Tips Mengirimkan Cerpen Anak ke Redaksi DAR! Mizan - Small Things, Kecil Tapi Penting

Tips Mengirimkan Cerpen Anak ke Redaksi DAR! Mizan

Dear Temans,
Alhamdulillah, Februari sudah tiba. Semoga berkah ya, aamiin! Januari tahun ini kami dapat kejutan manis dari Penerbit DAR! Mizan, Kak Nailah yang duduk di kelas 6 SD mendapat kiriman bukti terbit berupa dua buku Komik Kecil-Kecil Punya Karya berjudul Mangaka Cilik.

Tips Mengirimkan Cerpen Anak ke Redaksi DAR! Mizan
Nailah dan Buku Barunya


Alhamdulillah, satu cerpen Kakak yang berjudul Sania VS Bahasa Inggris diterima oleh penerbit Bulan November 2019 dan akhirnya terbit Bulan Januari 2020. Cepat juga ya!

Buku ini adalah buku antologi ketiga Kak Nailah dan buku keduanya di DAR! Mizan. Buku pertama yang memuat cerpennya adalah buku Dongeng Nyentrik Alesha terbitan DNA Creative, 2016 saat ia masih berusia 8 tahun. 

Tips Mengirimkan Cerpen Anak ke Redaksi DAR! Mizan
Cerpen Sania VS Bahasa Inggris 

Sebelumnya, Cerpen Kak Nailah pernah dikomikkan dalam buku Penculikan Azhar, DAR! Mizan, 2019. Seri Komik KKPK ini adalah salah satu seri KKPK DAR! Mizan yang laris manis. Satu buku biasanya terdiri dari 4-5 cerpen karya penulis cilik yang dijadikan komik. 

Dalam buku Mangaka Cilik, Nailah bergabung bersama beberapa penulis cilik yaitu Adnin Zawiyah, Hati Bening, Sophia Safana dan Virginia Haqq.

Cerpen Nailah berjudul Sania VS Bahasa Inggris menceritakan Sania, anak SD yang benci pelajaran Bahasa Inggris, tapi ia bercita-cita ingin ke Inggris untuk mewawancarai Emma Watson, pemeran Hermione di Film Harry Potter. 

Tips Mengirimkan Cerpen Anak ke Redaksi DAR! Mizan
Ajak anak menulis pengalamannya 

Untuk itu, ia harus jago bahasa Inggris, kan? Sania putus asa lalu kemudian ia menonton berita TV tentang Malala aktivis remaja, pejuang yang fasih berbahasa Inggris. Ia kagum! Malala saja bisa!

Akhirnya, Sania berusaha belajar dari film, buku dan mengobrol dengan kakaknya. Ia jadi suka belajar Bahasa Inggris!

Alhamdulillah, berkat senang baca buku, Nailah jadi senang menulis cerita walaupun masih moody, hehe. Jadi, ia punya tabungan naskah di folder. Kalau ada lomba cerpen untuk anak, biasanya aku tinggal mengirim naskahnya beserta kelengkapannya. 

Tips Mengirimkan Cerpen Anak ke Redaksi DAR! Mizan
Kenangan manis ikut FL2N 2019

Belakangan, Ia juga mulai suka menulis di blog. Biasanya berupa ulasan buku dan lagu yang ia sukai. Lumayan kan untuk belajar menulis agar tulisannya makin enak dibaca, blognya juga bisa jadi arsip pribadinya pasti lucu kan kalau baca-baca lagi kelak, hihi.  Nailah juga beberapa kali menulis artikel di blogku, haha. Salah satunya cerita liburan di Dufan.

Aku juga bersemangat mengikutkan cerpen dan tulisan Nailah ke berbagai lomba, hihi. Alhamdulillah, ia pernah menjadi finalis Lomba Cerpen di FL2N Nasional tingkat SD juga pernah menang lomba karya tulis Islami SD tingkat kecamatan. 

Nah, Setelah melihat buku Nailah, banyak teman yang bertanya bagaimana sih cara mengirimkan karya anak ke penerbit? Nah, aku bagikan caranya ya! Semoga bermanfaat! 

1.Usia untuk penulis cerpen dan komik adalah 7-12 tahun.

