Tuesday, January 5, 2016

8 Oleh-Oleh Khas Malang di GO Malang

Dear Temans, 

Fiuh, baru kelar beberes..biasa, kerjaan pagi dakuw hehe...
Mau cerita tentang pusat oleh-oleh khas Malang yang sempat kami kunjungi saat piknik dua bulan lalu.
Namanya orang Indonesia, jalan-jalan tidak afdol kalau nggak berbelanja oleh-oleh. Padahal, berat yoo bawanya hihihi...

Oleh-Oleh khas Malang
Pusat Oleh-oleh khas Malang
Nah, sepulang dari Jember, kami diantar mas Supirnya ke GO alias Goedang Oleh-Oleh yang terletak di Jalan Simpang Tenaga II No, 12 Malang. Kalau ingin kesana, lewat Jalan Sunandar Priyo Sudarmo, Blimbing. Agak blusukan hehe, tapi ternyata tokonya eh gudangnya lengkap lho.

Kami yang sempat kebingungan mau beli oleh-oleh karena jadwal naik kereta api pulang ke Semarang mepet sangat, bersyukur deh bisa menemukan pusat oleh-oleh Malang yang komplet. Halamannya luas banget jadi nggak ada yang namanya susah dapat tempat parkir. 

Oleh-Oleh khas Malang
bisa ngerti nggak arti tulisannya? Hehe
Sebelum menjelajah, kami sempat ke toilet dan musholanya yang juga bersih dan nyaman. Keren nih GO, memanjakan pengunjungnya banget. Ada juga kafetaria, playground untuk anak dan kids corner, hanya nggak sempat dakuw eskplorasi karena buru-buru takut ketinggalan kereta hehe.

Pas masuk tokonya, wow ternyata gedee, ini sih bukan toko oleh-oleh tapi beneran gudang oleh-oleh, hehe. Langsung bingung deh memilih 8 oleh-oleh khas Malang yang mau dibeli. Gimana tidak? Untuk keripik buah saja, ada banyak merek! Gyaa...mana yang enak niih? 

Oh iya, kalau ke Malang, oleh-oleh khas Malang ya tentu saja buah apel. Karena Malang dikenal sebagai daerah penghasil buah apel. Hanya kami nggak bawa apel Malang karena bisa beli di supermarket di Ungaran. Berat bo, bawanya!

Oleh-Oleh khas Malang
beraneka sari buah produksi UKM Malang dan sekitarnya
Terus, yang khas lainnya adalah beraneka keripik buah dan sayur
Ya ampuun, orang Ngalam kreatif banget siih, segala jenis buah-buahan dijadikan keripik! Jadi bingung banget memilih mau beli keripik buah apa? Ada keripik nangka, keripik pisang, keripik salak, hingga keripik jambu air! Mantap bo! Kalau keripik sayur ada banyak jenis juga mulai dari stik bayam, stik seledri dan stik ubi ungu. Dakuw paling suka stik brokoli. Semuanya dikemas dalam kemasan plastik beragam ukuran, ada yang kedap suara eh kedap air bo. Harganya pun terjangkau. 

Ada apa lagi ya oleh-oleh Khas Malang?
Salah satu favoritku adalah sari buah apel. Hehe apalagi yang produksi Malang karena yakin ramuannya #halah asli buah apel bukan hanya rasa apel saja seperti minuman sari buah produk lain. Disini juga tersedia sari buah apel dan buah lain berbagai merek. Hayoo, bingung deh kalian memilihnya! Hihi #carikoncobingung.

Hm, bikin penasaran adalah Malang Strudel, sayangnya nggak sempat cari di toko oleh-oleh ini ada nggak ya, atay harus beli di tokonya langsung yaaa? Di Jalan Ardimulyo 14 Singosari, Malang. Strudel adalah sejenis pastry resep dari Eropa yang diadaptasi oleh pengusaha kuliner dengan isian daging buah apel yang menjadi khas kota Malang. Jenius ya! Memanfaatkan produksi apel yang berlimpah dengan membuat suatu makanan khas. Persis seperti cake talas di Bogor yang happening jadi oleh-oleh khas Bogor. 

