Tiga Resep Alami Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Dear Teman,

Beberapa waktu lalu aku cek up kesehatan dan hasilnya ternyata bikin deg-degan! Bagaimana tidak, kolesterol dan kadar gula darahku cukup tinggi. Hasil cek up ini menjadi alarm untukku selain karena usia sudah masuk usia cantik juga keluargaku ada keturunan diabetes. Keluarga besar banyak yang terkena hingga pakai insulin. Bahkan di usia muda.

Tiga Resep Alami Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Karena itu, aku deg deg plas banget dengan hasil lab ini. Bagaimana tidak, tidak ada gejala berarti yang menandakan gulaku tinggi hingga mencapai pre diabetes. Pre diabetes ini kalau dibiarkan saja bisa menjadi diabetes betulan. Bagaimana kalau dulu tidak diperiksakan, tetap terlena makan manis dan ternyata gulaku atau kolesterolku melonjak drastis? Huhu. Alhamdulillah, cepat ketahuan ya.

You are what you eat. Apa yang kita makan betul-betul mencerminkan kondisi kita. Gaya hidup orang saat ini yang kebanyakan suka makanan berlemak, makanan dan minuman manis serta malas bergerak membuat jumlah penderita diabetes meningkat dari tahun ke tahun. 

Menurut buku yang kubaca, ada tujuh makanan pantangan bagi penderita diabetes:

      -Mi Instan, mengandung karbohidrat yang mudah meningkatkan kadar gula darah. Pengawet dan MSG nya juga kadarnya tinggi.

      -Kue dan roti dari terigu dan gula juga mengandung karbohidrat yang membuat pankreas kita bekerja lebih keras.

       -Gorengan, mengandung akrilaminda dan radikal bebas.

       -Margarin, mengandung trans fatty acid atau lemak yang berbahaya bagi tubuh.

        -Daging merah, lemaknya tinggi.

        -Kerang, penuh mineral raksa dan merkuri karena pencemaran laut.

        -Hotdog dan makanan olahan, sosisnya biasanya mengandung pengawet dan pewarna.

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia.

Sayangnya, Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dapat menimbulkan berbagai gangguan penyakit. Gejala awalnya biasanya mudah lapar dan haus, sering kencing terutama malam hari, mata buram dan gangguan lainnya.

Jika gula darah tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita. Tahu tidak, kolesterol dan diabetes itu berteman baik. Jadi, biasanya kalau kolesterol kita tinggi maka penyakit diabetes juga membayangi. Double kill. Seram banget kan! Huhu.

Tiga Resep Alami Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Hasil cek lab ini menjadi alarm untukku. Aku pun berusaha menjaga pola makan lebih baik. Pantanganku sejak dulu memang agak banyak hehe. Biasanya, memang aku tidak makan daging merah dan ayam hanya ikan saja. Terus, mengurangi makan makanan manis, mengurangi tepung terigu, serta tidak makan makanan berlemak yang bersantan. Bye-bye, makanan enak!

Sekarang aku berusaha lebih disiplin makan buah dan sayuran, serta nasinya dikurangi karena nasi putih mengandung gula tinggi ya. Sekarang nasi pun beralih ke kentang rebus atau jagung untuk karbonya. Menurut buku yang kubaca, minum air putih dan olahraga bagus untuk mengurangi kadar gula darah dan kolesterol. Dengan olahraga, kita berkeringat, pembuangan jadi lancar dan peredaran darah juga lebih bagus. Gula darah pun lebih stabil.

Disarankan untuk berolahraga lima kali seminggu masing-masing 30 menit. Biasanya, aku memilih naik sepeda dan badminton. Aku bersepeda dua-tiga kali seminggu. Sekarang, aku juga suka zumba dan aerobik di Youtube rasanya segar juga. Pilih yang durasinya 30 menit saja haha. Lebih dari itu, encok mamak haha. Aerobik ini dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 karena metabolisme tubuh yang lancar akan meminimalkan penumpukan gula dalam darah karena pola makan sembarangan. 

Baca Juga: Anti Mager

Nah, selain mengatur pola makan dan berolahraga, sebaiknya tidur cukup alias tidak begadang dan juga mengurangi stres. Santai saja mbak, begitu pesan dokterku. Hehe. Iyaa, nggak usah neko-neko dan overthinking, jalani saja kehidupan dengan ringan hati dan senang. 

Untuk itu, aku memutuskan tidak memantengi berita-berita horor di Twitter dan Instagram. Entah kenapa, akhir ini banyak berita buruk mulai dari perkosaan, rebutan cucu, bunuh diri, dan banyak kasus lainnya yang menguras emosi dan bikin gelisah hati. Huhu.

