The House Detox, Acara Variety Korsel Yang Membebaskan

Dear Teman,

Kamu suka nonton acara variety show nggak? Sebenarnya, aku tidak terlalu suka jenis acara seperti ini. Paling aku menonton acara seperti Running Man, Knowing Brother jika ngefans dengan bintang tamunya. Seperti pas grup Super M dan Shinee yang muncul sebagai bintang tamu di acara Knowing Brother.

The House Detox Acara Variety Korsel
Trio House Detox yang seru 

Korea Selatan tak hanya terkenal dengan Kpop dan dramanya, variety show mereka juga beragam sekali dan dibintangi oleh banyak idol dan artis ternama. Baru-baru ini, aku suka menonton dua acara variety show yaitu I Live Alone dan The House Detox.

Berhubung aku juga suka menumpuk barang hihi jadinya malah tertarik menonton The House Detox ini. Acara ini disiarkan sekali seminggu, setiap hari Senin di TVn. Ketiga pembawa acaranya beken banget dan sering kita jumpai di TV Korea yaitu Park Na Rae MC dan komedian, Shin Ae Ra aktris dan yang termuda ada aktor jangkung Yoon Kyung Sang. Kehadiran tiga orang ini menambah kemeriahan acaranya. 

Kata Detox berasal dari Detoksifikasi yang artinya pembuangan toksin atau racun dan jika dilakukan secara berkala maka akan membuat tubuh sehat. Begitu juga detox rumah, dengan membuang racun berupa barang tak terpakai, maka rumah akan lebih sehat dan nyaman dihuni. 

Acara TV yang tayang perdana 29 Juni 2020 ini bisa kita tonton di VIU lho. Bagaimana konsep The House Detox ini? Jadi, para tamu acara ini adalah selebriti Korea terkenal mulai dari idol, aktor dan aktris, atlet hingga seniman yang ingin rumahnya dibedah oleh The House Detox. 

Ya, rumah dan apartemen bagus belum tentu tertata dengan baik kan? Nah, di sinilah kehadiran The House Detox dibutuhkan. Mereka akan berkunjung ke rumah klien selebritis dan ditunjukkan kondisi rumah mereka setiap ruangan. Setelah itu, para klien pun dibantu menata rumah dengan efisien. 

Baca Juga: Tips Hidup Minimalis

The House Detox Acara Variety Korsel


Namun sebelum itu, klien diminta untuk tega membuang barang yang mereka tidak gunakan lagi. Jadi, nggak ada tuh namanya menyimpan barang yang tak terpakai. Jika ada yang susah melepas barangnya maka akan ditanyakan sudah berapa lama tak digunakan? Hehe. 

Jika barang itu sudah lama tak digunakan berarti kamu tak membutuhkannya. Hm, sama ya prinsipnya dengan Fumio Sasaki penulis buku Good Bye Things, Hidup Miinimalis Orang Jepang terbitan GPU.

Benar banget, Setelah membaca buku Fumio, rasanya tuh ingin membuang semua barang yang teronggok tak terpakai di pojok ruangan, haha. Nah, untungnya The House Detox tak seekstrim ini. Haha. Mereka menata rumah klien dengan mengutamakan kebutuhan dan kenyamanan mereka. Menonjolkan minat serta menunjukkan prestasi para klien dengan memajang memorabilia yang spesial bagi pemilik rumah. Tim House Detox juga piawai meletakkan perabotan di lokasi yang tepat agar nampak outstanding

Terharu banget kan, piala dan berbagai barang kenangan yang berharga bisa terpajang rapi, tidak hanya teronggok di pojok ruangan, terlantar.

Sebagai awal, mereka mengajak klien untuk menyumbangkan barang yang tak terpakai melalui The House Detox. Jadi, selain rumahnya ditata, para selebriti ini juga beramal ya. Rata-rata memang kliennya punya banyak sekali barang. Padahal, rata-rata tinggal di apartemen yang luasnya terbatas. Beda dengan kita yang tinggal di rumah dan punya gudang untuk menyimpan barang yang jarang dipakai. Jadinya, memang  stres ya tinggal di rumah yang berantakan dan penuh sesak karena barang dan perabotan.

