Malas Mandi dan Ganti Baju, Kebiasaan Anak Pramuka Yang Tidak Boleh Ditiru

Dear Teman,

Ada yang pernah ikut pramuka saat zaman sekolah dulu? Toss dulu kita! Ada yang malas mandi dan ganti baju saat berkemah? Hahaha. Tos. Aku ikutan pramuka saat SMA dan kegiatanku selain belajar adalah berkemah! Akhir pekan biasanya kuhabiskan dengan berkemah di berbagai daerah bersama-sama teman-teman reguku.

Rasanya menyenangkan bisa pergi bersama teman-teman seregu, bersama kakak pembimbing yang ramah dan asyik kayak kakak sendiri, berkemah di alam terbuka. Salah satu pengalaman berkemahku yang berkesan adalah kemping di Lahat, sebuah kabupaten di Sumatera Selatan. Kabupaten Lahat letaknya sekitar 270 km dari Palembang, jauh banget! Kami naik bus beramai-ramai.

Baca Juga: Mandi Parfum Vitalis 

Malas Mandi dan Ganti Baju, Kebiasaan Anak Pramuka Yang Tidak Boleh Ditiru

Tempat berkemah kami tak jauh dari Bukit Jempol yang cantik. Kalau di peta namanya Bukit Serelo yang letaknya di Desa Perangai sekitar 20 km dari Kota Lahat. Bukitnya dinamakan Bukit jempol karena bentuknya yang unik menyerupai jempol tangan. Saat kemping, kami bahkan sempat mendaki bukit setinggi 900 meter itu.

Sungguh, bahagia banget bisa duduk-duduk depan tenda sambil menikmati camilan dan menghangatkan diri di depan api unggun yang berkobar. Mengobrol dengan teman-teman, atau bersenandung mengikuti alunan gitar teman cowok. Terus, paginya menikmati pemandangan alam yang langka kita temui di kota besar.

Kesukaanku kemping ini membuatku cukup lihai mengemasi barang dalam ransel agar cukup untuk kemping. Soalnya, kalau terlalu banyak bawa barang kan ranselnya keberatan dan menyusahkan diri sendiri. 

Baca Juga: Scarlett Perawatan Tubuh Habis Mandi 

Untuk mengurangi barang bawaan itulah kadang anak-anak jadi bawa pakaian seadanya. Satu baju untuk dua hari, misalnya. Atau hanya bawa satu celana panjang untuk tiga hari kemping. Untunglah, tidak pakai jurus mengenakan celana dalam side A dan side B demi penghematan, eww. Biar nggak bau, mereka bawa parfum untuk disemprotkan setelah mandi.

Memang sih, kebiasaan bawa baju irit ini meringankan beban hidup, hehe. Ransel jadi lebih ringan dan bisa bawa barang lainnya seperti camilan dan mainan, misalnya. Kadang, ada yang malas mandi juga karena malas mengantre kamar mandi. Paling hanya ganti baju, pakai bedak dan parfum untuk menyamarkan aroma, huhu.

Tapi, kebiasaan ini ternyata berefek samping yang fatal. Malas mandi dan ganti baju, kebiasaan anak pramuka yang tidak boleh ditiru. Gara-gara malas mandi dan terlalu irit bawa baju dan celana dan pakai baju itu-itu saja beberapa teman terjangkit panu! Huaaa. Iya, anak SMA panuan! Bukan main malunya!

Malas Mandi dan Ganti Baju, Kebiasaan Anak Pramuka Yang Tidak Boleh Ditiru

Ya, bagaimana tidak? Selama kemping kan aktivitas kita padat mulai dari hiking, masak-masak, berbagai permainan, hingga olahraga dijalani. Terkadang di tengah cuaca panas terik. Otomatis, kita berkeringat banyak, kan dan tidak ganti baju atau bahkan malas mandi. Tak heran, kita kena panu!

