Piknik Asyik di Taman Indonesia Kaya di Semarang - Small Things, Kecil Tapi Penting

Piknik Asyik di Taman Indonesia Kaya di Semarang

Dear Temans,

Masih berkutat dengan tugas kuliah atau pekerjaan kantor? Yuk, refreshing dengan piknik tipis-tipis, hehe. Maksudku, kalian bisa menyegarkan pikiran dengan piknik di sekitar tempat tinggal kita. Yuk, jalan-jalan di Semarang dan sekitarnya! 

Taman Indonesia Kaya Semarang
Taman Indonesia Kaya Semarang 
Walau terkenal dengan julukan kota transit, sebenarnya Semarang punya cukup banyak tempat wisata. Sebut saja Pasar Karetan, Lawang Sewu, Kelenteng Sam Poo Kong, Masjid Agung Jawa Tengah, Taman Firdaus Fatimah Zahra, hingga Kota Lama. Jika ingin menikmati pemandangan alam bisa mengunjungi Curug Gondoriyo di Ngaliyan, atau  Pantai Marina. Cukup lengkap kan tempat wisatanya? 

Alhamdulillah, Pemerintah Kota Semarang semakin berbenah untuk menyambut para wisatawan dalam dan luar negeri. Moda transportasi untuk para wisatawan pun semakin mudah lho. Banyak pilihan transportasi umum dari bus kota, angkot, hingga Trans Semarang. Untuk wisatawan dari luar kota. Sekarang kalian bisa naik Golden Bird Bandara dari Bandara Ahmad Yani Semarang, lho.  Cara memesan tiketnya pun mudah sekali di Traveloka. Cek tiket Golden Bird Semarang di sini, ya. Jadi, para wisatawan tak galau lagi mau jalan-jalan naik apa di Kota Semarang. 

Taman Indonesia Kaya Semarang
Pandawa Lima 

Saat ini, sering diadakan berbagai festival dan pesta kebudayaan di Semarang seperti Semarang Night Carnival hingga Festival Kota Lama yang berlangsung 13-22 September ini. Jadi, jangan ketinggalan ya, kunjungi Festival Kota Lama yang pertama kalinya berlangsung selama 9 hari. Ya, kegiatan ini diperpanjang waktunya untuk menampung animo para pengunjung yang antusias. 

Taman Indonesia Kaya Semarang
Bersantai di bangku taman

Ada acara apa saja di Festival Kota Lama?
Catat ya, Selain Pasar Sentiling, ada pertunjukan seni di Gedung Marabunta, bedah buku, pemutaran film Garin Nugroho, kegiatan jelajah Kota Lama hingga peragaan memakai kain dan jarit tradisional. Meriah, kan. Insya Allah, hari Minggu aku bakal ke Festiv Kota Lama nih, kita ketemu di sana yuk, Temans!  

Nah, masih ngobrolin tentang piknik tipis-tipis, Hari Sabtu lalu, aku dan anak-anak piknik ke Taman Indonesia Kaya di Semarang. Taman yang dulu beken dengan sebutan Taman KB ini makin cantik. 

Mengapa disebut dengan Taman KB? Ya, karena ada patung Ibu dan kedua anaknya di tengah taman. Jangan tanyakan dimana bapaknya ya! 

Taman Indonesia Kaya Semarang
Air keran siap minum 

Taman Indonesia Kaya Semarang

Setelah direnovasi total oleh Pemerintah Kota Semarang dan Bakti Budaya Djarum Foundation, dan diresmikan tahun lalu, Taman Indonesia Kaya menjadi tempat favorit bagi masyarakat Semarang dan sekitarnya. 

Dengan lahan seluas 5000 meter persegi, taman ini semakin cantik dan dilengkapi berbagai fasilitas pendukung. Salah satu fasilitas utamanya adalah panggung pertunjukan amfiteater dengan kapasitas penonton 1000 orang. Panggung ini menghadap kedua arah. Selain panggung, ada pula tempat ganti kostum pemain dan toilet. 

Taman Indonesia Kaya ini kerap dijadikan tempat latihan dan pertunjukan seni oleh berbagai komunitas di Semarang. Salah satunya Klub Merby yang pentas seninya meriah sekali. Ada pertunjukan Wushu, balet, drum hingga tari modern dan tarian tradisional. Sound systemnya walau tidak terlalu jernih cukup lumayan bagi penonton. 


Oh iya, Bulan Juli lalu diadakan acara konser Jazz tahunan lho Loenpia Jazz di Taman Indonesia Kaya. Sayangnya, aku sedang mengawal Nailah lomba literasi di Tangerang jadi tak ikut menyaksikan kemeriahannya. Terbayang, ribuan penonton memadati Taman Indonesia Kaya ya hingga luber ke jalan. 

Ya, Taman ini asyik untuk bersantai bersama teman-teman atau keluarga. Ada banyak bangku besi tersebar di sudut taman. Tamannya cukup rindang dan hijau untuk bersantai di pagi dan sore hari. 

Taman Indonesia Kaya Semarang
Penonton yang antusias

Yang menarik, ada pula Taman Pandawa Lima yang berisi karya patung atau instalasi seni lima anggota Pandawa berwarna hijau. Bentuknya seperti wayang kulit dan menarik sekali untuk dinikmati. Patung Pandawa Lima ini adalah karya para seniman muda lokal Semarang. Keren, ya!

Tak hanya itu, ada juga air mancur warna-warni yang bisa dinikmati pengunjung pada jam-jam tertentu. Jadi penasaran, masih berfungsi nggak ya air mancurnya ini? Jadi, kalau ingin bersantai bareng keluarga dan teman atau sekadar kumpul komunitas, Taman Indonesia Kaya bisa jadi tempat yang menyenangkan, lho. Kalau lapar, bisa menyeberang dan jajan tahu gimbal Semarang yang legendaris. Asyik, kan! 





5 comments:

  1. Keren banget air kerannya bisa langsung diminum. Seru banget ya mbak ada tempat wisata kece kayak gini jadi bisa nyenengin keluarga tanpa harus jauh jauh ke luar kota.

    ReplyDelete
  2. Kalau ada yg tanya bapaknya kemana sama patung KB. Jawab aja, Mba "Bapaknya lagi cari nafkah" hahahaha.. serunya kalau punya taman yang lengkap fasilitasnya. Jadi nyaman org utk sekedar relaksasi minimalis.

    ReplyDelete
  3. Aaaakkk, seniman muda SEMARANG trus eksis dan menunjukkan karya nan brilian ya Mak
    Asik banget bangeettt, kudu aku samperin kalo pas main ke SMG nih
    --https(dot)bukanbocahbiasa.com--

    ReplyDelete
  4. Piknik tipis-tipis ini perlu juga sih menurutku, apalagi untuk para ibu-ibu macam kita ginikan. Apalagi bisa ngajak anak-anak untuk ikut serta juga.

    ReplyDelete
  5. Keren tamannya.
    Terlihat adem juga buat duduk nyantai di sana.

    ReplyDelete

Recent

recentposts