5 Rekomendasi Drama Korea Asyik Ditonton Saat Liburan Akhir Tahun

Dear Teman,

Suasana liburan bulan Desember terasa sekali ya auranya. Rasanya berdebar-debar menanti liburan kali ini apalagi situasi pandemi semakin membaik. Buat kalian yang belum punya rencana jalan-jalan saat liburan jangan sedih. Aku merekomendasikan beberapa judul drama Korea yang asyik untuk ditonton saat liburan. Bayangkan, nonton drakor seru sambil berbaring di sofa empuk sambil minum cokelat panas dan makan camilan. Enaknyaaa! 

Baca Juga: I Live Alone Variety Show Seru

5 Rekomendasi Drama Korea Asyik Ditonton Saat Liburan Akhir Tahun

Apa saja drama Korea yang aku rekomendasikan untuk kalian tonton saat liburan? Yuk, intip 5 rekomendasi drama Korea yang ditonton saat liburan akhir tahuni! Adakah yang kalian tertarik buat nonton?

1.       Hometown Cha Cha Cha

Drama genre slice of life ini memang menghangatkan hati. Nggak heran, saat ditayangkan, drama ini jadi tren global terus-menerus di Twitter saking hipnya. Ratingnya pun tinggi banget. Aku termasuk terlambat menontonnya karena menunggu drama ini tamat dulu, hehe.

5 Rekomendasi Drama Korea Asyik Ditonton Saat Liburan Akhir Tahun

Drama yang diadaptasi dari film berjudul Mr. Hong ini diperankan Kim Seon Ho dan Shin Min Ah ini memang manis banget. Kisahnya tentang Yoon Hye Jin dokter gigi yang hidupnya serba mewah terpaksa pindah ke Gongjin, desa kecil di tepi pantai karena ia diblacklist oleh komunitas dokter gigi di Seoul sehingga nggak bisa bekerja di manapun di sana. Alasannya? Hanya karena dokter Hye Jin berani protes pada seniornya yang sengaja memberikan perawatan mahal pada pasiennya padahal si pasien bisa ditangani dengan perawatan dan obat biasa. Nggak disangka, keberaniannya membuat ia sengsara dan harus pindah dari Seoul.

Di Gong Jin, ia bertemu seorang pemuda tampan, serba bisa dan terkenal banget di desa itu namanya Hong Du Sik dan lebih dikenal dengan Hong Bajang atau ketua Hong. Mereka itu berbeda banget. Hye Jin ambisius dan agak kaku bersosialisasi dengan orang lain. Berbeda dengan Du Sik yang hidupnya mengalir tanpa beban serta ramah luar biasa. Interaksi antara keduanya bikin baper dan gemas penonton.

Tak hanya itu, cerita kehidupan para warga Gongjin yang meriah menambah keseruan drama ini. Mulai dari Nenek Gam Ri yang butuh implan gigi, Juri anak SMA yang ngefans grup Kpop DOS hingga kisah pasangan yang bercerai dan ingin CLBK. Seru deh ceritanya. Aku nontonnya saat sudah selesai tayang dan hanya menghabiskan waktu tiga hari untuk 16 episode saking serunya. Kalian bisa tonton dramanya di Netflix. 

Baca Juga: House Detox Acara Beberes ala Korsel

2.       One Ordinary Day

Raja drakor Kim Soo Hyun is back. Aktor yang katanya merupakan aktor dengan bayaran termahal di Korsel ini kembali membintang drama. Judulnya One Ordinary Day. Kisahnya tentang Hyun Soo, mahasiswa biasa yang rajin mengalami kehidupan yang berbeda drastis 180 derajat setelah pada suatu malam mengendarai taksi ayahnya diam-diam untuk berpesta dengan teman-teman kampusnya.

5 Rekomendasi Drama Korea Asyik Ditonton Saat Liburan Akhir Tahun

Di perjalanan, ada seorang gadis cantik naik taksinya dan mereka malah saling tertarik. Hyun Soo yang lugu diajak ke rumah gadis itu dan melakukan one night stand yang mengubah hidupnya selamanya. Saat Hyun Soo yang mabuk terbangun, ia menemukan gadis itu telah tewa dengan puluhan tikaman. Ia langsung menjadi terdakwa dan harus dipenjara sambil menunggu persidangan. Semua orang menuduhnya membunuh kecuali Pengacara Shin (Cha Seung Woon) pengacara miskin yang membelanya di persidangan. Drama ini hanya 8 episode dan diadaptasi dari serial BBC, Criminal Justice. Di sini Soo Hyun kembali menampilkan aktingnya yang ciamik. Kalian bisa tonton drama ini di VIU.