2. Kirimkan naskah cerpen dengan tebal 3-5 halaman, kertas A4, spasi 1.5 Times New Roman dan tema bebas.

Tips Mengirimkan Cerpen Anak ke Redaksi DAR! Mizan
Cara mengirimkan cerpen ke penerbit 

3. Kirimkan naskah yang sudah diketik dan print disertai data lengkap penulis (jangan lupa email dan nomer telepon ya), serta biodata yang berupa deskripsi untuk buku, dan foto terbaru penulis yang ceria!

4. Seleksi naskah biasanya jangka waktunya sebulan ya! 

Selain mengirimkan naskah cerpen ke alamat redaksi, kita juga bisa mengirimkan cerpen anak-anak melalui email yaitu kkpkdarmizan@gmail.com

Contoh biodata narasi 

Persyaratannya sama kok dengan mengirim naskah melalui pos. Mudah bukan cara mengirimnya? Jika cerpen anak kita diterima, akan dihubungi melalui email.

Oh iya, kalau mengirim naskah via email biasanya email kita akan dibalas oleh Kak editor dan meminta kelengkapan naskah seperti foto yang ceria, biodata narasi, serta foto kartu keluarga juga kita akan diminta mengisi formulir data relasi. Jangan lama-lama balasnya ya!

Sebaiknya, jangan menunggu karya diterbitkan tapi kirim saja sebanyak-banyaknya, setiap anak memiliki karya baru, edit dan langsung kirimkan. 


Tips Mengirimkan Cerpen Anak ke Redaksi DAR! Mizan
Duta literasi Kabupaten Semarang 

Agar peluang lolos lebih besar. Tema yang disukai redaksi biasanya tema kekinian seperti makanan dan minuman kekinian, profesi yang sedang hits, traveling, persahabatan, keluarga, coba saja intip Instagram KKPK ya untuk lebih detilnya! 

Keren juga seri Komik KKPK ini ya, tahu saja kalau anak-anak SD sedang gemar membaca komik. Nailah sedang menunggu satu lagi cerpennya yang bakal diterbitkan dalam Komik KKPK. 

Gara-gara karyanya dimuat, ia jadi tambah bersemangat menulis, baru-baru ini ia menyelesaikan naskah buku solonya. Doakan semoga buku solo Nailah bisa lolos dan terbit di DAR! Mizan ya Temans! 






  




28 comments:

  1. MasyAllah Mba anaknya jago banget sih nulisnya dan kecil-kecil udah punya buku. Apalagi bukunya buku seri KKPK yang tetkenal itu. Aku ikut terharu dan bangga ikh mba. Kayaknya suka nulisnya nurunnya dari emaknya nih ya hihihi. Selamat ya buat anaknya mba 😍

    ReplyDelete
  2. Hwaaa keren banget Nailah, selamat ya :)
    Masih kecil tapi udah punya prestasi dan stok naskah yang banyak :D

    ReplyDelete
  3. wooow kakak Nailah bisa ngikutin jejak Ibu nih, eh manggilnya mama ya?

    Semoga bisa tercapai cita-cita ke Inggris mewawancarai Emma Watson yaaa

    ReplyDelete
  4. Naiiii, udah gede aja. Terakhir ketemu itu pas di Hari Blogger Nasional dan nginep di desa Tembi kan ya? Keren ih, jagoan udah nulis. Ateu aja mati gaya kalau disuruh nulis cerita anak huhuhu... Selamat ya. Semoga makin produktif kayak mamahnya

    ReplyDelete
  5. Mbak Dew ini bisa dapetin bukunya dimana? Aku mau beli, Gramedia sudah adakah? Atau bisa pesan online? Ah keren banget ini Nailah ya, semangat terus ya biar semakin banyak karyamu nak.

    ReplyDelete
  6. Wah,keren nih Nailah. Aku jadi pengen juga mengirim naskah ke DAR Mizan. Bercita-cita pengen jadi penulis buku tapi aku masih maju mundur kirim naskahnya. Keren banget nih Nailah, masih kecil udah bisa nerbitin buku. Cakep.

    ReplyDelete
  7. Aku suka buku-buku terbitan karya Mizan. Semasa dahulu mayoritas buku-bukunya yg menemani waktu baca Aku
    dede Nailah hebat ya sudah banyak prestasi. Terus berkarya ya..

    ReplyDelete
  8. Waaah keren Kakak Nailah... Semangat terus nulisnya ya biar makin berkibar

    ReplyDelete
  9. Waaaa Nailah hebaat! Kecil2 udah menghasilkan ya.
    Ternyata begitu ya prosesnya.

