!-- Leverage Chaching Fixed --> Kamu Paling Suka Menulis Tema Apa di Blog? - Small Things, Kecil Tapi Penting

Kamu Paling Suka Menulis Tema Apa di Blog?

Dear Temans,

Apa tema blog yang kalian sukai untuk ditulis? Sejak awal membuat blog www.dewirieka.com, tema blogku memang lifestyle, bahasa keren untuk blog gado-gado yang campur aduk, haha. Isi blogku sesuai mood menulis apa hari itu. Atau event apa yang diikuti hari itu.

Event seru Semarang kutulis
di www.semarangcoret.com

Nggak heran isinya random mulai dari cerita jalan-jalan, kuliner, opini, liputan acara, review produk, review film dan buku, profil, semuanya tumplek blek di situ. Coba saja intip label di blogku. Banyak banget. Mumet dewe, kan? Hihi.

Seiring waktu, aku mulai menata blog. Mumet melihat blog campur-aduk, hihi. Untuk liputan acara di Semarang dan sekitarnya, aku menulis artikelnya di www.semarangcoret.com. Begitu juga tentang wisata dan kulinernya. Job review atau postingan berbayar pun rata-rata ditulis di blog ini.

Untuk cerita perjalanan dan wisata kuliner di kota lain, aku tulis di blog www.pejalansantai.com. Jadi niche blog ini jelas yaitu traveling. Walaupun kualitas tulisannya nggak sekeren blog Katerina, Donna Imelda atau Siti Hanum. Hehe. Lumayan untuk dokumentasi pribadi, bersyukur banget kalau bisa bermanfaat untuk pembaca.

Cerita perjalanan kutulis
 di www.pejalansantai.com

Mupeng banget bisa menulis cerita perjalanan seindah dan sedetail tulisan teman-teman di Indonesia Corners. Kayak Mas Darius dan Alan Nobita, serta Yudi Randa dan Deddy Huang. Aku penggemar blog mereka.

Untuk blog utamaku, akhirnya mengerucut sendiri temanya. Nggak terlalu random lagi. Untuk blog utama, kebanyakan artikel curcol haha. Penting ya. Tidak terlalu banyak artikel iklan lagi.

Saat ini, aku banyak menulis tema parenting, literasi dan profil orang yang menginspirasi.

Untuk tema literasi aku menulisnya dengan label Tips Nulis Dedew. Ya, aku senang menulis tentang kegemaran membaca, tips seputar menulis dan lainnya. Kembali ke kodratku sebagai penulis buku, hihi.

Sekalian sebagai dokumentasi, jadi kalau ada yang bertanya via WA bagaimana caranya menulis cerita anak, Mbak Dedew? Daripada capek mengetik, langsung kukasih saja link tulisanku. Hihi. Simpel kan? #KetahuanMalasnya.

Kalau untuk artikel profil aku beri label Kenal Lebih Dekat. Aku mewawancarai orang yang menurutku menginspirasi berkat karyanya dan menuliskannya di blog.

Rubrik Kenal Lebih Dekat

Saat ini nyaris 40 orang yang kutulis ceritanya di blog dari berbagai profesi dan latar belakang. Nggak nyangka ternyata banyak juga ya, hehe. Mulai dari Astari Ratnadya travel blogger, Kang Trisno pendiri Desa Menari Tanon, Kang Maman Suherman duta literasi hingga seniman Chikita Fawzi.

Kesukaan menulis profil ini ternyata berpengaruh positif karena aku jadi terbiasa menulis feature dan beberapa kali nyangkut menjadi juara lomba hihi.

Saat ini, aku juga senang menulis tema drama Korea misalnya 10 drama nge-hits tahun ini. Rencananya aku mau menulis 10 drama Korea yang menginspirasiku, hihi. Jadi sedang dibanyakin menonton drakor berbagai genre untuk riset, haha modus. Kalau kamu, suka menulis tema apa di blogmu?



