Perjalanan Bahagia Ke Bandung Bareng BLUS - Small Things, Kecil Tapi Penting

Perjalanan Bahagia Ke Bandung Bareng BLUS

Dear Temans,
Bulan Juli lalu, aku diundang menghadiri event #BeUnstoppable peluncuran produk laptop gaming terbaru ASUS, ROG. Setelah mengikuti acara ASUS, aku dan teman-teman blogger ASUS dari beberapa daerah melanjutkan perjalanan ke Bandung, Paris Van Java yang ngangeni. 

Perjalanan Bahagia Ke Bandung Bareng BLUS
Ngangenin pisaan

Ya, ada Kang Didno dari Indramayu, Bai dari Aceh, Elvina dari Pekanbaru, Febri dari Jambi, Tyar dari Makassar, Dee dari Sidoarjo, Koh Deddy dari Palembang, hingga Afit dan Manda dari Yogya. Serta Bang Emmet dan Mbak Rien kontingen dari Jabodetabek. Hehe. Kami bertiga belas bersemangat sekali ikutan piknik Blus kali ini. Mumpung sudah di Pulau Jawa, sekalian deh para blogger ASUS dari luar Jawa piknik. Bahkan ini kunjungan Bai pertama kali ke Bandung! Asyik. 

Mbak Rien, travel blogger keren yang mengatur acara piknik ini, juga berbaik hati memesankan kami tiket kereta api Jakarta-Bandung yaitu Argo Parahyangan lewat aplikasi Traveloka. Thank you, Mbak! Ternyata, kereta api ini nyaman banget. Bandung Jakarta bebas hambatan pisan. Yup, Hanya butuh 3 jam 15 menit menuju Bandung. Padahal tiketnya tidak mahal, sekitar 110 ribu saja. Daripada bermacet-ria naik bus? Makanan di restorasi juga enak-enak. Ada nasi goreng, ayam geprek, zuppa soup dan lainnya. 

Perjalanan Bahagia Ke Bandung Bareng BLUS

Tahu tidak, ini juga jadi kali pertama Bai dan Elvina naik kereta api, lho. Menurut Elvina dia deg-degan banget kayak mau ketemu pacar! Haha. Excited banget pastinya ya! Aku juga baru pertama kali naik kereta api Argo Parahyangan ini. Biasanya aku naik mobil travel dari Bogor menuju Bandung. Nggak nahan macetnyaa!

Terus, berkat stalking aplikasi Traveloka, baru tahu ada program Traveloka Paylater. Dimana para traveler bisa mencicil kamar hotel atau tiket pesawat tanpa menggunakan kartu kredit. Mupeng, kaan? Hehe, stalking dong. Mau tahu apa saja tujuan kami di Bandung? Yuk, intip!

1. Savoy Homann Hotel

Bahagia sekali bisa menginap di hotel legendaris ini pada hari kedua. Hotel ini bersejarah banget karena merupakan tempat Konferensi Asia Afrika diadakan tahun 1955. 

Presiden Soekarno sekeluarga juga pernah menginap di hotel yang terkenal dengan hidangan rijjstafelnya. Aktor Charlie Chaplin bahkan juga pernah menginap di sini pada masa jaya komedian pantomim ini. 

3. Warung Makan Bu Imas

Aku sering makan di warung makan Sunda di Bogor. Jadi favorit makan bersama keluarga. Jadi, menunya tidak asing bagi kami yang berdarah Sunda. Menunya biasanya ayam goreng, paru, tahu dan tempe, sayur asem dan lalapan serta berbagai jenis sayur yang segar. 

