Menikmati Black Dog: Being a Teacher, Drama Korea Tentang Pendidikan - Small Things, Kecil Tapi Penting

Menikmati Black Dog: Being a Teacher, Drama Korea Tentang Pendidikan

Dear Temans,

Mengawali tahun 2020, ada tiga drama Korea anyar yang aku tonton yaitu Black Dog, Stove League dan Crash Landing on You. Maklum, Karena suatu hal, sekarang aku jarang bepergian, dan jarang keluar rumah,  akhirnya berusaha fokus menulis naskah buku, jadilah drama Korea dan musik KPop menjadi penghiburku, hihi. 

Drama Korea Black Dog TVN
Drama Korea Black Dog Being a Teacher TVN
Nah, aku mau bahas satu drama dulu ya, judulnya Black Dog, Being a Teacher yang panjangnya 16 episode. Yuk, kita intip sama-sama!

Drama Korsel ini mulai ditayangkan 17 Desember 2019 di TVN dan minggu ini tamat serinya. Kebetulan, aku berlangganan TV kabel jadi bisa memantengi episodenya setiap Senin dan Selasa waktu Indonesia barat. 

Drama ini bertema pendidikan di sekolah menengah atas seperti drama fenomenal, Sky Castle. Hanya saja, sesuai tagline nya Being A Teacher, Black Dog lebih menyorot perjuangan dan konflik para guru di sekolah bukan murid-muridnya. Tapi, ada juga kok cerita tentang para murid kelas 3 SMA Daechi ini. 

Drama Korea Black Dog Being a Teacher TVN
Kekompakan Bu Go dan Bu Park

Alkisah, Go Haneul yang diperankan dengan memikat oleh Seo Hyun Jin diterima sebagai guru kontrak pelajaran Bahasa Korea di SMA Swasta Dechi di Seoul. Go Haneul bahagia bisa bekerja sebagai guru. 

Episode pertama dibuka dengan kecelakaan dahsyat yang nyaris merenggut nyawa Go Haneul saat duduk di bangku SMA. Karena peristiwa itu, Ia harus kehilangan Pak Kim, gurunya dan membuatnya trauma.

Apa yang menyebabkan Pak Kim tergerak untuk menolong Go Haneul hingga membahayakan nyawanya? Bu Go ingin sekali menemukan jawabannya.

Karena itulah ia ingin sekali menjadi guru untuk melanjutkan perjuangan guru idolanya. Ternyata, di awal kerja sudah mendapat ujian berat ia dituduh berhasil jadi guru karena koneksi Pak Moon, pamannya yang menjabat di sana. Padahal, guru sementara sebelumnya mengundurkan diri karena beban kerja yang berat.


Tak hanya dicurigai sebagai guru yang masuk secara curang, sehingga ia jadi bahan gosip guru lain dan dijauhi, Bu Ko juga dianggap sebagai saingan dari guru kontrak yang sudah bekerja di sana selama 6 tahun, Pak Ji Hae Won. Keduanya jadi berebut posisi sebagai guru tetap di SMA Daechi. 

Bu Ko berusaha menunjukkan kualitasnya dengan berusaha mengajar dengan baik dan melakukan tugasnya sebagai anggota tim Perguruan Tinggi.
Drama Korea Black Dog Being a Teacher TVN
Pak Do yang tampan 

Tim yang diketuai Bu Park ini (Ra Mi Ran) bertugas memasukkan anak murid sebanyak mungkin ke perguruan tinggi ternama. Berempat bersama guru muda Pak Do Yeon Woo dan Pak Bae Myung Soo yang kompak, Ko Haneul menjalani kehidupannya sebagai guru. Tim mereka bersaing dengan Tim Senior yang dipimpin musuh bebuyutan Bu Park, Pak Song yang tengil. Seru deh. Haha. 

Bu Go yang tadinya dikucilkan perlahan diterima guru lain berkat Bu Park, ketua tim yang terlihat judes namun baik hati. Aku suka banget chemistry diantara Bu Go yang pemalu dan agak canggung tapi bertekad kuat dengan Bu Park yang tadinya bersikap dingin pada Bu Go. 

