Tuesday, July 7, 2015

9 Oleh-Oleh Khas Bogor Yang Hits :)

Dear Temans,

Aloo...masih kuat puasanya? Sudah mulai mudik? Semangat di 10 hari terakhir Ramadhan ya. Gas pol!

Nah, dakuw mau nulis tentang 9 Oleh-Oleh Khas Bogor. Bogor, kota kecil yang terkenal dengan angkot eh keanekaragaman kulinernya. Jadi tujuan wisata kuliner setiap akhir pekan warga Jabodetabek. Siapa tahu mudik besok bakal ke Jakarta dan sekitarnya, mampir disini yaa...

jajanan khas Bogor
Apa saja oleh-oleh khas Bogor? Intip yuk...

1. Roti Unyil

Roti imut-imut sekali hap ini diproduksi oleh Venus. 
Kini tokonya tidak di Gedung Dalam tapi di Jalan Raya Pajajaran Kompleks V Point No.1 Bantarjati, bersebelahan dengan Mal Ekalokasari Plaza. Ada juga tukang roti keliling Venus yang khusus menjual roti unyil ini, kok.  Roti yang selalu diburu untuk oleh-oleh ini makin beragam rasanya. 

Roti Unyil Venus di Bogor
Mulai dari isi abon, daging asap hingga coklat. Dulu, sampai ada calo kue untuk beli kue ini saking membludaknya peminat, hehe. Karena berebutan kayak lagi antre sembako. Keren ya hihihi...

2. Asinan Bogor Nyonya Yeni

Asinan Bogor dijual dimana-mana di Kota Bogor. Ya, namanya saja makanan khas. Ada pilihan asinan buah dan asinan sayur. Favoritku selain asinan di Gedung Dalam Sukasari, adalah asinan Nyonya Yeni dekat Dekranasda Bogor di Jalan Binamarga 1, Bogor.

asinan nyonya eni (foto:wisatakuliner.com)
Berseberangan dengan Terminal Baranangsiang Bogor. Selain menjual asinan, rumah makannya juga menjual berbagai jenis makanan Sunda.

3. Macaroni Panggang (MP)

Favorit gue banget...tapi sekarang rada dikurangi karena diet susu dan segala jenis bahan dari mooo. Hihi. Full of lemak nih tapi rasanya memang sedap. Restonya juga asyik buat nongkrong, letaknya di Jalan Salak No.24, Bogor. Tepat di depan Taman Kencana, tempat ngumpulnya anak muda dan keluarga muda Bogor untuk bersantai.

Macaroni Panggang (Foto:resepmasakanonline.com)
Ada beberapa pilihan makaroni untuk dibawa pulang, ada spesial dan biasa. Untuk makaroni panggang biasa harganya berkisar dari Rp.30.000-Rp.115.000 tergantung ukuran loyangnya. Sedangkan makaroni panggang spesial, yang lebih banyak isian daging dan jamurnya harganya sekitar Rp.50.000-Rp.135.000.

Lumayan menguras kantong, tapi untuk ukuran besar cukup banget kok untuk dimakan beramai-ramai. Kenyang. Kata sepupuku, tiap habis makan sepotong, harus push up 50 kali. Wkwkwk. Selain makaroni, Resto MP juga menyediakan menu seperti nasi goreng, lasagna, spageti, bahkan steak.

4. Papapia Bogor

Yang satu ini termasuk menu baru di Bogor. Berdiri tahun 2008 dan mulai terdengar gaungnya di tahun 2009. Usaha ini berawal dari ketidaksengajaan karena Pak Bayu, pemilik Papapia kecelakaan dan tidak dapat bekerja selama setahun. Sang istri yang bekerja menggantikan suami cari nafkah dan punya ide membuat pia.

Papa Pia di Bogor (Foto:Desitnews.com)
Papapia semacam bakpia yang menjadi khas Yogya tapi ukurannya kebih besar. Rasanya pun renyah. Terbuat dari bahan terbaik sehingga rasanya enak. Beberapa pilihan rasa adalah rasa kacang hijau, kacang merah, keju, coklat dan yang terkenal sekali adalah durian. Outletnya ada di Perumahan IPB No.32, Bantarjati. 

