Gula Aren Organik Arenga Indonesia, Manisnya Asli Semanis Senyumanmu

Dear Teman,

Siapa yang suka minuman es kopi gula aren? Belakangan ini es kopi susu gula aren hits banget ya nggak kalah dengan minuman matcha, boba dan minuman kekinian lainnya. 

Aku penggemar banget makanan dan minuman berbahan gula aren sebut saja kolak, bajigur, dan banyak lagi! Akhir-akhir ini, aku suka masak-masak dan mengulik bahan makanan di dapur. Apalagi, kedua anakku masuk sekolah negeri dan berarti tak ada katering seperti sekolah mereka sebelumnya. Jadilah, tiap subuh, aku oprek-oprek di dapur menyiapkan sarapan dan bekal mereka. Daripada jajan terus, ye kan? hehe.

Gula Aren Organik Arenga Indonesia



Andalanku adalah resep-resep di aplikasi Cookpad. Setiap cari resep selalu kutambahkan kata sederhana misalnya siomay sederhana, makaroni panggang sederhana. Wkwkw. Maklum, newbie banget haha cari resep makanan dan minuman yang mudah dipraktekkan dengan bahan yang ada di kulkas. Alhamdulillah, sekarang sudah bisa lah bebikinan sedikit-sedikit. Yang penting, anak-anak suka dan lahap makannya. 

Beberapa waktu lalu, aku menang lomba blog di komunitas Indonesian Food Blogger. Hadiahnya menggiurkan sekali yaitu dua kg gula aren organik Arenga dalam kemasan pouch yang praktis, satu buah mini pan serbaguna dan satu buah lipstik. Hore! Terima kasih mimin IDFB, kadonya bermanfaat banget! 

 

Gula Aren Organik Arenga Indonesia

Sudah lama aku penasaran dengan produk gula semut dari Arenga Indonesia. Bagaimana tidak? Gula arennya organik dan terbuat dari gula aren asli tanpa bahan lainnya, lho. Pemiliknya adalah Uni Evi Indrawanto, travel blogger yang sudah malang-melintang di dunia blogger. Jadi, kualitas Arenga ini tak usah diragukan lagi, ya.

Tak kenal maka tak sayang, Arenga Indonesia adalah produsen gula aren organik  dalam bentuk bubuk (gula semut) dan gula cair di Indonesia. Lokasinya di Serpong, Tangerang-Banten. Berdiri sejak tahun 2006 dan  bermitra dengan kelompok tani dan perajin gula aren Banten.

Gula Aren Organik Arenga Indonesia
Arenga kemasan pouch ukuran 1 kg

Makin penasaran kan? Apalagi, aku penggemar gula aren dan suka membuat makanan dan minuman dari bahan gula merah ini. Sebut saja kopi susu, kolak pisang, bubur kacang hijau, bumbu rujak mangga, hingga semur telur dan tahu serta banyak lagi.

Gula merah VS Gula Aren

Biasanya, aku membeli gula merah di tukang sayur yang mampir ke perumahanku. Hanya saja, beli gula merah atau gula aren dalam bentuk bongkahan itu merepotkan ya. Gulanya harus kita serut atau tumbuk dulu biar jadi bubuk. Lalu kalau mau dipakai harus direbus di atas kompor biar jadi air gula siap pakai. Prosesnya lama, butuh waktu dan tenaga. Ketek sampai keringatan kalau menghancurkan bongkahan gula aren pakai cobek. Keras, cuy! 

Baca Juga: Bijak Konsumsi Kental Manis 

Gula Aren Organik Arenga Indonesia
Gula aren organik cair Arenga 

Hm tahu nggak, aku tuh baru tahu kalau gula merah dan gula aren itu berbeda ya. Kirain sama saja. Penampakannya juga sama, menurutku. Ternyata, bahan bakunya saja berbeda. Gula merah adalah cairan manis yang disadap dari pohon kelapa, sedangkan gula aren adalah cairan manis yang disadap dari pohon aren.

Perbedaan lainnya adalah penampakan gula merah yang lebih cokelat dibandingkan gula aren. Gula aren warnanya kuning kemerahan. Lebih terang dibandingkan gula merah yang warnanya merah kecokelatan. Tak hanya itu, tekstur gula aren lebih lembut dibandingkan gula merah yang keras. Makanya, menghancurkan bongkahan gula merah butuh tenaga ekstra ya, hehe.

Gula Aren Organik Arenga Indonesia

Rasanya bagaimana? Ternyata, gula aren jauh lebih manis dan enak rasanya dibandingkan gula merah ya. Terus, dalam hal kandungan gizi, gula aren memang lebih unggul. Kandungan gizi gula aren juga lebih tinggi. Dalam 100 gram gula aren mengandung kalori 268 kkal, karbohidrat 95 g, kalsium 75 mg, fosfor 35 mg, besi 3 mg, dan air 4 mg. Karena beberapa keunggulan di atas, tak heran kalau gula aren lebih mahal harganya dibandingkan gula merah.

