8 Pekerjaan Yang Menghasilkan Uang di Internet

Dear Temans,
Ramadan sudah hampir di penghujung hari. Rasanya sedih dan haru ya Ramadan tahun ini, Temans. Tidak ada acara mudik untuk bertemu orangtua dan saudara. Bahkan salat Ied pun terpaksa dilaksanakan di rumah. 

8 Pekerjaan Yang Menghasilkan Uang di Internet
  8 Pekerjaan Yang Menghasilkan Uang
 di Internet
Pandemi corona membuyarkan banyak rencana manis kita. Tapi, kita harus tetap semangat menjalani hari-hari ya walau di rumah saja. Seiring pandemi dan anjuran stay at home, perekonomian kita pun menurun. 

Banyak karyawan dirumahkan tanpa bisa kembali bekerja karena PHK. Banyak usaha seperti warung makan, kafe, hingga bisnis lainnya tutup. Insan perbukuan pun kena imbasnya. 

Beberapa penerbitan memberhentikan karyawan hingga menunda transferan royalti. Bagi penulis sepertiku, ada pahitnya juga. Royalti ditunda, naskah bukuku diundur terbitnya. Senyumin saja, deh, hehe. Alhamdulillah, rezeki sebagai blogger ada saja. 

So, para ibu yang tinggal di rumah tak usah khawatir. Ada banyak cara mendapatkan penghasilan dengan internet di rumah, lho. Kita bisa tetap gajian walau dari rumah. 

Jadi, daripada kita sibuk pantengin akun gosip atau ikutan merundung netijen, lebih baik kita manfaatkan kuota paket data kita untuk meraih pundi-pundi duit, ya! Coba kita bahas ya 8 Pekerjaan Yang Menghasilkan Uang di Internet, siapa tahu bisa jadi inspirasi kalian!

1. Jualan Online

Berjualan online kini menjadi pilihan banyak orang setelah pandemi corona karena banyak warung, rumah makan dan toko tutup.  

8 Pekerjaan Yang Menghasilkan Uang di Internet
Berjualan online semakin mudah 

Jika kalian memproduksi barang sendiri misalnya tas kain handmade, sabun wangi, daster atau baju menyusui, kalian bisa menjualnya secara online.

Bisa membuka toko di marketplace ternama, membuat web sendiri, atau berjualan via akun media sosial kamu di Instagram atau Facebook. Pastikan untuk menerima pembayaran terlebih dahulu sebelum mengirim pesanan pelanggan, ya!

2. Menjadi Reseller

Jika kalian tidak memiliki produk untuk dijual, jangan sedih. Kalian bisa tetap berjualan dengan menjadi reseller. Carilah agen tangan pertama sehingga harga modal lebih kecil. Sebelum berjualan, riset dulu produk apa yang dibutuhkan oleh warganet, ya!

3. Menjadi Tenaga Pemasaran

Ingin berbisnis tapi tak mau ribet pengiriman barang? Kalian bisa memulai usaha sebagai tenaga pemasaran sebuah produk dari perusahaan. 

8 Pekerjaan Yang Menghasilkan Uang di Internet
Berjualan buku anak sistem komisi 

Misalnya nih, aku sudah menjadi tenaga pemasaran produk buku paket dari Mandira Dian Semesta dan Sygma Daya Insani lebih dari 6 tahun.

Kita menjual produk buku, dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan. Bukunya dikirim dari kantor penerbit dan ada bonus khusus untuk tenaga pemasaran yang berprestasi lho!

4. Menjadi Blogger

Yup, jadi blogger juga bisa mendapatkan penghasilan lho. Ada yang mendapatkan uang dari adsense, ada juga dari permintaan ulasan produk dari klien di blog kita. Istilah kerennya, endorse

8 Pekerjaan Yang Menghasilkan Uang di Internet
Buku untuk belajar jadi blogger 

Tapi, walaupun berupa iklan, tulisan kita harus jujur ya, produknya harus sudah kita coba dulu sebelum ditulis! Jadi, tidak mengada-ada. Tulisan artikel kita selain jujur, juga tidak bombastis isinya kayak iklan media. Itulah kelebihan blogger, ulasannya yang personal. 

