Kerasnya Kehidupan Komikus di Drama Today’s Webtoon

"Beberapa luka sulit untuk dibahas. Namun, jika kamu menutupi luka hanya karena sakit, itu tidak selalu sembuh dengan baik. Itu bisa terinfeksi, "

On Me Eum, Today's Webtoon 

Dear Teman,

Beberapa hari lalu, aku membaca sebuah cuitan di Twitter yang bilang seorang artist atau komikus Webtoon yang baru saja keguguran harus langsung melanjutkan komiknya. Di cuitan itu pula, disebutkan beberapa artis terpaksa cuti bahkan hiatus karena alasan kesehatan. Biasanya mereka sakit cedera pergelangan tangan karena terlalu banyak menggambar.

Kerasnya Kehidupan Komikus di Drama Today’s Webtoon

Miris bacanya. Bagaimana seorang komikus terpaksa harus bekerja disaat sedang sakit atau pun cedera demi melanjutkan ceritanya di Webtoon. Ternyata, kehidupan komikus dan artis yang keras itu nyata adanya ya. Tak sekadar cerita di drama ataupun buku komik. 

Baca Juga: Rekomendasi Drakor

Menjadi komikus atau mangaka (sebutan komikus yang membuat komik Jepang) ternyata bukanlah profesi yang mudah. Apapun medianya, baik komik cetak atau di webtoon, jam kerja mereka sangat panjang dan selalu dikejar tenggat waktu terbit yang ketat. Apalagi untuk komikus yang banyak pembacanya, tekanannya lebih keras.

Tak hanya jam kerja yang panjang, persaingan antara komikus dan judul komik lain pun ketat. Tak heran, gangguan kesehatan menjadi hal yang lumrah bagi komikus ini. Bagaimana tidak, kurangnya jam istirahat, posisi kerja yang selalu duduk membungkuk dan kurang gerak, pekerjaan yang overload dan pola makan yang tidak sehat membuat mereka banyak yang terkapar sakit.

Beberapa tahun lalu, aku membaca manga Bakuman dari Jepang yang sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia. Bakuman adalah manga karya Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata yang juga membuat manga Death Note yang tersohor. Manga ini menceritakan kisah duo sahabat Moritaka Mashiro dan Akito Takagi yang bercita-cita menjadi mangaka. Aku suka banget gambar dan ceritanya. Dan merasakan banget bagaimana kerasnya perjuangan keduanya menjadi mangaka ternama.

Kerasnya Kehidupan Mangaka di Drama Today’s Webtoon

Nah, baru-baru ini di VIU aku menemukan drama Korea yang berjudul Today’s Webtoon. Drama yang dibintangi Kim Se Jeong, Choi Daniel dan Nam Yoon Su ini benar-benar memikat hatiku. Apalagi, pemeran utamanya adalah Se Jeong yang aku suka banget aktingnya di drama The Uncanny Counter.

Ternyata, drama ini diremake dari drama Jepang berjudul Juhan Shuttai! yang ceritanya diambil dari serial manga berjudul sama yang ditulis oleh Matsuda Naoko. 

Baca Juga: I Live Alone, Mengintip Kehidupan Selebriti

Ceritanya tentang On Ma Eum (Kim Se Jeong) seorang mantan atlet Taekwondo yang melamar pekerjaan di perusahaan webtoon Neon. Ia tidak punya latar belakang sebagai editor sama sekali.

Kerasnya Kehidupan Mangaka di Drama Today’s Webtoon
PD Goo diperankan Nam Yoon Su (Foto: Kpopmap.com)

Tapi, kecintaannya pada komik membuatnya diterima sebagai pegawai kontrak di Neon. Ternyata, Neon tidak dalam keadaan baik-baik saja. Mereka berada dalam situasi kritis dan jika tidak mengalami peningkatan pembaca dan laba, maka dalam satu tahun Neon akan ditutup. Maka On Ma Eum bersama teman-teman satu timnya di Neon berusaha mencari cara untuk bertahan hidup agar Neon tetap berdiri.