Drama Korea Black Dog Being a Teacher TVN
Kekompakan Bu Go dan Pak Do

Aku juga jadi tahu kalau posisi guru kontrak atau guru sementara di Korsel itu kerap dipandang sebelah mata walaupun berprestasi sehingga kerap dirahasiakan statusnya pada murid sekolah agar mereka tidak direndahkan. Duh, sedih ya! Ada diceritakan pula bagaimana seorang guru sementara di Daechi mengundurkan diri karena tak tahan diremehkan dan diejek oleh anak-anak. Hiks!

Ada pelet apa ya Bu Go ini? Kurasa karena ia tulus dan mau membantu orang lain walau ia sering dirundung guru lain. Ia juga berani mengungkapkan pendapatnya walaupun awalnya ragu. Ia juga sayang murid-muridnya. 

Ada juga kisah Pak Do yang terus ditekan oleh Bu Han, Kepala Urusan Sekolah dan Kepala Sekolah karena mereka tidak menyukai kepopuleran dan metode mengajarnya yang kreatif.

Drama Korea Black Dog Being a Teacher TVN
Pak Do berkacamata makin ganteng
"Lebih baik kita bekerja seadanya toh kita tetap dibayar," ujar Pak Do yang frustrasi kena marah atasannya terus.

Alur cerita Black Dog yang disutradarai Hwang Joon Hyuk dan ditulis oleh Park Joo-Yun agak lambat dan bagi yang menyukai kehebohan mungkin agak bosan mengikuti alurnya. Seru juga menonton persaingan sengit antara Tim Perguruan Tinggi dan Tim Senior yang sering berbeda pendapat.

Kurasa banyak pelajaran berharga dan pengetahuan tentang sistem pendidikan di Korsel yang keras dan penuh persaingan. 

Jadi guru di manapun memang tidak mudah ya. Bagaimana harus kreatif mengajar biar tidak bosan, bagaimana menghadapi murid yang susah diatur dan bagaimana memperhatikan para murid tanpa membedakan. Belum lagi politik di sekolah yang bikin atmosfer kerja kurang nyaman harus dihadapi Bu Go.

Seperti Sky Castle, anak-anak di Black Dog juga belajar super keras untuk masuk perguruan tinggi. Jika keluarga Sky Castle yang kaya-raya sampai rebutan mentor super mahal untuk membimbing anak mereka, anak-anak Black Dog di-push di sekolah dengan pelajaran tambahan yang intensif serta belajar mandiri. Tak heran, mereka seperti tinggal di sekolah karena selalu pulang larut malam! Duh. 


Seo Hyun Jin, artis kelahiran Seoul, 27 Februari 1985 ini sudah membintangi sejumlah drama sebagai pemeran utama diantaranya Let's Eat 3 sebagai Penulis Baek Soo Ji yang kocak dan seru. Juga berperan sebagai Miss Oh di drama Another Miss Oh, 2015. 

Setiap karakter yang dimainkannya di drama selalu berbeda-beda. Di Black Dog, ia kalem, murah senyum dan berpakaian rapi dan agak culun, hihi. Nggak disangka, ternyata ia adalah vokalis utama girl group saat remaja, M.I.L.K. Penasaran ingin dengar suaranya! 


Akting tokoh lain juga memikat, sehingga penonton merasa akrab dengan mereka. Ada Bu Kim Yi Boon (diperankan Jo Sun Joo yang cantik) yang dijuluki guru rese dan suka menindas guru lain, ternyata jadi sahabatan dengan Bu Go! 

Jadi, aku sedih saat menonton episode terakhir Black Dog ini, harus berpisah dengan Bu Go dan tokoh lainnya. Banyak penonton yang menyayangkan mengapa tak ada bumbu getar asmara Bu Go dengan guru Bahasa Korea Pak Do yang tampan dan terkenal. Sayang ya, haha. Tapi lucu dan terkadang gemas, kok melihat interaksi mereka. Pak Do yang kasep ini diperankan oleh Ha Joon, ia juga membintangi drama Radio Romance dan Arthdal Chronichles.

Salut deh untuk penulis cerita, sutradara serta kru, dan para pemeran drama Black Dog, Being a Teacher ini. Semoga nanti bisa melihat akting keren  Go Haneul, Bu Park, Pak Bae, dan Pak Do di drama lain, aku ngefans banget pada mereka, Hihi. 

