Tuesday, March 31, 2015

Mencuri Ilmu di Travel N Blog 3 Workshop Semarang :)

Dear Temans, 

Horee...wiken kemarin (28-29/03), dakuw menimba ilmu di Travel N Blog #3 di Semarang.
Workshop Travel N Blog ini dicetuskan oleh 6 travel blogger kece yaitu Wira Nurmansyah, Ariev Rahman, Firsta, Mumun dan Vina Indohoy. Lalu bergabung Lucia dan beberapa sahabat mereka.

Travel n Blog Family
Tadinya, hanya berupa sharing diantara travelling blogger saja.
Daripada privat diantara mereka saja, akhirnya tercetuslah membuat sebuah workshop kecil tentang travelling dan ngeblog dengan jumlah peserta dibatasi agar lebih intim *eh. Mupeng juga, lihat keseruan acara Travel N Blog Jakarta & Bandung ini di Twitter dan blog peserta.

Kru Travel N Blog 3
Finally, acara Travel N Blog tiba di Semarang! Yeayy!
Pas tahu infonya langsung excited dong ah. Terus melempem lagi. Oh my, Acaranya dua hari, bo! 
Tapi, karena penasaran pengen ketemu dan menimba ilmu pada travel blogger yang kece-kece, akhirnya dakuw daftar. Paling awal lhoo..begitu diumumkan langsung daftar, hihi. Ternyata benar. Beberapa hari kemudian, workshopnya tutup pendaftaran! Gyaa. 

Hari pertama, kepala cukup berasap karena dapat materi ngeblog selama berapa jam ya? 7 jam! Uhuk! Kita intip ilmu dari pembicaranya yaa :) 

1. Ary Mozta (@arymozta)

Blogger & web developer ini memberikan materi yang teknis yaitu blog construction. 
Ary Mozta mengupas pentingnya penampilan blog yang mudah diakses dan enak dilihat. Karena jika isi atau konten blog adalah raja, maka blog kita adalah kerajaannya. Percuma isi postingan keren tapi tidak dilirik pengunjung karena tampilannya terlalu banyak pernak-pernik seperti iklan pop up, atau layarnya hitam dengan tulisan putih. Aduh, sakit mata! 

Ary Mozta

Penampilan blog penting karena itulah yang dilihat pengunjung pertama kali. Bagaimana warnanya, pemilihan huruf. Karena menurut penelitian, perhatian seorang pengunjung online itu hanya 8 detik, kalau blog kita susah diakses, nggak enak dilihat, langsung deh mereka kabur. 

Tips Ary, Headernya jangan sampai kebesaran, batasi warna yang digunakan di blog, nggak usah alay hehe, gunakan logomu sebagai branding, Pilih font yang sesuai misalnya TNR 12 point, pilih huruf yang simple, jangan yang keriting atau dekoratif. 

Promosikan dirimu melalui widget yang tersedia di bar. Rajin nongkrong di sosmed, Layout blog jangan terlalu ramai, dan format tiga kolom sekarang udah ngga tren lagi. tapi, kalau mau tetap pakai siasati dengan banyak tulisan di kolom kiri dan kanan.

Jangan lupa foto untuk feature imaged yang jleb, di postingan. Pilih yang menarik perhatian pembaca untuk tetap stay tune di blogmu.

Untuk foto, jangan lupa memberi nama foto sebelum diunggah. 
Jadi jangan biarkan fotomu hanya tertulis DCIM atau berupa angka. Beri nama spesifik: Kota Lama Semarang. Jangan lupa beri judul juga. Dengan begitu, jika orang menggugel tentang Kota Lama, fotomu bisa muncul di hasil pencarian. Dan itu tidak bisa terjadi, jika nama fotomu hanya nomer saja.

2. Ariev Rahman (@arievrahman)

Traveller blogger asal Ungaran ini emang bikin bangga.
Langsung aku promosiin lho doi di grup Penulis Ungaran hehe.
Ariev ini terkenal karena artikel travelling blognya berupa cerita. Aku baca tulisannya di majalah Getaway, memang asik dibaca lho. Setiap postingan dia ada story-nya bak cerpen. Tulisannya ala Reader Digest gitu. Seru. Nah, Ariev berbagi materi tentang menulis cerita. 

Menurutnya, menulis itu mudah. Yang susah adalah bikin orang membaca tulisan kita. Jleb! Hehe.
Gimana biar pembaca tertarik?
Pembuka:
1. Bawa pembaca seolah berada di tengah situasi yang kita ceritakan.
2. Tarik perhatian pembaca dengan pembukaan berupa dialog menarik
3. Selain itu, pembukaannya bisa juga seperti berbicara pada diri sendiri.
4. Belajar mendeskripsikan sesuatu dengan baik.
Tengah Cerita:
Disini kalian harus bercerita secara naratif. Panjangnya 5-10 paragraf. 
Nikmati caramu bercerita. Dengan sering menulis, kamu akan temukan ciri khasmu bercerita. Pembaca akan seolah ikut dalam petualangan kalian.

