Tips Memilih Hotel Untuk Staycation di Bandung

Dear Teman, 

Kota Bandung selalu ngangenin, ya. Entah mengapa, di benak banyak orang kota ini berarti romansa. Padahal, Bandung zaman now tak luput dari kemacetan khas kota metropolitan. Tapi, tetap saja ya wisatawan selalu rindu untuk kembali ke Kota Bandung untuk menikmatinya.

Apa sih daya tarik Bandung untuk wisatawan? Ternyata, suasananya yang menyenangkan.  Bandung juga memiliki suhu yang relatif sejuk terutama di kawasan Lembang dan membuat staycation makin nyaman. Tak hanya itu, Bandung punya banyak tempat tujuan wisata yang menarik. Bandung pun dikenal sebagai surga kuliner ya. 

Baca Juga: Piknik ke Bandung Yang Seru

Tips piih hotel untuk staycation di Bandung
Tips piih hotel untuk staycation di Bandung

Pilihan hotel di Bandung juga beragam jadi kalian yang ingin bersantai dan staycation bersama keluarga sangat dimanjakan. Pengalaman staycation bareng keluarga pasti lebih seru dibandingkan menginap sendirian. Tapi, memilih hotel untuk staycation bersama dengan keluarga kadang susah, ya. Berikut tips memilih hotel untuk staycation yang nyaman di Bandung:

1. Pilih Hotel yang Belum Pernah Dikunjungi

Supaya mendapatkan pengalaman staycation yang menyenangkan, pilihlah hotel yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Lokasi hotel yang baru akan membuat kalian merasakan pengalaman baru dan liburan makin menyenangkan.

Namun tentu saja, di masa seperti sekarang ini penting sekali memilih hotel yang berada di zona hijau. Sebelum menentukan sebuah hotel di Bandung, perhatikan juga kondisi lingkungan sekitarnya.

Tidak hanya itu saja, pastikan hotel yang dipesan menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Mengingat kondisi sekarang, tindakan pencegahan amat sangat disarankan. Jika sudah sesuai, langsung pesan hotelnya segera.

2. Pilih Lokasi Hotel yang Strategis

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah pilihlah hotel yang lokasinya strategis. Misalnya saja dekat dengan tempat wisata, jadi jika ingin jalan-jalan hanya butuh waktu sebentar untuk bisa menjangkaunya. Tinggal jalan kaki saja sudah sampai.

Tidak hanya tempat wisata saja, lokasi yang strategis ini juga mencakup apakah hotel dekat dengan pusat kesehatan ataukah mudah dicapai dengan transportasi umum. Jika lokasinya strategis, mau melakukan hal apa saja mudah. Apalagi lokasinya dekat dengan pusat perbelanjaan, bisa belanja kapan saja. Enak banget!

Sudah banyak lho hotel-hotel di Bandung yang terintegrasi langsung dengan mal dan pusat perbelanjaan. Contohnya saja adalah The Trans Luxury Hotel Bandung, Harris Hotel and Convention Festival CityLink, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Pilih Hotel yang Ramah Anak

Bagi yang sudah memiliki buah hati, pilihlah hotel yang ramah anak. Baik itu berbagai fasilitasnya, atau program yang ditawarkan. Untuk fasilitas ramah anak yang umum ada di hotel-hotel sekarang ini adalah playground, kolam renang anak-anak, kebun binatang mini dan lain sebagainya.

Tips piih hotel untuk staycation di Bandung

Sementara untuk berbagai program yang ditawarkan, ada beberapa hotel yang memiliki berbagai kegiatan outdoor untuk anak-anak. Misalnya saja menggambar bersama, mendongeng, berkebun, main ke sawah, flying fox dan lainnya. Jika kamu sudah memilih hotel yang ramah untuk anak, buah hati akan semakin betah staycation di hotel. 

Baca Juga: Naik Shuttle Bus ke Bandung

Banyak lho hotel di Bandung yang ramah anak, jika kamu sudah menemukan sesuai dengan yang diharapkan, segera lakukan pemesanan di Traveloka ya. Kamu bisa pesan jauh-jauh hari juga, biasanya dalam segi harga akan lebih terjangkau jika dibandingkan pesan di waktu yang mepet.