Perjalanan Bahagia Ke Bandung Bareng BLUS
Menahan peluh di Warung Nasi Bu Imas

Disantap dengan masih hangat dan sambal. Yummi. Tapi, baru di warung makan yang memiliki beberapa cabang di Bandung ini aku nyaris menangis. Masya Allah, sambalnya pedas banget! Tak peduli harga cabe yang merambat naik, sambal Bu Imas tetap berjaya! Ssshh…

4. Kafe Sejiwa 

Kafe yang beralamat di Jalan Progo No.15, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Bandung. Kedai ini ramai dikunjungi penikmat kopi. Kafenya juga nyaman terdiri dari dua lantai dan ada live music saat Jumat malam, pas kami nongkrong.

Ada lukisan Pak Jokowi sedang ngopi di salah satu dinding. Ternyata, beliau pernah mampir di kafe ini. Aku memesan es kopi susu dengan gula aren. Yummi pisan! Aku sukaaa!

5. Warung Kopi Purnama

Kalau ini adalah warung kopi legendaris di Bandung beralamat di Jalan. Alkateri No.22, Braga, Sumur Bandung, Bandung. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1930an. 

Perjalanan Bahagia Ke Bandung Bareng BLUS
Ngopi pagi di Warkop Purnama

Pagi buta, warung ini sudah ramai pengunjung. Berada di Jalan Braga, interior warung ini vintage banget lho. Satu set kursinya mengingatkanku pada kursi yang sama di rumah nenek di Sukabumi dulu. 

Menu andalannya adalah roti bakar srikaya, kopi susu dan bubur ayam. Sayangnya, aku tidak kebagian bubur ayam. Jadi harus puas dengan roti dan kopi susu. Katanya, kopinya adalah Kopi Aroma, kopi buatan Bandung yang juga legendaris. Hati-hati, menu di sini tak semuanya halal, ya. Jangan lupa tanyakan pada pelayannya. 

6. Museum Asia Afrika 

Museum ini didirikan sebagai memorabilia Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955. Museumnya berada di dalam Gedung Merdeka, tak jauh dari Hotel Savoy Homann di Braga. Beralamat di Jalan Asia Afrika No. 65, Bandung.

Perjalanan Bahagia Ke Bandung Bareng BLUS
Museum KAA di Gedung Merdeka

Bangunan Gedung Merdeka terdiri dari dua bagian yaitu bagian museum yang berisi berbagai memorabilia KAA serta bagian ruangan tempat konferensi diadakan. Masuk museum ini gratis dan ada pemandu museum yang bisa menjelaskan pada pengunjung tentang KAA. Bagus sekali museum ini untuk menambah pengetahuan kita tentang event bersejarah ini. 

6. Toko Roti Abadi Bagelen 

Salah satu tempat yang kami kunjungi saat piknik #UnstoppableBlus di Bandung adalah Toko Abadi. Begitu masuk tokonya, langsung deh nyess hati ini. Tokonya cantik dan nyaman! Berbagai produk kue kering, cake dan roti tertata apik. Kami juga bertemu langsung dengan pengelolanya, Pak Larry yang merupakan anak dari pendiri Abadi Bagelen.

Perjalanan Bahagia Ke Bandung Bareng BLUS
Suasana Toko Roti Abadi 

Ternyata, Abadi Bagelen ini punya sejarah panjang lho, Temans. ABADI Bagelen pertama kali didirikan tahun 1947 di Garut, Jawa Barat. Tapi baru pada tahun 1964 memproduksi roti bagelen yang legendaris. Jadi walau punya wajah bule, Pak Larry sekeluarga adalah orang Garut, hehe. 

Abadi Bagelen membuka toko sendiri di Jalan Purnawarman No. 49, Bandung dan tidak ada cabang dimanapun. Toko ini baru saja direnovasi menjadi lebih modern dan nyaman. Abadi Bagelen menjual berbagai jenis roti bagelen seperti Warmbollen Vanilla, Bagelen Kering seperti Bagelen Spesial Roomboter, dan kue kering klasik seperti Kaasstengels.

Sebenarnya masih banyak tempat menarik yang kami kunjungi di Bandung diantaranya Restoran Korea Fat Oppa yang lezat. Nanti kubahas di blog Pejalan Santai, ya! Aih, jadi kangen Bandung!