Dalam drama ini, Nam Yoon Su aktor muda yang sudah malang-melintang di berbagai drama diantaranya Extracurricular, menjadi salah satu pemeran utama. Hore! Dia berperan sebagai Goo Jun Yeong, cowok cerdas IQ 150, lulusan universitas ternama yang diterima bekerja di perusahaan besar sebagai rangking pertama lalu kemudian kecewa karena dilempar ke Neon, divisi webtoon perusahaan itu. Ia yang benci komik dan gloomy karena meninggalnya kakaknya menjadi pribadi yang lebih ceria dan perhatian berkat pertemanan di Neon. Goo tergerak karena semangat On yang berkobar dalam bekerja.

Adapula Editor Seok Ji Hyung (Choi Daniel) wakil Neon yang bertangan dingin dan sabar dalam membimbing juniornya. Ia ditawari gaji tahunan dua kali lipat untuk pindah ke saingan Neon, Youngtoon.

Kerasnya Kehidupan Mangaka di Drama Today’s Webtoon

Berlatar dunia komik yang persaingannya ketat, drama ini banyak hikmah yang berharga, lho. Diceritakan bagaimana PD On dan PD Goo yang masih junior harus menghadapi tingkah laku para artis yang ajaib dalam rangka memenuhi tenggatnya! PD Goo yang ngambek karena harus mengangkat barang-barang dan memperbaiki toilet komikus Pomme yang sok. Bagaimana PD On menemukan Shin Dae Ryuk komikus baru nan nyentrik yang gambarnya jelek tapi ceritanya mengesankan. Ia harus mempertahankan pendapatnya di depan editor senior.

Today’s Webtoon memotret kehidupan para editor webtoon dan para artisnya. Bagaimana persaingan diantara komikus yang ketat. Bagaimana sulitnya menembus webtoon dan debut sebagai komikus. Ada yang 10 tahun tidak juga debut. Bagaimana komikus mengalami berbagai gangguan kesehatan dari cedera pergelangan tangan hingga depresi. Bagaimana Komikus beken Pomme tidak punya teman satu pun dan selalu memesan barang lewat online karena tak punya waktu keluar rumah. Ia juga harus menghadapi penggemar yang menguntitnya hingga ke dalam rumah. Hiiy. Ketenaran memang datang dengan banyak konsekuensi ya. 

Kerasnya Kehidupan Mangaka di Drama Today’s Webtoon
PD Seok diperankan Choi Daniel (Foto: Kpopmap.com)

Dalam drama ini juga banyak quote yang diambil dari berbagai komik yang dibaca On di kafe komiknya. Kebiasaan On senang membaca komik lalu mencatat kutipan menarik dari komik di kertas kecil dan menempelnya di rak komik kafenya. Beberapa kutipan komik yang mengena diantaranya Menyalahkan diriku tidak mengubah apapun, Satu-satunya yang dapat kuubah adalah sikapku. 
Hidup tak terduga karena itulah hidup berarti. Dan banyak lagi kutipan berkesan lainnya. 

 Salah satu scene berkesan adalah ketika PD Choi Doo Hee (Ahn Tae Hwan) berusaha membujuk komikus Oh Yoon (Son Dong Won) untuk tetap membuat komik komedi andalannya. Komikus Oh merasa penulis komik komedi sering dianggap remeh dan direndahkan pembaca dan komikus lain.

Namun, apa kata PD Choi? Kau tahu, membuat orang tertawa adalah pekerjaan paling sulit. Dan di negara ini, tak ada yang bisa mengalahkanmu dalam hal itu. Ulala, bagaimana Komikus Oh nggak langsung nangis? Jadi, wahai para penulis komedi berbanggalah! Jangan merasa insecure, ya.

