Monday, June 8, 2015

Bertemu Shahnaz & Mendulang Ilmu di Seminar Parenting Dancow :)

Dear Temans,

Alhamdulillah, Hari Minggu (07/06) dakuw dan Gandjel Rel diundang ke Dancow Parenting Seminar di Hotel Santika Jl. Pandanaran, Semarang. Acara ini berjudul Maksimalkan Perlindungan Si Kecil dengan Nutrisi dan Stimulasi Tepat. 

Narsis hehe
Nggak tanggung-tanggung, pembicaranya ada tiga pakar lho.
Dra. Ratih Ibrahim MM, Psi, dr.Vinka Desria dan Dr. dr.Saptawati Bardosono, M.sc.
Moderatornya pun menyenangkan, Mbak Shahnaz Haque, sukaaa! 

Setelah BRT yang daku tumpangi mubeng-mubeng galau cari jalan gara-gara Car Free Day, akhirnya dakuw dan Nailah sampai ke TKP. Ketemu geng Gandjel Rel yang udah duduk manis semua. Yippie!

Shahnaz yang keceee
Pembicara pertama adalah Dra. Ratih Ibrahim, seorang psikolog kondang yang followernya di Twitter puluhan ribu ey. Psikolog yang humoris dan santai ini menjelaskan betapa anak adalah anugerah dan berkah bagi orangtua. Ibu Ratih dan suaminya, berjuang bertahun-tahun agar bisa memiliki anak. 

Psikolog Ibu Ratih Ibrahim yang funky (Foto: Dancow Center)
Menjadi orangtua adalah amanah, tugas dari Allah. Dan itu bukan tugas main-main. Dengan menjadi orangtua, kita dipercaya Allah untuk mendidik anak menjadi khalifah, membangun bangsa. 

Menurut beliau, Bunda itu punya cinta utuh. Cinta sejati. Kita yang paling tahu kebutuhan anak. Maka, nggak usahlah pakai mom war segala kali yaa Bunda, hihihi. Masing-masing Bunda knows the best for her children. Cinta sejati ini yang akan mengantarkan anak tumbuh jadi anak sehat dan bahagia.

Gandjel Rel in Action
Sejak 2012, Pemerintah Indonesia telah menetapkan konsep 1000 hari pertama. 
Ditekankan pentingnya masa 1000 pertama kehidupan yatu dalam kandungan hingga usia dua tahun. Masa ini penting karena masa krusial perkembangan otak anak dan pondasi untuk membangun kemampuan anak.

Untuk itu, calon orangtua harus mempersiapkan diri sebelum menikah. Seorang perempuan mempersiapkan tubuhnya untuk hamil dengan menjaga asupan nutrisi demi kesehatan janin kelak. Jadi, bukannya saat hamil baru jaga tubuh. Tapi, jauh, sebelum itu.

Setiap anak memiliki tahap perkembangan. Dan setiap tahapnya memerlukan tiga hal penting: Kecukupan nutrisi, kelekatan atau ikatan emosional antara anak dan orangtua juga stimulasi. Jika ketiga hal ini terpenuhi maka anak akan tumbuh sehat, cerdas dan bahagia seperti semua orangtua inginkan. Kita bahas satu-persatu, yuk!

1. Kecukupan Nutrisi

Ya, kecukupan nutrisi penting untuk pembentukan otak, pertumbuhan dan kecerdasan anak. Anak butuh energi besar untuk belajar dan bereksplorasi, bergerak. Ia harus mendapatkan asupan gizi seimbang. 

Tahu tidak, kalau 80% sistem daya tahan tubuh terdapat di saluran cerna. 
Jika perut sehat, maka tubuh anak akan sehat. Anak akan jarang sakit seperti pilek, flu. Daya tahan tubuh mereka bagus.

Acara Seminar yang meriah (Foto: Dancow Center)
Anak tak hanya butuh karbohidrat atau protein. 
Semuanya harus lengkap. Untuk nutrisi otak dan daya tahan tubuh, anak membutuhkan Omega 3 dan DHA, misalnya di dalam minyak ikan dan daging ikan agar cerdas. Nutrisi untuk pertumbuhan fisik adalah kalsium & protein.

