Kampanye Jangan Tunggu Sampai Sakit Gigi Pepsodent

Dear Teman,

Siapa bilang lebih sakit gigi daripada sakit hati? Huhu, sakit gigi itu tak tertahankan!

Ingat banget, waktu masih SD mama dan papaku keluar kota. Aku dan adikku tinggal di rumah hanya ditemani pembantu. Ndilalah, aku sakit gigi dong. Sakit banget! Aku ingat banget, menangis sehari semalam menahan nyerinya gigiku. Mana pembantu Mama tak tahu bagaimana harus mengatasinya jadinya ia hanya bisa mengoleskan minyak tawon di pipi dan gigiku dengan kapas. Huhu. Sungguh pengalaman yang traumatis.

Kampanye Jangan Tunggu Sampai Sakit Gigi Pepsodent
Kampanye Jangan Tunggu Sampai Sakit Gigi Pepsodent

Masih berkaitan dengan penyakit, Dua tahun sudah pandemi Covid19 melanda Indonesia dan seluruh dunia. Alhamdulillah, kini situasi sudah membaik dengan gencarnya vaksinasi dan ketatnya protokol kesehatan oleh pemerintah dan masyarakat. 

Baca Juga: Alternatif Pengobatan Kanker Dr. Warsito

Setahun lalu, ruang gerak kita benar-benar terbatas. Sekolah diadakan jarak jauh secara daring. Begitu juga kantor pun virtual, istilah work from home pun akrab di telinga. Pergi berobat ke dokter di rumah sakit pun kita khawatir. Karena saat itu, rumah sakit menjadi pusat isolasi para pasien yang terjangkit Covid19. Pergi ke rumah sakit sama saja dengan mendekati pusat bahaya.

Apa akibatnya? Ya, kita bingung ketika mengalami gangguan kesehatan. Ketika adikku sakit gigi, ia terpaksa menahan sakitnya karena dokternya tidak praktek selama pandemi. Mau pergi ke rumah sakit, resikonya tinggi. Untungnya, dokternya bersedia untuk konsultasi daring.

Tahu tidak, kalau masalah mulut dan gigi di Indonesia terbilang tinggi? Hal ini dibahas dalam webinar yang diadakan Unilever Indonesia untuk merayakan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2022. Acara virtual ini dihadiri oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dengan pembicara dari Unilever dan PDGI. Juga para peserta yang heboh, mamak-mamak blogger dari Kumpulan Emak Blogger (KEB).

Kampanye Jangan Tunggu Sampai Sakit Gigi Pepsodent
Scan kode QR di Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang

Beberapa faktor penyebab tingginya masalah mulut dan gigi di Indonesia adalah kurangnya kesadaran, rasa enggan berobat dan kesulitan mengakses tenaga kesehatan profesional.

Menurut drg. Usman Sumantri, MSc Ketua Pengurus Besar PDGI jumlah dokter gigi di Indonesia memang masih belum ideal. Menurut rekomendasi WHO, 1 dokter gigi untuk 7500 orang. Sedangkan di Indonesia dokter gigi bertugas melayani 9565 orang. Keberadaan dokter gigi pun masih terpusat di perkotaan dan belum merata hingga ke pedesaan.

Tak hanya itu, Kebiasaan sederhana seperti menyikat gigi dua kali sehari belum menjadi kebiasaan masyarakat. Padahal, kebiasaan ini sangat mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut kita. Para dokter gigi menyarankan untuk menyikat gigi dua kali sehari yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur. Cara menyikat giginya pun harus dilakukan dengan benar, tidak asal sikat dan sebaiknya dilakukan selama kurang-lebih dua menit. Selain rutin menyikat gigi dua kali, sebaiknya kita memeriksakan gigi secara berkala setiap 6 bulan sekali. Tapi, hal ini jarang sekali dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Kampanye Jangan Tunggu Sampai Sakit Gigi Pepsodent
Sikat gigi dua kali sehari ya (Foto: Pixabay.com)

Dampaknya, pada usia 35-44 tahun rata-rata orang Indonesia telah kehilangan dua giginya. Dan pada usia 65 tahun ke atas, 11 gigi telah tanggal! Hal ini tentu menyebabkan kita menjadi kurang nyaman dalam mengunyah dan menikmati makanan, kan Teman? Kualitas hidup menjadi terganggu.

