Main Game Solitaire di Solitaire.org, Hiburan Sekaligus Asah Otak

Dear Teman, 

Siapa yang suka main game untuk refreshing di tengah padatnya kesibukan bekerja atau kuliah? Memainkan game ternyata tidak hanya untuk untuk mengendurkan urat syaraf yang tegang sekaligus menghibur kita yang sedang penat. Tapi main game banyak manfaatnya lho. Manfaat game diantaranya meningkatkan kemampuan kognitif yaitu peningkatan daya ingat, kemampuan memecahkan masalah lebih baik dan juga kemampuan berkonsentrasi kita lebih baik.  

Baca Juga: Laptop Gaming Asyik

Main Game Solitaire di Solitaire.org, Hiburan Sekaligus Asah Otak

Biasanya nih, setelah main game kita lebih rileks dan santai, nggak ada lagi yang namanya kepala berasap setelah lelah mengerjakan banyak tugas di kantor atau di kampus. 

Nah, biasanya kalian main game apa? Kalau anakku Aldebaran sukanya game tempur seperti Mobile Legend di ponselnya. Kalau Nailah, suka main Dinner Dash, game restoran yang mengutamakan kecepatan pramusaji dalam melayani tamu di restoran. 

Hm, diantara gempuran game-game canggih dengan tampilan grafis yang tajam dan jernih, siapa yang tetap menyukai game-game klasik, acungkan jari! hehe. Ini sih kesukaan aku. Ketahuan nih umurnya, haha. 

Salah satu permainan klasik yang disukai orang hingga kini adalah permainan solitaire. Ya, selain dimainkan dengan kartu remi, generasi lawas juga akrab dengan game ini di komputer karena merupakan salah satu game sederhana bawaan Windows. Dulu, kita sering memainkannya untuk mengisi waktu. 

Baca Juga: Mola TV Hiburan di Rumah

Ternyata, game ini sudah berusia ratusan tahun lho. Ingin tahu sejarahnya? Permainan kartu bernama solitaire ini ternyata sudah populer di kalangan atas Perancis pada pertengahan abad ke-19. Sedangkan di Inggris, Pangeran Albert terkenal sebagai penggemar permainan kartu remi ini. Pada tahun 1870, permainan ini sangat digemari orang Amerika. 

Main Game Solitaire di Solitaire.org, Hiburan Sekaligus Asah Otak

Permainan ini makin dikenal seantero dunia setelah Microsoft memasukkannya sebagai game bonus di komputernya pada tahun 1990. Game ini digemari banyak karyawan kantoran. Banyak orang yang mengatakan bahwa permainan ini diilhami permainan meramal masa depan dengan menggunakan kartu yang disebut tarot. Berdasarkan artikel yang kubaca, ternyata pencipta game solitaire ini adalah anak magang yang sedang magang di Microsoft tahun 1988 bernama Wes Cherry. Ia yang saat itu sedang bosan, menciptakan permainan ini dan diluncurkan Microsoft dua tahun kemudian. 

Sebenarnya, aku kurang menyukai permainan yang menggunakan kartu remi. Menurutku, permainan kartu itu susah dimengerti dan butuh pemikiran dan strategi untuk memainkannya. Namanya permainan, maunya tuh yang santai saja dan tidak butuh banyak mikir, haha. Pemalas ya. 

Main Game Solitaire di Solitaire.org, Hiburan Sekaligus Asah Otak

Anakku Aldebaran yang memperkenalkan permainan solitaire di solitaire.org padaku. Dengan sabar dan tawakal, ia mengajari mamanya yang lola ini bagaimana bermain solitaire, hehe. Ternyata, setelah dimainkan, permainan solitaire ini asyik banget, ya. Aku bisa memainkannya untuk waktu yang lama karena tertantang menyelesaikannya. Aduh, ke mana saja, Dew? Permainan ini sudah ada sejak tahun 1870, lho! Hehe. 

Bagaimana cara memainkan solitaire klasik? Nggak perlu susah-payah mengunduh atau menginstal game ini di laptop atau komputermu. Atau harus membawa kartu remi ke mana-mana. Kamu bisa memainkannya secara daring di website solitaire.org yang memuat banyak jenis permainan klasik mulai dari solitaire, mahjong, hidden object, hingga logic puzzles dan word. 

Selain solitaire, aku dan anak-anak menyukai permainan kata di website ini. Biasanya, kami main scrabble menggunakan papan. Kini, kami bisa bermain kata dengan cara buka website saja. Ada permainan Crossword, Word Search, Letter Logic, Letter Scramble dan Wordoku. Asli, seru banget, ya bisa main sambil menambah kosakata bahasa Inggris kita. 