Nutrisi untuk kesehatan saluran cerna adalah :

a. Inulin/serat pangan (preobiotik), yang terdapat dalam buah dan sayuran.
b. Probiotik strain spesifik, adalah bakteri baik dalam saluran cerna. Probiotik ini terdapat dalam makanan seperti yoghurt, susu, tempe, sop miso, kimchi makanan orang Korsel yang difermentasi.
c. Vitamin A, C, E & mineral. 

Agar pencernaan anak bagus dan terlatih, jadwal makan dan cemilan harus teratur. Pengaturan makan ini dilihat dari jadwal makan konsisten, jenis makanan beragam, serta jumlah makanan sesuai dengan usia si kecil. 

Susu pertumbuhan juga sudah bisa diberikan. Misalnya Dancow EXCELNUTRI+ yang mengandung zat-zat bergizi yang dibutuhkan anak dalam tumbuh kembangnya.  

Dancow EXCELNUTRI+ adalah inovasi baru rangkaian Susu Pertumbuhan DANCOW  untuk usia 1-12 tahun dengan 3 keunggulan nutrisi seperti yang disebutkan diatas, untuk membantu tumbuh kembang si kecil optimal.

Kedisiplinan makan tiga kali sehari dengan dua kali cemilan akan menjadikan anak tumbuh sehat dan kuat hingga dewasa. Penyakit degeneratif seperti diabetes dan jantung, misalnya akan bisa dihindari.  

2. Kelekatan

Hubungan emosional yang kuat antara anak dengan orangtuanya akan berpengaruh besar pada perkembangan kesehatan mental dan fisik anak. Anak yang tumbuh dengan kasih sayang cukup, akan tumbuh menjadi manusia dewasa yang bahagia, mandiri, mampu memecahkan masalah dengan tenang. Ibu happy anak happy. 

Tapi, tidak berarti anak harus terus ngintil pada Ayah bundanya. Biarkan anak bereksplorasi dengan bebas. Main air, hujan-hujanan, berlari dan melompat, segala aktivitas outdor. Bila nutrisi cukup, anak akan sehat dan happy saja main air asal dibatasi ya, jangan dua hari dua malam berenang, hehe.

3. Stimulasi

Dengan keyakinan mereka sehat, Bunda tidak perlu khawatir anak bereksplorasi. Biarkan anak bermain.
Main hujan-hujanan, lari-larian, nggak perlu takut lagi. Bebaskan anak bereksplorasi agar tumbuh kembang maksimal. 

Dengan stimulasi tepat, anak akan tumbuh sehat, mandiri dan bahagia. Anak akan memiliki perkembangan kognitif lebih baik.

Dr. Ratih tidak begitu setuju kalau kita harus menjauhkan anak dari gadget. Karena mereka hidup di era ini. Tapi, penggunaannya harus dibatasi. Stimulasi digital tidak boleh menggantikan kegiatan nyata seperti bercengkrama dengan orangtua, bermain di luar dengan teman. Masak-masak virtual di IPADtentu saja beda efeknya dengan memasak bersama Bunda ya hehe.

Tips Cara Stimulasi untuk si kecil menurut dr. Vinka Desria yang cantik, adalah:

1. Orangtua memberikan contoh yang baik.
Kita menyuruh anak makan yang bergizi, orangtuanya jangan makan makanan full MSG, dong hehe. Anak didorong suka membaca, tapi Ayah Bunda tak henti-hentinya nonton TV.

2. Lakukan sejak dari dalam kandungan sampai remaja
Stimulasi di dalam kandungan misalnya mengajak janin mengobrol, memperdengarkan ayat Al Quran atau lagu klasik dan lainnya.

3. Dengan kasih sayang, perhatikan minat anak
Setiap anak memiliki minat dan kemampuan berbeda. Jika ia suka menggambar, bisa diarahkan oleh orangtuanya untuk belajar menggambar, begitu juga dengan hobi lain.

