10 Little Things I Do To Boost My Mood & Creativity

10 Little Things I Do To Boost My Mood & Creativity. Dear Temans, Apa yang kalian lakukan kalau sedang suntuk dan mati gaya nggak ada ide? Namanya manusia, pasti bisa merasa tiba-tiba nggak produktif blas, kalau penulis biasanya mendadak kena writers block. 


Punya ide cerita banyak, giliran mau dieksekusi di depan laptop eh malah blank. Sering merasa seperti itu nggak? Duh, rasanya serba salah! Apalagi kalau ada tanggungan deadline tapi semangat dan ide terbang entah ke mana.

So, jangan dibiarkan berlarut-larut. Kita harus melakukan beberapa hal untuk mengembalikan mood, ide dan semangat berkarya kita. Sebenarnya, kita bisa mendongkrak mood, kreativitas, dan produktivitas kita dengan melakukan hal-hal kecil yang kita sukai. Nggak mesti harus berlibur ke Eropa kok biar semangat lagi, hehe. Walaupun aku pengen banget sih sebenarnya. Nah, Apa saja tips Dedew untuk menyemangati diri sendiri ini? Kita intip yuuuk… 

 1. Membaca Quote Inspirasi 

Iyaa, kalau lagi nggak mood, atau lesu terhempas problema hidup, biasanya aku membaca quote-quote inspiratif yang bertebaran di mana saja. Bahkan kalau perlu di bak belakang truk, hahaha. Aku punya kumpulan quote bukan bikinan Tere Liye atau Pak Mario Teguh, yang kutempel di lemari pakaianku. Misalnya This Is Your Life: Do What You Love and Do It Often, Ada Allah, dan banyak lagi quote penyemangat hari-hariku. 

2. Nonton Drama Korea 

Aku keranjingan nonton Drakor tapi biasanya yang genrenya thriller, fantasi, detektif atau action. Salah duanya The K2 dan Tunnel. Jadi, nggak yang murni cinta-cintaan dan biasanya yang episodenya sedikit karena aku nontonnya di televisi kabel.


Karena itu, aku punya jadwal untuk menonton drakor rutin tiap hari, menunggu lanjutan ceritanya. Hal kecil ini bikin moodku bagus, hehe. Cuci mata, Siiis! 

 3. Nonton HGTV

Kebiasaan ini baru beberapa bulan kulakukan. Suatu hari, iseng-iseng ngulik TV kabel dan menemukan channel tentang rumah. Acaranya segala hal yang berhubungan dengan rumah. Sebut saja Fixer Upper, Tiny House, House Hunter dll. Semangat saja melihat orang berburu dan merenovasi rumah cantik. Apalagi, kalau lokasinya bagus misalnya di tepi danau. Gyaa!


Acara ini benar-benar mendongkrak semangatku. Bikin aku berkhayal juga punya rumah cantik di lokasi indah. Nilai plusnya, aku berhasil membuat satu novel anak gegara keranjingan nonton acara Tiny House Big Living di HGTV hahaha. So inspiring!

 4. Membaca Buku 

Refreshingku yang utama biasanya baca buku. Baik itu novel atau non fiksi. Novel drama, detektif, hingga buku anak. Biasanya kalau nggak ada stok bacaan, aku baca ulang buku yang ada di rak. Seru juga.


Kegiatan ini benar-benar menyegarkan otak dan menambah ide untuk kutulis. Seperti hari ini aku borong novel murah dari penerbit buat bahan bacaan, horee!

5. Jalan-Jalan 

Aku paling suka jalan-jalan, nggak mesti jauh dan nggak mesti mihil, Cyiin. Kelayapan ke mana saja. Biasanya naik bus BRT, turun gunung. Entah ke mal, toko buku atau duduk-duduk saja di kafe memperhatikan orang lalu-lalang.


Kegiatan ini bikin segar otak dan siap mencari ide baru lagi. Sekarang bisa sambil ngelaptop, jadi makin seru deh kegiatan stalking akuh, hihi.

6. Ngobrol dengan Sahabat

Aku paling suka nongkrong, ngumpul-ngumpul dengan teman dan ngobrol ngalor-ngidul. Entah ngobrol dengan tetangga, dengan sahabat semasa kuliah hingga teman sesama blogger atau penulis. Makanya sebisa mungkin ada jadwal khusus mitap rutin.


Dari ngobrol, kita terhibur, bisa curhat jadi beban hidup berasa lebih ringan, bisa ketawa haha hihi melepas penat, dan tentu saja sharing ide-ide baru untuk menulis cerita baru. 

7. Main dengan Bocah

Main, Ngobrol dan bercanda dengan anak-anak juga mood booster yang ampuh. Mendengarkan mereka bercerita, atau sekadar karaokean bareng dengan lagu dari Youtube atau ngedance dengan lagu dari radio sangat menyegarkan buat kami.



8. Ngelapak 

Berjualan adalah salah satu my mood booster. Hepi saja rasanya kalau ada calon pembeli colek di Watsapp nanya-nanya. Harapan baru pun bangkit, haha. Siapa tahu rezeki mamak hari ini closing? Hehe.


Rasanya hepi kalau pembeli merasa tercerahkan dari penjelasanku dan akhirnya membeli buku-buku untuk anaknya. Semoga anaknya tertular virus membaca buku, ya! 

