Rekomendasi Channel Seru tentang Menata Rumah di Youtube

Dear Teman,

Belakangan ini, aku suka melihat-lihat Instagram para homedecor yang unik dan cantik. Tak hanya rumah besar, banyak juga lho akun homedecor yang menata rumah mungil dan minimalis bahkan ada berupa rumah subsidi sederhana. Mereka bisa menata rumah mungil dengan cantik dan fungsional.

Rekomendasi Channel Seru tentang Menata Rumah di Youtube
Pasangan Wicak dan Mifta berkunjung ke rumah unik

Nah, setelah rajin mantengin IG, aku menemukan akun Yutuber berisi video-video tentang menata rumah. Nah, rumah-rumah yang terkenal di Instagram ternyata banyak dibahas di akun Youtube. Jadi, nontonnya lebih puas ya karena kontennya berupa video. Rasanya senang saja melihat ruangan-ruangan di dalam rumah yang tertata apik. Terkadang, bisa jadi referensi untukku saat menata rumah sendiri. 

Baca Juga: Variety Show I Live Alone

Tentu saja, ide dan tips yang mudah diikuti ya dan biayanya terjangkau, hihi. Misalnya tips menata pot tanaman di ruang tamu atau memasang cover sofa untuk sofa yang sudah lawas agar terlihat baru. Biasanya, aku beli printilannya di toko ijo karena free ongkir dan ada cashback, hehe.

Nah, kali ini aku ingin berbagi rekomendasi channel seru tentang menata rumah di Youtube yang sering aku tonton kala senggang. Semoga bermanfaat ya, Teman!

1.       Youtube Rizki Abadi

Akun yutub yang punya tagline travelling, daily life, and home ideas ini akhirnya konsisten membahas tentang rumah dan desainnya. Nama channelnya sesuai pemiliknya, Rizki Abadi. Awalnya kukira nama toko bangunan hehe, maafkan Mas Rizki. 

Rekomendasi Channel Seru tentang Menata Rumah di Youtube
Rizki dan Dyah mengunjungi rumah narasumber

Subscribernya sudah mencapai 111 ribu, banyak juga ya. Rizki rutin mengunggah video tentang rumah di channelnya jadi selalu ada yang baru di channel ini. Ia tak hanya mendatangi rumah mewah, tapi juga rajin mengunggah video rumah minimalis yang bisa kita tiru idenya.

Di bio-nya, ia menuliskan bukan bukan arsitek, bukan kontraktor tapi suka cari tahu tentang rumah. Ia juga punya akun Instagram @yoi.house yang dikelola bersama Dyah, istrinya dan selain membahas rumah-rumah yang dikunjungi, juga membahas rumah mereka yang berkonsep industrialis.

Ada segmen rutin Silaturahome yang isinya mengunjungi rumah-rumah cantik berdesain unik. Di acara itu kita diajak home tour mengelilingi rumah dan dijelaskan dengan detailoleh pemilik rumah bagaimana desainnya. Aku suka segmen ini karena kita bisa belajar banyak dari para pemilik rumah, ya. Misalnya, bagaimana menyiasati lahan kecil dengan menggunakan perabot yang  minimalis dan multiguna. Ia bahkan pernah melakukan home tour di honay, rumah khas suku Dani di Papua, hehe unik ya.

Selain silaturahome, ada juga segmen Ngobras yaitu Ngobrol bareng Arsitek. Jadi, membahas suatu rumah tinggal tapi bukan dengan pemilik rumah tapi dengan arsitek yang membuat desain dan membangun rumahnya. Kita bakal dapat informasi lebih teknis dan detail tentang sebuah rumah di segmen ini. 

Baca Juga: The House Detox, Acara Bebersih Rumah

Selain itu, Rizki juga sering membahas rumah-rumah baru di perumahan. Ada juga video berbagi tips penting seputar rumah juga mengulas produk misalnya lampu hemat listrik. Bermanfaat untuk para penonton nih. Video-video Rizki juga banyak penontonnya rata-rata mencapai ratusan ribu view, bahkan ada yang mencapai 1.8 juta view lho yaitu rumah yang ada sungai di dalamnya. Memang menarik banget sih rumahnya.

2.       Youtube Wicak Mifta

Nah, akun berikutnya yang sering kutonton adalah Youtube Wicak Mifta. Channel ini dikelola oleh pasangan suami-istri Antoni Wicaksono dan Mifta A Jannah. Selain Yutub, mereka juga ngehits di Instagram dengan akun @miftajannah dan @wicaksound yang berfollower 40 ribuan lebih. Akun Youtube mereka sudah memiliki subscriber sebanyak 662 ribu.