4. Kebebasan mencoba, mengulang
Biarkan si kecil mencoba, bereksplorasi. Ayah dan BUnda, cukup memperhatikan dan memberikan dukungan.
Demo masak Chef Hendrik
5. Dipuji dan dihargai
Pujian tulus dari Ayah dan Bunda sangat berarti bagi si kecil. Ia akan bersemangat untuk mencoba, lagi dan lagi jika ia melihat senyuman, tepukan tangan, acungan jempol dan kata-kata penyemangat dari orangtuanya.

Tidak terlalu sulit bukan?
Acara yang sarat ilmu ini dilanjutkan acara masak oleh Chef Hendrik. 
Menunya adalah stik tempe, tumis daging spesial dan puding apel ceria. Asyiknya, resepnya sudah tersedia di dalam goodie bag jadi tidak perlu repot-repot mencatat lagi, hehe. Pengen coba bikin ah! Oh iya, Pengumuman lomba live tweet selama acara, didominasi oleh blogger Gandjel Rel. Pada borong hadiah semua, hihihi. Horee..

Pasukan Gandjel Rel
Seru deh acara hari ini.
Nggak rugi bangun pagi buta di hari libur, menembus Car Free Day hehe demi ilmu dan kongkow-kongkow bareng sahabat. Jika punya pertanyaan seputar nutrisi dan tumbuh kembang si kecil, monggo klik Dancow Parenting Center.

Yuk, Lindungi si Petualang Kecil, dukung eksplorasinya.



55 comments:

  1. Seru yah mba acaranya :)
    terimakasih mba udah berbagi kembali tips menstimulasi yang benar ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. nuhun Alhamdulillah kalau bermanfaat :)

      Delete
  2. Replies
    1. iyaaa zahra, orangnya ramah pisan yaaa....

      Delete
  3. Kayaknya seru. Iya, ibu tau lah yang terbaik buat anak. Dan masing-masing anak beda, gak bisa disamaratakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba rizka, bener banget yaaa....anak-anak yang sodaraan aja bisa beda banget karakter dan sifat, bakatnya, apalagi dengan anak orang lain, aneh kalau dibandingkan ya...

      Delete
  4. Ilmunya bermanfaat banget ya mak bagi kita dalam mengasuh dan mendidik anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya mak kita bisa ikutan :)

      Delete
  5. Senengnya bisa seru2an bareng koncow and dancow..
    sayangnya kemarin nggak bisa ikutan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa borong hadiah juga mba, noorma sampai bawa tiga tentengan hihihi, iya sayang mba ika ngga ikutan :*

      Delete
  6. Gandjel Rel yang perutnya gede itu siapa? Shahnaz memang keren, cantik & cerdas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ngefans banget sama shahnaz aku mba, itu wuri nugraeni mba, lagi hamil gede hehe...

      Delete
    2. wah, baru ngerti kalo mba wuri lagi hamil. barakallah, mba.

      Delete
    3. iya ila, lagi dipingit dia hehe...

      Delete
  7. Wah...seru ya acara kumpul2nya byk banget manfaatnya... kayaknya byk blogger yg menghadiri acara itu ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba rita, dancow ngundang blogger gandjel rel, hehe blogger2 KEB semua sih :D

      Delete
  8. terimakasih mbak sudah mau berbagi ilmunya bermanfaat

    ReplyDelete
  9. tipsnya gampang-gampang mba tapi sulit diterapkan hihi

    ReplyDelete
  10. Seru ya acaranya :D Kalau ngomongin dancow saya jadi inget kalau dari kecil sampai umur 20 an tahun masih minum susu dancow dulu~ xixix

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi beneran sampai gede minum dancow mas fahmi? dancow terharu pisan ituu :D

      Delete
  11. Tulisannya mantab maakkk..kumplit..
    Iya aku lagi berusaha melakukan itu smua mak, nutrisi asupan makanan, kelekatan, jg mmeberikan stimulus, mdh2an smua bs aku laksanakan..amiinn...
    Tfs y mak, bermanfaat bgd