 9. Pakai Colourful Outfit

Salah satu resep yang kutiru dari Nunik Utami, sobat lamaku. Nunik yang ceria dan ramah ini sukaa banget pakai outfit warna-warni. Wajah cantiknya semakin fresh. Aku yang dulunya suka warna hitam, cokelat dan krem perlahan mulai beralih memakai blus dan jilbab warna terang, mood booster bingit. Biarpun hati lagi mendung merindu, tapi tetap menyilaukan, meen! Hahaha. 

10. Pakai Casio My Style Colourful Calculator

Iyaaa, aku paling suka warna pink. Jadinya, buat mood booster, biasanya aku pakai benda-benda pink mulai dari blus, jilbab, powerbank, ponsel hingga kalkulator! Siapa sih yang nggak kenal Casio?

Merek kalkulator ternama ini mengeluarkan seri Casio My Style yaitu kalkulator seru dengan 10 warna pilihan yang kiyuuut banget! Ada pink, pink elektrik, ungu, biru toska, kuning. Ngencees! Pengen semuanya!

Namanya mamak dan bakul buku, perlu banget kalkulator. Tapi, modelnya kebapakan gitu ya. Warnanya kalau nggak hitam, eh abu-abu. Nggak seru banget.


Tadinya, hanya pakai kalkulator dari ponsel buat ngitung segunung royalti buku, uhuk aamiin haha. Tapi, ternyata nggak praktis karena harus buka aplikasi lagi. Ulala, lihat Instagram mamak-mamak blogger lho berseliweran hestek #CasioMyStyle. Apaan tuh? Penasaran, dong. Intip-intip, aak, ada kalkulator Casio dengan warna unyu dan ngejreng! Gue banget!

Akhirnya, aku beli deh Casio My Style seri Colourful Calculator ini.

Ya ampuun, lihatnya saja udah gemees! Jadinya girly banget deh dibawa-bawa di tas sebagai barang wajib. Haha, berguna banget kalau ada diskon di mall langsung hitung. Daripada salah bayar?


Warnanya yang cemerlang dan sesuai pilihan kita bikin mood hepii. Belum lagi desainnya yang enak digenggam.

Soal ketangguhan? Pastinya. Kita bisa ngitung lebih akurat, siiis. Beneran ya hal kecil saja bisa bikin mood dan produktivitas kita meningkat pesat. Kayak aku pakai Casio My Style ini, we’re rock! Hihihi.

Penasaran pengen punya juga? Bisa dibeli di toko atau mal lho. Juga bisa kalian dapatkan di Matahari Mall secara online.

Nah, itu dia 10 Little Things I Do To Boost My Mood & Creativity, how 'bout you?

18 comments:

  1. Kalau saya sih sukanya warna ungu, mba dedew. *siape yang nanye? :p*
    Tapi bener lho, kalau lagi badmood saya suka lihatin barang2 dengan warna kesukaan saya, entah kenapa ada rasa senang gitu di dalam hati .😁

    ReplyDelete
  2. HGTVnya bikin mupeng mbak, kayaknya asyik banget buat ditonton, hehhee.

    ReplyDelete
  3. waahh..kalkulatornya unyu unyu banget. kesannya girly, warna favoritku hihihi

    ReplyDelete
  4. Wah ada aku nampang dikit disitu.. Hahaha. Aku juga suka baca ulang buku yang pernah dibaca kalo butuh mood booster.

    ReplyDelete
  5. Duh udah lama nih aku ga baca buku, mba. Kebanyakan main sama anak2.
    Semoga bisa me time dgn buku2 lagi

    ReplyDelete
  6. Duh enaknya bisa nonton drakor di TV Kabel, kalau aku harus download dulu wkwk.

    ReplyDelete
  7. Jualan laris emang mood banget yaa, wkwk.

    ReplyDelete
  8. Buka-buka Pinterest bis jadi salah satu mood boosterku. Tapi sudah itu lantas jadi mupeng sama semua barang yang ada adi situ, hihih...

    ReplyDelete
  9. Baca ulang Anak Kos Dodol *senyum kedip-kedip mata

    ReplyDelete
  10. Aku juga suka baca novel kalo lagi bad mood. Kalkulator Casio yang warna pink tua menurutku lebih menarik mbak. Terimakasih sharingnya Mak Dew.

    ReplyDelete
  11. klo aku nengok dompet yg kosong...hihi

    ReplyDelete
  12. Warnanya bikin melek.. Bisa jadi Mood booster disaat jenuh atau ndak semangat.

    ReplyDelete
  13. Nonton Drama Korea, selagi kuota cukup untuk donlot hehehee

    ReplyDelete
  14. Hahaha aku ngakak baca no 9. Nggak nyangka lho, kamu merhatiin gitu, Dew. Caraku milih warna pakaian ternyata berpengaruh ke teman juga, ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga merhatiin loh, Nik.Merhatiin aja. Nggak sampe terpengaruh :D You know me, lah :D

      Delete
  15. :D :D Ngebayangin Dedew berdiri di depan rak/meja diskonan lalu ngeluarin kalkulator dan sibuk ngitung! :D

    ReplyDelete
  16. Hello there! I just wish to give you a big thumbs up for your great info you've got here on this post.
    I am returning to your site for more soon.

    ReplyDelete

Yang Sering Dibaca

Recent

recentposts