Makin Produktif dan Anti Mager dengan Samsung Galaxy Fit

Dear Teman,

Beberapa waktu lalu aku meraih juara favorit di ajang Anugerah Pewarta Astra 2020 kategori blogger dan mendapatkan hadiah jam tangan atau Smartwatch Samsung Galaxy Fit. Pucuk dicinta ulam tiba, happy banget tulisanku berhasil masuk finalis dan hadiahnya pun incaranku sejak lama, smartwatch. Hanya saja belum kebeli karena banyak kebutuhan lain yang mendesak, hehe. Maklum mamak-mamak.


Makin Produktif dan Anti Mager dengan Samsung Galaxy Fit
Makin Produktif dan Anti Mager 

Tak lama, hadiahnya pun tiba.  Kotak kecil berwarna putih dengan desain minimalis. Ada gambar jam tangan bertali putih di kotak penutupnya dan tulisan: FIT. Di sisi lain kardusnya ada tulisan khas Samsung Galaxy Fit. Juga ada tulisan di sisi lainnya: Long Battery Life, Auto Fitness & Wellness Tracking, serta Water Resistant. Ada keterangan diimpor dari Vietnam oleh PT. Samsung Eletronics Indonesia, Cikarang.

Isi paketnya ada jam tangan, charger nirkabel dan panduan. Pada panduan, ada  penjelasan bagaimana merawat jam tangan ini, yaitu:

1.       Hindarkan perangkat dari air mengalir dengan tekanan tinggi.

2.       Jangan gunakan perangkat saat menyelam dan snorkeling pada air bertekanan tinggi.

3.       Jika perangkat atau tangan basah, keringkan sebelum memakai.

4.       Jika terkena air tawar, keringkan dengan lap lembut. Jika terkena air garam, kosmetik dan lainnya bersihkan dengan air tawar lalu keringkan.


Saat aku membuka boksnya. Senang banget penampilan jam tangannya memang cantik. Aku kebagian jam tangan bertali putih. Selain putih, ada juga tali hitam. Bahkan tipe Samsung Galaxy Fit 2 ada warna pink lho. Imut, ya. Kita bisa mengubah tampilan di layar jam dengan masuk ke aplikasi di ponsel.

Terus, Aku lihat dong harganya di marketplace untuk Samsung Galaxy Fit SM-R370 Fitness Tracker ternyata sekitar Rp1.260.000,-. Uniknya lagi untuk Samsung Galaxy Fit 2 harganya jauh lebih murah hanya sekitar Rp400.000. Aku tidak mengecek sih perbadaan spesifikasi antara kedua tipe ini. 


Makin Produktif dan Anti Mager dengan Samsung Galaxy Fit
Foto: Web Samsung

Baca Juga: Tips Ngemil Bijak

Makin Produktif dan Anti Mager dengan Samsung Galaxy Fit

Tak disangka, berkat jam tangan anyar ini produktivitasku meningkat, lho. Hihi. Asli nggak lebay. Selama pandemi ini memang aku jadi kebanyakan gabung di Mager Club yang hobi rebahan. Terkadang aku bangun pagi tanpa semangat. Membayangkan banyak pekerjaan domestik dan naskah menumpuk yang memanggil-manggil untuk diselesaikan dan kita nggak bisa pergi ke mana-mana selama pandemi berkepanjangan ini. Rasanya sudah lelah duluan.

Kok bisa jadi produktif dan anti mager?

Ya, ada banyak fitur dari smartwatch ini. Diantaranya menghitung detak jantung atau heart rate, stopwatch untuk berlari atau berjalan, pedometer hingga sleep tracker yang bisa mengukur kualitas tidur kita. Terus, ada fitur mengukur tingkat stres kita juga. Jika kita stres, maka akan menunjuk warna merah. 

Makin Produktif dan Anti Mager dengan Samsung Galaxy Fit

Jika merasa stres, kita juga bisa melakukan pernapasan 1 menit. Ada panduan di layar jam untuk menarik napas dan hembuskan napas selama satu menit. Biasanya setelah itu, kita lebih rileks dan tingkat stres kita menurun, ya. Biar lebih maksimal, sebaiknya jam tangan ini kita hubungkan dengan aplikasi Samsung Health di internet. Fiturnya akan lebih banyak.

Terus, Aku paling suka fitur pedometer pada jam ini. Pedometer adalah alat untuk mengukur langkah seseorang berdasarkan gerak pinggulnya.


