Rak Dapur Minimalis Idaman untuk Dapur Baruku yang Cantik

Dear Teman,

Alhamdulillah, satu setengah tahun lalu akhirnya aku berhasil memiliki dapur idaman di rumah. Ya, kami merenovasi rumah mungil tipe 45 ini dengan menambah satu kamar tidur, kamar mandi, ruang keluarga, tempat jemur pakaian dan dapur! Kini, aku bahkan punya ruang belajar dan perpustakaan kecil setelah memindahkan dapur. Horee. 

Baca Juga: Rekomendasi Chanel Youtube tentang Menata Rumah

Rumahku kini jadi lebih luas dan lebih nyaman ditempati. Aku bisa menyalurkan hobiku menata rumah, hehe. Aku bisa meletakkan jenis-jenis perabotan rak di ruangannya masing-masing. Tidak berdesakan seperti dulu. Rak TV panjang dari kayu jati muda bisa kuletakkan di ruang keluarga tanpa terlihat kegedean. Rak buku bisa diletakkan di ruang belajar, tidak lagi di ruang tamu yang sesak. Alhamdulillah!

Back to dapur idaman, sebenarnya, layout dapur di rumahku sebelumnya terletak di depan. Berdampingan dengan ruang tamu. Khas denah rumah modern saat ini ya. Tapi, karena ruangannya begitu sempit, pas menempati rumah ini kami menambahkan teras di halaman belakang dan meletakkan kompor serta tempat cuci piring. Jadi, masaknya bisa sambil menikmati bintang-bintang di langit hehe karena terbuka. Kalau mau masak malam-malam agak keder, hehe. Takut ditemani tikus atau makhluk lainnya, huhu. 

Baca Juga: Berbelanja Online di Web IKEA

Nah, ketika kami ada rencana untuk menambah kamar untuk si bungsu, mamaku meminta tolong sepupuku seorang arsitek untuk membuatkan denahnya. Akhirnya, dapurku ditempatkan di belakang dan menambahkan pintu belakang. 

Tadaa..setelah tiga bulan renovasi yang melelahkan pikiran, bodi dan dompet, akhirnya aku punya dapur yang cantik. Alhamdulillah. Akhirnya, kompor dan meja makanku mendapat tempat khusus yaitu di dapur mungil sesuai fitrahnya, horeee! Terima kasih banyak untuk Pak Sugeng yang sudah membangun rumah ini jadi lebih apik dan nyaman ditempati. Semoga lancar pekerjaannya ya, Pak!



Meja makanku dari dulu diletakkan di sebelah kompor tapi jarang dipakai makan karena letaknya di luar. Walhasil, kami makan di depan TV dan meja makanku beralih fungsi jadi meja setrika dan tempat kerja suami, hiks. Penampakannya pun tak secantik saat dibeli dulu tapi tetap bersyukur deh. 

Senang banget ketika aku bisa mendandani dapur mungil berukuran 3x3 m ini.

Baca Juga: Decluttering Barang di Rumah

Sebelum dipakai, aku berjibaku decluttering perabotan dapur. Soalnya, nggak muat kalau tak dikurangi barangnya! Mulai dari rak plastik,  aneka toples dan kotak plastik, piring dan gelas yang cuil pinggirnya, cobek pecah, panci dan wajan yang hilang kupingnya dengan tega aku singkirkan. 

Diam-diam, soalnya kalau Pak Bagus lihat pasti langsung diangkut kembali ke rumah. Ajaib kan sudah dibuang bisa balik lagi, wkwkw. Rasanya lega berhasil menyingkirkan barang-barang tak terpakai. Happy deh karena aku bisa memajang aneka pernak-pernik cantik koleksiku di dapur baru. 

Akhir tahun lalu, Mama dan Abahku menghadiahkan kitchen set untuk dapurku. Alhamdulillah, rezeki anak solehah ya, hehe. Dapurku bisa semakin nyaman dan cantik dipandang dengan adanya kitchen set bernuansa abu-abu sesuai tema dapurku. Semoga kitchen setnya awet ya, aamiin. 


Setelah ditata, dapurku kini makin cantik. Sayangnya, ada yang kurang, nih. Aku tak punya tempat untuk meletakkan peralatan dapur seperti blender, rice cooker dan toaster. Aku pun putar otak. Meja butut yang dulu digunakan untuk meletakkan kompor, beralih fungsi untuk meletakkan barang-barang elektronik tadi. 

Mejanya aku bersihkan dulu, lalu kulapisi dengan stiker bermotif kayu berwarna terang. Stiker ini aku beli di toko ijo alias Tokopedia yang jadi marketplace kesayanganku. Tahu tidak, berbagai kebutuhan rumah dan lainnya semua aku beli di Tokopedia. Mulai dari ponsel, tanaman, buku bacaan hingga mainan anak aku beli di sana. Menurutku, toko-tokonya terpercaya, produknya terjamin kualitas, pengiriman cepat dan banyak promonya. Jadi susah pindah ke marketplace lain. 

Back to topic, ternyata, pasang stiker pelapis tak semudah iklan marketplace, wkwkw. Mejaku agak berkerut karena pasangnya tak rapi, haha. Tapi, tampilan meja jadi lebih cantik deh. Di atas meja itu, aku letakkan rak piring aluminium mini untuk menaruh mangkuk dan cangkir selain peralatan dapur. Cakep deh jadinya dapurku, hehe. 