Sumber Foto:
Instagram TVN Drama

37 comments:

  1. jangan lupa juga class of lies

    drama-drama korea ada beberapa tipe, sejarah, sekolah, rumah sakit, pemerintah.
    penggambaran masyarakat sana dengan skill penanganan kelas tinggi. kayak lagi promosi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa abis gini aku cari Class of Lies ah.


      Btw, black dog ini sakjane maksudnya apa yaa? Apa karena mereka berseragam hitam? Tapii, dog?

      Delete
  2. Lhaa kukira bakal jadian sama baoak guru ganteng haha. Mosok ra ono romance nya. Itu pak guru di radio romance jd manajer artis ya.

    ReplyDelete
  3. Waah mbak Dedew suka nonton drakor nih ye sekarang. Aku malah nggak sempat nonton drakor nih.. crash landing on you Aja mandheg di jalan wkwk.

    ReplyDelete
  4. Wah jadi penasaran juga nih ingin menoton drama Korea ini.. Menjadi guru di manapun memang berat ya mba..tuntutannya tinggi.. TFS mba..

    ReplyDelete
  5. Aku sampe lupa kapan trahir x nonton drakor mbak, tqpi kayanya ni temanya menarik ya, jd penasaran

    ReplyDelete
  6. Wah, bgs cerita nya cocok buat anak remaja kyk anakku. Aku jg berlangganan TV kabel nt lgsung cuss deh.

    ReplyDelete
  7. Kayaknya di sini juga deh. Guru tak tetap masih dipandang rendah, sehingga kalau bisa ga disampaikan ke murid

    ReplyDelete
  8. Sepertinya seru nih. Baru saja selesai nonton sky castle karena baca review di blog seseorang. Aku memang penggemar cerita background sekolahan nih.

    ReplyDelete
  9. Kirain bakal ada percikan asmara antara Bu Go dan pak Do, ternyata sekedar teman ya. Wah aku udah membayangkan mereka ngedate, hahahaa

    ReplyDelete
  10. Aku belum tertarik nonton Black Dog soalnya keliatan kurang ceria gitu.kalo baca resensinya mba dew jadi bener ya. Lagi pengen yang bikin hepi dl. Nanti kalo bosen baru deh nonton yg kaya black dog

    ReplyDelete
  11. Aku sekarang juga mulai suka drakor. Walau nontonnya kadang dicepet-cepetin hahaa... Banyak hal yang menarik dan bisa jadi pelajaran.

    ReplyDelete
  12. kalo aku yang jadi sutradaraaaa... semuaaa kujadiin hahaha (gemeesh) - secara gitu aku penganut mazhab happy ending ala cinderella

    bahkan ini aja bisa jadi ideku dalam menggambar loh Dew!

    ReplyDelete
  13. Kayak di Indonesia nih yang masih belum apresiasi guru kontrak ya mba. Dan film ini banyak yang rekomendasi menarik dan aku rencana pengen nonton :)

    ReplyDelete
  14. Menarik juga ya, ide ceritanya. Masih cocok nggak kalau ditonton remaja?

    ReplyDelete
  15. Udah lama nggak ngedrakor... Soalnya aku tipe yg nggak bisa banget penasaran 🙈

    Ini sepertinya menarik untuk ditonton. Brb nyari donlotan 😆

    ReplyDelete
  16. Huwwaaa, koq ngepasi story life aku sendiri yg masih sedang masa probation di satu sekolah keren ^^

    Jadi pengen spt Bu Go ah. Komit dan konsisten menebar ke-serba-positifan. Aamiin

    ReplyDelete
  17. Baca post ini karena ada judul drama korea. Kebetulan lagi nyari rekomendasi drama korea untuk tontonan selanjutnya :D

    ReplyDelete
  18. Dulu aku emoh bgt nonton beginian. Skrg mulai nonton secuplik-secuplik. Tapi masalahku adalah: tidak ingat judul, susah mengingat nama dan wajah cowok2nya. Padahal itu para oppa udah ta' penthelengi baik-baik

    ReplyDelete
  19. Wah, cerita tentang guru honorer ini ternyata
    Dimana-mana sama ya, ga di Indonesia ga di Korea, guru honorer dianggap ga ada
    Ku baca reviewnya berharap Bu Go jadian sama Pak do, ternyata enggak ya...yahh, penonton kecewa. Mungkin karena kalau satu lokasi kerja harus keluar salah satu, maka mereka pilih berteman saja :D

    ReplyDelete
  20. TVN kalau bikin drama emang keren-keren hihihi, tapi kalau Seo Hyun Jin memang ngak diragukan lagi, aku suka sejak another miss Oh, kalau akting total banget apalagi dipadukan dengan Ra Mi Ran...wah kocak tuh, aku suka. Cuma beberapa waktu ini aku lagi skip nonton drama paling masih on going drama weekend di KBS, tapi aku juga catet nih beberapa referensi drama salah satunya Black Dog ini.

