5 Lagu Campursari Tergalau Lord Didi Kempot - Small Things, Kecil Tapi Penting

5 Lagu Campursari Tergalau Lord Didi Kempot

Dear Temans,

Siapa yang tak kenal Lord Didi Kempot, penyanyi yang makin tersohor berkat lagu-lagu Campursari berbahasa Jawa yang galau dan bikin baper para kaum ambyar. Ajaibnya, Ia dipuja tak hanya oleh penggemar lamanya, tetapi lagunya juga diminati oleh generasi milenial.


5 Lagu Campursari Tergalau Lord Didi Kempot
5 Lagu Campursari Tergalau Lord Didi Kempot
Tak heran, pria yang dijuluki The Godfather of Broken Heart ini disukai oleh banyak penggemar. Bahkan, ia sudah lama melanglang buana lho. Tak disangka, masa lalu pria asal Surakarta ini cukup sedih ya menjadi pengamen jalanan sebelum terkenal. Terlahir dengan nama Dionisius Prasetyo, Lord Didi telah aktif berkarya sejak tahun 1984!


Jadi ingat, zaman dulu kala, teman-teman kuliahku tergila-gila dengan Lord Didi eh, sekarang lagu-lagunya malah dinobatkan jadi lagu patah hati nasional, haha. Emejing, sekarang penggemarnya yang disebut Sad Boys dan Sad Girls ada dimana-mana!


Nah, biar kalian bisa singing along pas konser Didi Kempot, berikut beberapa lirik lagu galau beliau, siapa tahu jadi inspirasi kalian untuk menulis cerita atau bikin lagu? Banyak liriknya diambil dari kisah nyata, lho!

1. Stasiun Balapan

Lagu ini adalah lagu Didi Kempot paling tersohor. Melodi lagunya asyik didengar dengan lirik menyayat hati. Kalau lagi patah hati, nyanyiin lagu ini bisa sambil menangis kali ya para sad boys, Hihi.


5 Lagu Campursari Tergalau Lord Didi Kempot
Konser yang selalu ramai penonton 

Seperti pada lirik lagunya, Rasane koyo wong kelangan, kowe ninggal aku, ra kroso netes eluh ning pipiku. Kalau diartikan ke Bahasa Indonesia: Rasanya seperti kehilangan, kau tinggalkan aku, tak terasa air mata menetes di pipiku.



Lagu ini bercerita tentang pasangan yang kisah cinta pertamanya berakhir di Stasiun Solo Balapan, di Kota Surakarta. So sad!



2. Suket Teki

Lagu ini pasti sudah sering kalian dengar, karena merupakan lagu wajib kondangan atau acara pentas dangdut sebagai hiburan rakyat, hihi. Aku yang bukan pencinta campursari saja jadi rada hapal lirik lagunya, huhu.


Banyak penyanyi dangdut kondang seperti Nella Karisma sampai Via Vallen beberapa kali membawakan lagu ini. Lirik dari lagu ini mengisahkan tentang seseorang yang patah hati akibat dikhianati. Rasa sakitnya membuat ia menyerah dan memilih berpisah. Ya Allah, sedih!

3. Lingsir Wengi

Banyak yang merinding ketika mendengar judulnya, padahal lagu yang berjudul Lingsir Wengi ini bercerita tentang kerinduan seseorang di tengah malam. Mungkin gegara malam-malam ini ya jadi bikin merinding?

Lirik lagunya, Sepi durung biso nendro, Kagodho mring wewayang kang ngeridu ati. Kalau diartikan ke Bahasa Indonesia, Sepi tidak bisa tidur, Tergoda bayanganmu di dalam hatiku. Duh, siapa tuh gadis yang dirindukan sebegitunya ya?

Lagu yang diaransemen Didi Kempot dengan nuansa campursari ini ternyata merupakan syair dari Sunan Kalijaga, lagu ini dibuat untuk menjauhkan bala. Jadi, jangan salah sangka apalagi takut karena rumor lagu ini dapat memanggil hantu.

4. Sekonyong Konyong Koder

Lagu ini judulnya kocak banget, ya! Selalu ngakak dengar lagu ini. Kalian pernah mengalami momen tentang cinta lokasi atau love at the first sight?
5 Lagu Campursari Tergalau Lord Didi Kempot
Bareng Rossa sebelum manggung 

Mungkin cerita cinta kalian mirip lagu Sekonyong Konyong Koder nih! Begini bunyi lirik lagunya, modal bensin sakliter montorku tak setater, Tak ampiri arep tak ajak muter-muter artinya Modal bensin satu liter saja motor kustater, untuk menjemputmu, kuajak berkeliling.
Tapi ternyata kisahnya nggak berakhir bahagia coba deh dengarkan lirikn berikutnya yang menyayat hati, Tiwas aku dandan mlipit, Rambutku tak ulet ngangge pomit, Malah kore lungo plencing, Ora pamit mit mit miiit (Koyo demit) artinya Aku sudah berdandan klimis, Rambut sudah dibaluri minyak pomade, Eh kamu malah pergi begitu saja. Nggak pamit..huhu!
Tragis banget kisah cinta dalam lagu Didi Kempot. Ini! Di lagu ini, Didi Kempot mendapat inspirasi dari candaan untuk memberikan gambaran romansa cinta masyarakat kelas bawah.

