Review Kurma Premium Medjool Al Foah dari Maroko

Dear Teman, 

Beberapa waktu lalu aku dapat sekotak kurma medjool berisi 5 kg.  Ya,  aku termasuk pencinta kurma apalagi yang rasanya tidak terlalu manis dan tidak terlalu keras teksturnya jadinya senang banget pas tahu dapat kiriman kurma. Pucuk dicinta ulam tiba, hehe. 

Review Kurma Premium Medjool Al Foah dari Maroko



Untuk dikonsumsi sehari-hari baik dimakan langsung atau campuran infused water, biasanya aku beli kurma sukari, pernah juga diberi Mama kurma ajwa. Kadang beli kurma dari California yang banyak dijual di supermarket saat Ramadan. 

Nah, ini pertama kalinya  mencicipi kurma premium medjool. Merek yang kudapat adalah Al Foah. Aku cek Al Foah adalah produsen kurma dari UAE.  Jenis kurma medjool ini konon berawal dari Maroko, tapi sekarang banyak diimpor dari Amerika Serikat. 

Review Kurma Premium Medjool Al Foah dari Maroko

Buah kurma yang paling diminati saat Ramadan ini kerap menjadi oleh-oleh saat kita pulang umrah atau berhaji dari tanah suci. Kurma berasal dari Arab dan juga dikembangkan di Afrika, Amerika Serikat dan Eropa. Pokoknya kurma cocok ditanam di daerah beriklim panas. 

Buah yang punya nama latin Phoenix Dactylifera ini berasal pohon yang mirip seperti palem. Saat aku umrah, para jamaah biro umrah kami sempat diajak untuk mengunjungi perkebunan kurma di Madinah. Bahagia banget bisa melihat langsung bentuk pohon kurma yang rata-rata tingginya tak mencapai 20 meter. 

Tahu tidak, kalau kurma ini memiliki 400 jenis? Kurma yang populer di Indonesia diantaranya kurma sukari, kurma ajwa, kurma medjool hingga kurma Tunis. Semuanya memiliki bentuk, tekstur dan rasa berbeda. Aku sih kurang bisa membedakannya hihi. 

Review Kurma Premium Medjool Al Foah dari Maroko

Kurma mengandung gizi tinggi lho. Terutama kurma medjool ini dikenal sangat tinggi serat dan rasa manisnya membuat kurma ini sering dijadikan pemanis alami makanan dan minuman. 

Selain bentuknya khas, kurma ini seringnya tidak perlu melalui proses pengeringan. Jadi, daging buahnya tetap kenyal dan tidak kering. 

Ketika paketnya datang dan kotaknya dibuka yang pertama kali tercium adalah aromanya yang harum khas banget. Wanginya jadi memenuhi ruangan. Anak-anak sampai mengendus-endus dan bertanya ini bau apa? Padahal kotaknya belum dibuka. 

Saat kotaknya dibuka, terpampang nyata deh kurma mejdjool yang ukurannya memang besar, lebih besar daripada kurma biasa. Kurma medjool memang sering dijuluki raja kurma karena ukurannya yang jumbo ya. 

Bentuknya besar berbentuk oval dan nampak alot berwarna cokelat muda. Tapi, jika digigit daging buahnya terasa empuk dan tidak terlalu manis layaknya karamel. Wah, rasanya enak banget karena tidak keras dan tidak bikin gigi mau patah saat mengunyahnya hehe. 

Review Kurma Premium Medjool Al Foah dari Maroko

Ukuran kurma medjool ini sekitar 10-15 cm dan mengenyangkan saat dinikmati. Dari artikel yang kubaca, ternyata kurma ini bagus khasiatnya untuk jantung. 

Menurut penelitian di Israel, Makan kurma medjool bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat penyebab diabetes, stroke dan penyakit jantung secara signifikan. 

Selain itu, sebuah penelitian yang ditulis dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry mengungkaplam bahwa kurma medjool tinggi antioksidan yang dapat mengurangi kadar trigliserida darah hingga 8 persen.

Tahu kan, kalau kadar trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Kandungan nutrisi dan serat yang tinggi pada kurma medjool ini juga bagus buat kesehatan. 

 Jadi kurma medjool ini tak hanya enak tapi juga sehat dan bergizi untuk dikonsumsi. Oh iya, Kurma ini bisa kamu beli di toko All Kurma di Instagram atau berbagai marketplace. Aku intip harganya sekitar Rp270.000 per kilogram. Cukup mahal juga ya dibandingkan jenis kurma lainnya. Tapi, memang rasanya enak sih. 