5. Lapis Bogor Sangkuriang

Yang happening jadi oleh-oleh khas Bogor saat ini adalah lapis Bogor. 
Cake yang terbuat dari talas Bogor ini bisa ditemukan dijual dimana-mana di Bogor. 

Rizka pemilik lapis bogor sangkuriang (foto:swa.co.id)
Yang enak sih, Lapis Bogor merek Sangkuriang. Pemiliknya, Rizka mengalami jatuh-bangun berbagai bisnis sebelum sukses dengan kue ini. Lapis Bogor Sangkuriang memiliki beberapa outlet di Bogor. Diantaranya di sebuah ruko di Jalan Raya Pajajaran (Depan Gedung Bale Binarum) menuju Tajur. 

Lapis Bogor Sangkuriang (Foto:lapisbogor.co.id)
Kalau akhir pekan, beli kue ini harus antri lho. Dan tidak bisa membeli kue lebih dari dua kardus, hehe. Selain rasa original keju, ada rasa coklat,  tiramisu, cappucino, blueberry, dan yang aku suka banget lapis talas rasa green tea yang terasa banget teh hijaunya. Selain cake, dakuw juga hobi makan green tea cookies yang kres dan menyehatkan.

Rasa green tea memang lagi hits yaa belakangan ini. Segala jenis kue dan cake dibuat dengan rasa green tea. Enak dan menyehatkan. Yang terbaru ada lapis talas Bogor rasa durian dan strawberry juga. Harga lapis per kotak sekitar Rp.28.000. 

6. Kaus Bogor Unchal

Yup..sekarang makin mudah menemukan souvenir Bogor untuk oleh-oleh. Selain kaus yang diproduksi manajemen Kebun Raya Bogor yang bergambar flora dan fauna, ada lagi nih namanya kaus Unchal. Unchal sendiri diambil dari kata uncal aka rusa hehe. Kaus dengan desain lucu-lucu, terkadang mengandung plesetan. 

Kaus Kebun Raya Bogor ala Unchal (Foto: Unchal)

Seperti Pizza Hut jadi Parung Hot, daerah di Bogor yang panas nian hehe. Jadi ingat Dagadu ya. Hanya ini Bogor banget. Pusat Unchal ada di Jalan Dr. Semeru-Kelor Raya No. Bb 10 Menteng, Cilendek. Ada bebera outletnya bisa ditemui di pusat perbelanjaan Bogor seperti Yogya Bogor Junction Lantai 1, Ruko Tajur sebelah Donatello. 

Kaos Unchal (Foto: Unchal)
7. Boneka Lovely Doll

Yup, nggak hanya makanan dan kaus, Bogor juga punya boneka khas lho. Namanya Lovely Doll, asli bikinan urang Bogor. Gerainya ada di Mal Botani Bogor lantai 1. Seri Lovely Doll ini terdiri dari beberapa karakter. Namanya Amanda, Annabelle, Jennifer, Chloe, Brenda, Grace dan Lucy. Sifat mereka berbeda-beda lho. Ada yang tomboy, pemalu, aktif dan lainnya. 

boneka lovely doll
Sayangnya, namanya masih kebarat-baratan ya, nggak ada Iteung atau Siti, hehe. Harganya mulai Rp.150.000. Boneka ini handmade lho dan kita dapat sertifikat adopsi kalau membeli salah satu dari mereka.

bonekanya bikin ngenceees pengen adopsi
8. Kue Bika Bogor Talubi

Kuliner unik-unik selalu hadir di kota Bogor. Salah satu yang hits adalah Bika Bogor Talubi. Hadir di Bogor sejak tahun 2014. Oleh-oleh ini tidak pakai pengawet sehingga hanya tahan 4 hari.

Beralamat di Ruko Bale Kemang Jalan Raya Pajajaran No.20 Bogor. Bersebelahan dengan gerai Lapis Bogor Sangkuriang dan toko cokelat Chocomory. 


Bika Bogor ini tak hanya unik karena terbuat dari tepung talas dan ubi. Talas sudah lama dikenal sebagai oleh-oleh Bogor. Dan kini banyak dikembangkan sebagai bahan baku kue oleh pengusaha kuliner Bogor.

Tak hanya unik dan khas Bogor tapi juga sehat ya karena tidak pakai tepung terigu yang mengandung gluten.