Rekomendasi Channel Seru tentang Menata Rumah di Youtube

Insprahoms adalah segmen yang banyak diminati penonton yaitu video kunjungan dan home tour ke rumah-rumah unik dan menarik. Mifta membawakan segmen ini dengan lucu dan ramai sehingga video jadi lebih menarik untuk ditonton. Salah satu rumah unik yang dibahas di akun ini adalah rumah smarthome yang populer di Instagram. Tak heran, baru ditayangkan 6 hari sudah ditonton sebanyak 128 ribu. Wow.

Selain inspirahoms, akun ini juga membahas rumah-rumah yang sedang dipasarkan di berbagai perumahan juga vila dan hotel di berbagai kota. Bisa jadi masukan untuk penonton yang sedang mencari rumah atau butuh penginapan untuk berlibur, ya.

3.       Youtube Livinglovingnet

Aku menemukan akun ini secara tak sengaja saat menonton video tentang slow living di Lembang. Sejak saat itu, aku suka menonton video-video mereka. Berbeda dengan yutuber rumah lainnya, Livinglovingnet ini berawal dari blog yang dikelola Nike Prima Dewi dan Miranti Andi Kasim awal 2013. Living Loving adalah platform khusus untuk mencari inspirasi tentang rumah tinggal. Melalui channel Living loving, mereka ingin menginspirasi pemirsa lewat video-video mereka.

Rekomendasi Channel Seru tentang Menata Rumah di Youtube
Founder Living Loving Nike dan Miranti 

Living Loving kini menjadi perusahaan dengan multi platform yang berfokus pada rumah, kreativitas dan gaya hidup. Anggota timnya juga cukup banyak lho. Subscriber Youtube mencapai 225 ribu. Keren ya dari blog jadi perusahaan. 

Baca Juga: Belanja Online di IKEA

Mereka memiliki beberapa segmen yang menarik diantaranya Main ke Rumah dan Lovely Nest. Mereka mengunjungi rumah-rumah unik milik pasangan muda untuk dijadikan inspirasi penonton. Suka banget deh segmen ini diantaranya main ke rumah Muklay, pasangan seniman yang rumahnya nyeni banget.

Beda dengan yutuber rumah lainnya, video mereka berbentuk video pendek yang estetik banget. Durasinya paling lama 10 menit. Jadi, menyenangkan melihat video-video di Living Loving ini. Kekurangannya ya, kita tidak melihat penataan rumah dengan lebih detail tapi berupa profil singkat saja. Selain itu, ada segmen lain yaitu Tiny Space khusus membahas rumah atau apartemen mungil tapi efisien dalam penataannya. Bisa jadi inspirasi penonton untuk menata rumah nih.

Rekomendasi Channel Seru tentang Menata Rumah di Youtube
Youtube Living Loving

Ada pula segmen For Your Home yang membahas berbagai peralatan rumah tangga yang bermanfaat untuk di rumah. Misalnya saja nih ulasan shower untuk mandi dan perangkat dapur serba putih dengan harga murah-meriah.

Rekomendasi Channel Seru tentang Menata Rumah di Youtube
Website Living Loving yang estetik

Selain rumah dan apartemen, Living Loving juga membahas kantor yang unik seperti markas grup musik Maliq n D’ Essentials. Ada juga segmen khusus membahas rumah dan apartemen di dalam serial drama atau film seperti Yumi’s Cell dan Mirai. Unik ya. Ya, konten mereka lebih beragam mungkin karena sudah berupa perusahaan ya dan anggota timnya lebih banyak. Nah itu dia 3 rekomendasi channel seru tentang menata rumah di Youtube. Kalian suka menonton video rumah nggak? Punya channel favorit? Share di kolom komentar, ya! 

Sumber Foto: Instagram dan Youtube


Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

23 Comments

  1. dari dulu, aku selalu nontonin Livinglovingnet :D bagus kontennya!

    ReplyDelete
  2. Waduh, aku gak tau semua..haha.. taunya cm sm Marie kondo mba. Itu pakar beberes padahal ya. Boleh nih aku coba kepoin channel2nya juga

    ReplyDelete
  3. Wahh ino dia informasi yang dobutuhkan untuk mereka yang suka bingung ngatur posisi barang supaya rumah terlihat estetik rapi dan luas misalnya.

