Monday, October 26, 2015

Pengalaman Pertama Alde Ikut Lomba :)

Dear Temans,

Happy Monday! 
Semoga berkah semuanya, aamiin.
Hari Minggu (24/10), dakuw menemani si kecil Aldebaran mengikuti lomba mewarnai untuk pertama kalinya. Alde sekarang sudah 4 tahun 10 bulan usianya dan TK A Sekolah Kucica. Anaknya aktif banget, baik ucapan dan perbuatan hihihi. Ya, ini pengalaman pertama ikut lomba.

waktu baru datang malah nyaris mogok ikut hehe
Kebiasannya dikeloni tiap malam. Sesudah dibacakan buku cerita.
Dan mamanya harus menghadap dia tidurnya. Jadinya, Kak Nailah selalu kebagian punggung Mama. Egoisnya Dik Aldebaran ya. Hehe.

Salah satu jargonnya adalah, "Mama boleh pergi kemana saja, asal syaratnya.."
"Apa?" tanyaku.
"Asal adek ikut Mama terus," 
Wkwkw..mesra banget anaknya. Sering bikin emaknya meleleh dengan kata-kata cintanya.
Ya, itu yang selalu dia bilang kalau dakuw minta izin mau pergi-pergi.

suasana sebelum lomba mewarnai dimulai
Hobinya banyak diantaranya main puzzle, mewarnai, bercerita, menyanyi, mengoleksi hotwheel dan mengganggu kakaknya, dengan mengajaknya silat, hehe. Tiap sore, Alde punya jadwal bermain di kompleks kami. Maklum, anak gaul. Beberapa kali kuajak untuk ikut kegiatan apa gitu, misalnya mengaji atau latihan taekwondo, dia menolak. 

mulai asyik sendiri
"Adek maunya main," 
Baiklah. Hihi.
Makanya surprais banget pas dia bilang mau ikut lomba mewarnai tingkat TK dan minta didaftarkan segera. 
Baiklah, siapa takut? Emaknya semangat 45 mendaftar di pusat perbelanjaan Ungaran itu.

Pas hari H, eh Alde malah mogok. 
"Adek takut,"
"Takut apa? Nanti banyak temannya. Adek hanya duduk dan mewarnai sesuka Adek. Kalau bisa warnai semuanya ya. Jangan ada putihnya."

keukeuh dengan pilihan warnanya
Kami pun berangkat.
Di TKP, sudah rame banget dengan anak-anak usia Playgrup dan TK.
Kami mendaftar ulang, Alde membawa meja lipat kakaknya. Kami mendapat sekotak krayon dari sponsor dan juga sebungkus makanan ringan.

Muka bocah nyaris lima tahun itu nampak cemas.
"Mama duduk di sebelahku ya," pintanya.
"Nggak boleh. Orangtua menunggu di luar."
Aku mengambil posisi di luar area lomba. Berdesakan dengan orangtua lain.
"Mama jangan kemana-mana ya.."
Aku mengangguk dan mulai foto-foto suasana sebelum lomba. Iya, ini kan pengalaman pertama ikut lomba.

Cukup lama baru lomba dimulai. Anak-anak sudah keringatan hehe.
Setelah kertas dibagikan, panitia mengisi nama dan sekolah para peserta di kertas mewarna. Maklum, banyak yang belum bisa baca tulis hihi. 

Ukuran gambarnya cukup besar. Alde mulai mewarnai dengan asyik. Ia tidak tegang lagi. Lomba berlangsung selama 1 jam. Sesekali menoleh padaku, mencari kekuatan #halah. Waduh nggak bisa kabur iki. Padahal mamanya pengen beli cemilan dan minum hehe.

Setengah jam berlalu, bagian yang diwarnai sudah cukup banyak.
 Sesekali Alde memijat-mijat tangannya. Hasil mewarnai adek cukup rapi lho, keren deh *memuji anak sendiri. Hanya memang belum belajar teknik gradasi lazimnya anak-anak yang ikut kursus. 

pengalaman pertama Adek
"Halah, capek Ma. Pegal,"
Waduh..
"Ayo, adek bisa. Tuh, temannya masih asyik. Nanti Mama pijat deh di rumah."

 Ia mulai kelelahan. 
Langitnya belum diwarnai.
"Ayo dek, langitnya diwarnai."
"Nggak usah. Langitnya putih saja karena asap."
Gubrak!

Menit demi menit berlalu. Hampir pada batas akhir lomba.
Aku duduk tak jauh darinya, masih di luar area lomba.
"Ayo dek, diwarnai. nanti Mama belikan es krim dan hotwheel,"
wkwkwkw.

"Capek ah," dia malah asik mewarnai bagian-bagian kecil dari gambarnya. Kaus kaki dan bola! 
"Itu warnanya kuning saja biar warna-warni" bisikku. 
Haha memang nggak boleh sih kita menginstruksikan apa-apa wong yang lomba anak, bukan emaknya. Semua terserah kreativitas anak. Menurut Ayah Edy dan pakar parenting lainnya. Tapi, i can't help it! Hahaha. Iya, iya dakuw bersalah.

"Mama nih cerewet banget sih!" omel Alde, mulai berkaca-kaca.
Jleb! Mama mingkem. Gawat, daripada ngambek terus nangis di TKP? Hehe.