Selain itu, OST nya juga enak-enak diantaranya lagu utamanya How's your day dari Kim Tae Woom dan juga lagu yang dinyanyikan Jihyo Twice, I Fly. Drama ini baru masuk episode 12 dan makin penasaran dengan alur ceritanya. Jadi nggak sabar menunggu hari Sabtu dan Minggu, jadwal tayangnya di VIU. Kalau kamu ingin tahu bagaimana kehidupan para komikus dan mangaka, bisa menonton serial 16 episode ini ya. 

Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

25 Comments

  1. Pernah juga lihat film yang menceritakan tentang penulis tapi banyak film Korea yang menceritakan sisi lain dari suatu profesi atau kehidupan. Kadang juga related banget sih, walau hanya drama memang berkesan kalau drama korea. Mantep ini dramanya sempet nonton sih, terima kasih reviewnya!

    ReplyDelete
  2. Baru dapet 2 episode ni mba, ke distract sama Big Mouth & Alchemy of Soul 😃. Keras juga ya ternyata kehidupan komikus, jadi ada gambaran ni buat anak saya yg katanya pingin jadi animator, karena gk jauh2 beda ya dunianya

    ReplyDelete
  3. Wih baru tahu aku jadi komikus seberat itu ya, kejar target demi rating pembaca dan berbagai tekanan yang wow, seru juga jadi tahu di balik layar webtoon

    ReplyDelete
  4. Suka sih kalo drakor ini ngasih liat kita kehidupan seorang profesi dengan detil. Jadinya kita yang jauh dari profesi itu jadi tergambar ya Mba. Pokoknya always nambah wawasan banget. Cuma aku sukanya yg plotnya cepat, sat set gitu

    ReplyDelete
  5. menariknya dari film atau series Korea bisa membahas satu pekerjaan secara detail dengan angel yang menarik dan selalu menarik sih buat ditonton atau diikuti

    ReplyDelete
  6. Kesuksesan kadang menjadi penjara bagi seorang kreator yang memiliki segudang ide kreatif ya. Kebayang sih ngebut karya dikerjar date line, tidak memiliki kehidupan sosial, terasa sepi ketika semua pekerjaannya selesai. Aku baca juga loh manga Death Note, punya serialnya tapi sekarang udah dikardus semua. Jadi pengen nonton Todays Webtoon yang mengambil kisah kehidupan sehari-hari komikus dan editor

    ReplyDelete
  7. Huwwaa molly jadi teracuni ini. Jadi pingin nonton juga mumpung masih ada jatah langganan viu. Bentar lagi mau habis soalnya.

    ReplyDelete
  8. Wooh ada Kim Se Jeong si cantik. Aku termasuk yang suka baca Webtoon nih mbak, kadang suka mikir ini komik dibikin mingguan apa nggak pegel gitu. Makanya wajar banget kalau author punya tim dan ternyata ada perusahaan yang mengelola juga ya istilahnya kek agency-nya. Menarik nih jadi pengen tau gimana kehidupan mereka. Nanti kalau udah tamat nonton deh hehe.

    ReplyDelete
  9. siap mbak dew, aku langganan viu nya tapi kebetulan kok habis :( jadi kudu nebeng adekku nih yang suka penyuka pikem korea

    ReplyDelete
  10. Webtoon yang seperti mengangkat kisah perjalanan mereka selama ini ya. Penggemar komik kayaknya harus nonton ini. Makasih ya mba

    ReplyDelete
  11. Ini menariknya drakor bisa memotret pekerjaan sampe detaiillll bgt

    Luar biasa ya mbaa, kasih insight dan gambaran buat kita semua.

    ReplyDelete
  12. Menarik mba dramanya. Aktor2 nya bening juga.. aku install viu..tapi lama nggak tak tengok. Cuss ah, semoga beneran 12 episode. Klo kepanjangan ga gitu suka aku...suka muter2 alurnya ...