Berbeda dengan bika Ambon yang menggunakan terigu serta bahan kunyit dan serai, daun jeruk. Bika Bogor tidak menggunakannya. Bahan talas dan ubi membuat kue menjadi lembut.

Bika Bogor ini cocok untuk jadi alternatif oleh-oleh Bogor yang unik dan anti mainstream.

Ada banyak pilihan rasa diantaranya rasa original talas, rasa ubi madu, cocopandan dan nangka. Sekotak harganya Rp35.000. Selain itu ada juga lapis talubi seharga Rp29.000. Jika suka brownies, jangan khawatir ada kok dijual di Talubi.


Favorit dakuw adalah bika Bogor dalam bentuk mini. Enak disantap karena porsinya pas, tidak kebesaran. Kemasannya pun cantik untuk dibawa sebagai oleh-oleh khas Bogor. Sekotak bika mini berisi 10 bika rasa pandan, talas dan nangka dibanderol seharga Rp29.000.

Selain gerai di Jalan Pajajaran, Bika Bogor Talubi juga ada di Puncak dan Jalan Soleh Iskandar, Bogor. Silakan mampir ya. 

9. Toko Cokelat Chocomory 

Chocomory adalah toko cokelat yang diproduksi oleh Cimory Bogor. Setelah beken dengan produk susu dan yoghurt Cimory, mereka memperluas usahanya dengan memproduksi cokelat dan djlijual di Chocomory.


Setelah dibuka di Puncak Bogor, Tangerang dan Semarang, Chocomory membuka gerainya di Ruko Bale Kemang Jalan Pajajaran No. 20C Bogor. Bersebelahan dengan Lapis Bogor Sangkuriang dan Bika Bogor Talubi.


Cokelat produksi lokal ini dijual dalam berbagai macam item mulai dari cokelat batang, selai cokelat, cokelat lolipop hingga biskuit tersedia. Kemasannya pun memikat mata.


Akhir Oktober 2016, Chocomory Pajajaran Bogor baru saja mengadakan launching gerainya. Jadi jangan lupa mampir ya ke Chocomory Pajajaran Bogor.

Semoga artikel oleh-oleh khas Bogor ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mencari oleh-oleh khas Bogor untuk keluarga, pacar, sahabat di rumah. Met berburu oleh-oleh khas Bogor ya! 





46 comments:

  1. Duh... duh... asinannya itu lhooo, rasanya kepingin segera maghrib, hehehe...

    ReplyDelete
  2. Wah banyak ya oleh-oleh khas bogor ternyata. Aku pingin nyobain lapis bogornya itu lho, duh kapan ya bisa ke bogor. Sekotak berapa itu mbak Dew?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya lupa nulis harganya sekotak rata-rata 28 ribu mbak lianny

      Delete
  3. Ah nyasar ke sini pas lagi puasa euy :) Eh aku pengen cicipin makaroni panggangnya itu. Tampak yummy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk teh evi main ke bogor yuk, kutraktir makaroni dehhh....

      Delete
  4. waaah sertifikat adopsi kalau membelinya...hehee kek berarti legal dong ya. Sangkuriang waktu itu aku beli lapis yang original, enak banget dan sukses bikin saya kepingin lagi. Yang penasaran itu asinan ibu Yeni, kapan gitu saya bisa makan?

    ReplyDelete
  5. Lapis bogor aku paling suka...empuk enyak enyak...

    ReplyDelete
  6. Kangen lapis sangkuriang sama roti unyilnya....

    ReplyDelete
  7. Roti unyil sama MP yang udah nyoba, kalau yang lain belom pernah, kayaknya pengen banget mencoba kuliner lain hahaha *jadi kapan kita kesana Mba?*

    ReplyDelete
  8. Wow boneka dengan sertifikat adopsi jenarik tuh teknik marketingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya say udah lama sih yang kayak gitu, ada toko boneka beruang dulu yang juga pake akte lahir karena kita bikin sendiri, pilih baju sendiri hihihi

      Delete
  9. Pengin nyicip makaroni panggang. Hhuhu. Kapan ya bisa ke Bogor. :3

    ReplyDelete
  10. Pas tugas seminar di Jakarta tahun lalu nitip sama temen yang orang Bogor oleh-oleh lapis talas Bogor ini, emang rasanya enak. Kalo di Malang ada tuh asinan bogor, yang jualan pake mobil combi. Sepertinya Bogor mulai unjuk gigi dalam hal kuliner, nggak mau kalah sama Bandung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa wiken sekarang bogor padat wan, pada hunting kuliner....