 

Comments

  1. Kurma Medjool memag mahal ya...wah kurma premium ini mah. Aku pernah coba beberapa kurma meski icip saja. Karena suamiku dulu pernah bekerja di Aljazair. Jadi tiap pulang bawa kurma yang beda-beda. Jadi tau deh beberapa macamnya:)

    ReplyDelete
  2. Ada harga ada rupa ya mbaak...Ini memang sudah hukum dagang. Kalau dapat barang bagus dengan harga murah, berarti bonussss..
    Aku baru tahu kalau pohon kurma bisa sampai 20 meter. Wiih tinggi jugaa tuhhh..
    Kurma juga identik dengan bulan puasa. Kalau di Arab, apakah ini buah yang dimakan sehari-hari?

    ReplyDelete
  3. Saya juga kaget loh kurma itu banyak banget jenisnya. Sampai kalau diajak ngomong sama temen tentang kurma atau lihat-lihat di supermarket suka bingung sendiri.

    Kurma medjool ini enak ya, besar-besar hehe..Tapi belakangan saya lagi suka konsumsi kurma ruthob rayan, kayak fresh aja gitu, masuk freezer juga dia ga beku...Suka saya konsumsi jadi campuran susu juga

    ReplyDelete
  4. kurma ini aku belum pernah mba, mau nyobaaa. Bagus ya buat kontrol kolesterol..wah bisa buat pak suami..
    kurma memang banyak banget ya mba manfaatnya, aku jadi rindu lagi bulan ramadhan..

    ReplyDelete
  5. Aku tuh bukan penyuka kurma sayangnya mba. Ntah kenapa tiap makan buah ini, mau yg jenis apapun, tetep aja biasa. Bisaaa sih aku makannya, tp bukan favorit yg halal lgs aku cari. Bahkan pas umroh, peserta lain belanja kurma, aku Ama suami malah borong parfum :p.

    Eh tapiiii aku suka kurma kalo dibuat minuman ato kue2. Udh dicampur yg lain, JD rasa kurmanya ga terlalu kuat :D. Itu aku msh doyan. Kyk wkt itu sempet nyobain susu kurma, aku suka sih.

    ReplyDelete
  6. Kaget mbak waktu liat ukuran kurma meedjol yang segede itu wkwk. Kayaknya enak ya itu mbak, dagingnya banyak. Jadi ngilerr

    Baru tau juga kalo kurma tuh ada 400 jenis ya. Aku suka kurma yang dijual di superindo. Lupa namanya, tapi tekstur luarnya agak keras tapi dalemnya lembuttt. Manisnya pas, nggak kemanisan gitu

    ReplyDelete
  7. wah iya, kurma itu banyak variannya ya mbak
    aku juga suka konsumsi kurma, biar jaga kesehatan tubuh

    ReplyDelete
  8. Suka aku kurma medjol ukurannya besar dan kering. Biasanya kalau mau Ramnadan suka beli satu dus isi 3-5 kilo.

    ReplyDelete
  9. Kurmanya enak banget kaa aku ngiler hehe semua anak anak suka kurma soalnya asalkan premium beda dildiah ya :)

    ReplyDelete
  10. ini kurma enak dan manisnya alami ya, bentuknya juga seksi banget... kurma premium medjool emang the best deh, aku sempat dikasih sama kantor hehehe

    ReplyDelete
  11. Kurma ini tentunya banyak banget manfaatnya apalagi buat ibu hamil ibu menyusui juga sangat berguna banget dan juga saat berpuasa bisa menambah daya tahan tubuh juga

    ReplyDelete
  12. Sekarang mudah banget mendapatkan kurma di Indonesia ya Mbak. Yang mutu biasa saja sampai premium seperti Medjool ini. Dan kurma bisa juga digunakan sebagai pemanis yang sehat. Kalau saya senang banget mengkonsumsi kurma mentah matang. Kriuk-kriuk segar dikunyahnya :)

    ReplyDelete
  13. Wah...kurmaaa.
    Aku waktu hamil anak pertama, hobiii banget ngemilin kurma. Sampai dikirimin dari Surabaya ((hehehe, kurma aja kudu dari Surabaya gitu yaa..??))
    Pokoknya kurma is the best.

    ReplyDelete
  14. Waduh kepengen nyoba deh kurma begini. Aku seringnya makan kurma yang biasa aja. Yang banyak di pasaran. Nyari ah, lebih sehat kayaknya ya.

    ReplyDelete
  15. Wah, kayaknya aku belum pernah nih makan Kurma Mejdjool. Harganya mahal juga, ya. Jadi penasaran nih.