    ReplyDelete
  13. Aduh, sampai cedera tangan karena kebanyakan menggambar. Sedih mbak Dew :(
    Mungkin karena dikejar deadline dan mereka tipe orang yang tanggung jawabnya tinggi ya, jadinya sampai mengabaikan kondisi kesehatan.

    Aku baru tahu ada drama ini. Udah lama ga buka App VIU, jadinya belum tahu lagi ada drama2 apa saja di sana.

    ReplyDelete
  14. kehidupan yang keras memang kerap menjadi sumber ide ya mba untuk cerita seru seperti ini. Well, sepertinya banyak pelajaran penting yang bisa kita dapatkan ya

    ReplyDelete
  15. Hidup itu wang sinawang ya mbaa...dibalik ketenaran seseorang ada usaha keras di belakangnya. Kita melihat woww artis glamour ternyata di belakang itu mereka rela kurang istirahat makan ga terjaga dan di tuntut selalu tampil.prima di depan kamera.

    Sama halnya komikus dikejar deadline jadi ritme hidupnya agak amburadul.

    ReplyDelete
  16. Wah, ini ada reviewnya pengen nonton tapi akhir akhir ini sibuk banget deh, memang begitu ya realita dilapangan tentang kehidupan webtoon, miris deh

    ReplyDelete
  17. Karena beberapa alasan, aku belum nonton Today’s Webtoon. Btw, aku beberapa kali nonton drama atau film yang bercerita tentang komikus. Jadi ya agak punya gambaran gimana sulitnya mereka. Tentunya ini juga gak mudah buat perusahaan

    ReplyDelete
  18. Semua profesi memang ada tantangannya sendiri-sendiri ya mbak... Pernah baca juga kehidupan komedian ternyata tidak seceria materi lawakan yang dibawakannya..

    ReplyDelete
  19. Aku pernah lihat ini cuplikannya di Viu, waktu itu pengen nonton tapi ragu2. Ini baca reviewnya nampaknya harus nonton ini, mayan ini pas lagi gak banyak drama on going.

    ReplyDelete
  20. Wah di Today's Webtoon ada Kim Se Jongnya ya. Jadi pengen nonton soalnya masih belum bisa move on dari drama sebelumnya. Oke juga nih buat dijadiin list tontonan selanjutnya

    ReplyDelete
  21. Ternyata ga cuma dunia K-Pop yang keras ya termasuk para komikus Webtoon juga persaingan ketat dan sadis ya mb Dedew.

    ReplyDelete
  22. Huhu...iya, sampai kasian ya..lihat kehidupan penulis webtoon ini.
    Aku juga jadi inget para fans menantikan selalu webtoon "True Beauty".. itu penulisnya bilang kalau sampai lelah karena pekerjaan mereka kan gak cuma membuat alur cerita, ilustrasi tapi juga memperlihatkan segala detil yang bisa dinikmati oleh pembaca.

    Salut banget~

    ReplyDelete
  23. iya saya juga menonton mbak today webtoon, ternyata begitu ya persaingan di dunia webtoon. kalau di drama ini kayaknya ilustrator atau kreator webtoon beneran dihargai ya dan disayang-sayang sama editornya, penghasilannya juga mungkin besar juga ya, karena lihat studionya juga bags bagus hehe semoga demikian juga yang terjadi di dunia perkomikan Indonesia yaa. sejahtera semua hehe btw mbak, on ma eum itu atlet judo kalau gak salah yaa

    ReplyDelete
  24. Wah sekeras itu ya mba jalannya Mangaka dalam berkarya..di rumah yang suka Manga suami sih jadi tahu deh lewat drama ini pengen coba tntn di Viu lagi ah

    ReplyDelete
  25. Lama-lama keknya si Sejeong bakal jadi aktris spesialis webtoon deh karena ada beberapa drama yang sebelumnya diambil dari webtoon juga. Nevertheless dia keren banget aktingnya!

    ReplyDelete
Previous Post Next Post