channel tv.
    trus kmaren kan siwon jg ikutan yaa,, jd mau nonton lagi >.<

    ReplyDelete
  3. Aku jadi penasaran, pengen lihat tayangan reality shownya ini. Kalau Korea tu biasanya bikin reality show bener2 real life deh. Gak dibikin2 kaya di sini.
    Kalau di Indonesia sih hidup sendiri gini pasti jadi nyinyiran tetangga dan keluarga ya, haha.
    Belum lagi komen, "Nanti tua siapa yang mau ngurusin?"
    Padahal kadang seru banget loh sendirian itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah aku juga jadi penasaran dengan reality show nya. Pengen ngerti kehidupan asli para artis korea. Ya Allah saking mahalnya hidup di sana sampai memilih melajang yaa

      Delete
  4. Seru acara variety show nya, aku kadang suka penasaran artis-artis Korea itu keseharian nya kayak apa dan ngapain aja, rumahnya gimana, haha saking keponya. Ada acara ini jadi menjawab kekepoan selama ini :)

    ReplyDelete
  5. Senang ya bisa melihat kehidupan artis kesayangan dari dekat. Dan memang benar, aksi artis luar kalau acara reality show lebih alami dan nggak dibuat-buat. Kalau di Indonesia sering kelihatan kalau settingan ya mbak. Hihi..

    ReplyDelete
  6. Segitu menurunnya ya angkanya mbak :(. Kalau lihat drakor kita bisa merasakan mahalnya harga tempat tinggal, terus banyak juga yang nggak mau punya anak karena biaya disana mahal ya..

    ReplyDelete
  7. Wah keren-keren mereka paling salut sama Ali dari Squid game, aku juga nonton drama ini yang memang nyeremin dan sarat akan makna.

    ReplyDelete
  8. Kayaknya pernah nonton ini selintas, keburu pindahin channel. Jadi mau beneran nonton detailnya deh, penasaran juga soalnya dengan kehidupan sehari-hari seleb Korsel.

    ReplyDelete
  9. Mbak, selebritiyang perempuan, terlihat kehidupan sehari-harinya tanpa riasan bagaimana? kelihatan pucat atau jadi lebih jelek, gak? Penasaran hihi.

    ReplyDelete
  10. Saya termasuk orang yang tidak banyak tahu nama2 aktor/aktris Korea haha. Saya nonton drama/film Korea sih, tapi nama2 aktor-aktrisnya ga pernah nyantel di ingatan wkwkwk. Btw, jepang dan korea mirip2 soal penurunan angka pernikahan/kelahiran yaa... Kalau di Indonesia sih, butuh mental kuat untuk membuat keputusan kayak gitu heuheu

    ReplyDelete
  11. Jadi kepengen ikutan nonton. Kepo gitu dengan reality lifenya selebriti Korsel. Kalo masalah hidup di apartemen ya mungkin rata-rata hunian masyarakat Korsel di situ ya. Tinggal kemampuan mereka aja lagi bisa bayar apartemen yang harga sesuai dengan budget mereka.

    ReplyDelete
  12. Aaah aku pernah denger anakku nonton ini, ternyata seseruitu yaaa pantesan dia suka cekikikan sendiri kalo nonton! Abis baca resensinya kayak tertarik juga nih buat nonton

    ReplyDelete
  13. Menarik nih mbak, jadi penasaran lihat siarannya. Lebih natural ya, jadi nggak ada kesan dibuat² "demi konten dan cari viral". Ntar pengen intip ah...

    ReplyDelete
  14. Budaya korsel atau korean wave ini kuat sekali di Indonesia ya Mak. Satu sisi, bisa belajar banyak dari kisah-kisah ini, tapi dari sisi yang lain, semoga para penggemar korean wave, khususnya yang muda-muda tidak ikut-ikutan dengan budaya melajang ini. Hihihi. Meskipun di kota besar, banyak kutemui pribadi-pribadi yang juga choose to be single. Iya, setiap pilihan tentu ada konsekuensinya.

    ReplyDelete
  15. berbeda banget dengan di Indonesia yang sekarang angka permohonan dispensasi kawin itu meningkat, mbak. hiks. Btw, kenapa aku kepo bangett sama acara sesi pemotretan buat kalender, ih. Hahaha.