The House Detox Acara Variety Korsel
Tim House Detox mengunjungi rumah klien (Foto: Soompi)

Sejak 2020, sudah ada 40 episode dengan bintang tamu yang berbeda-beda. Dan setiap klien memiliki cerita dan masalah tersendiri. Seperti aktris Yoon Eun Hye yang saat rumahnya diintop oleh Na Rae dkk, menangis karena malu. Apartemen perempuan cantik berusia 36 tahun ini memang bak gudang sepatu. Ia punya ribuan pasang sepatu yang kebanyakan tidak pernah dipakai.

 "Aku malu, jujur saja. Aku bisa melihat keserakahan yang selama ini kupegang.

Episode yang menarik lainnya ketika Shindong Super Junior menjadi klien di episode 33, tayang 01 Maret 2021. Yang mengajukan Shin Dong adalah temannya di Suju, Eunhyuk. Eunhyuk mengaku stres melihat rumah Shindong yang seperti gudang saking berantakannya. Kebiasaan Shindong membeli barang-barang pun membuatnya prihatin. Maka, Tim The House Detox pun berkunjung ke apartemen Shindong. Dan benar dong.

Apartemen Shindong yang sebenarnya luas jadi kelihatan sesak karena kebanyakan barang! bayangkan, ia punya tempat sampah lebih dari 5 buah, peralatan seperti penanak nasi, dan microwave bisa lebih dari satu padahal ia tinggal sendirian. Ia juga mengoleksi botol minuman keras yang sudah kosong. Sepertinya, Shindong tak tahan melihat barang lucu dan langsung dibeli ya, hehe. Siapa yang juga hobinya seperti ini? Ia sampai dijuluki King of Material, hehe.

Setelah perjuangan menyortir tumpukan barang, merelakan banyak barang kesayangan dan memilih barang-barang yang benar-benar ia gunakan dan butuhkan, barulah barang yang tak pernah dipakai, tak dibutuhkan didonasikan melalui The House Detox. Setelah itu, proses penataan rumah Shindong bisa dimulai.

Shindong benar-benar terharu melihat ruang makannya yang berkilau tertimpa sinar Matahari karena barang-barang yang menghalangi jendela sudah disingkirkan. Ruangan nampak lebih bersih dan lapang. Melihat ruangan bersih beban rasanya terangkat dari bahu. Ya, ternyata menata rumah dengan baik dan ringkas, menjadi proses healing bagi banyak orang.

The House Detox Acara Variety Korsel
Aktris Yoon Eun Hye yang hadir jadi bintang tamu (Foto: Naver)

Seperti kata Fumio Sasaki dalam bukunya Goodbye Things, setelah menyingkirkan banyak barang yang tak berguna, ia lebih fokus pada orang dan hal-hal yang membuatnya mensyukuri hidup. Ia mengeluarkan uang bukan untuk barang tapi untuk pengalaman, menjelajah tempat baru, bertemu orang-orang dan melakukan berbagai proyek. 

Menurut Fumio, mengurangi barang yang tak perlu membuat hidupnya lebih bahagia dan content. Punya banyak barang itu bukan kita memiliki barang tapi barang yang memiliki kita karena kita harus merawatnya, menyediakan waktu khusus untuk barang. Itulah mengapa kita harus mengurangi dan membuang barang yang tak dibutuhkan. Agak ekstrim sih isi bukunya bagi saya dan kebanyakan orang Indonesia yang suka menyimpan berbagai barang, hehe.

“Why do we own so many things when we don’t need them? We’re desperate to convey our own worth, our own value to others. We use objects to tell people just how valuable we are.”

Duh. Tertohok, Bang.

Shindong merasakan betul hal ini. Rumahnya jadi lebih nyaman. Ia jadi lebih mudah menemukan barang yang ia butuhkan, bisa berlatih koreografi dance di rumahnya karena sedikit barang. Ia juga mudah menjamu teman-temannya. 

