Piknik Asyik di Taman Indonesia Kaya di Semarang

Dear Temans,

Masih berkutat dengan tugas kuliah atau pekerjaan kantor? Yuk, refreshing dengan piknik tipis-tipis, hehe. Maksudku, kalian bisa menyegarkan pikiran dengan piknik di sekitar tempat tinggal kita. Yuk, jalan-jalan di Semarang dan sekitarnya! 

Taman Indonesia Kaya Semarang
Taman Indonesia Kaya Semarang 
Walau terkenal dengan julukan kota transit, sebenarnya Semarang punya cukup banyak tempat wisata. Sebut saja Pasar Karetan, Lawang Sewu, Kelenteng Sam Poo Kong, Masjid Agung Jawa Tengah, Taman Firdaus Fatimah Zahra, hingga Kota Lama. Jika ingin menikmati pemandangan alam bisa mengunjungi Curug Gondoriyo di Ngaliyan, atau  Pantai Marina. Cukup lengkap kan tempat wisatanya? 

Alhamdulillah, Pemerintah Kota Semarang semakin berbenah untuk menyambut para wisatawan dalam dan luar negeri. Moda transportasi untuk para wisatawan pun semakin mudah lho. Banyak pilihan transportasi umum dari bus kota, angkot, hingga Trans Semarang. Untuk wisatawan dari luar kota. Sekarang kalian bisa naik Golden Bird Bandara dari Bandara Ahmad Yani Semarang, lho.  Cara memesan tiketnya pun mudah sekali di Traveloka. Cek tiket Golden Bird Semarang di sini, ya. Jadi, para wisatawan tak galau lagi mau jalan-jalan naik apa di Kota Semarang. 

Taman Indonesia Kaya Semarang
Pandawa Lima 

Saat ini, sering diadakan berbagai festival dan pesta kebudayaan di Semarang seperti Semarang Night Carnival hingga Festival Kota Lama yang berlangsung 13-22 September ini. Jadi, jangan ketinggalan ya, kunjungi Festival Kota Lama yang pertama kalinya berlangsung selama 9 hari. Ya, kegiatan ini diperpanjang waktunya untuk menampung animo para pengunjung yang antusias. 

Taman Indonesia Kaya Semarang
Bersantai di bangku taman

Ada acara apa saja di Festival Kota Lama?
Catat ya, Selain Pasar Sentiling, ada pertunjukan seni di Gedung Marabunta, bedah buku, pemutaran film Garin Nugroho, kegiatan jelajah Kota Lama hingga peragaan memakai kain dan jarit tradisional. Meriah, kan. Insya Allah, hari Minggu aku bakal ke Festiv Kota Lama nih, kita ketemu di sana yuk, Temans!  

Nah, masih ngobrolin tentang piknik tipis-tipis, Hari Sabtu lalu, aku dan anak-anak piknik ke Taman Indonesia Kaya di Semarang. Taman yang dulu beken dengan sebutan Taman KB ini makin cantik. 

Mengapa disebut dengan Taman KB? Ya, karena ada patung Ibu dan kedua anaknya di tengah taman. Jangan tanyakan dimana bapaknya ya! 

Taman Indonesia Kaya Semarang
Air keran siap minum 

Taman Indonesia Kaya Semarang

Setelah direnovasi total oleh Pemerintah Kota Semarang dan Bakti Budaya Djarum Foundation, dan diresmikan tahun lalu, Taman Indonesia Kaya menjadi tempat favorit bagi masyarakat Semarang dan sekitarnya. 

Dengan lahan seluas 5000 meter persegi, taman ini semakin cantik dan dilengkapi berbagai fasilitas pendukung. Salah satu fasilitas utamanya adalah panggung pertunjukan amfiteater dengan kapasitas penonton 1000 orang. Panggung ini menghadap kedua arah. Selain panggung, ada pula tempat ganti kostum pemain dan toilet. 

Taman Indonesia Kaya ini kerap dijadikan tempat latihan dan pertunjukan seni oleh berbagai komunitas di Semarang. Salah satunya Klub Merby yang pentas seninya meriah sekali. Ada pertunjukan Wushu, balet, drum hingga tari modern dan tarian tradisional. Sound systemnya walau tidak terlalu jernih cukup lumayan bagi penonton. 


Oh iya, Bulan Juli lalu diadakan acara konser Jazz tahunan lho Loenpia Jazz di Taman Indonesia Kaya. Sayangnya, aku sedang mengawal Nailah lomba literasi di Tangerang jadi tak ikut menyaksikan kemeriahannya. Terbayang, ribuan penonton memadati Taman Indonesia Kaya ya hingga luber ke jalan. 

Ya, Taman ini asyik untuk bersantai bersama teman-teman atau keluarga. Ada banyak bangku besi tersebar di sudut taman. Tamannya cukup rindang dan hijau untuk bersantai di pagi dan sore hari. 