    ReplyDelete
  4. Menarik rekomendasi chanel-chanel nya untuk yang membutuhkan inside bagaimana menata ruangan rumah agar menambah kesan estetika dan fungsional

    ReplyDelete
  5. Aku ngikutin Living Loving, suka aja liatnya jadi banyak inspirasi abis nonton konten2nya atau ulasannya

    ReplyDelete
  6. makasih banyak rekomendasinya teh, jadi ngincer juga nih semoga suatu saat dimampukan punya rumah sendiri aamiin

    ReplyDelete
  7. Kalo videonya sih engga mba, kalo kaya inspirasi rumah aku sering. Suka gereget pengen beli ini itu deh kalo urusannya sama rumah, tapi balik lg ke budget haha

    ReplyDelete
  8. saya baru tau ada channel untuk menata rumah, nice info

    ReplyDelete
  9. Ah aku sering berkunjung ke Livingloving net. Seneng aja lihatnya karena estetik walaupun nggak bisa diterapkan di rumah aku. Tapi ya tetap dapat ilmu sih untuk nanti nyicil merapikan dan menata rumah.

    ReplyDelete
  10. Aku kadang suka liat video home decor tapi biasanya hanya dalam bentuk video pendek
    Refrensinya boleh juga, mungkin kapan2 akan streaming juga channel-channel menarik ini

    ReplyDelete
  11. Noted mba, lumayan nih kalau nanti mau renov atau decor ulang rumah mau lihat ahh

    ReplyDelete
  12. Nonton channel2 ini tuh antara senang dan sedih he he. Senangnya ya karena liat banyak inspirasi yang cakep-cakep. Sedihnya karena lagi nggak bisa menata rumah sendiri. Karena suami pindah tugas jadi rumah kami otewe dikontrakkan ke orang lain.

    ReplyDelete
  13. Makasih Mbk rekomendasinya, aku lagi menata YouTubeku dan senang sekali belajar mencari konten yang disukai, makasih ya

    ReplyDelete
  14. wah ini kesukaan aku banget nih.. aku tuh orang yang hobi nonton HGTV sampe hapal semua host - kebisaan - sampe favorit mereka saat mendesain

    ReplyDelete
  15. Aku juga lagi mood banget cari channel youtube mengenai interior dan bangunan rumah.
    Biasanya suka liat channel Arsitek Indonesia.
    Aku mau coba rekomendasi kak Dew buat nonton channel menata rumah, agar dapat inspirasi mengenai cara menata dan padu padannya agar aesthetic.

    ReplyDelete
  16. Wahhh.. terimakasih loh mbak dew. Kebetulan nih aku juga lagi cari inspirasi buat nata rumah yang sampe sekarang masih polos karena bingung mau d dekor kayak gimana. Niat hati sih konsep minimalis, tapi mentok idenya mau diapain ini dalem rumah..

    ReplyDelete
  17. mbak, tolong ^-^... nonton channel begini tuh asyik sebenarnya, tapi jadi makin mupeng buat beberes rumah. semoga gak bisa nonton aja deh, tapi juga dimampukan buat beberes rumah impian, aamiin

    ReplyDelete
  18. AKu pernah tahu Living Loving, lainnya belum hehehe :D CHannel Youtube tentang rumdah dan desain yang unik dan kece2 ini memang banyak peminatnya khususnya segmen pencinta penataan rumah. Kita jadi dapat insight bagaimana menata ruangan termsuk dekorasinya, ga melulu soal bentuk bangunannya. Sehingga kita sebagai penghuni rumaha bakalan betah tinggal di dalamnya.

    ReplyDelete
  19. Masih bermimpi punya rumah sendiri,, jalan2 ke channel seperti ini bisa jadi inspirasi buat rumah idaman nanti

    ReplyDelete
  20. Aku suka bgt ngeliatin YTnya Living Loving. Kayak ngasih inspirasi buat space rumah kecil tp tetap nyaman 🤍

    ReplyDelete
  21. Wah jujur aku belum pernah nonton channel tentang menata rumah. Bisa jadi rekomendasi nih buat menata rumah biar kelihatan rapi dan aestetik

    ReplyDelete
  22. Eh ini tuh YouTube channel yang inspiratif yaa. Kadang kita suka bingung mau nata rumah kaya gimana, aku sukanya liat gambar di pinterest, ternyata ada juga yg spesialis YouTube nata rumah

    ReplyDelete
  23. explore sosmed aku isianya tentang renovasi rumah, ide rumah atau konsepnya. Karena yang sering dibuka tentang rumah
    terus ngeliatin video home enthusiast dari sosmed aja, nggak rutin nontonin di yutub. Next aku liat versi yutub biar bisa liat versi panjangnya

    ReplyDelete
Previous Post Next Post