Sesak Napas Belum Tentu Asma, Bisa Jadi karena Alergi

Dear Teman,

Kalian pasti pernah mendengar tentang alergi dan asma bukan? Alergi adalah kondisi kesehatan yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh kita bertindak overreact ke suatu zat yang tidak berbahaya, seperti serbuk sari atau debu. Sedangkan, asma merupakan penyakit kronis yang membuat penderitanya menjadi sesak napas karena saluran udara kita tersumbat.  Meskipun berbeda, alergi dan asma ada juga kemiripannya. Gejala umum seperti sesak napas dan batuk, bisa terjadi pada keduanya.


Sesak Napas Belum Tentu Asma, Bisa Jadi karena Alergi
Ariana Grande pun alergi (Foto: IG Ariana)

Pengertian alergi dan asma merupakan hal yang perlu kita ketahui agar dapat memahami penyakit yang satu ini. Alergi dapat terjadi saat sistem kekebalan tubuh kita merespon suatu benda yang sebenarnya tidak berbahaya seperti serbuk sari, debu, atau makanan tertentu. 

Gejala Alergi pada Ariana Grande, Serang Tenggorokan


Siapa sih yang tidak kenal dengan mbak Ariana Grande? Penyanyi yang bersuara tinggi ini memiliki banyak lagu hits seperti “Thank You, Next”, “7 Rings” dan “Break Free” ini ternyata memiliki alergi makanan.


Baca Juga: Manfaat Probiotik


Buktinya pada bulan Mei 2019, ia pernah mengungkapkan bahwa ia memiliki gejala alergi terhadap tomat melalui postingan instagramnya.  Hal ini memang terdengar cukup tidak biasa, karena alergi terhadap tomat termasuk alergi makanan yang jarang terjadi. Namun, alergi makanan tetap bisa terjadi pada siapa saja, termasuk selebriti seperti Ariana Grande. 


“I had an unfortunate allergic reaction to tomatoes and my throat pretty much closed. Still feels like I’m swallowing a cactus…”

Sebagai seorang selebriti yang sangat terkenal, Ariana Grande seringkali harus berpergian dan makan di tempat yang berbeda-beda. Apalagi, gejala alergi yang dialaminya setelah memakan tomat ternyata menyerang tenggorokannya, tentu sangat mengkhawatirkan karena profesinya sebagai seorang penyanyi. Oleh karena itu, ia harus selalu berhati-hati dalam memilih makanannya dan menghindari bahan-bahan yang bisa memicu alerginya.


Kisah Ariana Grande mengingatkan kita bahwa alergi makanan bisa terjadi pada siapa saja dan kita harus selalu waspada terhadap pemicu alergi kita. Dengan cara ini, kita bisa menghindari reaksi yang berbahaya dan menjaga kesehatan kita dengan baik.


Sesak Napas Belum Tentu Asma, Bisa Jadi karena Alergi

 

Mengenal Lebih Jauh Tentang Asma

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, alergi biasanya disebabkan oleh reaksi terhadap suatu zat, sedangkan asma lebih sering disebabkan oleh faktor lingkungan seperti polusi atau cuaca yang buruk.  Kadang-kadang pemicu alergi juga bisa bikin kita mengira mengalami asma. Misalnya, apabila kamu memiliki alergi terhadap serbuk sari atau bulu binatang, kamu mungkin mengalami gejala yang mirip dengan asma. 


Baca Juga: Tiga Resep Alami Turunkan Kadar Gula


Apalagi, alergi juga bisa sangat menjengkelkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari kita.  Jika kamu curiga kalau kamu memiliki alergi makanan, segeralah berkonsultasi dengan dokter atau ahli alergi untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Dengan cara ini, kamu bisa menghindari reaksi yang berbahaya.

 Sementara, asma merupakan kondisi kronis yang menyebabkan inflamasi dan penyempitan saluran udara, sehingga menyebabkan kesulitan bernapas. Meskipun keduanya berbeda, ada beberapa kemiripan antara alergi dan asma. Beberapa gejala seperti sesak napas, batuk, dan pilek dapat terjadi pada kedua kondisi ini.

Namun, perbedaan utamanya adalah bahwa gejala alergi biasanya terjadi karena reaksi terhadap suatu zat tertentu, sedangkan asma cenderung disebabkan oleh faktor lingkungan seperti polusi atau cuaca yang buruk. Namun, terkadang pemicu alergi juga dapat disalah artikan sebagai pemicu asma.


Misalnya, alergi terhadap serbuk sari atau bulu binatang dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan asma. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan diagnosis yang tepat dan membedakan antara alergi dan asma. Setiap penyakit harus ditangani dengan benar, jika tidak maka penyakit tersebut tidak akan hilang. Hal ini juga berlaku pada alergi.


Meskipun seseorang masih alergi, namun mereka dapat mengelola alergi mereka dengan benar agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu faktor yang membuat gejala alergi berbeda-beda pada setiap orang adalah karena adanya faktor genetik dan lingkungan. Selain itu, respons imun tubuh seseorang juga dapat berbeda terhadap zat yang sama. 


Oh ya, setiap orang bisa merasakan gejala alergi yang berbeda-beda lho. Ada yang sering bersin-bersin, ada juga yang kulitnya gatal-gatal. Faktor genetik, lingkungan, dan respons imun tubuh kita memainkan peranan penting dalam hal ini. Jadi, penting sekali untuk cek alergi apa saja yang ada pada diri kita dan cara mengelolanya dengan tepat. 


Ingat,  alergi makanan bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada selebriti Hollywood seperti Ariana Grande. Oleh karena itu, mari kita selalu berhati-hati dan memperhatikan pemicu alergi kita agar bisa hidup dengan lebih sehat dan aman. Kalau kamu sendiri, sudah tahu belum punya alergi atau tidak? Yuk sharing di kolom komentar!

 

Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

Post a Comment

Previous Post Next Post