Taman Indonesia Kaya Semarang
Penonton yang antusias

Yang menarik, ada pula Taman Pandawa Lima yang berisi karya patung atau instalasi seni lima anggota Pandawa berwarna hijau. Bentuknya seperti wayang kulit dan menarik sekali untuk dinikmati. Patung Pandawa Lima ini adalah karya para seniman muda lokal Semarang. Keren, ya!

Tak hanya itu, ada juga air mancur warna-warni yang bisa dinikmati pengunjung pada jam-jam tertentu. Jadi penasaran, masih berfungsi nggak ya air mancurnya ini? Jadi, kalau ingin bersantai bareng keluarga dan teman atau sekadar kumpul komunitas, Taman Indonesia Kaya bisa jadi tempat yang menyenangkan, lho. Kalau lapar, bisa menyeberang dan jajan tahu gimbal Semarang yang legendaris. Asyik, kan! 





Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

40 Comments

  1. Keren banget air kerannya bisa langsung diminum. Seru banget ya mbak ada tempat wisata kece kayak gini jadi bisa nyenengin keluarga tanpa harus jauh jauh ke luar kota.

    ReplyDelete
  2. Kalau ada yg tanya bapaknya kemana sama patung KB. Jawab aja, Mba "Bapaknya lagi cari nafkah" hahahaha.. serunya kalau punya taman yang lengkap fasilitasnya. Jadi nyaman org utk sekedar relaksasi minimalis.

    ReplyDelete
  3. Aaaakkk, seniman muda SEMARANG trus eksis dan menunjukkan karya nan brilian ya Mak
    Asik banget bangeettt, kudu aku samperin kalo pas main ke SMG nih
    --https(dot)bukanbocahbiasa.com--

    ReplyDelete
  4. Piknik tipis-tipis ini perlu juga sih menurutku, apalagi untuk para ibu-ibu macam kita ginikan. Apalagi bisa ngajak anak-anak untuk ikut serta juga.

    ReplyDelete
  5. Keren tamannya.
    Terlihat adem juga buat duduk nyantai di sana.

    ReplyDelete
  6. Semarang emang udah kota yang terkenal buat wisata dan kuliner jadi ditambah ini hihihihi bahagia warga Semarang


    Eh itu serius bisa langsung diminum ya airnya

    ReplyDelete
  7. Tamannya sesudah dimodernisasikan jadi lebih dari Universal Studio nih, (ngarep) soalnya ada air yang bisa diminum juga

    ReplyDelete
  8. Aku baru tau alasan kenapa dulu disebut taman KB. belum pernah ke sini, sih

    ReplyDelete
  9. Ahh, piknik tipis2 emang perlu banget ya, bisa sambil lewaat hihihi. Mbayangin nonton air mancur warna warni seruuu, jadi pen nongki disanaaa..

    ReplyDelete
  10. belum pernah ke Semarang huuuuu :( *mampir sebentar ajah sih
    banyak ya ternyata destinasi wisata ya, pengelolaannya bagus jadi bisa beragam

    ReplyDelete
  11. aku juga seneng main ke taman kota. rasanya adem n tentrem bisa duduk2 menikmati keasrian taman. piknik tipis2 yg menyenangkan ya :)

    ReplyDelete
  12. Bisa buat refreshing ekonomis bareng keluarga nih, Mbak. Kalau ke Semarang mau deh mampir ke Taman Indonesia Kaya ini, hehhee

    ReplyDelete
  13. Ooh di Semarang Ada Taman Indonesia Kaya cocok byat wisata keluarga. Kalau di Jakarta Ada Galeri Indonesia Kaya, CSR-nya perusahaan rokok. Ini sama juga kah?

    ReplyDelete
  14. baru tahu nih ada Taman Indonesia Kaya asik banget ya mba :) aku sih tahunya Semarang cuman Lawang Sewu itupun pas ke sana malam-malam hahaha

    ReplyDelete
  15. Makin maju dan menyenangkan Kota Semarang ini ya Mbak. Maju kotanya bahagia warganya. Tapi tetap sih yang aku tuju pertama kali kalau nanti ke Semarang adalah Lawang Sewu. Hehe.

    ReplyDelete
  16. Tiap Minggu pagi, kalo nggak ada acara keluar kota, aku dan suami pasti jalan-jalan muteri Taman Indonesia Kaya, mbak. Suka deh di situ, adem tempatnya, trus kalo capek tinggal duduk di salah satu bangku yang nyebar di sana ya

    ReplyDelete
  17. Ternyata di Semarang ada Taman Indonesia Kaya. Sayang banget kemarin waktu ke sana, aku gak mampir huhu...