4. Lakukan Survei Kecil-kecilan

Jika belum pernah menginap di hotel yang kamu minati, lakukan survei kecil-kecilan secara daring. Caranya? Bisa dengan melihat berbagai ulasan dari pengguna sebelumnya. Ulasannya bisa dilihat di berbagai tempat, di Traveloka pun para tamu yang menyewa hotel bisa meninggalkan kesannya, rating pun juga ada.

Cari tahu juga informasi lebih lengkap dari beberapa kandidat hotel yang kamu pilih. Mulai dari harganya, lokasinya, sampai dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Apakah akan mendukung staycation Bandung yang kamu lakukan. Jika malas untuk mencari tahu secara online, bisa hubungi customer service hotel secara langsung.

5. Pilihlah Kamar dengan Sirkulasi Udara Bagus

Karena akan banyak melakukan kegiatan di dalam kamar bersama dengan keluarga, pilihlah ruangan hotel yang memiliki sirkulasi udara bagus. Setidaknya ada ventilasi udara yang keluar masuk. Dengan begitu, udara akan silih berganti jadi tubuh jadi tetap sehat meski lama di dalam ruangan.


Tips piih hotel untuk staycation di Bandung

Maka dari itulah, kamu bisa memesan secara khusus untuk meminta ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Apalagi bagi kamu yang merokok, ini sangat penting sekali untuk dipertimbangkan.

6. Jangan Ragu untuk Mencari Promo Supaya Lebih Hemat

Supaya staycation di Bandung yang dilakukan semakin berkesan, jangan ragu untuk berburu hotel-hotel yang sedang menawarkan harga promo. Jika sudah mendapatkan harga yang lebih murah, kamu bisa mengalokasikan bujet akomodasi tersebut untuk kegiatan lainnya.

Misalnya saja jika kamu selama ini gemar sekali berburu kuliner, uangnya bisa digunakan untuk mencicipi berbagai makanan di sekitar hotel ya. Di dalam hotel juga biasanya ada kafe atau restoran, inilah kesempatan untuk mencicipi berbagai menu baru. Jadi meski hanya staycation, kamu tetap bisa merasakan sensasi liburan.

Malas untuk ke luar ruangan beli makanan? Kamu bisa melakukan pemesanan secara delivery. Apalagi sekarang ini sudah banyak aplikasi pemesanan makanan secara daring, akan tambah memudahkan.

Yuk luangkan waktu untuk bisa staycation bersama dengan keluarga. Karena banyak manfaat yang akan kamu dapatkan lho, mulai dari kesempatan refreshing, menikmati suasana baru, sampai dengan mengakrabkan anggota keluarga. Yuk, Staycation di Bandung. 

Foto: Pixabay.com



Comments

  1. terima kasih tips nya mba Dew.. Bisa juga diterapkan utk kota tujuan lainnya ya..

    ReplyDelete
  2. Terima kasih tipsnya kak, sangat membantu 👍👍😊

    ReplyDelete
  3. Saya paling suka hotel yang ada kolam renangnya.. yaaa walau saya nggak berenang tapi suka aja gitu duduk di pinggir kolam renang sambil poto poto buat konten hueheheheh.. udah lama saya nggak ke bandung nih.. bandung enak enak lhoooo jajanannya

    ReplyDelete
  4. Jadi pengen staycation deh, Mak Dew. Kalo Semarang hotel yg recommended buat staycation apa ya?

    ReplyDelete
  5. Poin hotel ramah ini wajib banget kalau untukku mak. Soalnya udah punya anak ya, jadi di mana pun selalu ada yang ikut, kecuali kalau mau second honeymoon ya... pilihnya hotel yang vibes romantisnya dapet.

    ReplyDelete
  6. Yang susah tuh yang rmaah anak, Mba. Soalnya sedikit hotel yang mentediakam playground

    ReplyDelete
  7. Saat memilih hotel untuk staycation, saya juga lebih mempertimbangkan lokasinya. Pengennya yang lokasinya strategis, dekat dengan tempat wisata atau tempat kuliner. Kalau di Bandung, banyak sekali hotel di tempat yang strategis. Tinggal menyesuaikan dengan budgetnya saja hehehe

    ReplyDelete
  8. Sebaiknya hotel berdekatan dengan pusat kuliner. Jadi bisa dapetin harga promo
    meski ga dapet free breakfast dan bisa tetep gampang nyari makan.