Baca Juga: Self Love

Episode lainnya yang menarik adalah aktor senior terkenal, Lee Dong Jun yang memiliki kesukaan membeli perabot serba mewah dan berwarna emas. Istrinya merasa sebal selama bertahun-tahun karena ia tak bisa menata rumah karena perabotan serba besar, ia juga tak memiliki ruangan pribadi. Setelah berpikir lama, akhirnya sang klien mendonasikan sebagian besar perabotan kesayangannya dan dianugerahi sertifikat pendonasi terbesar The House Detox. 

Berkat menyingkirkan perabot dan penataan desainer interior yang andal akhirnya sang klien mendapatkan rumah yang lapang, minimalis dan mempererat hubungannya dengan pasangan. Jadi, banyak klien yang menangis terharu karena akhirnya masalah mereka dalam menata rumah diselesaikan dengan jenius oleh tim The House of Detox.

The House Detox, Acara Variety Korsel Yang Membebaskan
Beberes di apartemen Foto: VIU

Ada juga pasangan komedian Kim Kyoung Ah dan Kwon Jae Kwan. Sang suami mengoleksi 200 mobil remote control yang bernilai ratusan ribu dollar. Koleksinya menumpuk hingga menginvasi semua ruangan di apartemennya. Sehingga sang istri dan anak-anaknya tidak bisa bergerak leluasa. Ia pun memutuskan mendonasikan 140 mobil RC kesayangannya agar istri dan kedua anaknya mendapatkan ruang pribadi yang layak. Istrinya sampai menangis terharu, lho.

Acara ini ratingnya cukup tinggi selama penayangannya. Banyak selebriti yang ingin mendaftar karena tertarik melihat hasil make overnya. Penonton juga merasa terhibur dan healing melihat perubahan drastis rumah para selebriti. Bahwa mereka seperti kita, manusia biasa yang juga bisa berantakan rumahnya kayak gudang, hihi.

Kita juga bisa belajar bagaimana menata rumah dengan efisien memanfaatkan perabotan yang ada. Yang pasti, kita jadi belajar banyak bahwa sumber kebahagiaan bukanlah dari banyak barang yang kita miliki tapi waktu yang kita habiskan bersama orang-orang tercinta di rumah, uhuk. Dahsyat, yes.

 

Comments

  1. aku nonton ini mbak, pas yang episode yoon eun hye waktu itu
    kalo ngeliat rumah orang yang di detoks kok ya apik, tapi pas giliran barang sendiri di detoks rasanya sayang hahaha. aku galau
    kadang pingin barang barang minimalis, tapi suka gatel beli juga

    ReplyDelete
  2. Keren banget acaranyaaa, wajib nonton nih. Baru tahu acara ini

    ReplyDelete
  3. Aku baru nonton 1 EPs, dan sukaaaaaa banget mba. Akutuh langsung kepengin ngeberesin rumah sampe bisa kosong hahahaha. Cm masalahnya suami tipe yg penyayang barang -_-. JD kadang yaaa, mau buang barang aja aku nunggu duku dia tugas dinas ke luar kota wkwkwkw. Baru deh aku bisa buangin barang2 ga kepake. Pernah tuh ada BRG yg udh ga kepake, tapi ga diksh buang Ama dia. Aku diemin dulu, Trus aku buang pas dia pergi. Ampe skr ga diinget pernah ada tuh barang. Haiiishhh.. beneran deh, bikin rumah berantakan aja -_- . Padahal kan kalo rumah minimalis itu enaak bersihinnya. Pikiran juga ikut lapang

    ReplyDelete
  4. Variety show seperti ini bagus juga ya, memberikan contoh bagi kita para penonton supaya hidup lebih efisien lagi dan tidak terjebak dalam lingkaran benda tidak penting dalam hidup, apalagi kalau dicontohin artis ternama

    ReplyDelete
  5. ih baru tahu ada varshow gini. kereeeeen. duh jadi pengen deh jadi klien mereka juga. kamarku udah sesak gegara kebanyakan numpuk barang. etapi baru inget, aku kan bukan artis, hahahaha. cuzzz ah, berburu buat nonton

    ReplyDelete
  6. Acaranya bagus ya .. membuka wawasan pemilik rumah/apartemen, bisa berefleksi juga sekaligus juga mengajak beramal.