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, seneng kalau bermanfaat mba inda :*

      Delete
  12. acara seru dan bermanfaat. saya juga suka sama shahnaz haque *eh... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iyaaa jumpa fans deh mba akyu :D

      Delete
  13. Para pakarnya mantaaap...ilmunya apalagi. Seru kopdaran sambil mendukung ilmu ya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iyaa ngefans juga dengan pembicaranya mba ratih, aku langsung follow dia mba indah :D

      Delete
  14. wah acaranya pasti seru ya mbak?? udah seru banyak manfaatnya juga,,tips stimulasinya keren mbak.Salam kenal ya mbak :))

    ReplyDelete
  15. Wah..dulu saya juga pernah ikut acara parenting yang didukung oleh Dancow. Dulu di Bandung, sekitar tahun 2003-2004. Dan moderatornya juga sama..Shahnaz Haque. Dulu rambut Shahnaz modelnya pendek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, sekarang gondrong #eh cantik pisan...

      Delete
  16. Wah...mbak Dewi cepet banget bikin reviewnya, n tulisannya keren banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi..biar ngga numpuk nih say...ntar keburu lupa materinya :*

      Delete
  17. baca dan memahami tipsnya sekarang, praktiknya enta kalo udah nemu calon mamahnya. :D

    Itu kan temanya parenting kan, Mbak Dew, trus itu chef Hendrik masak apaan? bubur? xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hsyo muridku yang ini kurang menyimak, tuh ada ditulis menunya hihihi...

      Delete
  18. 3 unsur yang memang penting ya, mba. stimulasi sangat penting. adekku pun telat distimulasi jadinya dia telat baca. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, stimulasinya ternyata dengan ngajak main yaa...dengan main mereka banyak belajar...

      Delete
  19. blognya tampilannya makin asyik nih mba...salah fokus jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih saaay..hasil karya mba susan moocen niiih :)

      Delete
  20. Acaranya seru dan sangat bermanfaat yah mba :)

    ReplyDelete
  21. kalau saluran pencernaanya bagus tentunya daya tahan juga bagus ya mbak,acaranya seru bangett..
    saya juga lagi mraktekin mbk,kalao ngaji bersuara,kalau capek lanjut nanti. kalau nggak disetel tilawah gitu hehe

    ReplyDelete
  22. Memberi pujian, penghargaan pada si kecil bisa buat anak makin PD. Kata Ibu, sih. :D

    Gandjel Rel makin berkibar euy. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin hihi semoga bisa eksis kayak teman2 blogger kota lain mak idah :D

      Delete
  23. wah dancow ini yang menemai aku dari usia belia sampai sekarang ini, one of the best milk for kid

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkw samaa...toss..pernah berhenti sebentar waktu dibilang mengandung minyak babi >< hoax..

      Delete
  24. acaranya kaya yang seru mba, terimakasih udah berbagi kembali tips mba :)

    ReplyDelete
  25. Aku salut lho ama ketegaran shanaz ini, kan di vonis ngak bisa punya anak gara2 kista yaaa kalo ngak salah. Tapi akhir nya anak nya banyak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas cumi, kanker indung telur ya, Alhamdulillah kebesaran Allah bisa punya anak, hasil hidup sehat juga, pola makannya...

      Delete
  26. Aku juga pernah ketemu Sahnaz di acara yg kayak gini juga, tapi bukan Dancow...Gara-gara di acara tersebut ada artis..jadi fokusny ke artis, pengen memandang wajahnya lama-lama, hihihi

    ReplyDelete
  27. Shahnaz cantik & langsing yaa....eh gagal fokus.
    Yang pasti acaranya seru dan bermanfaat banget, bagaimana peran bunda sangat dibutuhkan dalam tumbuh kembang anak.

    ReplyDelete
  28. Materinya lengkap bingits, harus di print tempel tembok kamar :D

    ReplyDelete
  29. Nulisnya super kilat, materinya kumplit. Memang kuereeen

    ReplyDelete
  30. wah asyik nich kumpulnya, kalau pulkam mau donk join

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...