    ReplyDelete
  16. iya ya yang aku tau tuh juga orang Korsel pengennya tuh hidup sendiri karena pada enggan membangun rumah tangga, apalagi biaya juga akan lebih besar ya. Dan aku tuh juga pernah nonton vlognya orang Indonesua yang tinggal di Korsel tentang kehidupan orang-orang Korsel, kalau kita sih lihat di drama Korea berasa seru banget ya.

    ReplyDelete
  17. sudah bertahan sampai 400 an episode, berarti memang karena acaranya ini menarik yang minat penonton juga bagus ya mbak.

    Kebayang kalau di Indonesia nih, artis-artis rumahnya besar, jadi butuh banyak boneka beruang berkamera ya buat memantau kegiatannya selama di rumah

    ReplyDelete
  18. Keren nih jadi tahu sisi selebriti asal Korea termasuk perawatan wajahnya yang bikin ia tambah kinclong

    ReplyDelete
  19. Reality show korsel tuh ada-ada aja ya. Idenya tuh ngalir kayak ga ada habisnya. Kalau aku paling suka sama 3 meals a day mba. sampai sekarang belum tergantikan, hehehe...

    ReplyDelete
  20. Aku belum pernah nonton Variety Show ini, ternyata episodenya udah panjang juga ya. Jadi penasaran yang episode KAI sepertinya rame nih.

    ReplyDelete
  21. Kayak acara variety show y mba dikumpulin satu rumahg itu ya apalagi ngebahas keseharian para selebriti Korea ... Seru Kali ya nontonnya...

    Biaya hidup disana katanya mihil bnget yakk ternyata

    ReplyDelete
  22. aku suka yang lucu2 gini variety jadi ketauan mana yang sifat aslinya pendiem atau malah di drakor diem aslinya bodorrrr. apalagi kalau pas datengin artis yang aku suka pasti nonton

    ReplyDelete
  23. Aku juga nonton beberapa eps yang bintang tamunya kesukaan aku, kaya Key Shinee, Haechul, sama Yoo Ah In.
    Mereka bener-bener idol yang memiliki dunia "introvert" nya sendiri kalau sudah masuk ke ranah pribady. Rumah terutama..

    Kaya Rain, susah banget tuh..dimintain open house.
    Tapi karena doi sekarang punya ahensi, jadi promoin anak-anaknya sekalian.

    Aku suka sama kehidupan idol yang tetap bisa membedakan mana ranah publik dan mana ranah privacy. Dan kita sebagai fans juga harus menghargai hal tersebut.

    ReplyDelete
  24. Jadi penasaran pengen lihat acaranya, ternyata tetep aja bersih-bersih ya, mungkin biaya PRT di sana tinggi banget hehehe

    ReplyDelete
  25. Mba..di salah satu paragraf tulisan ini ada disrbutkan 'menurut usia Korea' maksudnya gmn ya? apakah ada perhirungan hari / kalender tersendiri di Korea?

    ReplyDelete
  26. Klo di sini acara reality shownya kayaknya beda ya Dew... kadang agak2 ga percaya gitu. Di benakku tuh antara kita dengan artis tuh beda banget gaya hidupnya. Mereka pernah umbah2 (nyuci baju) sendiri apa enggak yaa... *kepo kok sama cucian :D

    ReplyDelete
  27. Aku belum pernah nonton variety shownya Korea.. menarik nih keknya yang ini. Jadi bisa kenal deket sama artis2 Korea yang ternyata ga seglamour bayangan.. beda jauh ya ama artis lokal hehe.

    ReplyDelete
  28. Kayaknya lucu dan seru ya .aq belom nonton nih baru nonton 1 episode 3 meals a day, doctor alumninya Hospital Playlist

    ReplyDelete
  29. Seru bener acaranya.
    Penasaran, kalo pas ada bintang tamu yg kebetulan 'crush'nya pemain acara ini, apa jg bakal salting parah dan teriak-teriak gaje yak :-))

    ReplyDelete
  30. Aku pernah nonton dua episode reality show ini, cuma lupa siapa nama bintangnya. Seru sih karena pembawa acaranya kocak banget. Rumahnya juga kece sih desainnya terasa asik gitu. Kehidupan realita aktris Drakor dibikin reality show gini emang apa adanya ya mbak, jadi menarik jadi hiburan

    ReplyDelete
  31. aku jarang nih tertarik sama realty show, tapi kayanya yang ini lucu yaaaahhh.. jadi penasaran juga mau nonton di viu.. hehe

    ReplyDelete
Previous Post Next Post