5. Sewu Kutho

Tahu tidak, lagu ini sudah didengar lebih dari satu juta kali di platform streaming musik lho! Tak heran, kalau ada orang yang mengatakan Walaupun air mata mengalir, namun badan tak berhenti bergoyang. Agak kontradiktif ya? Prinsipnya, bagaimanapun suasana hati, dijogetin saja, shaay! Hihi. Biar hepi!


Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang mencari dan menanti kabar kekasihnya yang lama pergi dan tak juga kembali. Ya Allah, mesakke men, to?

5 Lagu Campursari Tergalau Lord Didi Kempot
Dikelilingi Sad Boys dan Sad Girls 

Sewo kutho uwis tak liwati, Sewu ati tak takoni, Nanging kabeh, Podo ra ngerteni/ Lungamu neng endi, Pirang tahun anggonku nggoleki, seprene durung biso nemoni. artinya Seribu kota sudah kulalui, seribu orang kutanya, namun tidak ada yang tahu, kau pergi kemana sayangku, berapa tahun diriku mencari.

Legendaris banget kan beliau, so jangan heran kalau Didi Kempot kemudian ditasbihkan menjadi brand ambyarssador terbarunya Shopee.

Didi Kempot menjadi wajah untuk kampanye diskon Shopee 2.2 Men Sale yang berlangsung selama bulan Januari sampai Februari 2020. Selain menawarkan promo diskon hingga 50% dan juga tentunya yang tak pernah ketinggalan, gratis ongkir, ada pula promo spesial produk-produk pria pilihannya seperti Shopee Super Brand Day, Fashion Pria Day, Pulsa, Tagihan & Tiket Day, dan masih banyak lagi. Jadi, sudah berapa lama kalian ngefans sama Lord Didi?

Sumber Foto:
Instagram Didi Kempot


32 comments:

  1. Ya ampun :') Juara banget sih lagu-lagunya Lord Didi Kempot ini. Sampai sekarang masih ga shanggup dengerin lagu-lagunya, walaupun ada di Youtube dan Spotify. Nanti malah ambyar haha :)

    ReplyDelete
  2. Kalau buat saya sih lagu tergalau Didi Kempot selain Sewu Kutho adalah Cidro, Layang Kangen, sama Tanjungmas ninggal janji. Ambyaaar luuurrr hehehehe.

    ReplyDelete
  3. Yang namanya rezeki emang ga bisa diprediksi ya Mbaaa
    Ini tahun CETHAR BANGET buat om Didi. Udah lamaaaa jadi artis, thn ini beliau mendulang kesuksesan warbiyasaaakk, sampe dinobatkan jadi brand ambassador Shoppee
    Keren buangeeettt

    ReplyDelete
  4. emang paling juara itu Stasiun Balapan, denger lagu itu otomatis ambyaarrrrrrrr :D

    ReplyDelete
  5. Hahahhaaaa... ini paporit banget bapaku yang njawa banget. Wakakakkaa dan ku hapal banget lagu2nya Didi Kempot, secara tiap hari di rumah nnyetel moloo lagu2nya hahahaa..
    Makin mantap nih pakde Didi kempot, sukses selalu yaa..

    ReplyDelete
  6. Waktu ke Solo Oktober lalu, aku pertama kalinya PP naik kereta di Stasiun Balapan. Sebelumnya kalau ke Solo naik transportasi lain.

    Saat di stasiun, aku langsung teringat dengan lagunya Didi Kempot "Oh, ini toh "Stasiun Balapan" yang sering dinyanyikan Didi Kempot itu, hehehe. Dan aku mendengar lagu ini dari SMP, hehehe...AH, jadi pengen ke Solo lagi aku biar ketemu Stasiun Balapan :)

    ReplyDelete
  7. Makin kesini Didi Kempot makin hits ya mbk, lagu lagunya enak banget didengerin

    ReplyDelete
  8. Salut sih sama Didi Kempot. Semakin legend, semakin bersinar namanya. Bahkan bisa memikat banyak generasi milenial termasuk anak saya :D

    ReplyDelete
  9. Baru tahu Didi Kempot dijuluki LORD, ya ...
    The Godfather of Broken Heart ... baru tahu ini juga :D

    ReplyDelete
  10. AMpuuuun deeeeh, aku jadi dengerin Youtube Suket Teki ! Dedeeewwwww!

    Tapi yang paling seru yang koplo-nya Via Valleen hahahahaa kebanyakan backsound aneh aneh

    Ga sopan ih, ini aku masih sambil dengerin lagu loh!

