Saturday, May 27, 2017

5 Menu Khas Makassar Favorit Untuk Berbuka Puasa

5 Menu Khas Makassar Favorit Untuk Berbuka Puasa. Dear Temans, Alhamdulillah bertemu lagi dengan Ramadan. Semoga lancar dan berkah ibadah puasa kita ya, aamiin.

5 Menu Khas Makassar Favorit Untuk Buka Puasa


Artikelku kali ini teristimewa untuk menjawab tantangan #ArisanBlogGandjelRel putaran kedua yaitu menu buka puasa favorit. Tema putaran kedua ini adalah ide dua blogger kece anggota Gandjel Rel yaitu Mbak Hidayah Sulistyowati dan Ika Hardiyan Aksari.

Mbak Wati blogger yang blognya rajin pisan diapdet dengan cerita menarik tentang kesehariannya. Kami dua tahun bareng di Hello Semarang, tulisan wisatanya asyik dibaca.

Sedangkan Ika seorang guru SD dari Purwodadi yang sering menceritakan keseruan anak muridnya di blog. Ia juga sering juara live tweet dan blog. Pokoke keduanya blogger andalan Gandjel Rel deh.

Wah, asyik nih temanya tentang menu buka puasa, walau kudu putar otak dulu karena menu yang sering dilahap pas buka biasanya pisang goreng buatan Pak Bagus dan kolak, haha. Mudah dan murah tur enaak. Walau kurang sehat, kikik. Plak.

Nah, Kalau pas mudik bulan Ramadan bareng Mama dan Papa di Bogor, biasanya Mama rajin bikin menu buka puasa khas Bugis atau Makassar, biar kangen kampung terobati, hehe.

Nah setelah membahas oleh-oleh khas Makassar, kini aku pengen menulis menu khas Makassar yang jadi favorit di bulan Ramadan. Apa saja 5 menu khas Makassar favorit untuk berbuka puasa? Yuk, intip yaa..

1. Kapurung

Makanan khas Makassar dan lebih tepatnya daerah Luwu dan Palopo  yang cocok untuk buka puasa adalah kapurung. Makanan berbahan dasar sagu dan ikan ini mirip papeda di Papua. Rasanya? Asam pedas dan segar banget!

5 Menu Khas Makassar Favorit Untuk Buka Puasa
Menu Khas Makassar untuk berbuka puasa Kapurung (Foto: Wikipedia) 

Gimana nggak, selain tepung sagu, kapurung ini terdiri dari ikan teri atau ikan peda, udang, sayur bayam, jagung, kangkung, tomat, mangga dan kacang tanah. Duh, ngences eykeh! Haha. Sedap banget untuk menu berbuka puasa ya.

2. Jalangkote'

Ini gorengan favoritku, hehe. Sebenarnya susah dibedakan dengan pastel yang dijual dimana-mana. Tapi konon, kulitnya lebih tipis dan renyah. Isiannya nggak jauh beda yaitu potongan telur, kentang, mihun dan wortel.

5 Menu Khas Makassar Favorit Untuk Buka Puasa
Jalangkote asli Makassar (Foto: Mbak Ade Anita www.cariangin.com) 
Yang membedakan adalah kalau pastel dimakan dengan cabe rawit atau sambal botol, sedangkan jalangkote dinikmati dengan saus cuka dan cabe. Nyamanna kodong!

Ingat banget, waktu SD sering mengerubuti penjual jalangkote' dan minta sambal banyak-banyak. Waktu udah tinggal di Bogor, langganan jalangkote' ini di warung dekat kompleks.

Sebenarnya sih nostalgia karena sausnya yang ngangeni walau warungnya sedikit jorok, haha. Demi kenangan masa kecil!

3. Barobbo

Ini salah satu favoritku untuk menu berbuka puasa. Barobbo adalah bubur berbahan dasar  jagung khas Makassar.

5 Menu Khas Makassar Favorit Untuk Buka Puasa
Barobbo enak dan bergizi (Foto: dapurzahira.blogspot.sg)
Kembarannya bubur Manado kali ya, hihi. Biasa disantap dengan perkedel jagung dan sambal terasi pedas, sshhh. Sumpah, rasanya sedap lho.

Barobbo ini bergizi karena terdiri dari bahan jagung, sayuran seperti kacang panjang, bayam dan kangkung. Juga biasa ditambah daging ayam atau udang sesuai selera. Enak dan mengenyangkan, hehe.

4. Barongko

Kue ini berasal dari Bugis Makassar. Berbahan dasar pisang kepok, dan dibungkus daun pisang. Rasanya maniis. Kalau kurang suka manis bisa dikurangi gula pasirnya. Bahan lainnya adalah telur dan santan.

5 Menu Khas Makassar Favorit Untuk Buka Puasa
Barongko siap saji slurppp (Foto: Selerasa.com)

Masyarakat Bugis penyuka makanan manis hingga resep barongko pun ada yang ditambahi susu kental manis. Duh. Semua bahan dibungkus daun pisang lalu dikukus. Setelah itu dimasukkan kulkas. Yummi!