Oleh-Oleh khas Malang
aneka keripik buah oleh-oleh khas Malang
Malang Strudel yang happening ini ternyata pemiliknya adalah Teuku Wisnu, seleb suaminya Shireen Sungkar. Keren. Olehan apel tak hanya berbentuk keripik buah, sari buah dan strudel. Disini juga tersedia brownies apel, cokelat apel, dodol apel hingga bakpia apel! Wow!

Dakuw pun berkeliling di Goedang Oleh-Oleh. Mau membeli sambal pecel dan beraneka sambal untuk oleh-oleh? Pilihannya banyak lhoo! Sambal pecel termasuk oleh-oleh yang diminati wisatawan untuk dibawa pulang. Rasanya memang khas banget yaaa...

Hm, apalagi yaa, 8 oleh-oleh khas Malang?
Ternyata keripik tempe adalah oleh-oleh khas Malang ya. Disini juga dijual beraneka ragam keripik tempe dari berbagai UKM di Malang dan kota seputar Jawa Timur. Wah, keren juga GO menjadi tempat menyalurkan produk UKM ya. Keripik tempenya yang renyah dan aman, bebas bahan pengawet memang asik untuk jadi oleh-oleh. 

Nah lho, ternyata oleh-oleh khas Malang nggak hanya makanan dan minuman khas. Di GO, tersedia beraneka kaos khas Malang, yang bergambar atau tulisan kota Malangnya. Wah, seru nih buat oleh-oleh ya. Ada kaus ukuran dewasa dan anak-anak. Komplet deh. Selain kaos, ada juga aneka kerajinan khas Malang.

Oleh-Oleh khas Malang
kalau ini aneka kaos khas Malang
Oh iya, kalau di Malang ada pusat keramik di Jalan MT. Haryono XI, terdapat deretan toko yang menjulak kermik khas Malang yang sering disebut keramik Dinoyo. Keramik unik khas Malang ini juga tersedia di GO lho. Hihi. Jadi yang nggak ingin bawa oleh-oleh khas Malang berupa makanan, bisa memilih kaos atau keramik. Bahkan mereka menjual lukisan dan aneka bedcover, bo! Hihihihi...palugada niih, apa lu mau, gua ada bro! Di konter kasir, dakuw menemukan coklat rasa buah produksi Malang, cck...kreatif pisan! Kalau mupeng dan ngences ingin memesan aneka oleh-oleh khas Malang di toko ini, bisa tuh ke web mereka klik saja www.goedangoleholeh.com, bisa dikirim pakai ekspedisi lho. 

Photo Courtesy of Lestari
www.jejaksematawayang.com 











9 comments:

  1. Keripik tempe nya dong, aku mau. Kapan bisa mampir ke Malang ya ? pengen jajan di Goedang Oleh-oleh.

    ReplyDelete
  2. Aku yang asli Malang baru sekali itu juga kok Mbak ke sana he3
    Sering liat bannernya tapi nggak tahu lokasi persisnya dimana, moga setelah Mbak review jadi banyak yang tahu.

    ReplyDelete
  3. keripik nanas sama nangkanya boleh juga hehehe

    ReplyDelete
  4. Aku pernah ke pusat keramik Dinoyo.. Bahkan memborong cukup banyak keramik.. Ada yg berbentuk pajangan dinding.. ada juga patung2 kecil utk pajangan lemari.. Keren2 deh.. alhamdulillah keramik2 tsb masih ada sampe kini..

    ReplyDelete
  5. Aku yang asli Malang malah belum pernah ke sini. :D

    ReplyDelete
  6. Ya ampuuun, gede bgt mbak tempatnya. Seruuuu bgt klo ke sana ya, bisa puas belanja :D

    ReplyDelete
  7. Banyak juga oleh-oleh khas malang, pasti semuanya enak-enak ya mba hehehe

    ReplyDelete
  8. Aku udah kesitu hihihiii jauh banget dr kota, mungkin ada kerjasama dg driver yg ngantar aku. Aku malah bingung, soalnya nggak biasa beli oleh2 kalau pergi2. Akhirnya beli kaos.

    ReplyDelete
  9. lebih enak lagi kalo oleh~olehnya dibagi ksaya mba

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...