    ReplyDelete
  21. Ternyata gak jauh beda sama guru kontrak di indonesia ya. Mungkin kalo di indo sering di bilang guru honor itu ya, bedanya mungkin kalo di black dog ini semua pada ganteng cantik hehehe

    ReplyDelete
  22. Aku belum ngereview Black Dog

    Drama ini tema pendidikan tapi dari segi gurunya. Akhirnya juga lihat Seo Hyun Jin nangis tapi bukan gara-gara cowok

    ReplyDelete
  23. Ceritanya menarik nih, aku suka yang tentang sekolah2 seperti ini. Jadi guru sementara di Korea itu kadang dipandang sebelah mata ya. Duh jadi inget dulu saat SMA, ada guru magang, diledekin terus sama anak-anak karena pembawaannya kaku :D
    Jadi tidak ada cerita asmara antara Bu Go dengan Pak Do? Penonton kecewa haha

    ReplyDelete
  24. Jadi inget jaman sma, ada guru magang yang dijailin sama temen sekelas saya sampai nangis, heuheu...

    ReplyDelete
  25. Soba sobiku kok ga bahas film ini yah meski aku bukan pecinta drakor tapi suka jadi silent reader kalau soba sobi bahas drakor hehehe coba rekomen film ini ah

    ReplyDelete
  26. Aduh aku masih blank aja sama drakor, heuheu, masih belum jatuh cinta. Ketinggalan jaman banget, hehehe. Sedang rencana mau nonton CLOY tapi ntar kalau udah tamat aja deh, biar gak penasaran trus.

    ReplyDelete
  27. Awal pertama baca review drakor Black Dog: Being Teacher saya kira bakalan ada bumbu asmara antara Bu Go dan Pak Do. Ternyata lebih banyak mengulas tentang cara mengajar para guru ya...

    ReplyDelete
  28. Wah, drama Korea selalu seru ceritanya ya, dan biasanya jadi bikin semacam candu. Ketagihan pengin nonton terus :)

    ReplyDelete
  29. mba, hahahah akhirnya aku pecah telor juga nih nonton drama korea yang judulnya crash landing on you.. meski tetep kalo bukan pemain utamanya suka aku sekip sekip

    ReplyDelete
  30. duuuh kirain lanjut bahasannya ke Crash Landing On You. Haha. Ternyata cuma Black Dog doang. Aku nggak sabar pengen nonton dua episode terakhir. Nggak berani nonton lainnya dulu soalnya takut menyita waktu banget.

    ReplyDelete
  31. Aku juga sekarang lagi suka nonton drakor mbak. Apalagi sejak nonton CLAY. Jadi penasaran sama Black Dog ini. Tonton aah

    ReplyDelete
  32. Seru ini drama Being A Teacher, Black Dog meyg lebihnyorot perjuangan dan konflik para guru di sekolah bukan murid-muridnya. Jarang bngt biasanya drakor itu muridnya y mau nonton nih pnasaran

    ReplyDelete
  33. Wah.. Doyan mak emak nih. Kalau ceritanya mirip sm sky castle. Wkwk. Serial Korea guru terakhir yg aku tonton apa ya.. Gokusen apa ya judulnya. Lupa..

    ReplyDelete
  34. Aku tuh sebenernya seneng loh nonton drama korea ini karena emang bagus banget tapi skrng aku ga sempet nie soalnya sibuk ngurus anak

    ReplyDelete
  35. Aku pun lagi mengurangi aktivitas luar rumah, kalau di rumah pas lagi senggang nonton drama Korea aja. Kalau yang ini belum nonton, mau ah nanti kalau sudah selesai yang CLOY nonton ini.

    ReplyDelete
  36. gak enak banget dituduh jd guru karena ada KKN. sering gitu di realita, jd kerasa banget sebelnya. jd pengen nonton film ini deh

    ReplyDelete

Recent

recentposts