Bahkan menurut drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent, MDSc, Head of Proffesional Marketing Beauty and Personal Care Unilever Indonesia mengungkapkan bahwa sebanyak 94.9% masyarakat perkotaan di Indonesia tidak pernah ke dokter gigi dalam setahun terakhir.

Selain masalah kekhawatiran tertular Covid, juga ada faktor biaya yang menjadi hambatan masyarakat untuk berkunjung ke dokter gigi. Akibatnya, dari 57% orang yang mengalami masalah gigi dan mulut, hanya 10% saja yang pergi ke dokter gigi. Itupun karena tak tahan lagi dengan rasa sakitnya.

Baca Juga: Resep Alami Penurun Gula Darah

Untuk itu, bertepatan dengan perayaan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2022 Unilever Indonesia dengan jenama Pepsodent bersama FDI World Dental Federation dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) meluncurkan Kampanye Jangan Tunggu Sampai Sakit Gigi, Konsultasi Gigi Sekarang!

Ya, Pepsodent dan PDGI percaya setiap senyuman begitu berarti. Melalui kampanye ini, mereka ingin membangun kesadaran bahwa menunda ke dokter gigi menyebabkan masalah yang lebih besar. Tak hanya dari sisi biaya yang makin mahal, permasalahan gigi akan semakin parah yang akhirnya bisa menyebabkan gigimu tanggal. Huhu, seram bukan?

Kampanye Jangan Tunggu Sampai Sakit Gigi Pepsodent
Dapatkan Layanan Teledentistry dengan scan QR di kemasan Pepsodent

Selain meningkatkan kesadaran untuk berani ke dokter gigi, Pesopdent dan PDGI juga memfasilitasi masyarakat untuk melakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara rutin melalui Layanan Teledentistry gratis “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent”

Untuk itu, Unilever Indonesia meluncurkan Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang kemasan baru yang disertai QR Code agar jutaan orang dapat mengakses langsung layanan Teledentistry Tanya Dokter Gigi by Pepsodent. Cukup dengan memindai QR Code setiap konsumen bisa langsung mengakses layanan tersebut kapan saja.

Kampanye Jangan Tunggu Sampai Sakit Gigi Pepsodent

Selama 01 April-30 Juni 2022, konsultasi akan diberikan oleh ribuan dokter gigi dari 100 PDGI Cabang. Para dokter gigi di 23 PDGI cabang akan memberikan edukasi dan tindakan perawatan pada masyarakat. Tak hanya itu, 300 Pepsodentist, relawan dokter gigi swasta di seluruh Indonesia akan ditampilkan dalam Dentist Locator di situs Tanya Pepsodent. So, Jangan Tunggu Sampai Sakit Gigi, Segera manfaatkan layanan Teledentistry ini ya, Teman!

 

Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

38 Comments

  1. Wah, asyik banget ya kini kita bisa berkonsultasi, tanay2 soal kesehatan gigi dan mulut via Whatsapp. Layanan Teledentistry gratis “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent” ini keren banget ya. Kita pun jangan sampai nunggu sakit gigi dulu baru berobat hihihi :) BIaya mahal dan butuh waktu juga kan. Btw aku juga pakai Pepsodent Pencegah GIgi Berlubang loh. Toss, mbak Dedew.

    ReplyDelete
  2. Iya nih kesadaran masyarakat masih rendah, padahal kan harusnya konsultasi kesehatan gigi minimal 6 bulan sekali. Untung ada Teledentistry by Pepsodent bisa konsultasi tanpa perlu keluar rumah.

    ReplyDelete
  3. Iyes bangett nih mba
    Namanya sakit gigi beughh menyiksaaaa banget banget!
    makanya aku demen karea Pepsodent nih concern banget dgn kesehatan gigi dan mulut warga +62 ya









    ReplyDelete
  4. Iya ih, pas PPKM aku sakit gigi tapi gak bisa ke Puskesmas. Jadinya aku tambal sendiri. Setelah itu pakai Pepsodent untuk gigi sensitif, baru hilang linunya.