Tipsnya:
1. Jangan lupa detil penting dari sebuah tempat.
2. Beri info valid.
3. Lihat, dengar, sentuh, hirup dan rasakan dengan seluruh panca inderamu.
4. Tunjukkan, jangan cuma dikatakan.
5. Perbanyak menulis dan membaca.
6. Jangan menyingkat kata, pelajari EYD.
7. Tulis cerita dalam 1000 kata agar pembaca terikat.
8. Judul yang nendang 
9.  Mas Ariev tidak menuklis kisah perjalanannya dengan runtut tapi ia pilih bagian paling menarik untuk diceritakan. Misalnya perjalanan mencari 1000 kamar di gua jepang.
10. Bahagialah.

Oh iya, tentu untuk sesukses Ariev tidak mudah. 
Butuh perjuangan. Ariev mampu mengatur waktunya dengan baik sebagai pegawai kantoran dan travelling blogger. Ia menulis jadwalnya di aplikasi semacam agenda di ponselnya. 

Bahkan, ia bisa menulis blog sambil travelling. Ariev punya jadwal ngeblog 1x seminggu. 
Tak heran, prestasinya banyak banget di bidang menulis blog. 
Stalking aja yaa blognya :) 

3. Wira Nurmansyah (@wiranurmansyah)

Blogger ini terkenal gara-gara foto-foto di blognya yang keren bingit. Tak salah, kalau ia memberikan materi travel fotografi.

Dan dedikasinya untuk mengejar hasil foto yang cling memang tak diragukan lagi. Menurut Wira, waktu terbaik mendapatkan hasil foto keren adalah waktu pagi dan sore. Waktu yang sering diabaikan oleh para traveller. 

Jika kamu ingin dapat gambar bagus, misalnya foto sunset. jangan foto mataharinya. Tapi, potretlah benda yang terkena siraman sunset. Indah sekali. Wira memberi contoh foto-foto hasil jepretannya dan eyke meleleh. Mupeng pengen motret sekece itu juga. Hihihi. Oh iya, Wira termasuk manusia yang tidak suka me-watermark foto-foto jepretannya karena khawatir merusak foto itu sendiri.

Untuk foto dengan obyek manusia, jangan langsung asal jepret tanpa permisi. 
Biar hasil fotonya bagus, ajak mengobrol ini itu, bila sudah akrab, pose mereka akan natural. Jangan lupa riset sebelum perjalanan. Wira memberi contoh foto seorang penjual nasi ayam di depan Paragon, awalnya malu-malu ketika difoto, kaku. Setelah ngobrol banyak, hasil fotonya cetar. Jadi deh langsung kami coba praktekkan pas jalan-jalan di Kawasan Kota Lama Semarang sambil hunting bahan ngeblog :)

4. Firsta & Lucia Nancy (@firstadyi & @lucianancy)

Untuk materi managing your blog, hadir duo keren ini. 
Firsta adalah seorang blogger yang khusus menulis tentang wisata Indonesia. Firsta mendapat banyak penghasilan dari blognya lho diantaranya lewat konsultasi travelling, iklan di blognya, menulis untuk majalah dan banyak lagi. Wow.

Di awal materi, perempuan berambut indah ini bertanya, apa tujuan kamu ngeblog? Jawabannya beragam, mulai dari curhat, narsis, pengen eksis hingga cari duit hihi. 

Apapun tujuanmu ngeblog, harus:
1. Produktif
2. Fokus
3. Traffic.

Ya, percuma capek ngeblog kalau nggak ada yang baca kan?
Traffic adalah lalu-lintas pembaca yang berkunjung ke blogmu. Apapun tujuan ngeblogmu, tentu butuh pembaca kan. Jika kamu ngeblog ingin berdagang, tentu saja kamu membutuhkan traffic ke blogmu biar barang laku. Ingin eksis, ya pengunjung blog harus banyak biar kamu dikenal. Hehe. So, traffic penting!

welfie hari pertama

Gimana biar pengunjung blog kita banyak?
1. Identifikasi pembacamu. 
Kita tidak bisa memuaskan semua orang. Kenali pembacamu. Misalnya blog Indohoy untuk orang asing yang butuh informasi wisata Indonesia. Sebaiknya sih, blogmu ber-niche alias punya spesifikasi. Misalnya Wira dikenal sebagai travelling blogger yang unggul di fotonya. Ada traveller yang khusus heritage, apa lagi ya? Ada spesialisasi tertentu. 