    Kurma memang banyak banget manfaatnya buat kesehatan.

    ReplyDelete
  16. mantap, aku alhamdulillah masih ada stok kurma sukari, dikasih temen yng packing ember juga belum dibuka, bakalan lama habisnya nih

    ReplyDelete
  17. Besar ya kurmanya, Mbak. Aku suka nih kalau yang nggak terlalu manis tapi kayanya belum pernah nyoba Medjool. Bisa dicoba kapan-kapan.

    ReplyDelete
  18. Liat ukuran Kurma Medjool kok nyenengin banget mbak ..
    Jadi ingat beberapa tahun lalu waktu masih menyusui suka nyetok kurma banyak banget buat bikin Susu Kurma yang ngefek buat produksi ASI ku

    ReplyDelete
  19. Wah ini kurma premium mb Dedew. Rasanya bakalan bikin nagih. Sayangnya agak susah nyarinya ya

    ReplyDelete
  20. Wah, big kurma. Keliatannya emang daging banget dan enak. Untuk harga segitu plus khasiatnya worth it sih ya. 😁

    ReplyDelete
  21. Ramadan kemarin nyaris ga makan kurma
    Alasannya karena stok banyak di toko tetapi uangnya yang ga ada, haha
    Saya jadi kangen mau beli

    ReplyDelete
  22. saat melihat ukuran kormanya yang gede bisa membayangkan kalau makan beberapa buah bisa kenyang. Makanan berkasiat yang punya segudang manfaat

    ReplyDelete
  23. Saya belum pernah coba kurma medjool mbak... Ukurannya super banget ya, kayanya makan satu aja langsung kenyang, hihihi...

    ReplyDelete
  24. Wow nama kurmanya unik ya mak kurma medjool
    aku juga suka banget sama kurma
    biasanya sih konsumsinya di makan langsung

    ReplyDelete
  25. Waah iya ukurannya gedr pantes dijuluki sbg raja kurma ya mbak.
    Akupun kalau makan kurma pemilih mbak krn gk terlalu suka yang kemanisan.
    Wow harganya pricey ya? Tp kalau enak ya puas sih. Nanti intip web dan IGnya deh msh sedia gak ya kurma ini? TfS

    ReplyDelete
  26. enak ya mbak, aku juga suka makan kurma mbak, lebih bertenaga kalau sudah makan kurma dan membuat berenergi. makasih rekomendasinya mbak.

    ReplyDelete
  27. Saya juga suka kurma. Cuma nggak suka yang terlalu banyak. Biasanya dijadikan takjil saat buka puasa. Nikmat banget rasanya.

    Tapi, saya juga nggak ngerti sih macam-macamnya kurma. Kadang beli apa yang ada aja. Misal kalau lagi ke supermarket liat ada kurma. Ya udah beli. Tanpa mengetahui itu jenis apa. Hehehe...

    ReplyDelete
  28. saya suka dengan kurma selalu jadi sarapan wajib selama ini, apalagi kalau duah buru-buru deh, jadi pengen beli kayaknya tebel2 ya dagingnya

    ReplyDelete
  29. Sama nih kita, Mbak Dew .. suka kurma yang rasanya tidak terlalu manis dan tidak terlalu keras teksturnya

    ReplyDelete
  30. kurma premium brati in i ya Teh. Nyi belum pernah coba, semoga ada rejeki beli mengingat harganya lumayan banget hehehe

    ReplyDelete
  31. Aku nggak terlalu paham sama kurma tapi begitu lihat ukurannya ini besar banget dan menggoda untuk dimakan banget. Dan, baru tahu juga kalau bisa dijadiin infused water Mba Dedew. Kayaknya harus cari kurmanya di Jakarta deh hehehe

    ReplyDelete
  32. Ya ampuuunn medjol inii aku baru tau pertama kali kmrn pas umroh di Turki, dan sampai skrg ketagihan jadinya. cuzz aahh simpan kontaknya.

    ReplyDelete
  33. Sepertinya saya belum pernah cobaik kurma medjool ini. Paling sering sepertinya yang jenis ajwa eh tapi saya memang kurang tahu jenis2 kurma. But takjub banget nih ternyata kurma memiliki banyak jenis ya sampai tembus 400an gitu jenisnya

    ReplyDelete
  34. widihhh kaget deh dengan ukurannya, ini sih makan 3 aja udah puas ya kak, aku blom pernah makan dan jadi penasaran banget sih ama rasanya

    ReplyDelete

Post a Comment