Alasan Perlunya Membangun Digital Marketing Agency

Dear Teman,

Di era teknologi digital saat ini, strategi pemasaran bisnis menyesuaikan perkembangan zaman. Jika sebelumnya, kegiatan pemasaran dilakukan secara konvensional, kini kegiatan pemasaran bisa dilakukan secara daring.

Keberadaan media digital seperti web, blog, media sosial dan platform digital lainnya kini dimanfaatkan untuk strategi pemasaran bisnis. Strategi pemasaran ini yang kemudian dikenal dengan digital marketing atau pemasaran digital.

Alasan Perlunya Membangun Digital Marketing Agency
Alasan Membangun Agensi (Foto: Pixabay.com)

Bahkan blogger pun kini didapuk menjadi bagian dari pemasaran digital ini ya, Teman! Kita kerap diajak bekerja sama oleh digital marketing agency untuk membantu sebuah proyek pemasaran produk atau jasa. Contohnya saja blogger dari berbagai daerah diundang ASUS ikut meramaikan peluncuran gawai terbarunya di Jakarta. Kita melaporkan acara itu via blog, serta media sosial seperti Instagram dan Twitter. 


Jadi, kalian pasti tidak asing lagi kan dengan digital marketing agency kan?  Jika digital marketing adalah strategi pemasaran produk atau jasa secara digital, maka digital marketing agency adalah agensi yang membantu dalam memasarkan produk secara digital.

Digital marketing agency ini biasanya menggunakan sosial media, web, atau platform lainnya dalam membantu memasarkan produk tertentu. Penggunaan digital marketing agency ini sangat berperan dalam pengembangan bisnis. Karena itu, agensi pemasaran ini saat ini dibutuhkan.

Sebab, banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan menggunakan jasa digital marketing agency ini. Antara lain, anggarannya tergolong low budget, namun pemasarannya bisa lebih terarah dengan target yang diinginkan tanpa ada batasan wilayah.

Prospek Digital Marketing Agency

Bagaimana prospek digital marketing agency di Indonesia saat ini? Seperti yang sudah kuuraikan sebelumnya, perkembangan teknologi membuat strategi pemasaran juga berkembang ke arah digital.

Hal ini juga yang kemudian ditangkap oleh pelaku usaha atau bisnis untuk memasarkan produknya secara digital. Sebab, pemasaran melalui internet ini dinilai lebih terarah sasarannya oleh pelaku bisnis.

Terlebih untuk nama bisnis baru yang mereknya belum dikenal oleh masyarakat luas tentu sulit menarik konsumen untuk produk atau jasa bisnisnya. Apalagi di tengah persaingan bisnis yang saat ini semakin ketat.

Alasan Perlunya Membangun Digital Marketing Agency
Agensi membantu pemasaran dan prmosi poduk kita (Foto: Pixabay.com)

Karena itu, penggunaan jasa digital marketing agency ini bisa membantu produk bisnis atau jasa bisa dikenal publik dan menarik konsumen sebanyak mungkin. Dengan adanya peluang ini, maka jasa agensi ini masih sangat dibutuhkan di Indonesia dalam strategi pemasaran bisnis. Hm, kamu tertarik nggak ikutan terjun di bidang ini? hehe.

Alasan Membangun Digital Marketing Agency

Tingginya kebutuhan pemasaran digital ini juga perlu ditangkap sebagai peluang bisnis bagi kamu para blogger atau pengelola website. Karena, tak semua bisnis dapat mengimplementasikan pemasaran digital secara mandiri dan optimal.

Ada banyak bisnis yang belum mempunyai situs sendiri, bahkan sosial media. Jika ada pun, konten produk yang ada dalam situs maupun media sosialnya tidak begitu menarik konsumen. Artinya, meski potensi pasar pemasaran digital ni cukup besar, jika tidak diimbangi pengelolaan yang optimal, kemungkinan sulit untuk berhasil.

Celah inilah yang bisa kamu manfaatkan agar pebisnis menggunakan jasa kamu sebagai digital marketing agency. Sejumlah alasan kenapa pebisnis sebaiknya menggunakan jasa agensi untuk pemasaran produknya, antara lain pemasaran produk lebih tertata karena ditangani oleh ahlinya. Sehingga pemasaran produk bisa lebih optimal, dan membuat bisnis lebih terfokus untuk pengembangan produk lebih baik dan berkualitas.

Tips Memulai Digital Marketing Agency

Prospek dan peluang pemasaran digital saat ini tentu bisa menjadi pertimbangan kamu untuk mencoba memulai agensi kamu sendiri. Ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan saat memulai digital marketing agency.

1. Tentukan jasa yang ditawarkan

Saat memulai membangun agensi, kamu bisa menawarkan beberapa jasa sesuai kemampuan dan kompetensi kamu. Ada beberapa jasa yang biasa ditawarkan agensi untuk pemasaran produk atau jasa, di antaranya pembuatan konten marketing, pembuatan website, pengelolaan desain website, optimasi SEO, jasa pemasaran media sosial, dan lainnya.

2. Tentukan segmentasi pasar

Saat memulai membangun agensi, kamu disarankan  menentukan niche market atau segmentasi pasar tertentu yang menjadi sasaran klien jasa agensi digital kamu. Kamu bisa memilih segmentasi yang menurut kamu potensial dengan melakukan riset pasar ke berbagai situs.

3. Tentukan model sistem pembayaran

Setelah memulai digital marketing agency, penting menentukan model sistem pembayaran jasa untuk agensi kamu. Sebab, ini akan berpengaruh pada kelangsungan bisnis digital kamu di masa datang.

Umumnya, ada beberapa jenis sistem pembayaran yang biasanya digunakan dalam agensi digital antara lain sistem harga tetap untuk setiap harga yang ditawarkan, sistem hitungan per jam untuk tiap pengerjaan atau hitungan tetap per bulan.

Sistem pembayaran ini bisa kamu pilih sejak awal untuk menentukan model bisnis kamu. Sebaiknya, kamu menggunakan invoice pembayaran khusus demi kelancaran transaksi bisnis dengan klien kamu.

Saat ini tersedia berbagai platform untuk membantu transaksi bisnis atau perusahaan, salah satunya www.spenmo.com.

4. Tentukan nilai jual

Setelah menentukan model sistem pembayaran, kamu bisa menentukan nilai jual digital marketing agency . Nilai jual ini penting untuk membuat klien kamu yakin mengapa memilih jasa agensi kamu untuk pemasaran digital mereka dibanding agensi lainnya. Artinya kamu perlu memiliki keunggulan dan keunikan yang tidak ada pada agensi lainnya.

5. Buat website

Keberadaan web bagi digital marketing agency adalah hal terpenting yang perlu ada. Saat kamu menawarkan jasa yang salah satunya membuat web maka setidaknya kamu memberi gambaran digital marketing agency kamu melalui web tersebut.

Website menjadi gambaran untuk menunjukan agensi digital kamu kepada sasaran pasar agensi kamu. Antara lain, tentang jasa yang kamu tawarkan, portofolio pekerjaan yang sudah kamu lakukan, sehingga klien tertarik menggunakan jasa agensi kamu.

6. Lakukan pemasaran digital

Jangan lupa bisnis yang kamu jalankan sekarang adalah jasa pemasaran digital. Karena itu, pemasaran digital ini juga harus kamu terapkan sebagai promosi digital marketing agency kamu. Pemasarannya dapat melalui smedia sosial bisnis, google bisnis, konten pemasaran dan lainnya.

 

Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

Post a Comment

Previous Post Next Post