!-- Leverage Chaching Fixed --> Kenapa Menulis Blog? - Small Things, Kecil Tapi Penting

Kenapa Menulis Blog?

Dear Temans, Nggak nyangka ya blogger yang hobi curhat di blog ternyata mendapat kehormatan untuk punya hari khusus yaitu setiap tanggal 27 Oktober. Ditetapkan oleh pemerintah sejak tahun 2007.

Kenapa menulis blog
Jadi finalis lomba blog 

Kenapa sih menulis blog?

Aku punya blog pribadi sejak tahun 2005 di Multiply. Eh, malah sebelumnya sempat ngeblog di boleh.com. Sebelum keduanya ditutup.

Kenapa menulis blog
Ketemu idola hahaha 

Aku ngeblog tanpa sengaja, gara-gara ingin gabung di komunitas blogger hits saat itu Blogger Family atau disebut Blogfam. Harus punya blog dulu kan jadilah bikin  di Multiply. Sejak SD, salah satu impianku ingin jadi penulis buku, nggak sekadar penulis diari hehe.

Saat itu, sedang tren proyek antologi komunitas dengan penerbit. Para editor mencari calon penulis potensial melalui blog. Alhamdulillah, kesampaian menjadi penulis buku anak dan remaja. Pilihanku untuk ngeblog demi menjadi penulis buku adalah langkah tepat.

Setelah jadi penulis buku yang cukup produktif, aku lupa ngeblog apalagi setelah Multiply tutup. Aku lalu bikin blog gratisan di blogspot dan posting hanya untuk promosi buku baru.

Tahun 2014, aku mendapat pencerahan dari acara diskusi Blogging With Heart bersama Indah Juli yang diselenggarakan IIDN Semarang.

Ya, Mbak Indjul mengajak para blogger untuk menulis dari hati dan berbagi hal yang bermanfaat lewat blog. Jleb. Rasanya tertohok. Apa kabar aku yang ngeblog setengah hati? Hanya posting sekadarnya?



Kenapa menulis blog
Ikut acara seru bareng sahabat 

Blogging with heart money will follow. Itulah quote Mbak Indjul yang juga temanku sejak dahulu kala di Blogfam. Tak hanya penulis buku, ia adalah blogger yang tangguh.

Ya, Ternyata, blog tak hanya tempat curhat dan promosi belaka, tapi juga tempat asyik untuk berbagi pengetahuan, pengalaman bahkan untuk mendapatkan penghasilan!

Setelah acara itu, pelan-pelan aku mulai rutin ngeblog di blogku yang lama terlantar. Kemudian kujadikan www.dewirieka.com. Setahun kemudian di tahun 2015, aku membuat blog www.semarangcoret.com karena ingin memperkenalkan pesona Kabupaten Semarang pada khalayak, uhuk!

Kemudian menyusul tahun 2016, aku membuat blog  yang khusus berisi cerita jalan-jalan dan makan di www.pejalansantai.com. Seru rasanya mengelola tiga blog bersamaan. Isi blogku jadi tak campur aduk lagi karena sudah dikelompokkan di tiga blog.

Kenapa menulis blog
Mendapat saudara baru

Alhamdulillah, kata-kata Mbak Indjul terbukti. Lewat blog, aku mendapat banyak berkah dan kebahagiaan yang tak kusangka baik berupa materi dan non materi yaitu sahabat baru, kesempatan mengisi berbagai acara penulisan, menjuarai lomba hingga undangan jalan-jalan pun kunikmati.

Kerja keras membangun blog dari nol tak sia-sia. Apalagi ketika pembaca mengirim pesan kalau apa yang kutulis di blog bermanfaat baginya, itulah kepuasan tertinggi seorang blogger.

Ngeblog juga bikin perasaan plong dan lega. Iya, motto kami di komunitas blogger perempuan Semarang Gandjel Rel adalah ngeblog ben rak ngganjel!

So, Kenapa menulis blog?

Ya, karena ngeblog membuatku bahagia. Semoga tulisan-tulisanku baik di buku maupun di blog bermanfaat dan jadi ladang amal, aamiin.

19 comments:

  1. wah, saya dulu pernah tinggal di semarang mba, kok ga ketemu ya hehe

    ReplyDelete
  2. Alasan utamanya karena bahagia ya mbak❤️ btw jd pengen belajar banyak nih dr mbak, sukses Ngeblog dan punya buku. Kerenn.. 😍

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah bisa mendpatkan banyak hal dari blog ini ya mba. Aku juga seneng bisa kenal.mba dew dari ngeblog

    ReplyDelete
  4. Kakak blogger idolaquue banget deh mba dedew 😍

    ReplyDelete
  5. Salam kenal mbak dari saya blogger newbie dari sangatta, kutai timur

    ReplyDelete
  6. Wahhh,, pengalaman mbak Dedew seru banget. Jadi makin termotivasi utk tetep ngeblog. Sukaaa.

    ReplyDelete
  7. Semoga bisa mengikuti langkah Mbak Dedew jadi penulis yang nelurin banyak buku best seller. Aamiin..

    ReplyDelete
  8. Keren mba Dew peternak blog profesional 😂 bikin postingan jg dong mbak gimana ngatur banyak akun gituuh.

    ReplyDelete
  9. Mbak dedew adalah orang yang pertama kali ngajakin dan meyakinkan aku bisa nulis di blog, dari nol banget karena gadjel rel, makasih ya mbak dah menulasi virus ngeblog, selain aku jadi suka nulis, dan Alhamdulillah selain teman nambah, pundi pundi lumayan juga dari ngeblog, hobi yang menghasilkan :)

    ReplyDelete
  10. Salah satu inspiratorku ngeblog nih. Mbak dewi rieka. Dl tau pertama kali dari mba vita. Dan mba vita dan mba dedew deh jd keranjingan ngeblog. Dan jujur salut juga deh bisa bikin beberpa blog gt. Apakabar aku yg blog cuman 1 tp masih sllunya keteteran yaks? Hihihi... sukses terus dengan karya2nya ya mbak deww

    ReplyDelete
  11. Mbak Dedew produktif banget nih.
    Inspiratorku untuk selalu aktif menulis dalam keadaan bagaimanapun.

    ReplyDelete
  12. Mbak dew salah satu inspiratorku biar rajin nulis dan senang bisa kenal dan ditularin ilmunya :)

    ReplyDelete
  13. Blogger dan penulis idolaaaa. Aku pun bahagia bisa nulis di blog, mbaak

    ReplyDelete
  14. wow... mengelola 3 blog, nggak kebayang gimana jungkir baliknya ngisi blog. saya punya satu aja kadang jumpalitan biar blog bisa tetep keisi. saluuut

    ReplyDelete
  15. Aamiin.. Keren ih bloger sekaligus penulis. Sukses selalu ya

    ReplyDelete
  16. Yes, menulis apapun asal hati senang merupakan salah satu hal membahagiakan. Apalagi jika yang kita share bermanfaat untuk orang lain ya.

    ReplyDelete
  17. hai mba salam kenal. kalimat blogging with heartnya kok mengena sekali ya. jadi terinspirasi. terima kasih ya mba, semoga saya bisa ikut jejaknya :D

    ReplyDelete

Yang Sering Dibaca

Recent

recentposts