    ReplyDelete
  7. aku pengen nonton ini, pengen pangkas barang yg ga perlu-perlu amat di kosan, tp masih ragu hehe. kudu diyakinkan dlu, siapa tahu variety Korsel ini bisa meyakinkanku untuk bergegas

    ReplyDelete
  8. Aku belum notnon ini Teh, jadi penasaran juga ya. Dengan nonton begini gatel nih buat beberes rumah biar makin rapi

    ReplyDelete
  9. FIX, daku kudu nonton acara ini.
    rumahku tuh membressss, mba
    soale almh ibuku lumayan suka numpukin barang, apa istilahnya, hoarder ya?
    Nah, ini pelan tapi pasti aku pengin merelakan barang2 itu utk ciaooo dan ketemu pengadopsi yg baru.

    ReplyDelete
  10. Wah boleh juga nih The House Detox. Aku belum pernah nonton

    Rasanya pasti nano-nano karena kan harus buang barang yang gak terpakai. Itu sih yang paling drama dan kayanya semua juga merasakan hal yang sama

    ReplyDelete
  11. Korea ada aja ya acaranya.. Ntar bisa tren juga nih di Indonesia kayak drakor.. Kalo sampe tren bisa bagus juga sih.. orang Indonesia kompakan sortir2 barang..trus donasi..

    ReplyDelete
  12. Seru banget ya reality show-nya. Akubrasa reality show korsel ngga ada yang jelek. Semuanya bagus dan bermanfaat. Semoga yang seperti ini bisa diadaptasi ke televisi nasional Indonesia

    ReplyDelete
  13. eh serius ada di VIU? aku udah langganan sih , jadi penasaran pengen nonton juga dong hehehe. mari menuju TKP

    ReplyDelete
  14. Wah wah, menarik nih dramanya. Nanti nonton ah. Siapa tahu bisa ketularan detox juga. Huhu kepengen deh bisa hidup minimalis. Biar lebih simple ya hidup ini. Gak dipusingin banyak barang.

    ReplyDelete
  15. Variety show yang model gini aku nontonnya yang versi Jepang mbak, tapi ini juga boleh untuk referensi tontonan. Kadang emang kita tuh penting banget nonton yang begian agar termotivasi untuk membereskan barang di rumah.

    ReplyDelete
  16. Kadang kita keasyikan beli sampe nggak tahu punya barang banyak gitu. HIks. JAdi pengingat. Nggak kebayang sih hidup di antara ribuan sepatu. Makasih rekomendasinya mba

    ReplyDelete
  17. huaaaa aku banget ini
    tadinya sayaaang banget buat buang buang barang! Mikirnya "Ah nanti pasti kepake lagi" dan itu berlaku untuk buku - baju dan kemasan!

    kebayang waktu adikku Tommy men-detoks rumahku!
    Semua barang itu DIBUANG begitu saja. Dia cuman nanya. Di sini (pojokan) pernah lo pake gak barangnya tahun ini? bahahahhahahaa

    Tapi bener abis itu 'segaaaarrrr' gitu rasanya rumah!

    ReplyDelete
  18. Aaaaaah....iya niih... Shindong sama Eunhyuk itu orangnya rapih aja, rumahnya super penuh yaa..
    Tapi kemarin baru liat, Eunhyuk pindah ke rumah geddeee banget, mansion yaa, nyebutnya. Dan ia memilih tinggal bareng keluarga besarnya.

    Ihh...so sweet.
    Aku jadi pengen nonton House Detox aah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya teori melepaskan barang ini penuh tantangan yaa..
      Aku kalau gak pindah rumah akan semakin menumpuk banyak barang. Masa kudu pindah dulu yaa...biar barang-barang ini bisa "tersalurkan" dengan baik?