    ReplyDelete
  18. Wahh seru ya mba.. piknik emang hampir semua orang suka.. murah dan asikk

    ReplyDelete
  19. Piknik asik bareng keluarga di Surabaya ini emang paling seru yah banyak tempat wisata pilihan

    ReplyDelete
  20. Kangen banget sama kota Semarang mbak, udah hampir 20 tahun meninggalkannya. Banyak ya perubahan yang siginifikan di Semarang. Terutama di kota lama. Jadi.pengen Napak tilas mbak

    ReplyDelete
  21. Wuih keren ada kran siap minum. Itu bapak patung lagi kerja kali hahaha.
    Belum pernah ke Semarang nih mbak, pdhl ada saudara di sana, moga akhir tahun bisa ke sana. Oh iya ya, dari Semarang bisa jg geser2 ke kota2 sebelahnya hehe :D

    ReplyDelete
  22. itu tempat minum,ga ada atapnya ya, kalo hujan gimana, hehehe. btw di Bengkulu, juga sudah banyak tempat minum kayak gitu, praktis juga tapi kadang segen, minum gak pake gelas

    ReplyDelete
  23. Oh disebut Taman KB karena ada patung Ibu dan kedua anaknya di tengah taman? Jadi penasaran sama patungnya. Enggak ada fotonya ya Mbak
    Keren ya, tamannya bersih dan lengkap ada acara seni pula.

    ReplyDelete
  24. baru tau kalo di Semarang ada taman seru kayak gini.Buat piknik tipis tipis oke juga ya

    ReplyDelete
  25. air mancur warna-warni ini kebayang bagusnya pas malam hari kali ya mba? hehehe anakku suka liat air mancur

    ReplyDelete
  26. Di Jakarta juga ada yaa..
    Eh, yang di Jakarta tuh...Indonesia Kaya apa Gaya yaa...?
    Hehehe...tapi bukan Taman, tapi semacam museum?

    Keren banget taman Indonesia Kaya Smarang.

    ReplyDelete
  27. waaah ada keran siap minum loh. oiya padahal saya mau tanya kemana bapak pada patung ibu dan anak waktu masih jadi patung KB loh >•< Sekarang makin elok hingga sering ada festival yak

    ReplyDelete
  28. Weeehh Semarang ada yang baru yaaa.. Aku sudah hampir setahun nggak ke Semarang.. Jadi tahu ada taman ini dan beberapa tempat iconic baru di Semarang, jadi ga sabar..

    ReplyDelete
  29. Coba ya di tiap tempat wisata ada keran yang siap minum gini jadi yang malas bawa botol eco gak nyampah, hehehe

    ReplyDelete
  30. Ke tempat publik yang menyediakan air siap minum itu rasanya kayak menemukan oase. Eh, Taman Firdaus itu di bagian mananya Semarang, Mbak? Belum sempat ke sana

    ReplyDelete
  31. tambah keren sekarang semarang, sudah menerapkan kayak di luar negeri. Menyediakan keran air siap minum di publik. Jadi pengen balik lagi ke Semarang buat explore

    ReplyDelete
  32. Keren nyaman dan bersih. Semoga masyarakat kota Semarang pandai menjaga kenyamanan dan kebersihan nya.

    ReplyDelete
  33. Ow ini taman yang sekarang iadi kebanggan orang Semarang? Kemarin diming-iming Bulek saya yang tinggal disana, pas ada event HUT RI. Keren Semarang!

    ReplyDelete
  34. Jadi ingat kalau dulunya taman hanya ada bunga-bunga dan pepohonan, sekarang sudah ada panggung dan acara-acara keren ya. Bagaimanapun, piknik ke taman tetap menjadi pilihan favorit bagi penduduk sekitarnya.

    ReplyDelete
  35. aku pernah ke semarang, tapi cuma melewati saja, hehe
    semoga ke depan bisa berwisata di Semarang, Aamiin

    ReplyDelete
  36. bapaknya patung pergi, setelah mengutuk istri dan anaknya! btw semoga gak jd tempat maksiat (biasanya ujung2nya gitu)

    ReplyDelete
  37. Aslinya, saya belum puas banget eksplor Semarang, seandainya ada waktu khusus buat eksplor pasti tak eksplor sepuas-puasnya neh Kota.

    ReplyDelete
  38. Sering banget stay ke Semarang, tapi belum sempet mampir ke taman ini, besok mah sempatin traveling ah

    ReplyDelete
  39. Baru tau ada tempat sekeren ini di Semarang. Dulu cuma sebentar mampir di Sam Po Kong, lain kali harus banget coba kesini

    ReplyDelete
  40. tambah keren sekarang semarang, sudah menerapkan kayak di luar negeri. Menyediakan keran air siap minum di publik. Jadi pengen balik lagi ke Semarang buat explore

    ReplyDelete
Previous Post Next Post