3.       Happiness

Drama ini memang tak semanis judulnya. Berkisah tentang Yoon Sae Boom (Han Hyo Joo)  seorang polisi khusus unit anti teror yang mendambakan sebuah rumah miliknya sendiri. Ia pun mengajak sahabatnya Jung Yi Hyun (Park Hyung Sik) yang seorang detektif polisi untuk melakukan pernikahan pura-pura agar bisa mendapatkan apartemen jatah PNS.

5 Rekomendasi Drama Korea Asyik Ditonton Saat Liburan Akhir Tahun

Tak disangka, ada wabah penyakit gila yang membuat penderitanya berubah dan menggigit orang lain. Dan belum ditemukan vaksin untuk penyembuhnya. Para penderita akan berubah ganas jika mencium bau darah. Jadi mirip film zombie deh. Ternyata, apartemen yang mereka tempati banyak yang terinfeksi sehingga dikarantina. Di apartemen inilah kehebohan terjadi. Para penghuni yang terjepit situasinya muncullah sifat aslinya yang egois dan tamak. Tokohnya memang banyak dan mengesalkan.

Chemistry antara Sae Bom dan Hyi Yun memang manis banget, mereka saling sayang dan saling melindungi walaupun hanya sahabat. Jadi banyak penonton yang komentar kalau cinta mereka terhalang genre, hihi. Episodenya hanya 12 dan baru tamat. Tapi banyak yang gamon alias gagal move on dari pasangan ini. Kalian bisa tonton di VIU.

4.       The Uncanny Counter

Drama ini ditayangkan tahun 2020 tapi baru tertarik untuk nonton nih. Ternyata, drama fantasi yang diambil dari komik Webtoon ini memang seru dan kocak ceritanya. Ceritanya tentang satu grup orang yang bekerja di warung bakmi. Mereka menamakan dirinya counter yang ternyata sekelompok pemburu roh jahat dengan kekuatan berbeda-beda. kalau sedang bertugas, mereka mengenakan baju training/ jumpsuit yang norak dan seragam warnanya. Hehe.

5 Rekomendasi Drama Korea Asyik Ditonton Saat Liburan Akhir Tahun

Grup ini terdiri dari tiga orang mengalami koma lalu sadar dan diangkat jadi counter. Mereka adalah Ga Mo Tak (Yu Jun Sang), Do Ha Na (Kim Sejeong) dan Chum Mae Ok (Yeom Hye Ran). Anggota barunya adalah So Mun (Cho Byeong Ku), anak SMA difabel yang terakhir gabung. Keempatnya didampingi roh untuk melawan roh jahat. Kisah keempat counter ini melawan roh jahat memang seru apalagi banyak adegannya yang kocak. 

Jadi, walaupun genrenya thriller fantasy dan banyak adegan laga yang menegangkan, tapi jalan ceritanya seru dan mengundang tawa. Apalagi dengan kekompakan para counter yang bikin terharu. Aku suka banget akting keempatnya terutama Se Jeong yang merupakan mantan idol Kpop ternyata mampu membawakan perannya sebagai cewek tomboi namun rapuh dengan keren. Kalian bisa tonton drama ini di Netflix.

5.       Jirisan

Drama terakhir yang kurekomendasikan untuk liburan adalah Jirisan. Kamu bisa menontonnya di Iqiyi. Drama bergenre thriller, misteri dan aksi ini meraih rating tinggi di Korsel. Kisahnya berawal di tahun 2018, dua orang jagawana atau penjaga hutan Seo Yi Kang (Jun Ji Hyun) dan Kang Hyun Jo (Ju Ji Hoon) bertugas di Pos Jagawana Haedong Gunung Jirisan yang medannya berbahaya. Mereka harus menemukan seorang anak SD yang hilang di Jirisan, diduga ia akan bunuh diri. Anak itu sudah hilang selama 23 jam dan merupakan waktu kritis jika tak ditemukan, akan membahayakan nyawanya.