Makin Produktif dan Anti Mager dengan Samsung Galaxy Fit

Masih ingat nggak iklan susu kalsium jadul dibintangi Indy Barends? Anak Gen Z mungkin nggak kenal dia ya, hehe. Indy mengajak kita untuk aktif bergerak dan berjalan 10.000 langkah setiap hari demi kesehatan tulang dan tubuh.  Kalau dipikirkan rasanya sulit dan mustahil ya bagi kaum rebahan, 10 ribu langkah itu berapa km jalan kaki? Berapa jam? Jauh banget!

Nah, kalau pakai smartwatch kita jadi bisa mengukur langkah kita setiap hari. Tidak mesti harus khusus berjogging tapi kita bisa mencapainya sambil beraktivitas di rumah. Tidak berat kan? Kalau aku pasang target 6000 langkah setiap hari. Jadi, kalau lebih dari itu dianggap bonus, hehe. Pelan-pelan tapi rutin, berusaha konsisten.

Apa manfaat berjalan 10.000 langkah dan bergerak aktif? Dari artikel yang kubaca di klikdokter.com manfaatnya antara lain:

1.       Meningkatkan kesehatan paru-paru

2.       Memperlancar peredaran darah

3.       Membantu menjaga kesehatan jantung

4.       Menambah stamina dan kkekuatan otot kaki

5.       Menjaga kepadatan tulang

6.       Menjaga tekanan darah

7.       Mencegah obesitas

8.       Membantu mencegah penyakit diabetes

9.       Meningkatkan konsentrasi

10.   Dan Meningkatkan mood

See? Banyak banget kan manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita? Dengan memakai jam tangan ini aku jadi bersemangat aktif bergerak. Jika kita bergerak, langkahnya akan bertambah tercatat di jam. Apalagi kalau mengerjakan pekerjaan rumah seperti beberes, menyapu, mencuci piring, hingga memasak. Fitur pedometernya juga aktif bertambah, lho. Jadi, nggak mesti kita harus jalan kaki dan lari. 


Makin Produktif dan Anti Mager dengan Samsung Galaxy Fit
Foto: Web Samsung

Yang bikin jam tangannya berteriak memuji kita jika memasak, haha. langsung tertulis: Kecepatan Sehat, dong! Haha. apakah ini artinya harus rajin masak biar dipuji sama smartwatch ini? hihi.

Terus, kalau kelamaan rebahan bakal ada peringatan di layar: Tidak aktif lebih dari 1 jam! artinya itu perintah agar kita segera bergerak! Haha. Kalau kita kembali bergerak langsung dipuji: Bagus, masih aktif. Gimana mau bermalas-malasan coba? Hihihi. Lumayan banget deh smartwatch ini menambah semangat untuk tetap bergerak aktif walapun hanya di rumah saja. 

Baca Juga: Manajemen Stres Saat Pandemi

Sebelum PPKM sih, aku dan anak-anak biasanya berjalan kaki 2-4 km di alun-alun dan lingkungan sekitar rumah. Pulangnya, bisa mampir jajan atau beli makan malam. Tapi karena kasus covid meningkat kini harus puas dengan jalan kaki putar-putar lapangan komplek perumahan sambil berjemur di pagi hari. Alhamdulillah, sudah beberapa bulan pakai jam ini jadi lebih semangat bergerak bersama anak-anak. Semoga konsisten dan kami bisa lebih sehat dan aktif ya. 


Makin Produktif dan Anti Mager dengan Samsung Galaxy Fit
Foto: Web Samsung

Nah, itulah pengalaman lebih produktif dan anti mager dengan Samsung Galaxy Fit SM-R370 Fitness Tracker. Kalau beli tipe yang lebih bagus fiturnya pasti lebih lengkap ya. Pengen juga jam tangan yang bisa mengukur saturasi oksigen, penting nih di saat pandemi seperti sekarang. Tapi, aku sudah puas dan bahagia dengan jam tangan mungilku ini.  

Spesifikasi Samsung Galaxy Fit SM-R370 Fitness Tracker

Berat

:

50 gram

Deskripsi

RAM 2MB
Penyimpanan Internal 0.032GB
Ukuran Layar 0.95
Multi-touch 
Resolusi Layar 120 x 240pixels
Jenis Layar AMOLED

BATERAI
Daya Tahan Baterai 192h
Kapasitas Baterai 120mAh
SISTEM OPERASI
Kompatibilitas iOS 
Kompatibilitas Android 

TALI JAM
Bahan Tali Jam Silikon

KONEKTIVITAS
Bluetooth 
Cellular 

FITUR
Water Resistant
Anti Debu 

FUNGSI
Messaging 
Stop Watch 
Sleep Tracker 
Pedometer 
Heart Rate 

BODY
Berat 23g
Dimensi (W x H x D) 
45.1 x 18.3mm

 