    ReplyDelete
  5. Iya nih, kebanyakan kita emang nunggu sakit dulu baru ke dokter yaa.. Untung sekarang udah ada layanan Teledentistry by Pepsodent. Jadi bisa konsultasi masalah gigi kapan aja, gak nunggu sampe sakit gigi

    ReplyDelete
  6. Sakit gigi langsung menderita kalau bulan puasa, terima kasih solusinya mbak

    ReplyDelete
  7. Wah keren pepsodent ada QR code yang langsung ke teledentistry. Ini memudahkan sekali sih. Aku pun sampe sekarang percaya Pepsodent

    ReplyDelete
  8. udah pernah sekali sakit gigi, rasanya udah gamau ngulang lagi. Kayanya kalau disuruh pilih sakit hati apa sakit gigi, vina ga milih apa apa kayanya Mba Dew, Nyess! :v

    ReplyDelete
  9. Duh! Sakit gigi tu menyebalkan sekali. Gosok gigi secara rutin bisa bantu menjaga kesehatan gigi dan gusi. Tapi jangan lupa, periksa rutin juga ke dokter gigi kesayangan..

    ReplyDelete
  10. Situasi sekarang ini bikin malas kemana-mana, akibatnya ada aja yg jadi terabaikan. Padahal periksa gigi sebaiknya rutin 😏

    ReplyDelete
  11. Aku termasuk yang punya masalah sama gigi, banyak yang berlubang. Karena dulu suka asal gosok giginya. Sekarang berusaha agar anak-anak nggak mengalami hal yang sama denganku...

    Asyik juga nih bisa konsul online sama dokter gigi, Pepsodent keren deh eventnya. Mau coba konsul juga aah.

    ReplyDelete
  12. Pepsodent ini yang aku pakai sedari kecil sampai sekarang, apalagi sekarang banyak varian jadi makin percaya diri dengan Pepsodent ini.
    Dari Pepsodent juga kita banyak pengetahuan soal kesehatan gigi dan mulut. Sukses deh ..buat Mbak Dewi .

    ReplyDelete
  13. uhukkk, tersedak baca artikel ini. baru aja tadi pagi ke dokter gigi, gegara gigi yang keropos. emang ya, kalau belum mengalami, kadang masih suka abai. kampanye seperti ini memang harus makin masif dan luas jangkauannya.

    ReplyDelete
  14. Wah ... aku banget, tuch. Selama pandemi, nggak berani ke dokter gigi. Alhamdulillah, ada pepsodent, yg sangat support untuk menjaga kesehatan gigi. Dan sekarang asa layanan tambahan, bisa kkbsultasi gratis. Mantaap

    ReplyDelete
  15. Cus..aku mau manfaatkan layanan teledentistry. Mumpung ada free konsultasi dari ribuan dokter gigi yang akan memberikan edukasi dan tindakan perawatan pada masyarakat...Gaskeun..manfaatkan!

    ReplyDelete
  16. Bisa fatal juga yah akibatnya kalau parah sakit giginya baru mau konsultasi, jd memang perlu periksa gigi sejak dini sblm parah

    ReplyDelete
  17. Huk sakit gigi menyiksa banget,ngebet banget kalau gigi bolong belum di tambel. Benar banget mom jangan tunggu sakit gigi baru ke dokter tetapi gigi masih sehatpun harus rajin diperiksa ke dokter gigi ya

    ReplyDelete
  18. Aku baru tahu lho mbak QR Code di kemasan itu buat akses masuk Layanan Teledentistry :D
    Gigi memang mesti rutin diperiksa ya, biar dapat perawatan yang tepat, dan terhindar dari kerusakan. Kalau sakit, emang bener mendingan sakit hati, saking sakitnya haha.

    ReplyDelete
  19. Pepsodent, pasta gigi sejak jaman kecil. Dan asyiknya sekarang ada layanan teledentistry, smoga masyarakat bisa segera memanfaatkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya

    ReplyDelete
  20. Selain memang harus membiasakan menjaga kebersihan gigi dan mulut, juga harus rutin konsultasi ya mbak. Jadi gak boleh nunggu sakit baru ke dokter ya. Enak nih sekarang bisa konsultasi secara online.

    ReplyDelete
  21. Sakit gigi itu beneran nyiksa banget. Kalau obatnya gak tepat, mau diolesib apapun tetep sakit.

    Dulu saya pernah ngolesin pipi dg minyak kayu putih, terus gak mempan, abis itu pakai balsem.

    Terus sembuh enggak, yang ada kulit pipi kering karena panas. 🤣

    ReplyDelete
  22. Aku nih salah satu yang males ke dokter gigi. Dengan asumsi sikat gigi dan kumur obat mulut cukup. Kampanyenya bagus biar mencegah orang2 kaya aku ya :")

    ReplyDelete
  23. Waah, salut dengan PT Unilever yg meluncurkan Pepsodent Pencegah Gigi Berlubang kemasan baru.
    Plus ada QR Code agar memudahkan jutaan orang dapat mengakses langsung layanan Teledentistry Tanya Dokter Gigi by Pepsodent. Makin simple layanan by onlen yaa

    ReplyDelete
  24. Keren banget nih.. Solusi buat kebutuhan kesehatan gigi ya.. Karena kalo udah sakit gigi kan rasanya minta ampun deh.. Tinggal klik aja udah dapet berbagai informasi seputar kesehatan gigi langsung dari ahlinya ya..