Selain usaha-usaha di atas, aku membaca beberapa buku dan artikel di majalah dan menemukan beberapa resep tradisional yang bahannya mudah didapatkan untuk mengurangi gula darah dalam tubuh. Sebagai ikhtiar untuk para diabetasi. Berikut ini tiga resep alami menurunkan kadar gula darah. Semoga bermanfaat, ya!

1. Kunyit

Sudah terbukti dalam berbagai penelitian, senyawa kurkumin dalam Kunyit bisa mengurangi kadar glukosa dalam darah. Kunyit juga mengandung antioksidan tinggi dan anti inflamasi. Sebaiknya, ramuan kunyit ini diminum rutin dua kali seminggu sebanyak setengah gelas. Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat alami, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan zat-zat lainnya.

Tiga Resep Alami Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Bahan: tiga potong kunyit, 1 liter air, dan 1 sendok teh garam dapur.

Cara membuat: Rebus tiga potong kunyit yang sudah dicuci dan dikupas dengan seliter air. Tambahkan satu sendok teh garam. Didihkan lalu tunggu hingga dingin. Lalu diminum. (Sumber Majalah Cita-Cita No.23/VII, November 2006)

2. Bekatul

Bekatul adalah bagian pelindung kulit terluar dari bulir padi yang terbungkus sekam. Sering dipandang remeh karena dianggap makanan ternak atau dedak. Padahal, bekatul berbeda dengan dedak. Dedak adalah lapisan kedua limbah penggilingan padi pertama, sedangkan bekatul adalah lapisan ketiganya. 

Baca Juga: Bijak Pilih Camilan

Perbedaannya, bubuk bekatul lebih halus dibandingkan dedak. Bekatul ternyata tinggi kandungan gizinya. Bahan ini mengandung  berbagai vitamin B1, B2, B3, B5 dan B6, mineral,serat pangan. Juga kandungan antioksidan tinggi lho. Selain berkhasiat mencegah kanker, bekatul juga bisa mengontrol gula darah. Kini, bekatul banyak dijual di marketplace dengan kemasan sehingga lebih praktis untuk dikonsumsi. Cara konsumsinya pun mudah. Satu sendok makan penuh bekatul dalam 250 ml air panas, dikonsumsi setiap pagi dan sore.

3. Daun Salam

Daun salam biasanya digunakan sebagai bumbu penyedap masakan opor, kari, sayur asem, sayur lodeh agar lebih lezat. Ternyata, daun salam juga berkhasiat sebagai anti kanker dan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh, lho. Daun salam yang punya nama latin syzygium polyanthum ini kaya kandungan minyak asiri, sitral, eigenon, flavonoid, dan tannin.

Tiga Resep Alami Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Ekstrak air daun salam mengandung efek hipoglikemik yang terbukti manjur menurunkan kadar gula darah. Kita bisa mencoba resep ramuan daun salam untuk mengatasi diabetes. Ambil 7-15 daun salam segar, cuci bersih. Rebus daunnya dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring, dan minum sekaligus di malam hari. Minum ramuan ini setiap hari.

Nah, itu dia tiga resep alami mengurangi kadar gula darah. Semoga bermanfaat untuk kalian ya. Selamat berlibur dan tetap jaga pola makan yang sehat! Semangat! 

Foto: Pixabay.com

 

Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

24 Comments

  1. Kunyit dan daun salam sudah banyak kami pakai mba. Tapi kalau bekatul, aku baru dengar kalau ternyata bisa menurunkan gula darah. Bisa sekalian diet lho ini, bekatul dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan juga kan ya.

    ReplyDelete
  2. Wah mamaku punya kadar gula darah tinggi juga mba. Aduh kalau aku belum dichek. Jadi pengen ngecek. Kalau punya kadar gula darah tinggi itu bolehnya berarti makan apa aja mba? Soalnya tadi aku lihat pantangannya banyak banget mamaku sampai bingung makan apa. Kasian

    ReplyDelete
  3. Betul sekalii apalagi usia sudah 40 plus seperti saya harus menjaga makan dan olah raga supaya makin tua makin sehat dan bahagia kan 😀

    ReplyDelete
  4. Review cukup bermanfaat kak, dirumah biasanya pake kunyit dalam menurunkan kadar gula darah

    ReplyDelete
  5. Aku juga agak khawatir ini jangan-jangan kolesterol naik. Badan agak berat dan pegel-pegel semua efek kebanyakan duduk manis depan laptop. Memang harus dipaksa gerak kok, kalau enggak bener-bener jadi males. Sementara kalau makanan aku udah mulai pantang.