Tapi jangan sembarang beli gula aren ya. Ternyata, di pasaran banyak dijual gula aren palsu! Gula aren yang beredar di pasaran banyak yang sudah tidak murni lagi. Tapi, mengandung bahan tambahan seperti gula pasir dan air. Akibatnya, bongkahan gulanya jadi terlalu keras dan rasanya manis pekat dan bikin tenggorokan gatal.

Nggak mau kan, membayar mahal untuk gula aren palsu? Rasanya pasti tak seenak gula aren original. Setelah tahu informasi tentang gula aren, makanya aku excited banget ketika dapat paket kiriman IDFB berisi gula semut organik dari Arenga Indonesia.

Produk gula semut dan gula cair Arenga ini diproduksi secara organik. Seperti tertulis di webnya, produk Arenga Indonesia dibuat tanpa menggunakan bahan kimia sintetis, pestisida, atau pupuk buatan, sejak dari kebun aren hingga pengolahan di pabrik.

Mereka juga menggandeng kelompok petani di Banten yang sudah turun-temurun melakukan pengolahan gula aren secara tradisional. Gula aren diekstraksi dari nektar bunga pohon aren yang diolah menjadi bentuk bubuk atau cair.

Saat paketnya datang, aku happy banget. horee! Aku mendapat dua pouch gula aren Arenga. Kemasan pouch nya cukup besar karena memuat satu kg gula aren. Kemasannya bergambar ilustrasi pohon enau atau aren yang estetik kuning keemasan dengan tulisan Organic Palm Sugar Arenga, gula semut aren dilengkapi logo Arenga Indonesia.

Gula Aren Organik Arenga Indonesia
Rekomendasi sehat untuk
 makanan dan minuman 

Bagian atas pouch dilengkapi zipper sehingga mudah ditutup kembali dan tak gampang tumpah. Untuk pouch, juga ada kemasan kecil 225 gram. Selain pouch, gula semut Arenga juga tersedia dalam kemasan kardus. Sedangkan untuk produk gula cair, ada kemasan botol (650 ml)  dan jerigen (1 liter). Oh iya, sudah ada label halal dari MUI dan juga label BPOM lho di kemasannya.

Saat dibuka, gula semutnya menguarkan aroma khas yang wangi. Butirannya halus dengan warna kecoklatan. Jadi nggak sabar deh, mencobanya. Tanteku happy banget waktu kukasih satu pouch gula aren ini buat dia. Maklum, dia hobi masak dan stok gula bubuk memudahkannya meracik masakan.

Alhamdulillah, suka banget dengan gula semut arennya. Selain rasanya manis dan enak, juga diolah secara organik. Asli terbuat dari aren, tanpa tambahan pemanis, pengawet dan lainnya jadi lebih yakin akan keamanan dan gizinya ya.

Terus, praktis banget kalau mau masak atau bikin minuman, nggak usah ada acara adu otot menghancurkan bongkahan gula, atau merebus bongkahan gula dulu biar hancur. Cukup ambil sesendok atau seberapa banyak yang kita butuhkan, masukkan deh ke masakan. Praktis banget. Gula semut Arenga adalah penolongku. Alhamdulillah, acara masak-masak jadi lebih mudah. Oh iya, Gula arenku sudah mau habis waktunya pesan nih!

Untuk pemesanan dan pertanyaan tentang produk bisa hubungi:

Arenga Indonesia
CV. Diva Maju Bersama

Jl. Sutera Gardenia 5 no. 22, Alam Sutera, Serpong, Tangerang.

Banten, Indonesia. 15326

WA 0819-3241-8190


Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

24 Comments

  1. Wah ternyata lebih enak gula aren nih ya dibandingkan dengan gula merah pada umumnya

    ReplyDelete
  2. Ternyata tidak hanya lebih enak, kandungan gizi yang ada di dalam gula aren lebih banyak ya

    ReplyDelete
  3. Bagus banget memang, Kak gula aren ini. Saya jadi pingin menggunakannya juga hihi

    ReplyDelete
  4. Banyak banget nih ya kegunaan dari gula aren ini. Salah satunya bisa untuk membuat kolak

    ReplyDelete
  5. Saya baru tahu, Kak sama gula aren tersebut. Jadi pingin coba nih untuk membuat kue hehe

    ReplyDelete
  6. Sekarang jadi makin paham deh soal gula aren. Kalau yang biasa disebut Brown sugar itu yang mana?