Nah, pas aku cuci mata di marketplace kesayanganku Tokopedia, aku melihat rak dapur minimalis yang kuidamkan. Jadi, rak itu berbahan kayu dengan model simpel dan berwarna cokelat kayu. Rak dapurnya terbuka dan bertingkat tiga jadi cukup deh untuk menampung peralatan dapurku yang minim itu agar lebih rapi. 

Aku sering melihat rak dapur itu di Instagram para home decor dan naksir berat. Pas diintip eh ternyata harganya lumayan juga jadi kudu nabung dulu hehe. Semoga tahun ini rak dapur idamanku bisa terbeli ya jadi dapurku nampak lebih indah dipandang dan makin semangat belajar masaknya, wkwkw, aamiin.  



Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

14 Comments

  1. Seneng ya mbak kalau kita bisa dekor rumah sendiri, rasanya ada kepuasan tersendiri. Apalagi bagian dapur, karena kita masak setiap hari.

    ReplyDelete
  2. Sama kayak mbak Dew, aku juga suka mantengin akun-akun IG home decor walaupun belom punya rumah hwhw. Cuma suka kebayang kalau punya dapur pingin kayak A, kalau kamar tidur pingin konsepnya kayak B.

    Itu rak yang dipilih juga cakeep. Minimalis tapi bikin perabotan terususn rapi. Makin hepi berlama-lama masak di dapur kan ya jadinya ^^

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah yaa Mbak Dedew, ikut senang bacanya, akhirnya punya dapur yang apik plus kitchen set baru. Rak dapurnya cakep amat, semoga bisa segera didapatkan ya.

    BTW Pak Bagus itu nama suaminya?

    ReplyDelete
  4. Mba Dedew, selamaaaat yaaa. Pasti seneeeeng bgt bisa merealisasikan dapur idaman. Aku sampe skr blm terkabul Mbaaa hahahahaha. Dananya lumayan gede kan. Mungkin kalo aku bisa nahan diri utk ga traveling, udh terwujud skr. Tapi keinginan jalan slalu lebih kuat hahahahaha.

    Yg penting pelan2 ya mba.. nanti aku doain mba bisa beli juga rak yg dimaui utk tempat2 panci dan lainnya. Aku pun pengeen rak kayak gitu. Jadi lebih rapi kan.

    Tokped itu langganan ku juga. Pokoknya yaa kalo mau beli sesuatu, tokped dulu yg aku cek. Baru yg lain kalo ga ada di tokped.

    ReplyDelete
  5. Rak bisa jadi salah satu elemen yang ngebuat interior jadi ciamik yaaa... termasuk bikin Dapur impianmu di belakang rumah dengan pemandangan bintang-bintang di malam hari juga terdengar romantis sekali.
    Walaupun agak keder kalau masak malam-malam, tapi pasti worth it dengan keindahannya. Memasak jadi bersemangat pastinya

    ReplyDelete
  6. selamat mbakkk dew untuk dapur barunyaaaa semoga hobi buat mempercantik dapurnya dapat tersalurkan dengan lancar hehe...
    btw itu rak kayu nya cantik banget loo ternyata kok aku juga pengen yaa hehe sepertinya aku jug aperlu itu buat naruh rice cooker microvawe vlender dkk nya :)

    ReplyDelete
  7. Aku bantu aminkan doa nya mba, semoga segera terwujud ya. Aku pun belanja aneka rak di Tokopedia, kaya udah percaya banget akan kualitas produknya 🤩
    Aku pun lagi mau cari-cari rak buku nih, soalnya buku ku udah mulai berantakan dan ga elok dilihat. Semoga akupun ada rezeki berlebih buat beli rak buku baru sesuai yang diidamkan 😇

    ReplyDelete
  8. Kalau dipikir-pikir emang selain kamar dapur itu adalah tempat yang paling ramai entah apa pretelannya, tapi yang membedakan ialah kita suka ngatur kamar tapi agak males ngatur dapur agar nampak minimalis huhu lihat piring lampu aja udah males ke dapur 😭

    ReplyDelete
  9. Rak dapur selain fungsional juga ada sisi estetis nya ya. Itulah kenapa perlu yang sesuai dengan hati tapi sesuai dengan kantong juga biar semuanya happy

    ReplyDelete
  10. Emang seru ngerapihin dapur gini tuuh. Asal sabar aja, buat nabung beli wishlist.
    Samaa musti decluttering juga biar barang-barang yang ga kepake ga numpuk, bikin pusing kepala.

    ReplyDelete
  11. Ah aku jadi pengen declutering barang2ku juga supaya terlihat lapang dan mengurangi sampah di rumah. Aku mupeng deh rumahnya bersih gitu mbak, sedangkan rumahku terlihat masih byk menumpuk barang, kesannya penuh

    ReplyDelete
  12. pasang stiker pelapis tak semudah iklan marketplace << maaf ya ini aku ikutan ketawa ya ha ha ha soalnya aku suka gitu juga, anw amin ya rak idamanmu segera didapatkan yaaa.

    ReplyDelete
  13. Akuuuu baru pindahan jugaaa dan lagi seneng dekor-dekor jadi dapat banyak inspirasi ihh baca tulisan Mbak, baru banget juga selesai renov dapur bikin lemari dan pas lagi cari2 referensi lemari dapur yang cantik yang bisa dipindah-pindah kayak di gambar ini...

    ReplyDelete
  14. Alhamdhulilah seneng ya mbak kalo habis renovasi rumah tuh apalagi klo hasilnya sesuai ekspektasi trs rumah jd makin rapi prnataan pun makin cantij makin betah deh. Eh tapi mbak dew jadi semangat masak ga abis dapurnya di renove hehehe

    ReplyDelete
Previous Post Next Post