Sumber Foto:
Blogger BLUS

35 comments:

  1. Seru banget ya Mbk ketemu blogger kece ini. Mantap, jadi kangen ke Bandung lagi hehe...

    ReplyDelete
  2. Seru banget nih klo jalan bareng ke Bandung. Seumur-umur saya juga blm pernah mampir ke kopi purnama.

    ReplyDelete
  3. Blogger kece kumpul jadi satu. Senangnyaaa.. Menu di Fat oppa katanya emak2 ya mbk. Belum pernah kesana

    ReplyDelete
  4. Seru banget sih ini mbak, jalan ramai-ramai ke Bandung gini. Banyak tempat yang disambangi juga ya, ada beberapa tempat diatas yang belum aku mampiri. Jadi pengen mengagendakan ke Bandung juga deh.

    ReplyDelete
  5. Seru bangetss piknik bareng BLUS nya mbak...
    Selain Savoy Homann dan Museum Asia Afrika , aku belum pernah.
    Memang Bandung enggak ada habisnya diulik ya...kulinernya mantul pula.
    Jadi kangen Bandung. Dan memang sekarang mending naik KA..naik mobil ga nahan macetnya!

    ReplyDelete
  6. Wiihhh, bahagia banget ke Bandung. Lain kali Kalo ke Bandung wajib cobain Ampera mbak, favoritku sih kalo yg ini. Emang ngangeni banget Kota bandung. Tapi kadang2 macetnya itu nggak manusiawi..huhu

    ReplyDelete
  7. Wah kebayang lah ini serunya kek mana.....melipir sedikit dari jakarta..apalagi bareng BLUS..

    ReplyDelete
  8. Aihhh silaturahminyq erat banget ya kalian ini. Keren bisa jalan2 semua

    ReplyDelete
  9. haaaa, pas banget aku juga berencana ke Bandung dalam waktu dekat... Thanks banget untuk informasi tentang kedai kopi Sejiwa ^_^ Ini deket sama tempat nginep, asik langsung masuk daftar wajib kunjung ^_^

    ReplyDelete
  10. BLUS kuereeennn bgt ya Mak.
    Kompak dan persaudaraannya kuat bangeeett!
    BDG jadi lebih assoy geboy kalo di-explore bareng sohib2
    https://bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  11. BLUS keren ya .. bisa main ke tempat tempat bersejarah dan kafe memorable.

    Bagelen itu tempat yang favorit buat dikunjungi. Eh semua di Bandung mah favorit hihi

    ReplyDelete
  12. Wajah2 bahagia semuaaa. Kangen kalian. Moga bisa gabung yaa ntr kalo Sarah udah 2 tahun, sekarang menikmati dulu deh masa2 punya bayi hehehe.

    ReplyDelete
  13. Aku padahal mupeeeeng bgt. Apadaya, enggak dapat izin berangkat dari kanjeng suwamki. Wkwkwk

    ReplyDelete
  14. aku pun bahagia mbak kalau udah nyampe di bandung, belum sempet maen ke toko roti nya udah jadi wishlist ku tuh kalo mau kesana

    ReplyDelete
  15. Traveling bareng teman sefrekuensi memang menyenangkan dan bisa bikin bahagia terus ya.. apa-apa dibawa happy aja, dan seru.

    ReplyDelete
  16. Suasana di bandung itu ya instagramable banget. Resto dan tokonya pun begitu

    ReplyDelete
  17. Waah..ikut menyimak perjalanan Blus ini sdh HEPI..apalagi langsung terlibat di dalamnya ya.. Mantab jiwa!