18 comments:

  1. WOW keren, Mbak Dedew. Masukan ilmu baru buat saya.

    ReplyDelete
  2. Keren mbak dew... Kalau saya lebih nyaman nulis tentang perempuan dan parenting sebetulnya. Tapi kadang tergoda juga buat nulis tentang hal lain, misalnya review film atau buku. Akhirnya cari-cari film atau buku dengan tema perempuan atau parenting buat direview supaya nyambung (walaupun masih maksa juga sebenarnya ya, hehehe)

    ReplyDelete
  3. dari begitu banyak blog biasanya aku juga kasih tema sendiri, mulai dari sketsa, curhatan, tulisan pendek, jualan, sampai yang tahu campur di slamsr dot com.

    kalau tema paling suka itu yang ditulis, jadi nulis aja

    ReplyDelete
  4. Wah,, jadi pengen ngubek-ubek blog-nya mbak Dedew. Aku suka baca cerita2 inspiratif tentang orang-orang yg menginspirasi.

    ReplyDelete
  5. Tunggu, mbak dedew ini penulis anak kos dodol? Bacaanku pas jaman jadi anak kos. Hehehe... Salam kenal mbak, kalo aku sukanya nulis traveling niatnya buat nyimpen kenangan jalan-jalan kemana ajaaa :)

    ReplyDelete
  6. Teteh, aku juga pusing nih tema blogku yang gado-gado wkwkwk
    BloggerKendal.com ku isinya seputaran kendal eh tapi sekarang banyakan tinggal di comal jadilah isinya sekrang melompong. Enaknya aku campurin aja, apa aku jadikan blog traveling aja ya Teh daripada nyampur di nyipenengah,com. Bantu solusi teh

    ReplyDelete
  7. sama banget mbak, sukanya nulis yang random-random. tapi yang paling penting kita enjoy sih. jadi kita bisa tetep konsisten nulis karena menikmatinya :)

    ReplyDelete
  8. Ohoo pantesan akhir2 ini kayaknya sering baca review drakor disini haha

    ReplyDelete
  9. hwaaa mbak mbakk, berarti ngurus 3 blog yaaaa? ruarrr biasaaa!

    aku juga blog yang pertama acak adul, hahaha. ini baru menata bikin 1 lagi khusus food & travelling, moga nagih juga seperti mbk, bisa lahiran blog. Mmm tapi mau niche apa lagi ya? Eh lebih tepatnya adalah mau ngurusnya gimana ya? haha

    ReplyDelete
  10. Kalau aku suka nulis lifestyle juga teh karena bis adapet banyak ide yang berbeda dan nggak monoto, tapi kalu ditanya yang paling diuskai ya nulis soal pengalaman perjalanan sekalian nostalgia :D

    ReplyDelete
  11. Wah asyik ya mba .bisa punya banyak blog beragam Niche dan update semua ..jadi malu karena cuma punya 1, gado2, apdetnya juga angot2an..hihi.. sebenarnya yg paling kusukai tema perjalanan..tp blom PD bikin blog tersendiri hehe

    ReplyDelete
  12. Mbak Dew penggemar drama Korea juga? Hahaha.

    Mengenai tema blogku, aku sedang berusaha fokus ke dunia pendidikan dan parenting nih, Mbak Dew. Tapi, istiqomahnya susah ya ternyata. Harus berusaha lebih keras lagi.

    ReplyDelete
  13. Huwwaaa, ini inspiratif sekali.
    Semoga tahun depan bisa mengerucutkan tema blog ke hal yg lebih spesifik.

    Matur agung tampiasih Mak Dedew 🙏

    ReplyDelete
  14. Mbakdew panutanque.. 😍😍
    Aku pengen juga bikin profil raorang gitu.. Pernah nyoba untuk nulis profil buat salah satu web sosial tapi hasilnya masih monoton 🙈

    ReplyDelete
  15. Iya juga ya mbak dew... Kudu dibenerin juga sih blog aku...masih terlalu nyaman dengan zona blog lifestyle. Hahaha

    ReplyDelete
  16. alhamdulillah, jejak Biru punya satu bahasan konten yang senada, yakni traveling kak... wah punya blog banyak ya... Salam kenal oke kak... #jejakbiru

    ReplyDelete
  17. Wah, banyak belajar dari blog Mbak Dedew. Inspiratif, terima kasih Mbak & salam kenal ;)

    ReplyDelete
  18. Tetap menginspirasi mbak Dedew, tulisan asik untuk dibaca. Kalau aku suka tema jalan2

    ReplyDelete

Yang Sering Dibaca

Recent

recentposts