 

 

Comments

  1. Wahh barakallah mbDew atas kemenangannya. Semoga semakin sukses kedepannya ya aamiin.

    Duh itu galaxy fit yg putih cakep banget.. jadi pengen 😆

    ReplyDelete
  2. wah Samsung semakin menjawab kebutuhan manusia ya, dengan fitur healthy semoga semua nya semakin menjaga kesehatan yaaa :D

    ReplyDelete
  3. wah baru tahu akutu, jam kayak gini ternyata fungsinya banyak. bisa jadi semacam asisten kesehatan juga dong ya, kereeeen

    ReplyDelete
  4. Hahahhaaa... Beneran ga bisa masuk tim rebahan nih. Langsung dapat alarmnya ya Mak.
    Ayo masaaaak, bersyukur ada yg reminder , ayo bergerak!
    Aja, seru pisaan! Biar makin sehat, makin produktif.
    Eambg keren banget, btw Selamat yaa sudah menang dan mendapatkan hadiah yang didambakan dan bermanfaat❤️

    ReplyDelete
  5. Apakah aku juga kudu beli Samsung Galaxy Fit ini?
    Soale, makin ke sini kok jadi mager mager club :D
    Kebanyakan di rumah aja sih wkwkwkw

    Makasi rekomendasinya mba Dewiii

    ReplyDelete
  6. Aku pengguna samsung mak, tapi produk yang ini belum punya. Baca ulasanmu, kayaknya menarik juga kalo dibeli yah, hehehe

    ReplyDelete
  7. Meski di rumah aja gak mesti rebahan selalu. Adanya jam ini berharap gerak yang dilakukan semakin terarah dan bermanfaat ya ...
    Sehat selalu pokoknya dan tidak lupa disiplin prokes kalau pas olahraga keluar rumahnya ya

    ReplyDelete
  8. Anakku punya nih yang galaxy fit 1, Mba. Saya suka pinjam sama dia buat ngitungin langkahnya. Biar kayak indi barens (berarti saya bukan generasi z ya... hahaha).

    ReplyDelete
  9. Enak tuh mbak pake smartwatch, biasanya bisa ngukur seberapa maksimal tidur. Terkadang kita merasa cukup tidur, padahal waktu tidur yg bner2 lelapnya masih kurang. Lumayan kan kalo punya jadwal vaksin covid yg syaratnya harus tidur cukup bisa diukur dari situ 😬

    ReplyDelete
  10. Ada Pedometer nya.. Waw! Ini penting banget buat mencapai 10rb langkah per hari. Biasanya aku install appsnya aja tp agak repot juga. Klo langsung di pergelangan tangan kayanya lebih efektif dan efisien deh

    ReplyDelete
  11. bener banget mak, kalo punya gadget yang mumpuni secara fitur maupun spec-nya bikin makin produktif untuk bikin konten apapun di media sosial ataupun buat konten blog juga

    ReplyDelete
  12. asyik nih kalau punya galaxy fit. Memotivasi untuk tetap aktif dan sehat ya

    ReplyDelete
  13. Sejak lama pengen Samsung Galaxy Fit. Setelah baca reviewnya di sini makin kepengen, hahaha... Dipakai di tangan kan praktis ya mam, bisa terpantau. Btw, keren banget sudah terbit beberapa buku solo... Semoga bisa makin produktif ya...

    ReplyDelete
  14. Bahagianya dapat hadiah sesuai yang diincar ya Mak. Kadang memang hal kecil ternyata penting dalam keseharian kita. aku mau juga dong cobain Samsung Galaxy Fitnya

    ReplyDelete
  15. Wah keren banget nih Samsung Galaxy Fit. Aku belum kesampean untuk beli hehe. Tapi dengan baca artikel ini bisa bikin aku semangat deh untuk nabung demi smartwatch.

    ReplyDelete
  16. Wuah keren banget sih Samsung Galaxi Fit nya, itu bisa mengukur tingkat stress juga ternyata. Kalau stress nanti langsung diperingatkan nih hahaha. Kan, jadi pengin beli ini, desainnya juga bagus, pastinya kalau punya ini akan tambah semangatnya ya, agar tetap produktif dan anti mager :)

    ReplyDelete
  17. Waah selamat mbak Dewie bisa mendapatkan penghargaan!! Kerja keras blogging pastinya berbuah ya mbak :D Dapat smart watch, keren banget mbak.. banyak banget ya fiturnya.. sampe bisa mengukur level stress lagi.. kok bisa ya haha..
    Aniwaii, selamat ya mbak Dedew, blogger panutanquuu~

    ReplyDelete
  18. Selamat ya Mbak untuk pencapaiannya....ya ampun aku jadi mupeng punya.Waktu ini suami beliin anakku versi KW-nya...Tentu enggak sebagus ini fiturnya. Beberan bikin makin produktif dan anti mager ini mah

    ReplyDelete
  19. hohoho... mbak Dedew mah, kemana-mana emang produktif banget.. pantesan ajah, ada rahasianya di balik produktifnya mbak Dedew..