    ReplyDelete
  25. Aku sejak pandemi jarang ke dokter gigi. Ke dokter gigi pas pandemi itu horor beut. Dokternya pake hazmat haha. Aku langsung ciut. Padahal lagi perawatan akar gigi. Belum selesai aku ga mau ke dokter lagi hahahaha

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah ya mbak, jadi gak resah lagi saya mbak, akhirnya bisa juga konsultasi ke dokter gigi lewat teledentistry ya. mana gratis pula. makasih infonya mbak

    ReplyDelete
  27. Pepsodent kereen dengan adanya pelayanan online Gratis semoga masyarakat nisa memanfaatkannya. Memang pandemi membuat takut cek kesehatan gigi, baru hari kamis kemain akhirnya saya cek gigi selama pandemi tidak cek gigi karena takut.

    ReplyDelete
  28. Tenaga medis ini dimana-mana masih belum merata dan kurang yaah..
    Jadi agar semua senantiasa sehat, jangan tunggu sampai sakit gigi dan terus konsultasi gigi. Alhamdulillah, kini ada konsultasi gratis dari Pepsodent.
    Semoga membantu banyak orang dan masyarakat agar sadar pentingnya kesehatan gigi dan mulut.

    ReplyDelete
  29. Ah iya, jangan sampai sakit gigi
    Sakit banget pastinya
    Makanya harus dirawat dengan baik
    Caranya ya melakukan pemeriksaan gigi secara teratur

    ReplyDelete
  30. Aku kapok bgt kalo sampe sakit gigi nyut-nyutan gitu kak, udah pernah sampe nangis karena nahan sakit gigi ini. Bener bgt, jgn nunggu sakit yaa kalo soal gigi, buru-buru konsultasikan

    ReplyDelete
  31. di awal pandemi gigi anakku bolong. Waktu nanya ke dokter gigi apa perlu periksa langsung, disarankan untuk jangan dulu. Memang belum sakit, sih, tapi khawatir nanti pas sakit kan bakal nyeri banget.
    Sekarang mau cek dulu lah lewat teledentistry supaya segera ditangani.

    ReplyDelete
  32. Sakit gigi itu emang sakitnya minta ampun, kadang kalau udah sakit gigi baru deh ke dokter gigi. HArusnya rutin periksa gigi minimal 6 bulan sekali ya mbak. Wa, mau nyobain teledenstrynya Pepsodent

    ReplyDelete
  33. Kesehatan gigi itu penting, sangat mempengaruhi fisik dan psikis loh ketika kita terserang sakit gigi. Jangan sampai deh sakit gigi. Mendingan gunakan fasilitas teledentistry dari pepsodent ini untuk segera berkonsultasi ketika dirasakan ada yang mulai mengganggu di gigi.

    ReplyDelete
  34. kampanye ini memang perlu banget ya.
    gigi tuh, seolah terabaikan kesehatannya karena banyakan dari kita, kalau enggak mengeluh, nggak bakalan ke dokter. jadinya, kesehatan dan kebershannya terabaikan

    ReplyDelete
  35. Periksa ke dokter gigi tanpa nunggu sakit gigi tuh emang paling bener. Aku udah merasakan bolak-balik ke dokter gigi hanya karena perawatan 2 gigi rusak

    ReplyDelete
  36. Bener banget, jangan sampailah sakit gigi huhuhu, baru bayangin aja udah ogah. Periksa ke dokter gigi supaya setidaknya ga perlu ngrasain sakit gigi yg kena bagian syarafnya.

    ReplyDelete
  37. Udah nyoba layanan teledensitynya mbak. Berguna banget. Bisa konsultasi langsung ke dokter gigi. Gak perlu antri lagi ya

    ReplyDelete
  38. Keren pepsodent memfasilitasi sampai ke dokter gigi. Kira-kira untuk penanganan lebih lanjut berarti bayar seperti biasa ya kak? Kemasan baru ini kayaknya baru sekitar jabodetabek ya adanya soalnya di sini belum nemu

    ReplyDelete
Previous Post Next Post