5. Pallu Butung dan Es Pisang Ijo

Dua dessert berbahan dasar pisang ini juga favorit masyarakat Sulsel untuk berbuka puasa.

5 Menu Khas Makassar Favorit Untuk Buka Puasa
Es pisang ijo dari Makassar (Foto: Diah Didi www.diahdidi.com) 

Gimana nggak, pisang dibungkus dadar tepung beras atau dikukus begitu saja, dipadukan bubur santan dan sirup merah DHT khas Makassar. Tambah es serut. Yummi!

Duh, nulis artikel menu buka puasa ini jadi ngencees. Untung malam nggak puasa #NgunyahPisang. Nah, itulah 5 Menu Khas Makassar Favoritku Untuk Berbuka Puasa. Kalau kamu, apa menu favoritmu untuk berbuka puasa? 

25 comments:

  1. Sukses ngiler deh ya lihat menu di atas. Tapi aku paling tertarik sama kapurung. Kuahnya kelihatan banget kaya akan rempah-rempah nih. Kentel gitu ya, Mbak?

    ReplyDelete
  2. Barongko itu kupikir mirip jajanan jawa tengah yg disebut Bongko

    ReplyDelete
  3. wah, jd ngiler berat deh siang2 gni baca postingan mbak dedew. btw ta kirain mba dedew itu org solo malah ig. wajahnya manis plus kalem gt menurutku. tibaknya eikeh salah yaaa. hihihi.

    ReplyDelete
  4. Aku suka banget es pisang ijo, suka beli, dulu waktu kos di cimahi sering beli pas buka puasa di warung makan yang ibunya asli makasar enak 😊

    ReplyDelete
  5. Wah jadi kangen makassar deh..saya paling suka jalangkote sama es pisang ijo..yummy :)

    ReplyDelete
  6. Kangen makan jalangkoteeeeee. Hahahaha. Kangen makassar deh jadinyaa. Menu favorit buka puasa sih buah-buahan. Ahahaha

    ReplyDelete
  7. Mbak aq ngileeerrrr.... Dr smuanya yg pernah kumakan cm yg es pisang ijo.... Ayo mbal kulineran d makassar *modus 😂

    ReplyDelete
  8. Ah liat postingan ini jadi gak sabar buat pulang kampung >< aku paling kangen sama kapurung karena di Jakarta belum ada yang jual dan mamaku jg jarang bgt masak itu karena susah nyari sagunya.

    Oiya salam kenal ya mba dewi :)

    ReplyDelete
  9. Duh barongko & es pisang ijonya slurrpp sekali :))

    ReplyDelete
  10. Es pisang ijonyaaaa,enaakkkk

    ReplyDelete
  11. barongko itu kalau dijawa namanya pistuban ya ....sayurnya unik2 ya mbak namanya ...aku pingin es pisang ijonya

    ReplyDelete
  12. Es pisang ijo..jadi inget bapak-bapak yang jualan es pisang ijo di depan poltekes tirto agung..jual es pisang ijo yang endess...

    ReplyDelete
  13. Huaduhh bw siang2 begini godaan banget wkkak.. Kalo es pisang ijo disini aku pernah coba mbak uenakk

    ReplyDelete
  14. Ngiler kapurung. Eeh, buka masih lama.

    ReplyDelete
  15. duh salah nyasar kesini.. tambah laperrrrrr :D
    penasaran nyicio makanan Barobbo itu..

    ReplyDelete
  16. Yang aku kenal hanya es pisang ijo mba dew hehe..pengen nyoba yg no 1-4, enyak2 kaya nya..:)

    ReplyDelete
  17. Barobbo belum pernah makan, kalo barongko dulu ibuku suka bikin pas masih di Makassar. Kapan2 kulineran Makassar bareng yuks

    ReplyDelete
  18. pengen nyobain semuaa... btw, makin bangga deh jadi Indonesia. makanan aja beragam banget ya..

    ReplyDelete
  19. Kl bubur manado aku suka brati barobbo jg bakalan ga aneh dlidahku. Es pisang ijo skrg byk yg jual jd ga asing. Kuliner makasar asik2 ya

    ReplyDelete
  20. Bolu pecak, Mbak. Itu kuliner Bugis yang suka waktu ramadan : D

    ReplyDelete
  21. Diantara menu-menu tersebut yang pernah saya dengar hanya palu butung mbak Dew. Namanya lucu ya nggak sangka kalau itu ternyata kudapan dari pisang :)

    Lainnya belum pernah makan tapi pengen icip karena menggiurkan :)

    ReplyDelete
  22. Aiih...enak-enak semua makanan Makasar ini. Jadi inget sama bos ku yang asalnya dari Makasar, kalo ngajak bukber teman2 sekantor makan ala Makasar

    ReplyDelete
  23. aq suka mbak borongkooo
    sama barobo..

    ReplyDelete
  24. Wah makanan khas makasar saat berbuka sangat mengoda semua Mbak..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...