    ReplyDelete
  20. Waah, jam tangan samsung galaxy fit ternyata lengkap juga, kereen! Ada fitur-fitur yang mendukung kita untuk terus aktif bergerak. Dengan begitu badan kita bisa lebih sehat dan gak banyak rebahan lagi ya...

    ReplyDelete
  21. Ooh smart watch ini benar-benar jam pintar. Kok bisa ya mengukur kualitas tidur dan tingkat stress. *Malah penasaran cara kerjanya. Membantu banget mengelola emosi di masa pandemi.

    ReplyDelete
  22. makin semangat ya geraknya kalau pakai smartwatch. Pilihan warna samsung galaxy fit buat aku sukanya warna putih mbak.

    ReplyDelete
  23. Wah keren-keren ya fitur smartwatch dari samsung ini. Dari dulu kepingin juga tapi belum kesampean sampai sekarang, hihi.

    ReplyDelete
  24. wah keren banget mbak
    selamat atas kemenangannya ya mbak
    betul banget mbak dengan smart watch membabtu kita lebih prody

    ReplyDelete
  25. wah keren banget mbak
    selamat atas kemenangannya ya mbak
    betul banget mbak dengan smart watch membabtu kita lebih produktif

    ReplyDelete
  26. kayaknya saatnya buat upgrade smartwatchku mbak. yang ini kayaknya ga selengkap galaxy fit. jadi ketauan kalau tidurnya acak kadul ya kalau pakai ini mba

    ReplyDelete
  27. Selamat ya mba. Pemenang astra dan mendapat hadiah idaman. Emang bagus deh jamnya. Aku juga jadi kepingin huhu

    ReplyDelete
  28. wow, bener-bener smart nih jamnya. Bahkan sampai bisa mendeteksi kalau pemakainya lagi stres. Alhamdulillah banget ya mbak, bisa dapat hadiah smart watch yang sudah lama di incar. Harga sejutaan, tapi kalau banyak fitur kerennya gini, worth it lah ya mbak.

    ReplyDelete
  29. Keren ih!
    Pakai Samsung Galaxy Fit serasa punya trainer private dong ya!

    Aku senyum dikulum di bagian komentar kalau tidur, "Tidak aktif lebih dari 1 jam" juga bagian memasak itu, " Kecepatan Sehat!"

    Bisa membayangkan keseruan Mak Dewi sekarang sejak berkolaborasi dengan Samsung Galaxy Fit!

    Btw,
    Congratulations, Mak!

    ReplyDelete
  30. Jam tangan jaman now banget nih... yang selalu bikin kita inget kesehatan... Tahu aja sekarang emang lagi pada demen rebahan dan mager yak hehe..

    ReplyDelete
  31. wah keren banget hadiahnya mbak. selain bentuknya stylis juga pas banget dengan mbak dedew yang produktif ini yaa. fiturnya keren yaa, bisa memberikan feedback pada mood kita, atau masalah di dalam tubuh hanya dengan mengenakannya. jadi pengen punya juga deh. hehe

    ReplyDelete
  32. Papaku pake ini, dan memang bener jadi nggak mager sih. Malah pengen jumlah hitungan jalan kakinya bertambah, akhirnya papa sering jalan-jalan hahaha

    ReplyDelete
  33. Pantesan aja namanya smart watch ya soalnya emang beneran smart. Bahkan bisa bikin yg punya jadi rajin gerak. Kayanya aku juga maj punya jam.kaya gini. Multifugsi banget desainnya juga kece

    ReplyDelete
  34. Congratz mba dewww ikut happy atas pencapaiannya 🤗 Smartwatchnya bagus bgt mba... Yg putih cakeppp 😍

    ReplyDelete
  35. Selamat ya Mba Dew atas kemenangan dan hadiahnya. Cieee jam baru nih yaaa kinclong nih.. fiturnya bagus2 ya, jadi anti rebahin nanti dimarahin jam nya 😅

    ReplyDelete
  36. Dari dulu aku naksir mbak, cuma belum kesampaian, semoga bs segera punya, biar makin produktif seperti mbak Dewi

    ReplyDelete

Post a Comment