    ReplyDelete
  7. sebagai pecinta makanan manis, cocok sih menambahkan gula aren organik dari arenga ini untuk beberapa menu makanan di rumah

    ReplyDelete
  8. Aku suka gula aren. Tapi baru tahu kalau teryata kandungan gula aren lebih tinggi ya mba. Gula Aren arenga Indonesia nih wajib disediakan di rumah :)

    ReplyDelete
  9. kalau beli di kampung, gula aren tu lembut, bisa dipatah atau digigit gitu, manisnya juga enak, lebih lembut. Tapi, kalau di pasaran, ada yang dicampur jadinya lebih keras.
    Memang kalau ada yang versi bubuk atau cairan jadinya lebih enak. Saya juga lebih suka bikin apa-apa pakai gula aren, entah jamu, atau per-kue-an. Keren ya arenga, suka lho produk yang mengedepankana kualitas begini.

    ReplyDelete
  10. Wah sama sepertiku, aku juga lebih suka menggunakan gula aren daripada gula merah, karena aku setuju kalau gula merah sekarang ini sudah banyak sekali campurannya, jadi terkadang jika digunakan untuk memasak rasanya cemplang dan buat gatal di tenggorokan.

    ReplyDelete
  11. Gula aren enak mba..beda gitu dengan gulmer yaa. Aku dulu pun nggak tau bedanya.
    Etapi Arenga belum coba nih. Kudu cobain ya aku buat nambah bebikinan di rumah.
    Aduh itu camilannya nikmat banget

    ReplyDelete
  12. Wah udah ada kemasan pouch ya praktis nih. Klo dibawa traveking enak. Buat nyobain pertama kali juga pas nih gampang megangnya gapang bukanya. Dan pasti rasanya oke

    ReplyDelete
  13. Aih Mba Dedew baca judulnya aku langsung senyum2 lhoo. kegeeran banget yaa aku-nya klo aku emang semanis gila aren organik arenga. Manis tapi sehat kaan hehehe.

    ReplyDelete
  14. Saya juga termasuk yang suka cari resep dengan embel-embel "sederhana, praktis atau mudah" di belakangnya hehehe.
    Lebih seneng masak yang mudah, cepet dan praktis tapi bisa memuaskan perut seisi rumah.
    Di rumah juga suka stok gula aren, soalnya pak suami kalau ngopi senangnya pakai gula aren. Lebih nikmat katanya.

    ReplyDelete
  15. Praktis ini emang apalagi kalo mau bikin makanan yang pake takaran soalnya aku kadang kalo motong gula suka nggak pas, hehehe

    ReplyDelete
  16. Semakin penasaran sama gula aren Arenga. Karena di rumah juga lebih sering pakai gula aren daripada gulpas, termasuk untuk masakan.

    ReplyDelete
  17. Kopi dengan gula aren lebih mantap rasanya. Juga buat bebikinan makanan lainnya..jadi selalu ada di rumahku, apalagi gula aren organik Arenga Indonesia, sudah terjamin mutunya.

    ReplyDelete
  18. Hahahhaa kbayang tuh jaman dulu mamaku kalo mau pake gula merah bongkahan, ampuuun deh mau pakenya ribet.
    Beneran sekarang pake gula aren dan aku suka banget pake gula aren juga buat segala jenis masakan/makanan/minuman simple dan rasanya emang beda

    ReplyDelete
  19. Wah.. jadi penasaran sama gula aren Arenga Indonesia. Keunggulannya banyak banget ya dibanding gula merah. Btw kalau aku pakai gula merah gak pernah kuhancurin, Mbak. Ya paling cuma iris seberapa butuhnya, trus cemplungin aja ke air mendidih yang buat masak itu. Nanti hancur sendiri deh :D

    ReplyDelete
  20. Yah, beredar gula aren palsu juga ya..
    Ya Allaah.. tega deh.. Jadi kudu beli di official Arenga Indonesia.

    Kami juga mengandalkan gula aren sekarang kalau minum kopi. Hehhe, baru sebatas pas bikin minum sih yaa..
    Belum pernah buat masak. Jadi inspirasi nih, kak Dew.. Haturnuhun.

    ReplyDelete
  21. Saya pakai ini juga mbaa buat di rumah kalau minum kopi, bikin kolak. Tapi lebih seringnya buat kopi. karena saya pencinta kopi. Dan emang rasanya lebih enak kalau buat kopi dibanding gula pasir.

    ReplyDelete
  22. Wah, produk yg mantap 👍
    Lam knl mbak

    ReplyDelete
  23. sudah hampir 4 tahun saya ganti gula dengan gula aren terutama buat ngopi, enak banget hehe

    ReplyDelete
  24. Nah ini salah satu pr keluargaku sih.. ganti gula putih. Duh semoga mulai, bisa ganti dengan gula aren ini yang jelas lebih sehat dan lebih enak juga ternyata yaa

    ReplyDelete
Previous Post Next Post