Gunung Jiri yang merupakan gunung tertinggi kedua di Korsel telah banyak memakan korban para pendaki yang hilang bahkan bunuh diri. Tugas para penjaga hutan selain menjaga hutan juga harus menemukan para pendaki gunung yang hilang.

5 Rekomendasi Drama Korea Asyik Ditonton Saat Liburan Akhir Tahun

Seo sering disebut Iblis Seo karena memahami betul seluk-beluk Jirisan seperti rumahnya sendiri. Sedangkan Kang Hyun Jo adalah penjaga hutan yang baru masuk, sebelumnya ia adalah tentara berpangkat letnan. Tak disangka, ternyata Hyun Jo memiliki kekuatan supranatural yang membuat ia bisa menemukan korban hilang.  

Yang juga menarik minatku untuk menonton Jirisan adalah adanya Oh Jung Se yang berperan sebagai penjaga hutan rekan Iblis Seo. Tahu sendiri, Oh Jung Se aktingnya selalu keren terutama saat ia main di It's Okay Not To Be Okay bareng Kim Soo Hyun. Terus, Kekompakan tim jagawana di mana Seo bergabung juga keren banget. Park Ill He (Jo Han Chul) dan dan Jung Gong Yoo (Oh Jung Se) nekad menerjang badai menyusul Seo dan Hyun Jo demi mencari anak SD yang hilang di hutan Jirisan. 

Tak disangka, tahun 2019, Suatu kecelakaan fatal di gunung membuat Seo Yi Kang dan Kang Hyun Jo menjadi korban. Seo lumpuh hingga harus memakai kursi roda dan Hyun Jo terbaring koma di rumah sakit. Tapi, setahun kemudian Seo meminta untuk kembali bekerja di Posko Jirisan karena ia selalu menerima sinyal atau tanda dari gunung berupa lokasi pendaki hilang atau tewas. Ada yang mencoba berkomunikasi dengannya. 

Seseorang mengirimiku sinyal dari atas sana. Aku ingin tahu siapa. Itu sebabnya aku kembali-Seo Yi Kang

Bagaimana kisah selanjutnya? Keseruan Jirisan ini diceritakan dalam alur maju dan mundur yang menegangkan untuk ditonton. Jun Ji Hyun adalah aktris Korea dengan bayaran termahal dan akhirnya kembali ke layar kaca setelah vakum lima tahun. Nggak heran, penonton penasaran dengan aktingnya yang memukau. Nah, itulah 5 drama Korea yang aku rekomendasikan untuk tontonan liburan akhir tahun. Ada nggak drama yang bikin kamu tertarik dari 5 Rekomendasi Drama Korea Asyik Ditonton Saat Liburan Akhir Tahun ini? 

Sumber Foto: VIU, Netflix dan IQIYI.

 

Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

41 Comments

  1. Renomendasi dramanya update sekali nih mbak, tapi sayangnya dari kelimanya belum kutonton semua huhuhu. Entah kenapa 2021 ini cuman menonton 2 judul drakor aja eh.

    ReplyDelete
  2. Film Korea yang kutonton baru CLOY Mak, sempat nagih nonton terus episodenya, dan belum berniat lanjut nonton yang lain. Karena ternyata bisa ketagihan pengin nonton lagi ya hahaha. Aku merasa waktuku tarik-tarikan sana sini, jadi kaya belum bisa dengan sengaja gitu meluangkan waktu untuk nontoni drama-drama Korea yang berepisode

    ReplyDelete
  3. Horeee aku dah nonton empat. Emang seru semua :)
    Yang ga ditonton happiness aja karena ga sempet. Maklum nonton ongoingnya dijatah sama diri sendiri. kalo semua dibabat, bisa kacauw perdapuran karena emaknya nonton melulu hahaha

    ReplyDelete
  4. wah..kelimanya drama yg asyik dan bikin betah nonton ya.. terima kasih rekomendasinya, mba Dew,

    ReplyDelete
  5. Ada 2 tema drakor kurang aku sukai soal hantu2 dan zombie, belum nonton semua jenis drakor ini

    ReplyDelete
  6. Aku sekeluarga lagi suka nonton Jirisan mba. Seru sekali. Udah mau berakhir nih mba. Mau nyelesaikan nonton ini selama liburan

    ReplyDelete
  7. Hometown Cha Cha Cha sempat ke geser gegara Mas nya kena skandal kemarin. Tapi kok jadi pengen masukin ke list lagi. Selesai NWABU mau nonton yang ini. Semoga enggak ke geser yang lain, hehe.