Menjadi blogger kini adalah sebuah profesi menarik, karena itulah aku menuliskan berbagai tips dan seluk-beluk menjadi blogger, khususnya travel blogger yang sukses. Buku ini terbit bulan Maret 2020 dan penerbitnya adalah Penerbit Grasindo.  Jadi, jika kalian ingin mulai menekuni dunia blog bisa beli dan baca buku, ya! Hehe. 

5. Menjadi Content Writer

Jika para blogger menulis di blog sendiri, berbeda dengan content writer yang menulis artikel untuk website atau blog orang lain. Imbalannya, kita dapat honor dari klien.

6. Membuka Kursus Online

Punya keahlian menulis, fotografi, bahasa asing,  atau lainnya? Kalian bisa membuka kursus online dengan cara beriklan di media sosial kamu seperti Facebook. 

Carilah grup atau komunitas yang sesuai lalu tawarkan kelas yang kalian ajarkan. Berilah nilai tambah dibandingkan kursus sejenis. Misalnya, pendampingan menulis artikel, tak hanya teori belaka. 

7. Menjadi Influencer

Saat ini, menjadi terkenal tak hanya lewat televisi atau media massa. Zaman sekarang, menjadi influencer di media sosial pun menjadi idaman banyak anak muda. Entah lewat Instagram, Twitter, Youtube, serta media sosial lainnya. 

8 Pekerjaan Yang Menghasilkan Uang di Internet
Mengulas menu sebuah restoran 

Orang yang banyak pengikutnya di media sosial, mungkin karena ia memiliki keahlian unik seperti make up, menggambar, menyanyi, mengulas gadget, atau lainnya. 

Jadi, temukan keunikan kalian dan cobalah mendapatkan pengikut dengan cara organik. Apa itu organik? Konten kalian harus khas dan unik sesuai minat dan bakat kalian. Jadi, membeli follower Is a big no. Memang prosesnya tidak instan dan tidak mudah membangun branding di media sosial tapi jika ditelateni nanti bisa kok.

8. Agen Pencari Bakat

Ya, pekerjaan menjadi agen perantara yang menghubungkan antara talent dengan brand dibutuhkan saat ini. Tugas kita mencari talent, influencer atau blogger sesuai kebutuhan klien. Tidak harus memiliki agensi besar yang penting kalian memiliki jaringan pertemanan yang luas dan amanah karena pekerjaan ini tidak mudah. Kepercayaan adalah hal utama.

8 Pekerjaan Yang Menghasilkan Uang di Internet
Work from Home

Ya, itulah 8 Pekerjaan yang menghasilkan uang lewat internet. Ada ide lain? Oh iya, Supaya blog dan website kalian banyak diakses, tentu saja kemudahan akses adalah hal penting. Jika blognya lambat atau susah diakses tentu merugikan kalian dan membuat kapok calon pembeli.

Karena itu, sebaiknya kalian menggunakan layanan hosting yang baik. Banyak pilihan web hosting tapi tentu saja kalian harus memilih yang oke pelayanannya. Salah satunya adalah Niagahoster. 

Di Niagahoster, kita bisa mendapatkan domain  dan hosting dengan harga terjangkau. Untuk wordpress hosting juga bisa, lho. Yang ingin punya website sendiri juga bisa pesan ya. Niagahoster memiliki layanan cloud hosting terbaik dan VPS Indonesia termurah.

Di sana, tersedia berbagai paket hosting yang sesuai kebutuhan. Tak hanya itu, mereka juga bisa mendandani website kamu loh, sesuai kebutuhanmu. Jadi, sudah ada ide belum pekerjaan yang sesuai untuk kamu di internet? Cerita dong! 

Foto:
Pixabay.com dan Pribadi
Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

23 Comments

  1. Ah, sungguh 8 pekerjaan di atas yanng mengasikan dan bisa menghasilkan pundi2 asalkan ada kemauan.
    Banyak peluang di internet tuh sebenere.

    ReplyDelete
  2. Saya konsisten jadi blogger aja deh gitu. Mudah-mudahan aja masih bisa mengais rezeki dari bidang ini. Aamiin

    ReplyDelete
  3. Hosting pun menentukan ya untuk urusan kelancaran berinternet dengan web atau blog.

    Btw, selamat ya Mak Dedew, masya Allah, sempat-sempatnya bikin buku ... produktifff. Kereeen.