2. Tentukan tujuan blogmu.
Jadi, tidak mengikuti arah angin saja hehe. Apakah blogmu untuk mendapatkan pembeli, menaikkan branding atau apa? Bila tahu tujuan, tentu lebih mudah mencari cara mencapainya. Daripada terombang-ambing #eh. 

blog on the spot ternyata seru binti deg-deg splash ya hihi
3. Manajemen ngeblog

a. Finding Content
Caranya dengan riset terlebih dahulu. Mau nulis apa ya? Apabila sudah punya topik apa yang ingin ditulis, mulai riset untuk hal-hal detilnya. Ada editorial plan seperti layaknya majalah lho. Bikin semacam outline tulisan kita. Bagaimana kalau tidak travelling? Bisa kulik-kulik hal lain dari travelling terdahulu. Hal kecil bisa jadi bahan tulisan.
b. Good Headline
Judul singkat. Mulailah dengan keyword aka kata kunci. Maksimal 6 kata yang terdiri dari 50-70 karakter saja. Jangan kepanjangan atau malah terlalu singkat.

c. Content is a king.
 Pembaca kadang hanya membaca tulisan kita sekilas. Ingat teori 8 detik. Ia hanya membaca tiga kata depan dan belakang alias scanning. Kalau ia mendapatkan tulisan kita menarik, barulah ia membacanya dengan seksama. Kalau tidak? Ngacir diaaa! Tidaaak!

narsis Travel N Blog

d. On Site SEO
Jangan kebanyakan kategori di blogmu, semakin banyak berarti semakin serabutan hehe. Sebelum menulis, Firsta akan mencari keyword yang berada di peringkat teratas pencarian dan menulis blognya sesuai keyword itu. Untuk menemukan keyword yang jleb, ada aplikasinya lho, sayang hanya untuk artikel berbahasa Inggris. Jadi, artikel yang ia tulis selalu SEO friendly.

3. Making Connection
Blogger jangan sendirian. Lebih bunyi kalau gabung di komunitas. Lebih dilirik brand juga.
Gimana caranya?
a. Tukaran link dengan blogger
b. Gues Post, mengajak teman blogger mengisi blogmu.
c. Wawancara
d. Membalas komentar di blogmu
e. Blogwalking
f. Be positive and happy

Lebih penting mana, frekuensi atau konsistensi?
Lebih penting konsisten lho. Jangan rajin posting setiap hari lalu macet selama tiga bulan hehehe.
Sekali seminggu sudah cukup tapi terus diapdet blognya. 
Indohoy.com, milik duo Mumun dan Vira punya jadwal mengapdet blog seminggu dua kali dan telah dialkukan selama 4 tahun, keren! 

naik semarjawi

Pembicara terakhir tapi temanya makin seru adalah Lucia Nancy tentang optimalisasi sosmed. Ia fokus ke Twitter, G+ dan Facebook. Ia menceritakan ada jam-jam dimana FB rame trafficnya dan disitulah bagus untuk promosi link blog kita. Misalnya jam berangkat dan pulang kerja. FB juga sepi saat weekend. Twitter, lain lagi. Media cuit-cuit ini ramai sekali pada wiken lho. 

Perhatikan hashtag yang lagi rame, lalu kamu bisa ikutan promosi blogmu disitu. Tentu secara soft ya. Misalnya lagi rame hashtag#1direction, ikutan nyempillah disitu: Daripada gulana karena ngga bisa nonton 1D, mampir blogku dulu yuk, kasih linknya hihihi.

sertifikat lulus travel n blog 3

Aihhh...
Seru banget kan yaaa...
Dapat ilmu keren dari para blogger beken. 
Selain ilmu baru, dapat teman baru, juga dapat banyak hadiah!

Ada acara jalan-jalan di Lawang Sewu dan  naik bus tingkat Semarjawi, gyaa!
Ternyata, travelling blogger itu butuh banget ya alat pendukung macam power bank biar kalau pas jalan-jalan nggak bete karena ponselnya kehabisan daya. Jadi nggak bisa eksis deh motret-motret.

Fatal banget kan ngga punya dokumentasi untuk seorang blogger.
Gimana mau liputan? Gimana mo ngeblog? Kayak aku pas acara naik bus Semarjawi kehabisan batere ponsel huhu. Nggak punya foto sama sekali, bo! Sakitnya tuh disiniii! *tunjuk muka nggak kepoto.
Inilah pertama kalinya eyke ikutan lomba live blogging, walau kalah dengan sukses hahaha.
Seru! Kalau ada acara travel n blog di kotamu, segera mendaftar, jangan sampai kehabisan seat yaa!