Sepuluh menit sebelum lomba berakhir Alde memutuskan kalau gambarnya sudah selesai diwarnai. 
Langitnya hanya sedikit diwarnai hehe. Ibu-ibu lain di sebelahku pada tegang dan berkonsentrasi menyuruh anaknya cepat-cepat. Ada juga yang menginstruksikan aneka wanra untuk anaknya. Malah ada anak yang menangis karena kesal dan capek. Hehe ternyata nggak cuma dakuw yang heboh. Kami semua bersalah #tertundukmalu.

"Sudah ya, Ma!"
Aku mengangguk. Baiklah, Dek #insyaf abis dimarahi ahli parenting. 
Dia keringatan, dengan tangan yang pegal. Hiks, kasihan yaa..
Aku lalu membereskan peralatannya. Menggotong meja lipatnya.
Menggandeng angan mungilnya. Maafkan Mama, Dek.
Aldebaran mengangguk. "Iya nih, Mama..."
"Yuk, makan es krim, Dek!"
Dia kegirangan. 

Kami nggak menunggu pengumuman pemenang, tapi bagiku, dia sudah lebih dari seorang pemenang.
Adek sudah berhasil menyelesaikan tantangan pertamanya hari itu. Ini pengalaman pertama ikut lomba. Ah, aku bangga!



30 comments:

  1. kepiikiran juga ya lanitnya warna putih,karena asap hehehe

    ReplyDelete
  2. Sudah mau ikut lomba saja, sudah sebuah kemenangan ya Mbak. Kapan ya Fatih mau ikut lomba? Mewarnai aja dia masih asal-asalan. Kalau melihat kereta api pasti semangat..hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi fatih pencinta kereta api yaa, mungkin kalau lomba mewarnai kereta fatih mau mba hihihi

      Delete
  3. Wah, ade nya bener - bener ngeh banget sama kondisi sekarang, langit putih karena asap

    ReplyDelete
  4. Excited banget ya Mba Dedew, rasanya mengikutkan anak pada lomba adalah kesempatan untuk merasakan aura kompetisi sedini mungkin, namun memang sesuai dengan bakatnya, mantap dan seruuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iyaa man, anaknya santai emaknya heboh dewe...

      Delete
  5. Hihi Alde....memang anak usia 4 tahunan itu sedang dlm tahap eksplorasi mba, jadi kalo dituntut menyelesaikan sesuatu yang monoton....ya belum mampu, apalagi kalo ortu nya ngasih pressure...ngambek deh. Kayak murid2 paud ku dulu...hehe
    Tapi hebat Alde, bisa kasih alasan tepat utk warna langitnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa khilaf aku mbak, untung ngga sampe ngambek diaa..yang lain malah sampe nangis2 hihi

      Delete
  6. iya mewarnainya rapi tuh Alde...
    cukup bagus buat pengalaman pertama ya mbak.. :)

    ReplyDelete
  7. hehe, senengnya alde ikutan lomba. makin banyak ketemu temen baru ya di sana. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia protes ila, kata mama temanku banyak yang daftar, ternyata ngga ada hehe

      Delete
  8. Alde udah hebat cos berani ikutan lomba, semoga nanti makin banyak lomba yang diikutin ya. Aku pengin liat lagi Alde kalo tidur di mobil, ajaib posenya hi3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa tumben banget mau ikutan nih wan..hihihi alde juara tidur pose ajaib :D

      Delete
  9. Aiiih, kereeen...! Kereeennn...!!

    --bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  10. Kirain Mbak Dedew pertama kali ikut lomba apaan... ternyata anaknya toh XD btw itu ngeuh banget asep jadi langitnya putih wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi emaknya dah banci lomba walau jarang menang unaaa

      Delete
  11. Alde cerdas bgt deh (y)
    Emang yaa..hal2 "pertama" si anak selalu bikin ortunya, terutama emaknya jadi heboh! Hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha iyaaa kak, anaknya kalem, emaknya rusuuh....

      Delete
  12. kayaknya rame mbak :)

    saya juga sering anterin adik yang paling kecil
    kebetulan dia masih tk 0 besar
    jadi tertarik bikin reportasenya gara2 baca artikel ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi blogger mah apa aja ditulis yaaa :D

      Delete
  13. hihihi..suatu saat pasti aku akan begini juga..nemeni anakku ikutan lomba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iyaa soon say, apalagi sekarang banyak lomba bayi sehat, lomba balita hihi lebih dini lagiii ngantarnya :D

      Delete
  14. waaaa, ngelihat anak-anak, jaid lsg ingat jaman kecil dulu, dan juga lsg inget sama ponakan, pengen lagi rasanya ikut lomba lomba kayak gini...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi sama mak, dulu aku juga ikut lomba mewarnai kemana2 tapi ngga juara :D buat belajar pede aja

      Delete
  15. Lomba mewarnai dari Faber ya mbak, anakku juga bulan kemaren ikutan,sama2 pengalaman pertama ikut lomba. Eh bukannya sibuk mewarnai, tapi malah sibuk ngemil snacknya, mewarnai bentar trs udahan padahal liat anak lain pada telaten mewarnai. Gemes liatnya,.

    ReplyDelete
  16. wah jadi pengen nulis tema ini juga, Faris dulu lucu banget pengalaman loma pertamanya :) sukses ya mbk

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...