    ReplyDelete
  4. Dulu aku ga nyangka loh kalau dari internet bisa ngedapetin penghasilan. Ternyata dengan menulis di blog dan buku juga, berjualan online dll bisa! Yang penting tau target market-nya ya dan branding tulisan kita sesuai minat dan bikin hati happy :)

    ReplyDelete
  5. Meskipun di rumah aja, kita masih bisa produktif ya, Mbak. Apalagi dengan menggunakan internet, semua bisa lancar.

    ReplyDelete
  6. dan aku sejak dirumahkan jadi lebih fokus nih mencoba peruntungan menghasilkan pundi-pundi uang dari internet. bismillah ya mba semoga lancar terus

    ReplyDelete
  7. Di saat pandemi kita jadi produktif sih sebenarnya jadi cari peluang yang bisa menghasilkan pundi2 via online.. salut buat orang-orang yang mau belajar dari pandemi ini

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah masih banyak keran2 rezeki yang bisa diputar dan memberikan pemasukan di masa2 seperti skrg ini ya Mbaa.. .InsyaAllah kondisi segera membaik lagi dan kita bisa makin produktif

    ReplyDelete
  9. Banyak sekali ya pekerjaan yang bisa dilakukan secara online gini. Kesempatan terbuka luas untuk mereka yang kreatif dan bisa menempatkan keahlian sesuai dengan tuntutan jaman.

    ReplyDelete
  10. Nah beberapa ada yang aku jalani nih, selain blogger dan influencer aku juga ngisi kelas online. Apalagi disaat seperti sekarang ini memaksa kita untuk melakukan beberapa kegiatan via online.

    ReplyDelete
  11. Mba, aku udah merasakan jadi blogger alhamdulillah bisa menghasilkan uang mba. Dan mau jualan online tapi blm mulai

    ReplyDelete
  12. Banyak cara dan pekerjaan yang bisa dilakukan lewat internet. Setahun ini aku aktif jualan online selain nulis blog dan bikin konten.

    ReplyDelete
  13. Banyak pilihan job jaman now ya Mba, dan senang bisa menjadi salah satu profesi di atas. Aku penasaran kelebihan Niaga Hosting apa aja ya dibanding layanan hosting lainnya selain layanan VPS termurah

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah menyenangkan ya bekerja di rumah tentunya menambah penghasilan dan juga tetap bahagia membersamai anak-anak

    ReplyDelete
  15. Sedih juga banyak yang di phk dan juga di rumahkan kalau di kantorku mba, berharap ini semua berakhir huhuhu

    ReplyDelete
  16. Di masa depan sepertinya pekerjaan-pekerjaan di bidang online ini sangat menjanjikan Mbak. Tidak butuh keahlian akademis banget sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja yang mau berjuang dan berusaha untuk berhasil.

    ReplyDelete
  17. aku lagi nyoba jualan online dan jadi reseller sesuatu emang ya mba wkwkwk. Aku berasa modalnya huuhuhu
    tapi seneng aja sih secara ya kalau dipikir2 kapan lagi kayak gini kan? kerja di rumah santai

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah ya mbak berkat internet makin banyak pekerjaan yang enggak mengharuskan kita ngantor, bahkan bisa cukup di rumah aja atau dr mana aja :D
    Saya juga udah lama manfaatin inet di rumah buat cari2 tambahan penghasilan alhamdulillah :D

    ReplyDelete
  19. Bener banget nih, kalau kerja online memang butuh dukungan cloud hosting yang sudah terpercaya. Sejauh ini Niagahoster memang handal dan bisa dipercaya.

    ReplyDelete
  20. wohoooo buku baru nih, keren mbak! bikin pengen jajan buku supaya sukses jadi travel blogger.
    alhamdulillah selama pandemi ini rezeki ada aja dari kanan kiri atas bawah, salah satunya ya dari ngeblog. Bikin makin semangat ngeblog!

    ReplyDelete
  21. Jualan online beneran menghasilkan uang yah, alhamduliilah. Asalkan memang harus sabar kalau jualan online . Semangat

    ReplyDelete
  22. Wah ternyata dari rumah aja bisa tetap bisa menghasilkan ya mba. Seneng deh jadi blogger dan influencer, ibaratnya pengalaman kita dibayar ya.

    ReplyDelete
  23. Terimakasih sudah berbagi 8 cara mencari penghasilan di internet sangat menambah pengetahuan dan wawasan

    ReplyDelete
Previous Post Next Post