Terima kasih teman-teman Travel N Blog sudah bikin acara keren ini. 
Syukaa! Aku pada kalian, pokoknya deh!

Sumber Foto:
Mas Bolang, Dhevi Dede, Wira, Slamsr,
Panitia TnB3

34 comments:

  1. Aku ngefans sama Bang Wira.. Foto-fotonya Masya Allah bagus-bagus bangeeeeet :D

    ReplyDelete
  2. Langsung cek blog pembicara. Duh, kapan ya kota kecil kebagian event seperti ini? Sementara cukup puas dengan ngintip blognya mbk Dedew :)

    ReplyDelete
  3. yey,seruuuuu banyak ilmu dan banyak temen baru

    ReplyDelete
  4. Aku tuh yg nggak masuk kuota pendaftaran, tapi ada hikmahnya sih krn pas tubuh perlu rehat. Tfs ya mbak Dew :)

    ReplyDelete
  5. pngeen bngt ikutan platihan blog yg live hmmm...asyik mbk dew acranya

    ReplyDelete
  6. Bikin gagal fokus ngeblog neh *pengen traveling

    ReplyDelete
  7. Aku juga belom nulis :p *masuk wacana

    Seru bangeeettttt

    ReplyDelete
  8. Ahhhh seruuu bangeeet.
    Makasih sharingnya ya mak dew :)

    ReplyDelete
  9. Ampun mbaaak jangan ditulis kerjaan aslinyaaa 😂😂😂

    ReplyDelete
  10. @ariev: hihihi maaf..kuedit yee riiiv...:p

    ReplyDelete
  11. keren mb, pengin ikutan.....
    mudah2an bisa ya

    ReplyDelete
  12. Asik dan menyenangkan. Kalo ada kegiatan itu di seputaran Jakarta pengen ikut.

    ReplyDelete
  13. Seruu dan bermanfaat sekali ini workshopnya, ada agenda ke Malang nggak? Mau dong ikutan.

    ReplyDelete
  14. akuuu mau ikutan tapi ngga bisa mulu hiks sebel deh hehehe, mantap ya pematerinya :D

    ReplyDelete
  15. Ampun mbaaak jangan ditulis kerjaan aslinyaaa 😂😂😂

    ReplyDelete
  16. @ihwan: Inshaa Allah nanti di jatim wan, stalking twitter mereka yaaa

    ReplyDelete
  17. @alris: kalau jakarta seriiing banget ada acara asyik, semarang nii jarang2 deh hiks

    ReplyDelete
  18. @salman: iyaa seru lhoo..kudu ikuut...

    ReplyDelete
  19. Waaah.. menarik banget ini workshopnya. Moga-moga Batam kebagian juga..
    Makasih sharingnya di sini, mbak Dew :)

    ReplyDelete
  20. Seru bangeeet! Dan narasumber itu adalah para blogger panutanku :P Lucky for you mbak bisa ikut seseruan sama mereka ;)

    ReplyDelete
  21. waaa! Tipnya banyaak! Tengkyuu, Mak. Siap saya praktekkan :)

    ReplyDelete
  22. Thanks sharingnya mak..meskipun gagal ikutan tetep bisa dapet ilmunya darimu :*

    ReplyDelete
  23. Terimakasih sharingnya Mbak Dedeeww.. :) Saya juga lagi berusaha sekuat tenaga buat nulis yg menarik... #iketkepala

    ReplyDelete
  24. Duhh, kece banget mak acaranyaa, ilmu dapet, temen dapet, kopdar seruu <3

    ReplyDelete
  25. waaa! senang banget bisa kumpul-kumpul di travelnblog! jadi berbaur saling melengkapi menambah ilmu. sayang kemarin nggak sempat ngobrol banyak ya mbak :)

    ReplyDelete
  26. Belum pernah ikut workshopnya bahkan sampe yg ketiga. Waktunya ga pas muluu.. untung temenan semua hihi

    Kak, kalau untuk nyari keyword buat nyari kata kunci bisa di adwords.google.com koq, manfaatin itu saja. Premium software mmg lebih menjelaskan lebih detail.

    Titips (titip tips) ini ttg SEO basic dari aku ya hihi

    http://www.virustraveling.com/14-seo-basic-travel-blogging-ala-virustraveling-com/

    ReplyDelete
  27. Aku juga orang semarang, tapi kemana aja ya kok br tau acaranya mbak.. Hiksss...
    Untung baca blog mbak, lumayan brasa ikutan acaranya. Hehehe
    Salam kenal mbak

    ReplyDelete
  28. Siiplah, dan betul itu powerbank, yang lama rusak harus beli lagi nih

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...