Gejala Panu, kuintip di web Canesten adalah:

  • Muncul bercak dengan warna putih, merah mudah, kemerahan, atau kecoklatan pada area kulit. Bercak ini bisa muncul satu persatu atau berkelompok.
  • Bercak pada kulit tidak akan menggelap saat terkena sinar matahari.
  • Bercak bisa muncul di area mana saja, namun kebanyakan ada pada leher, dada, punggung, dan lengan.
  • Meski cukup jarang, namun bercak panu bisa jadi gatal atau sakit.

Duh, malu banget anak remaja kok panuan? Bagaimana mengatasinya? Caranya mudah. Kamu bisa menggunakan krim Canesten yang mampu menghilangkan panu. Krim anti jamur ini mengandung klomatrizol 1%. Krim ini harus digunakan secara rutin sebanyak 2-3 kali sehari selama 2 minggu agar infeksi jamurnya benar-benar tuntas.

Nah, bagaimana agar panu tidak kembali lagi? Ya, Jangan ditiru kebiasaan anak-anak pramuka ini yang jarang ganti baju dan malas mandi ya Teman, haha.

Kita tinggal di daerah tropis yang cuacanya terik karena itu pakailah baju yang longgar, nyaman serta mudah menyerap keringat. Jika baju basah, segera ganti baju. Kita juga harus rajin menjaga kebersihan tubuh dengan rajin mandi dua kali sehari. Jangan lupa keringkan tubuh dengan baik setelah mandi dengan handuk bersih agar panu tidak menjangkitimu. Yuk, kemping lagi! 

Sumber Foto: Pixabay.com

 

Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

9 Comments

  1. Bener banget, ini yang sering terjadi saat Pramuka karena sudah capek dengan berbagai kegiatan dan hidup mandiri rasanya kalau nyempetin mandi dan nyuci agak repot. Kadang juga air terbatas dan tempat buat jemur baju yang tidak memadai. Eh, tapi bisa berdampak buruk juga, jangan sampai dilakukan sih wkwk. Terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete
  2. Waah..tos dulu mba, aku juga anak Pramuka yg banyaaaak mendapat manfaat dari keg satu ini, tapi syukurlah nggak termasuk yg suka malas mandi dan panuan..wkwkwk .. Trims infonya ttg Canesten, perlu sedia juga nih di rumah..klo2 ada yg malas mandi hingga panuan..haha...

    ReplyDelete
  3. Kalau sekarang kayaknya udah jarang ya ada anak muda yang panuan. Soalnya anak muda sekarang lebih sadar penampilan, jd kalau ada yang panuan pasti malu banget. Btw, untuk obat panu, Canesten emang udah terkenal sih dari dulu. Ga perlu diragukan lagi kualitasnya.

    ReplyDelete
  4. Wah iya memang anak-anak suka gitu ya menunda ganti baju padahal keringetan parah kudu wanti-wanti nih biar jangan kejadian sampe kena jamur kulit

    ReplyDelete
  5. Sebuah teguran untuk yang bukan anak pramuka yang malas mandi seperti aku hahaha. Baca artikel mba Dedew menginspirasiku agar rajin mandi dan ganti baju, serem juga kalo kena panu ya.

    ReplyDelete
  6. Panu & kutu mbak. Hihihi... tapi memori saat kemping itu tak terlupakan, bahkan membekas. Beda sama kemping anak skrg cuman di halaman sekolah, ga seru.

    ReplyDelete
  7. Ihhh aku anak Pramuka yang rajin mandi dulu saat camping, hahahaha..
    Gatal kalo gak mandi, cuma emang mandinya sehari sekali. Dan kata kakak pembina kita harus hemat air demi menjaga lingkungan, alesan juga sih ini karena malas antri nya.
    Tapi untungnya ya ada krim Canesten untuk dioleskan ke kulit yang panuan.

    ReplyDelete
  8. Aw aaww...si panu bikin rasa PD langsung merosot drastis yaaa... Hyuuk ah jangan malas mandi dan ganti baju kalau sudah berkeringat supaya pnu tidak tumbuh subur di tubuh kita.

    ReplyDelete
  9. Wah bisa jadi tambahan di kotak p3k di rumah nih, soalnya aku tipe yang malas mandi juga kalau pas ada kegiatan di tempat outdoor gitu. Apalagi saat mendaki haha kadang betah 2 hari ga mandi.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post