    Pengen tau deh, kalo misalnya menulis Nailah itu kapan ya? Setiap hari selesai plg sekolah gitu ya?

    ReplyDelete
  10. Keren amat Naila. Emang buah jatuh gak jauh dari pohonnya. Kecuali kalo buahnya digondol codot. Wkwkwk. BTW anakku nih yg ga ada minat nulis. Emaknya kadang baper. Tapi dia lumayan suka bikin komik

    ReplyDelete
  11. Keren banget mbak. Buah jatuh tak jauh dari pohonnya ya. Kayanya bakat Naila memang di dunia kepenulisan yaaa. Semangat terus ya sayang

    ReplyDelete
  12. Memang bener nih, buah tak jatuh jauh dari pohonnya. Semangat terus berkarya dan terus menulis ya kak Naila.
    Jadi pengen baca karyanya kak Naila nih.

    ReplyDelete
  13. Salut banget sama si kakak, masih kecil udah jadi penulis keceh, duh ku merasa malu 😊

    Semoga nanti bsa baca bukunya kakak buat cadebay kelak 😊

    ReplyDelete
  14. Dukungan untuk anak-anak yang udah ketahuan kemampuannya, bener2 harus, ya Mbak. Apalagi dukungan keluarga :)

    ReplyDelete
  15. Nailah hebat!
    Terus semangat berkarya ya. Semoga lahir karya-karya selanjutnya
    Terima kasih tipsnya mengirimkan cerpen anak ke redaksi ini. Bermanfaat ini

    ReplyDelete
  16. Keren sekaliiii sudah punya karya yang dipublikasikan! Wah aku jadi iri banget sama prestasi Kak Nailah. Dari dulu pengen banget punya karya yang diterbitin. Semoga suatu hari bisa terwujud. Amiiiin <3

    ReplyDelete
  17. kakak nailah hebat kayak mamahnya. terus berkarya dan semakin berprestasi ya

    ReplyDelete
  18. Keren bnget Nailah jadi kpikiran buat ngirim tulisan anakku mba,,, selama ini dia nulis di buku gitu dn kubaca ceritanya udah runtun bngt

    ReplyDelete
  19. keren 😆 kecil2 dah punya blog dan pandai menulis cerpen. bakal lebih hebat dr mommy nih. hehe

    ReplyDelete
  20. Wah.. Hebat banget mba anaknya. Sudah bisa menulis sejak dini. Kereeen sekali. Untuk menstabilkan mood anak umur segitu gimana tipsnya mba? Anak saya juga hobi menulis cerita yg dia tonton dr kartun. Tp suka moody kadang. Hihi. Thanks loh mba infonya. Saya bookmark nih

    ReplyDelete
  21. Anak saya langsung semangat ingin mengirimkan karyanya. Tapi dia sukanya buat komik Mbak. Syarat-syarat mengirim komik apa saja ya? Apa menggunakan kertas HVS juga?

    ReplyDelete
  22. Masyaallah kak Nailah, hebat banget sih kak. Insyaallah bakalan jd penulis sukses kaya mama ya kak. Congrats buat buku barunya kak

    ReplyDelete
  23. kakak Naaai keren sekali kamu, jadi penasaran bunyi tulisan nya kayak apa, apa secanggih bunda?

    ReplyDelete
  24. Keren mb, anak juga jadi tambah PD ya karena karyanya diapresiasi. Selamat Kak Naila, terus berkarya ya...

    ReplyDelete
  25. Semoga Nai makin semangat menulis ya setelah karya-karyanya dimuat. Senang sekali melihat anak kita gemar membaca dan menulis ya. Sayang sekali nih, Kak Vivi sedang up and down semangat menulisnya karena terkendala manajemen waktu di pondok sana.

    ReplyDelete
  26. Buah jatuh nggak jauh dari pohonnya ya. Ibunya penulis produktif... Putrinya pun mengikuti. Keren banget. Semangat terus kak Nai...

    ReplyDelete
  27. Ka Dewi makasih ya udah mampir blog aku :3 ini tp kok blognya ga bisa di follow ya? HIhi.

    Saya blm punya anak ;_; tp semoga kalau punya ntar bisa pinter nulis jg kaya anaknya ka dewi :3 selamat yaaaa udah mau diterbitin :3

    ReplyDelete

Recent

recentposts