Website ini asyik banget dibuka untuk mengisi waktu luang seperti saat lelah mengerjakan tugas atau sedang menunggu teman di kafe, misalnya. Daripada scroll-scroll media sosial melulu? Lebih baik kita mwncari hiburan sekaligus asah otak di solitaire.org, ya! Setelah buka webnya, kamu bisa langsung memainkannya. 

Classic Solitaire

Begini caranya bermain solitaire klasik:

1. Carilah kartu AS diantara tumpukan kartu. Jika ada, pindahkan ke Goals yaitu empat tempat kartu kosong di bagian kiri atas game ini. Tugas kamu adalah mengurutkan kartu di tiap Goals dengan kartu AS, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, Jack, Queen, dan King. 

Main Game Solitaire di Solitaire.org, Hiburan Sekaligus Asah Otak

2. Nampaknya mudah bukan? Hm, tapi tidak semudah itu, Munaroh. Kartu yang berurutan tidak selalu muncul. Jadi, kita harus membuka preview kartu di sebelah kanan atas dan menurunkannya jika ada kartu yang angkanya lebih rendah daripada kartu yang ada di Goal. 

3. Urutkan hingga keempat Goals terisi penuh dengan kartu-kartu yang berurutan. 

Spider Solitaire Card

Setelah memainkan solitaire klasik, aku ingin mencoba main Spider Solitaire Card. Permainan solitaire favoritku adalah Spider Solitaire ini, Teman. Ada tiga level nih dalam permainan kartu ini. Ada level easy, medium, dan hard. Sebagai pemula, aku pilih easy dulu ya. Hehe. Spider ini susunan kartunya lebih banyak daripada yang klasik. Ada 10 baris kartu yang harus kita urutkan. 

Main Game Solitaire di Solitaire.org, Hiburan Sekaligus Asah Otak

Untuk level easy, kita mengurutkan kartu dengan warna yang sama. Game spider ini pergerakan kartu lebih bebas bisa ke mana saja asal tetap mengurutkan ke bawah. Asyik kan? Setelah kartu-kartu di satu baris lengkap tersusun, maka akan direkap dan kita dapat poin bonus 100 deh! Kamu bisa lihat poinmu di bagian kiri atas layar ya. 

Jika ingin permainan yang lebih menantang, cobain main Spider Solitaire yang level 2 suit dan 3 suit. Untuk level 2 suit, aturannya tetap sama mengurutkan kartu dengan angka terbesar hingga kecil tapi boleh mencampur kartu dengan warna berbeda. Bagaimana? Tertarik main solitaire online? Yuk, main bareng aku! 

Sumber Foto: Pribadi dan Pixabay.com


Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

6 Comments

  1. solitaire ini permainan klasik yang cocok untuk melepas rasa bosan atau juga jeda kerja karena sudah lelah. Lumayan mengasah otak juga sih ini kak

    ReplyDelete
  2. Salah satu games yg legend ya solitaire 😄👍. Ga akan pernah bosen mainin. Malah seringnya tertantang Mulu tiap kali kalah 🤣.

    Aku juga sering mainin ini mba, zaman sekolah, sampe skr. Seru memang. Ama games turunannya juga, kayak mahjong dan Solitaire yg lain.

    Enak sih kalo games ga usah diinstall gini. Jadi ga ngabisin space hp yaaa. Palingan permaianannya ga bisa disave aja biasanya 😄

    ReplyDelete
  3. Sebelum game macam-macam menyerang, dulu tiap mampir warnet buat nugas, selalu sempatkan waktu buat main game ini. Simpel tapi bikin seneng.

    ReplyDelete
  4. Dulu sekali Saya pemain Solitaire juga. Asik sekali kalau bisa selesai kartunya mbrudul dengan cantik. Sekarang aku temennya Aldebaran main Mobile Legends, udah jarang main Solitaire. Baca ini jadi pengen main lagi deh wkwkkw

    ReplyDelete
  5. Saya malah stres main game manajemen resto spt Dinner Dash .... saat makin banyak pelanggan datang, semakin sulit saya mainkan wkwkwk ... nah kalo Solitaire, versi offline, sudah saya mainkan sejak tahun 90-an ... bisanya main yang seperti itu, tidak dikejar2 waktu :D

    ReplyDelete
  6. Aku juga merasakan kagum sama Solitaire.org deh.
    Games jadul yang dulu pernah dibikin penasaran karena gak pernah menang-menang tuh ada lagiii..
    Rasanya seneng dan anakku pun ikutan mian kalau sedang menunggu sesuatu.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post