    ReplyDelete
  8. Drama-drama nomor 3, 4, dan 5 rada-rada absurd yaa tapi memang bikin penasaran :)

    ReplyDelete
  9. Jirisan ni lumayan rame ya apalagi yg main top A aktris tuh Jun Ji Hyun. Mau nonton kok belom semangaat hahaha. Butuh yg ringan aja mungkin homcha kali yaa...

    ReplyDelete
  10. Wah itu semua daftar Drakor aku tapi sampai sekarang belum satu pun yang dilihat ๐Ÿ˜ญ
    Aku malah liat film lama keluaran 2017 yang judulnya fight for my way๐Ÿ˜ฉ
    Btw kak, udah pernah liat fight for my way engga? Seru loh filmya

    ReplyDelete
  11. Pengen nonton Hometown Cha Cha Cha.. cerita yg tokohnya bekerja di bidang kedokteran (keilmuan) selalu menarik bagiku. Makasih rekomendasinya, Dew

    ReplyDelete
  12. Yeay~
    Liburan sudah di depan mata. Semoga tidak homesick karena belum bisa mudik. Sebagai gantinya, boleh maraton drakor akhir tahun yang seru-seru. Aku mau maraton drakor lawas aah... Uncanny ini belum beres nontonnya, hiiks~

    Siap-siap ngebuuts~

    ReplyDelete
  13. aduh ketinggalan banget ya aku. baru nonton home twon cha cha aja hehe
    ini sebenernya lagi on going red sleve sama royal inspector
    drakor yang di list ini juga jadi wishtlist aku buat nonton
    hihi bingung ya jadinya, banyak banget drakor keren akhir tahun ini

    ReplyDelete
  14. Dari kelima drakor ini belum ada yang saya tonton, Mbak. Sekarang lagi nonton Our Beloved Summer yang diadaptasi dari webtoon. Tapi masih on going jadi tiap minggu mantengin Netflix hehehe.

    ReplyDelete
  15. Dari kelima drama itu saya lebih tertarik ke Jirisan nih. Kalau ada kaitannya sam salam dan genre thriller gitu saya emang suka, dibandingkan drama percintaan, hehehe

    ReplyDelete
  16. Aku pilih Jirisan aja ya, berasa aku banget....hehehe

    ReplyDelete
  17. Yang nomor 4 dan 5 belum nonton nih. Penasaran sih sama Jirisan.. tapi nggak langganan aplikasinya.. mo nonton di TV pas on going kemarin kok kelupaan terus pas jadwalnya. Menarik banget sih temanya. Jarang2 dibahas.

    ReplyDelete
  18. Jadi keingetan belum lanjut nonton Happines, gara-gara tertipu judulnya ternyata ga happy2 hihihi. Jirisan juga bagus nih aku udah nonton juga

    ReplyDelete
  19. Dududu jd penasaran nih, apalagi sama home cha cha sering baca bahasannya di TL . Cari drakor yang episodenya pendek mba, heuheu

    ReplyDelete
  20. iya semua dramaKorea yang ditulis disini emang asyik buat ditonton di rumah
    aku sih paling suka nonton Hometown Cha-Cha-Cha

    ReplyDelete
  21. Happiness lagi on going nih mba akuh nonton bener bnget kejebak Karena gk sesuai sama judulnya kupikir awalnya drakor romantic gitu

    ReplyDelete
  22. Akhir tahun memang banyak banget drama baru dan keren. Ke 5 drama ini aku sudah nonton juga mba. Sekarang on goingnya One Ordinary Day.

    ReplyDelete
  23. Semuanya bikin penasaran. Apalagi dari no 2 sampe 5, genrenya fav bgt. Ini sih yg aku suka dari drakor, kebanyakan ceritanya suka bikin penasaran. Niat nonton 1 episode sehari, eh malah maraton.

    ReplyDelete
  24. Aku nih mbak mau nonton Hometown Cha cha gak jadi -jadi. Harus beneran nonton nih buat isi waktu liburan besok

    ReplyDelete
  25. Itu dokter gigi diblacklistnya kenapa mbak? Pasiennya gak pada takut ke dokter yg diblacklist?