    ReplyDelete
  9. Benar banget mba sebelum pesan hotel aku selalu survey kecil kecilan mba. Biar tahu situasi di hotelnya juga. Duh udah nggak nginap di hotel jadi pengen

    ReplyDelete
  10. Bandung itu Hometown keduaku setelah Garut, masih "adek kakak"-an kalau soal suhu udaranya. Dan iya, sekarang Bandung malah lebih "hidup" dibanding Ibukota sekalipun (menurutku), rame dan macet dimana-mana. Biasanya kalau ngeBandung pasti nginep di Rumah Uwa, tapi pengen banget deh staycation di salah satu Hotelnya, lagi semangat berburu promo dan atur jadwalnya. Kubutuh pikniiiik, haha

    ReplyDelete
  11. Di Bandung mah banyak banget pilihan hotel yg kece, dijamin ga bingung deh. Ntar klo udh selesai PPKM coba berburu ah siapa tau ada promo

    ReplyDelete
  12. Baca artikel ini jadi inget postingan aku terbaru soal salah satu hotel di Bandung Barat yang susah untuk dilupakan. Hehehe.

    ReplyDelete
  13. Dulu iya selalu pilih hotel yang ramah anak dengan playground. Kalau skr, pilih yg nyaman buat mager dengan wifi kencang hehehe.
    Kangen kangen kangen bangett dah lama ga nginep di hotel euyy

    ReplyDelete
  14. Beberapa kali ke Bandung alhamdulillah hotelnya ramah anak, khususnya yg ada playground ma kolam renang lha minimal dah hepi banget anak2 hehe
    Kangen ke Bandung, semoga tak lama lagi bisa ke sana lagi aamiin

    ReplyDelete
  15. Jadi inget dulu sempat mau staycation di salah satu hotel Bandung tapi ga sesuai ekspektasi wkwkwk...akhirnya check out lagi malamnya lalu pulang ke rumah karena kamarnya sempit dan gitu ga ada playground gitu :p

    ReplyDelete
  16. Makasih tipsnya Mak, promo ini yang utama kalau aku Mak...hehehe... Pun yang ramah anak, suka staycation dan hotelnya ramah anak

    ReplyDelete
  17. Kota Bandung emang nyaman banget untuk disinggahi, banyak destinasi wisata, kulinernya enak-enak dan yang pasti hawanya bersahabat. Apalagi kalo nginepnya di hotel yang cozy plus wajib ada kolam renangnya :)

    ReplyDelete
  18. iya, aku dulu pas ke bandung cari hotel yg strategis dan sesuai budget mbak,
    dulu nginep di jalan Braga

    ReplyDelete
  19. Pas banget emang udah pengen banget staycation. Makasih tipnya mba, coba ahh, siapin duitnya dulu nih

    ReplyDelete
  20. wah makasih tipsnya mbak dedew, di Bandung banyak sodara sih, tapi kadang malu juga kalau nginep terus di rumah mereka yaa. sekali-kali boleh juga nih mengikuti tipsnya mbak dedew kalau pas ke Bandung

    ReplyDelete
  21. Biasanya sih aku bakalan lihat di Traveloka dari review dulu, mana yang paling direkomendasikan dari urutan hotel yang muncul melalui searching kota. Lalu cek cek juga promo yang ada. Duuuh jadi kangen nih mau jalan-jalan lagi. Pengin juga bisa staycation di Bandung. Yuukk kita rame2 ke sana ya Dew ntar selepas pandemi.

    ReplyDelete
  22. Kalau niat bawa anak, yang paling utama emang merhatiin kebutuhan anak pas di hotel ya, Mbak. Ada kolam renang lah, ada tempat main. Qiqiqi

    Aku jadi kangen ke Bandung euy!

    ReplyDelete
  23. Kalau ngajak anak-anak untuk staycation, kalau cuma sekedar nginep sesaat aja mereka yang penting kamar nyaman dan makan enak, tapi kalau stay cation beberapa hari maunya ya ada kolam renang, wajib itu.

    ReplyDelete
  24. aku kepigin banget lho ke bandung mbak Dewi, tapi belum pernah kesampaian. Semoga pandemi segera berlalu dan kkta bisa traveling jaaauuuuh

    ReplyDelete

Post a Comment