    ReplyDelete
  18. Aku pun seneng banget kalo ke Bandung. Ya suasananya, makanannya, tempat nongkrongnya, semuanya asyik-asyik and selalu buat ingin kembali dan kembali lagi.. :)

    ReplyDelete
  19. Wah pengen juga mampir ke Bu imas nih kalo sambelnya pedes banget, suka banget sama yang pedes2 terus lanjut beli bagelen kering, ajibbb

    ReplyDelete
  20. wah seru banget bisa jalan-jalan bareng blus ya mbak. Btw saya penasaran dengan cerita Korea fat Oppa nih ... saya tunggu ya ceritanya

    ReplyDelete
  21. bookmark dulu deh, soalnya ada rencana mau ke bandung lagi bertiga, semoga bisa terwujud ya, aamiin hehehe

    ReplyDelete
  22. Ya ampun seru banget sih jalan-jalannya...mata langsung ijo liat kata bagelen maklum favorit banget soalnya hehehe

    ReplyDelete
  23. Asiik~
    Bahas kotaku yang ceria.

    Ehhehe....alhamdulillah, Bandung cuacanya sedang ramah ya, kak...jadi nyaman banget jalan-jalan ke banyak tempat wisata dan kuliner khas Kota Kembang ini.

    ReplyDelete
  24. Senangnyaaaaaaa.. Kapan jalan-jalan sama aku, Mbak? hihi. Aku udah baca beberapa cerita mbak dew pas di Bandung, seru euy

    ReplyDelete
  25. Huhuhuuuu... aku ngenes baca artikel ini. Ga bisa ikuuuttt... Ntar kapan-kapan kudu jalan-jalan ke Bandung juga ya. Sempetin mampir ke kulineran yang ada di artikel ini.

    ReplyDelete
  26. Aku ngikutin cerita Maak Dew yang ke Toko Roti Abadi Bagelen. Hihi. Di blog ini apa yang pejalansantai, ya, aku lupa.

    Seruuuu, Mas Bai juga kelihatan bnget antusiasnya. Ternyata baru pertama kali ke Bandung, ya. Dijamin nagih pasti, ya.

    ReplyDelete
  27. Asyik banget Mbak jalan-jalannya. Pengen ih ke Bandung, hihi.
    Pengen nyobain Bagelen-nya ih, suka banget kue kering satu ini

    ReplyDelete
  28. Tips journey ke Bandung nya super rekomended banget mba, salah satu list destinasi holiday ke depan mba 😍

    ReplyDelete
  29. Wah seru banget ya bisa jalan-jalan bareng temen-temen. Next time, ke Bandung Selatan ya. Ke gunung, banyak tempat indah yang wajib dikunjungi. Sekalian kita kopdar :D

    ReplyDelete
  30. asikbener rombongan kayakgitu menikmati perjalanan, senang ya wi bisa menmabah keharmonisan juga. salam yah ama timnya

    ReplyDelete
  31. Bandung emang ngangenin, ya Mbak. Aku sekalinya ke Bandung, ketemu teh Nchi Hanie sama bu Dey meskipun bentar. Itupun pgn ngulang ke sana lagi

    ReplyDelete
  32. Aku suka banget liat foto rombongan mb Dedew yang di tembok itu. Mau juga ah bikin foto begitu hahahah

    ReplyDelete
  33. Wah baru tahu tentang roti bagelan yang awalnya dari Garut. Sebagai orang Garut saya merasa tidak tahu apa-apa haha.


    Seru banget ya bisa jalan bareng begitu. Huhu. Kapan saya jalan bareng Blus ya. 😅

    ReplyDelete
  34. Tulisan Pidi Baiq itu dulu aku kira editan di poto2 lho ternyata emang ada ya nempel di temboknya haha. Seru banget jalan2 bareng ke Bandung plus kulineran, jd pengen deh jalan ke Bandung :D

    ReplyDelete
  35. Wah seruuu mba, enak ya ke Bandung naik kereta aja kalo dari Jakarta. Nggak bakal kena macet di jalan

    ReplyDelete

Recent

recentposts