Wednesday, July 9, 2014

Mencicipi Sate Rembige, Sate Rasa Juara di Lombok :)

Dear Temans,


Alhamdulillah, bisa melakukan perjalanan ke Lombok bersama teman-teman Muslimah Backpacker, itu emejing. Ya, daku diberi waktu me time oleh si mas untuk liburan sejenak. Siapa tahu dapat ilham untuk buku baru katanya, hehe hurray! I heart you, Pak Bagus!

kipas-kipas sate rembige

Salah satu yang berkesan dari perjalanan ke Lombok, adalah makanannya. Yup, masakan khas Lombok, sedap-sedaap. Memang sih, sesuai namanya, Lombok, masakannya pedas. Bahkan nasi kuning campur yang kami makan saat sarapan di dekat Wisma Nusantara pun rasanya pedas menantang. Padahal, makannya pagi-pagi lho. Untung nggak mules. Bisa gagal acara jalan-jalan kami.

Maka malanglah nasib teman seperjalanan dakuw yang nggak hobi makan pedas. Ia kebingungan tiap kali kami mampir makan. Masa di Lombok memesan menu telur dadar melulu? Hehe.

sate yummiii

Salah satu tempat makan yang berkesan banget bagi kami adalah sate Rembige.
Rembige adalah nama daerah di Lombok, setengah kilometer dari perbatasan antara Kota Mataram dengan Lombok Barat.  

Warung sate legendaris ini terletak di jalan utama Rembige di Kota Mataram. Katanya, mereka sudah berjualan turun-temurun selama 25 tahun! Wow. Kali pertama kami mampir dari situ sepulang dari Air Terjun Tiu Kelep. Gara-gara main air nggak terencana, semuanya basah kuyup. Kebayang dong kedinginan di mobil ELF. Basah sah sampai ke dalam sanubari, eh lingerie hihi.

muka lesu jadi ceria hihihi

Teh Imazahra, ketua rombongan mengajak kami kesini. Warungnya sederhana. Di depan adalah area bakar-bakar sate. Duduk dimana ya? Olala, ternyata, di bagian dalam luas.

Kami menempati semacam panggung kecil beramai-ramai. Duduk lesehan. Muka-muka lelah setelah seharian keluyuran menyusuri Sembalun Bumbung, Air terjun Tiu Kelep, dan Sendang Gile. Tapi herannya, lagi lelah lunglai gitu, tetap saja ramai berceloteh. Hihi, dasar perempuan, yaa. Ramee terus.

Berseliweranlah pesanan mulai dari sate rembige, kangkung pelecing, hingga sop kaki dan kerupuuk. Minumannya ada air jeruk hangat, teh hangat yang sedap untuk mengusir dingin dan basahnya bajuku.
Suasana warung malam itu meriah. Ya, warung ini memang popular menurut pemandu kami, Duta anak Lombok Backpacker. Pengunjung semakin larut semakin banyak. Nggak pandang libur atau hari biasa, warung ini tetap membludak pengunjungnya. 

Pelayannya makin sibuk marah-marah. Ups, ternyata nggak marah, bo. Memang nada bicara mereka agak tinggi. Seperti gaya bicara orang Makassar, kampungku.

Ketika hidangan datang, mata langsung melek. Kami mencicipi sate rembiga, sate sapi muda. Rasanya lezat banget. Manis, pedas dan lembut. Gurih nyess di mulut. Perubahan suasana langsung terasa. Yang lesu langsung on. 

Makan sate dengan lahap seperti rebutan, hihi. Soalnya 20 puluh tusuk dibagi untuk bertiga. Teh Ima sampai menambah pesanan hihi biar nggak terjadi kudeta. Belum lagi pelecing kangkungnya syedaap nikmat. Menggugah selera makan. 

Nasi sepiring yang tadinya kelihatan kebanyakan, menggunung, bisa tandas juga. Pakai nambah setengah! Haha. Soto sapinya juga maknyuss. Nggak nyangka lho, warung sederhana ini punya makanan rasa juara. 

Nggak heran, kami dua kali bolak-balik ke warung ini selama piknik di Lombok hihi. rasanya nagih :D 
Ah, nulis ini perut jadi krucuk-krucuk hihihi.





Sumber Foto: Mbak Rien

12 comments:

  1. bagi donk sate rembigenya maaakk..

    ReplyDelete
  2. melapar inii haha *balik tidur

    ReplyDelete
  3. serunya jalan-jalan ke Lombok. Moga2 dikasih kesempatan buat nyicip sate rembige.

    ReplyDelete
  4. aku ikut backpackernya ajah mbaa.. mufeeeng akut

    ReplyDelete
  5. Mbak Vina: hayuk mbaa gabung, seruu, jjs cewe kabeh hihi

    ReplyDelete
  6. Wah senengnya yang bisa travelling n kuliner..btw mak Rieka aku udah follow blognya lamaaaaa...hehehe smoga brkenan follow balik ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari yang ingin berkunjung ke lombok
      silahkan pilih destinasi wisata dan destinasi makanan khas lombok
      untuk referensi anda bisa menemukannya disini

      https://www.facebook.com/groups/informasiwisatalombok1/

      disana sudah lengkap lohhh

      atau via WA : +6281917057944

      Delete
  7. mba @christanty: kenapa ngga bilang2 mak dari duluu hihi..done yaa..nuhuun..

    ReplyDelete
  8. Aaaak, mauuu jalan-jalan dan satenya :D
    Indonesia kaya sekali akan ragam kuliner ya mbak :D Sate aja bisa macem-macem :)

    ReplyDelete
  9. sate... aaaa.... kapan ke lombok? kapan bisa mencicipi sate ini... hehe

    ReplyDelete
  10. wahh sayang waktu ke lombok ngak coba yang ini ;(

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...