      Delete
  11. Dari beberapa jenis oleh-oleh makanan khas bogor kayaknya enak-enak semua.. Dan kota tasikmalaya juga sama banyak oleh-oleh yang khas oke punya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuk ditulis mba, buat mengenalkan kota kita juga :)

      Delete
  12. Klapetart mak sama ikan balita. Endeeeus. Oh iya lapis bogor merk ARASARI enak juga lho. Outletnya di sebelah brownis Amanda di pajajaran. Hiiks kangen bogor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa ikan balita endes tuhhh....udah lama ngga makan itu...

      Delete
  13. klo emak2 mcm sayah dah pasti mampir ke sentra tas ... hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak Dedeeew aku sdh follow blog nya ... spy bs ikut jalan2 n jajan teruuss :)

      Delete
    2. hihi betuuul pasti nyerbu tajur ya mbaaa....makasih udah difollow :* udah kufolbek yaa

      Delete
  14. numpang izin catet, sapa tau Lebaran nanti ke Bogor hihihi...

    ReplyDelete
  15. sahabat saya dari bogor kemarin bawa roti unyil .. emang khas yaa yg venus .. saya kira kok merk apaan ini venus :D

    ReplyDelete
  16. Gw baru tau kalo bo0gor punya produk kaos macam itu

    ReplyDelete
  17. Lama di Bogor, tapi baru tau ada Papa Pia...:)

    ReplyDelete
  18. Pgn asinaaann..roti unyil jugak..semua dah semuaa...

    ReplyDelete
  19. Kemarin pas ke Bogor lupa nggak mampir beli lapis yg terkenal itu, mbak. Boleh deh kalo mau kasih oleh2 dakuw, hihihiii

    ReplyDelete
  20. Oleh2 yang [ernah saya beli dari Bogor baru asinan dan talas Jeng
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  21. Asinan seger buat buka puasa. O iya kalau Talas Bogor pamornya sudah berkurang apa ya, terkalahkan sama menu-menu modern :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga berkurang kok mas talas bogor malah makin hits,dimodifikasi, kayak lapis bogor itu, kue cake yang bahannya talas hehe...

      Delete
  22. Waahh..masih 2.5tahun lagi balik ke Bogor.
    Semua makanannya rekomen mba, tapi kalau MP anak-anak saya kurang sukam katanya enakan buatan mama (ini emaknya aja yang keGRan), h3.

    Untuk asinan selain Ny. Yeni ada juga asinan Gedung Dalem, tempatnya pas dibelakang roti unyil di Jl. Padjajaran.

    Aahh, kangen wiskulan di Bogor

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, aku dulu sukanya gedung dalam, tapi karena nyonya yeni lebih deket dan enak juga hihi jadi pindah mba..wah sekarang tinggal dimana?

      Delete
  23. Aku paling seneng kalo ke Bogor beli asinan bogor :D
    Ga bosen2 pokoknya.

    Kalo lapis bogor sering beli buat oleh-oleh :)

    ReplyDelete
  24. wow. banyak ya oleh2nya menarik dan enak2, harus sedia kantong tebel kalo ke Bogor :)

    ReplyDelete
  25. Papapia di perempatan yasmin dan jalan terusan pandu kak.. hwww.papapiaid.com

    ReplyDelete
  26. Ada yg baru lagi namanya brownies singkong by smaliscake www.smaliscake.blogspot.com

    ReplyDelete
  27. Ada yg baru lagi namanya brownies singkong by smaliscake www.smaliscake.blogspot.com

    ReplyDelete
  28. Bawain asinan ya mak klo balik semarang :*

    ReplyDelete
  29. Kesukaanku asinan, roti unyil, dan bolu talas bogor 😊

    ReplyDelete
  30. Kayanya lapis bogor ni yang cocok, kebetulan ada sodara datang dari luar jawa & minta oleh2

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...