      Delete
  19. aku pun lagi mencoba nih mendetox barang2 di rumah, kadang melawan rasa sayang itu loh ygsusah apalagi kalo ada kenangannya, tapi ya daripada menuhin rumah juga buat apa, wkwkwk

    ReplyDelete
  20. Bunds juga pernah baca buku berjudul SIMPLIFY YOUR LIFE. Intinya mirip2 dengan The House Detox -kumpulkan barang2 yg jarang atau tak pernsh kita pakai, masumkan ke dlm kardus, beri label tanggal. Kl setelah 6 bulan kita tak pernah membukanya atau tak lg mencari sesuatu dr dlm kardus itu, berarti saatnya kita hrs membuangnya atau membagikannya kpd orang lain yg membutuhkan.

    ReplyDelete
  21. ini aku kebayang kalo ikutan acara the house detox pasti banyak rungsing, galau, dan bingung mau nyingkirin barang apa aja ya di rumah

    ReplyDelete
  22. Coba ya ada jasa house detox gitu di Indonesia, kayaknya aku mau juga pakai jasanya, wwkkwk. berkhayal. Trus aku kok jadi pengen beli bukunya Fumio Sasaki, butuh banget motivasi untuk menyingkirkan benda-benda tak terpakai di sudut ruangan rumah

    ReplyDelete
  23. Aku sering lihat posternya The House Detox. Pernah nonton sekali, tapi aku nggak nyangka itu adalah variety show. Kirain drama. Hehe. Akhirnya aku skip. Tapi kalau acaranya sebagus ini aku mau nonton deh. Seru juga ngeliatin rumah artis-artis Korea diberesin rumahnya. Siapa tahu jadi terinspirasi untuk detox rumah sendiri yang sudah entah apa namanya, banyak banget barang yang sudah nggak dipakai. Huhu. Thank you infonya Mbak.

    ReplyDelete
  24. Mbak Dewwww.... bagus banget ini artikelnya. Jadi tahu ada acara keren macam The Detox House. Asli jadi pingin nonton dan ngikutin juga.

    Aku paling suka nonton acara dengan tema make over rumah, atau semacam the detox house ini, banyak memberi inspirasi tentang rumah yang mesti ditata seperti apa. Dan bener banget, menata rumah itu seperti terapi healing, bahkan bagiku seperti hobi yang bikin bahagia.

    Aku punya pengalaman tinggal di rumah besar kakekku di Ciputat, barang berlimpah, sampai punya 3 gudang buat narok barang2 gak kepake, padahal barang bagus semua, kenapa ga dipajang aja ya kan, tapi ya itu, kebanyakan. Bayar pembantu juga pada capek ngurus barang, dan aku sendiri letih liatnya. Untunglah setelah kakek tiada, semua barang disumbangkan, 3 gudang udah jadi kamar kos (total ada 20 kamar di rumah, bayangin gedenya kayak apa) hihi

    Makanya aku happy banget pas punya rumah di BSD, keciiiil tapi bebas dari barang2 ga guna. Kecuali taneman ya, itu berguna banget buat kesenangan jiwa wkwk. jadi, bederet pun tak apa :))

    ReplyDelete
  25. Huaaa nampaknya aku harus nonton nih Mbak, baca ini sambil nengok kanan kiri. Banyak barang yang gak kepake masih tetap kusimpan macam box spatu yg gak ada isinya ngambil space bxk banget. Wah mantap banget ini mbak

    ReplyDelete
  26. Konsepnya mirip sama variety show di US mbak kalo ga salah Hoarder judulnya. Jadi klo ni lebih ke client yg kecanduan belanja. Dia nimbun barang sampe rumah penuh trs sama psikolog dan pembawa acaranya dibersihkan sambil orangnya di terapi gitu.
    Alhamdulillah aku orang yg ga suka numpuk barang soalnya liat rumah berantakan hawanya langsung emosi haha. Jd kalo ada barang yg udah lama ga dipake pasti aku kluarin. Entah dibuang atau masih orang klo maish bisa dimanfaatkan. Sambil sadaqah dan bikin sehat jiwA raga juga hahah