    ReplyDelete
  11. Denger Didi Kempot sejak kecil, zaman Bapak masih suka nyetel radio dan tape recorder. Sekarang aku yang suka nyetelin Pamer Bojo, joget dan nyanyi bareng sama anak-anakku. Salam dari Sobat Ambyar ya... Seneng pas denger berita Didi Kempot jadi Ambyarsadornya Shopee hehe

    ReplyDelete
  12. Jarang lo generasi milenial suka tembang Jawa. Salut sama Mba Dewi ... Aku ga ngerti sih, yg suka bapak karena asli Jawa

    ReplyDelete
  13. Walaupun bahasa Jawaku terbata bata. Tapi aku tuh penggemar lagu Didi Kempot. Emang enak enak banget didengarnya mbaa

    ReplyDelete
  14. lah wiken kemarin sepanjang perjalanan ke Bandung suamiku stel lagu didi kempot dengan keambyarannya yang cendol dawet lima ratusan hahaha

    ReplyDelete
  15. Yang tau nomor 1 aja, peernah denger dari temen yang orang Jawa hehe. Yang lainnya ga tau.

    ReplyDelete
  16. Fans garis keras aku Mbak kwkw
    Di mobil playlistnya Lord Didi Kempot. Lagunya sedih bikin ambyar tapi semangat juga jadi terbakar.

    ReplyDelete
  17. Sobat ambyar pasti hafal nih lagu-lagunya wkwkw. Ayahku karena memang wong Jowo sering banget dengerin lagu-lagu Didi Kempot. Makanya aku familiar sama semua lagu-lagu yang disebutin di atas. Hahaha. Sukses terus Mas Didi Kempot!

    ReplyDelete
  18. Hwaaa karena aku org jawa timur aku suka dangdutan dan koplo apalagi didi kempot suka semua lagunya deh..

    ReplyDelete
  19. Sungguh mbak, aku kenal didi kempot dari aku kelas 3 SD ketika aku dipindahkan sekolah ke Kampung, walaupun bahasa Jawa ku ambyar banget, tapi aku selalu fasih sama liriknya lagu-lagu Pakde

    ReplyDelete
  20. Ulalaaa.. Jadi yg aku liat di Shopee selama Januari ini si didi kempot ini ya. Sumpah akutuh baru tau loh mba. Bener2 kudet. Padahal di legend. Kayaknya salah satu lagunya pernah denger nih aku

    ReplyDelete
  21. Padahal itu lagunya udah pada lawas ya mbak. Aku yang di Solo udah dari kapan tahun dengernya. Lha kok sekarang malah jadi menasional gini, digandrungi para milenial se Indonesia. Heran aku tuh.

    ReplyDelete
  22. Saya nggak ngikutin lagu-lagu terbarunya. Tahunya cuma Stasiun Balapan doang. Dulu meskipun lagu Jawa tetap suka. Yang sekarang-sekarang malah jarang dengar karena memang sudah mengurangi mendengarkan musik. Eh iya ya baru ngeh ternyata udah jadi Brand Ambassador Shopee.

    ReplyDelete
  23. Vote didi kempot RI 1 wkwkwk
    Tapi lagu-lagu ambyarnya semua viral. Dangdut, gamelan dan guyonan dadi sijiii

    ReplyDelete
  24. Yampuuun dulu waktu masih ada mamak (ART waktu masih kecil) seriiing banget nyetel lagu2 campursari siang siang dan salah satu yang pasti diputer juga lagu2nya Didi Kempot ahahahaha

    ReplyDelete
  25. stasiun balapan ini legend sihhhhhhh


    dari jaman ku SD sampe skrg masih enak aja gitu didendangkan, hihi

    ReplyDelete
  26. Saya taunya yang no 1 dan no 4 aja, Mba. Selebihnya ga ngerti. 😂 tapi nanti coba tak cari di yutub. Sapa tau familiar sama lagunya

    ReplyDelete
  27. Jiwa Sobat Ambyar-ku meronta melihat list ini, dari kelima-limanya saya suka semua. Tapi, yang paling ngena di hati saya itu si Sewu Kutho. Meski lagunya sedih dan nelangsa, tapi bisa mendatangkan inspirasi menggalau ria.

    ReplyDelete
  28. sayang di tempatku sudah gak ada lagi tetangga yg nyalain lagu kenceng2 kayak zaman dulu. sekarang lebih beradab sih, hehe. tapi jadinya gak kenal lagu2 terbaru.

    ReplyDelete
  29. Makin kesini beliau makin terkenal ya. Bahkan di kalangan teman2 saya yg ga ngerti Bahasa Jawa, lagu2 beliau sering diputar sama mereka. Hitslah poko'e.

    ReplyDelete
  30. Sering denger lagunya kalau di bus arah ke Kuningan. Haha galau jadinya. Walaupun ga terlalu ngerti semua karena bahasa jawa. Ah, jadi keingetan lagi kan. Pengen ke Stasiun Balapannya langsung!

    ReplyDelete
  31. Bapak ini lagunya memang digandrungi anak-anak muda sekarang ya Mbak. Semacam ada warna baru dalam pilihan musik generasi kekinian

    ReplyDelete

Recent

recentposts