    ReplyDelete
  6. Molly belom pernah makan bekatul. Taunya itu makanan burung atau ayam ya lupa? Hihii.. btw mbak coba pertimbangkan minum gula diabet gitu mbak. Udah pernah coba?

    ReplyDelete
  7. Wah aku pernah dengar minyak goreng dari bekatul kira2 itu bagus gak ya buat gula darah

    ReplyDelete
  8. wah terima kasih Mbak Dewi. Mertuaku diabetes jadi enggak makan nasi putih. Makannya singkong, ubi, tahu yang plain gitu. Kalau bekatul sepertinya belum pernah coba. Cek dulu ah di market place.

    ReplyDelete
  9. Sama nih, yg dihindari, kaya pas ibuku guldarnya rada naik. Sebenernya kalau disiplin, membaik bisa dengan cepat kok. Cuma tantangannya adalah ngehindari yang "enak-enak" tapi ternyata pantangan itu. Wkwkwkw.

    ReplyDelete
  10. Baru tahu aku mba kalau kunyit teryata bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Kalau daun salam sih aku pernah dengar. Jadi nambah wawasan juga nih mba

    ReplyDelete
  11. mantap banget nih mba tulisannya, tiga resep alami untuk menurunkan gula darah, akan aku kasih rekomendasinya ke bokap

    ReplyDelete
  12. Olahragaku kyknya masih kurang krn dalam seminggu bisanya wiken doank hahaha baiklah noted, ditambah ntar :D
    Wah itu resep alaminya bahan2nya gamopang banget didapatkan di tukang sayur yaa
    Kyknya selama ini sering dianggap sepele tetapi ternyata khasiatnya banyak yaa

    ReplyDelete
  13. penasaran saya bekatul ini bentuknya gimana dan ternyata banyak manfaatnya juga ya buat tubuh

    ReplyDelete
  14. Yang daun salam itu beneran manjur lo mb Dew. Bagus juga untuk asam urat. Ibuku pakai itu bentuk kapsul. Dan alhamdulillah membantu banget

    ReplyDelete
  15. Benar ini mbak
    Ibu mertuaku juga mengonsumsi bekatul untuk jaga asupan gula darahnya
    Ternyata cukup banyak ya mbak, bahan alami yang bisa bantu turunkan gula darah

    ReplyDelete
  16. Gorengan emang pantangan banget tuh mbak, meski enak tapi ya bakal naikin kadar kolesterol.
    Aku udah pernah minum air rendaman bekatul yang disaring, rasanya agak gimana gitu, hihiii

    ReplyDelete
  17. Daun salam nih banyak di rumah mak, pohonnya berdaun terus sepanjang waktu, hehehehe. Memang susah sekarang menemukan original food Mba. Tapi kita wajib berusaha demi sehat

    ReplyDelete
  18. dulu saya juga minum teh bekatul mbak. alhamdulilah jadi melancarkan BAB, gak ada lagi konstipasi. baru tahu bekatul bisa menurunkan kadar gula darah. makasih infonya mbak

    ReplyDelete
  19. Semua pantangan makanannya, aku sukaa...
    Gimana ini?
    Memang mengubah gaya hidup sehat ini tantangan banget yaa.. Uda ngikutin dance nya NCT, tapi gak bisa optimal soalnya masih makan makanan pantangan.

    ReplyDelete
  20. Terima kasih infonya, kebetulan mertua cenderung tinggi terus kadar gulanya, sampe kadang tangannya jadi baal ga ngerasain apa2,,, terapi daun salam aja palingan..

    ReplyDelete
  21. Wah ternyata mie dan roti itu bisa jadi pemicu diabetes ya. Aku suka banget makan roti, harus mulai dikurangi nih. Ternyata ekstrak rebusan daun salam bisa buat nurunin ya

    ReplyDelete
  22. MC Avizena: Wah ternyata rebusan daun salam juga ampuh untuk menurunkan kadar gula darah. Selama ini konsumsi karena bisa mencegah cancer.

    Nambah umur emang kudu ngerem makanan ya. At least ngurangi (walau belum 100% gak makan) gorengan dan roti-rotian.

    ReplyDelete
  23. Langsung inget buat ngecek gula darah juga nih. Keluargaku banyak yang diabetes juga soalnya. Udah gitu kerjaanku selama pandemi kan banyak rebahan doang sambil nyamil gorengan. Jangan2 gula darahnya naik nih

    ReplyDelete
  24. Waah aku baru tau kalau kerang ternyata termasuk makanan yang dilarang untuk penderita diabetes. Kirain makanan yg mengandung banyak karbohidrat aja yg dilarang

    ReplyDelete
Previous Post Next Post