    ReplyDelete
  26. Berhubung sy suka cerita misteri, sepertinya film Jirisan yang cucok yaa. Padahal kpn jg sy sempat nontonnya haha ๐Ÿ˜›

    ReplyDelete
  27. Kayak aku yang kudet drakor bagus, kayak boleh juga ini masukin list rekomendasi Dedew buat drakor yang bisa mengisi me time saat liburan

    ReplyDelete
  28. Aku bukan pecinta drakor sih wi karena kalau uda nonton suka lupa ama kerjaan laen wkkkk, cuma nonton seri Indonesia aja uda bikin baper kek Layangan Putus tuh haduh *tepokjidat

    ReplyDelete
  29. Sepanjang tahun 2021 ini saya baru nonton 2 drakor dan bukan dari kelima drakor yang direkomendasikan ini. Saya membatasi diri untuk tidak sering bahkan kalau bisa tidak menonton drakor dulu, sebab ternyata saya gampang kecanduan hahaha.

    ReplyDelete
  30. Happiness aja yg ga akan aku tonton ๐Ÿคฃ. Kurang suka kalo udah ttg zombie, apalagi kalo ending ga happy. Bingung kenapa dikasih judul happiness ๐Ÿ˜….

    Dari semuanya tinggal jirisan nih mba yg masih galau mau tonton atau ga. Tapi sepertinya bakal aku masukin list , demi nonton Jun ji Hyun ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  31. Paling penasaran sama Jirisan katanya bagus banget, aduh jadi pengen nonton sekarang juga deh nih jadinya mba dew. Udah lama juga ngga nonton drakor aku nih.

    ReplyDelete
  32. Akhir tahunku dipenuhi keceriaan. Selain bakalan ada SM Town Online Concert lagi..ada drama Korea yang asik-asik buat ditonton. binge watch juga asik nih...

    ReplyDelete
  33. Asyiiik dapet referensi drakor buat malem tahun barusan. Kalau aku baru nonton TUC ajah. Penasaran sama HCC soalnya seliweran di IG. Yang perzombian, patut dipertimbangkan hihihi, asal nontonnya ramean.

    ReplyDelete
  34. Wah seru-seru semua Drakornya, Mbak.. sayang kerjaan rumah ga ada liburya ya, jadi klo nonton gak bisa santai slonjoran sampai selesai tetep berjededa-jeda ngurusin kerjaan rumah, heheh..kok malah curhat sih ..
    Terima kasih Mbak Dew..

    ReplyDelete
  35. Wah, bener banget mbak, tahun 2021 ini dramanya memang bagus-bagus. Jadi bisa refreshing sehabis bekerja :)

    ReplyDelete
  36. penasaran sama drakor Happiness itu kelanjutan nasib penyamarannya gimana ya? mereka jadi nikah beneran ga ya? wah harus nonton sendiri niih :D

    ReplyDelete
  37. Beragam tema nih rekomendasinya mbak dedew, aku si penasaran sama Jirisan. Etapu aman ga ngajakin abege nonton jirisan mbak?

    ReplyDelete
  38. Udah aku tonton semua dan aku jujur aja ngerasa kecewa sama happiness. Itu kayanya emang ada masalah di produksi dramanya atau gimana, soalnya kok endingnya kaya yang buru-buru banget :(((

    ReplyDelete
  39. Aku ikutin Jirisan mba. Dan, suka banget sama dramanya. Apalagi melihat keindahan gunung jiri. Jadi pengin mendaki ke sana. Jirisan juga memberikan informasi mengenai penanganan kebakaran hutan agar melebar luas. Pokonya Jirisan itu drama yang tidak mengecewakan.

    ReplyDelete
  40. Dari 5 diatas baru hometown yg sdh ku tonton, jdi pngen nonton 4 sisanya sptnya genrenya cocok sm aku, yg uncanny malah pengen baca webtoonnya aku ๐Ÿคฃ

    ReplyDelete
  41. hmmmm ini mah kalau penggemar korea bisa semaleman habis dibabat nonton semuanya ya mba.... hihihihihi.... lah kalau saya ga tau kenapa kok ya malah lebih seneng selonjoran baca buku ahahahahaha..... saya baca review2 nya aja deh di blok mba dew biar gak kudet

    ReplyDelete
Previous Post Next Post