    ReplyDelete
  27. lesson learned acara (juga buku) bagus banget ya. Enggak cuma tubuh yang perlu detix tapi rumah juga. Jadi bayangin gimana tuh rumah penuh koleksi benda untuk, ribuan sepatu dan ratusan mobil RC olala..Pastinya sedih buat melepas segala benda kesayangan tapi begitu lihat rumah lebih lapang, rapi dan bersih pasti pikiran juga sama

    ReplyDelete
  28. Baca ini jadi tambah suntikan semangat buat bebersih barang-barang di rumah. Kadang saya tuh harus debat dulu sama suami sebelum akhirnya menyingkirkan sebuah barang. Soalnya suami berprinsip, selama masih bisa digunakan, simpan aja, siapa tahu suatu saat kita akan membutuhkan

    ReplyDelete
  29. Setuju banget dengan Fumio, hidup dengan barang yang secukupnya dan kita perlukan lebih bahagia. Karena punya banyak barang bakal bikin waktu kita tersita untuk merawatnya.

    Ada juga tayangan dari USA tentang membuang benda yang kayak sampah di rumah. Aku lupa namanya apa

    ReplyDelete
  30. wah wah sepertinya aku perlu nonton variety show the detox house ini
    rumaku masih sering berantakan dan tidak tertata, banyak barang barang yang sepertinya harus dibuang dan ditata ulang

    ReplyDelete
  31. Baru tau ada acra ini...seru kayaknya >.< wajib nonton sih.... Seneng liat orang beberes atau make over. PAdahal kalo diri sendiri banyak sayangnya huhuhu...

    ReplyDelete
  32. Kalau di tipi Jepang ada acara Danshari mirip2 gini
    Emang yaaaa yang namanya barang di rumah tu kadang gak kerasa banget eh tikba2 numpuk apalagi kalau yg dah nikah bertahun2, kdng sayang melepas baju anak atau gmn haha
    Aku jd pengen nonton ah, di Viu udah ada yaa, asyeek
    Thanks infonya mbak

    ReplyDelete
  33. Variety Show korea menurut saya termasuk yang enak dan asyik diikuti... Alurnya santai dan hostnya biasanya gokil2.. pernah sekali nonton ga sengaja house detox ini dan beneran jadi kebawa ingin ikut beberes rumah juga deh jadinya... hihihi...

    Aniwei bintang tamunya juga asyik ya mba, jadi bikin shownya jadi tambah cair..

    ReplyDelete
  34. Aduuh, aku baru tau ada variety show ini. Keren banget ini mah idenya. Aku jd mau rumah di detox jg. Haha. Selama ini cm nonton running man. Itupun dah lamaaa gak nonton. Korea ini variety shownya lucu2 n kreatiff

    ReplyDelete
  35. Kasih insight banget yah bener sih beli barang buat dirawat dan aku juga paling gemes kalau nimbun sementara suami itu sukanya simpen2 hahaha..jadi pengen nonton variety shownya menarik temanya

    ReplyDelete
  36. Andai babang matt tau house detox ini, bahagianya aku huhuhuuu... rumahku penuh tumpukan die cast yang tidak muat dipajang. Belum lagi berjejer2 kontener isi buku dan koleksi CD, pengin kubuang tapi kok tak berdaya hahahaa...

    ReplyDelete
  37. Beneran nyentil untuk jadi lebih sehat ngurus rumah dan nyantronin barang ya g gak kepake

    ReplyDelete
  38. Wah aku baru tau ada variety ini, emang Shindong tuh sering banget beli barang. Sampe anak suju aja liatnya pusing :"

    ReplyDelete
  39. Seru ya acaranya. Menginspirasi banget buat bersih- bersih rumah. Emang ya klo barang2 tertata rapi penglihatan lebih luas dan gak banyak makan tempat.

    ReplyDelete

Post a Comment