Tips Praktis Membeli Tiket KA Logawa - Small Things, Kecil Tapi Penting

Tips Praktis Membeli Tiket KA Logawa


Dear Temans, 
Ada rencana untuk bepergian ke luar kota? Bagi kamu yang gemar traveling menggunakan kereta api ekonomi, pasti sudah pernah mendengar atau bahkan menggunakan KA Logawa. 


Tips Praktis Membeli Tiket KA Logawa
Tips Praktis Membeli Tiket KA Logawa

Ini adalah salah satu layanan KA ekonomi, dengan rute Jember Purwokerto. Dimana KA Logawa ini, berada dibawah pengelolaan Daerah Operasi V Purwokerto, yang menghubungkan 2 kota, melalui stasiun yang ada. 

Dulu untuk memperoleh tiket kereta seperti ini, kamu harus mengantre tiket atau membeli tiket di stasiun kereta api terdekat. Tapi kini hal tersebut, tidak perlu dilakukan. Karena ada beberapa cara praktis untuk memperoleh tiket KA Logawa yang dapat kamu lakukan, yaitu :

Membeli tiket di aplikasi / website KAI
Cara pesan tiket KA Logawa, yang pertama adalah dengan memesan langsung melalui website PT. KAI. kamu hanya perlu masuk ke website resmi dari KAI, dan tengok bagian kiri layar. 

Disana kamu hanya perlu memasukkan aneka informasi atau data yang diperlukan untuk memesan tiket kereta tersebut. Di website ini, kamu tidak hanya menemukan informasi tentang jadwal kereta, atau membeli tiket kereta saja. 

Beli tiket online banyak promo diskon

Namun kamu dapat menggunakan beberapa fasilitas lainnya, seperti cek booking tiket, pesan makanan dan minuman untuk konsumsi di dalam kereta dan yang lainya. Selain itu, ada juga beberapa promo menarik, yang akan kamu temukan di website tersebut. 

Selain website, PT. KAI kini juga sudah mempunyai aplikasi KAI yang dapat diunduh pada ponsel pintarmu. Cara menggunakan aplikasi dan memesan tiket pada aplikasi tersebut juga tidak jauh berbeda dengan layanan yang ada di website

Membeli tiket di aplikasi / website OTA   
Adapun alternatif lainya untuk membeli tiket kereta api Logawa adalah melalui aplikasi atau website dari pihak OTA atau Online Travel Agencies

Saat ini ada cukup banyak OTA yang ada di Indonesia. selain memberikan layanan cek tiket dan membeli tiket kereta, masih ada banyak lagi layanan yang diberikan, seperti promo harga murah, promo tiket hotel, paket wisata dan yang lainnya. 

Tips Praktis Membeli Tiket KA Logawa
Semakin mudah beli tiket kereta api

Umumnya pihak OTA ini sudah bekerja sama dengan pihak KAI secara langsung, salah satunya adalah Traveloka. Untuk masalah harga yang diberikan, tentunya relatif terjangkau, dan tidak jauh berbeda dengan harga yang diberikan oleh pihak KAI. 

Yang menarik ketika pesan tiket di pihak travel OTA ini, adalah tidak adanya biaya pemesanan, aplikasinya mudah diakses, responsif, dan pastinya aman. Aksesnya cepat, jadi kamu tidak perlu menunggu lama, untuk memperoleh tiket.  

Membeli tiket di e-commerce
Umumnya e-commerce, digunakan untuk membeli produk tertentu. Namun kini banyak e-commerce yang menyediakan layanan tambahan, seperti layanan pemesanan tiket kereta api. 

Adapun proses pemesanan sendiri, tidak jauh berbeda dengan cara memesan di website KAI atau juga di layanan OTA yang ada. Termasuk di dalamnya proses pembayaran, tentunya beragam, yang pasti akan mempermudah para konsumen, dalam memperoleh tiket kereta yang dibutuhkan, seperti KA Lodaya. 

Membeli tiket di minimarket 
Satu lagi, tempat tepat untuk memperoleh tiket KA Lodaya secara cepat dan praktis, yaitu dengan mengunjungi minimarket. Saat ini ada beberapa gerai minimarket yang sudah bekerja sama dengan pihak PT. KAI. kamu hanya perlu mengunjungi pihak minimarket, terutama kasir, dan memesan tiket kereta secara langsung. 

Tentu saja, kamu diminta untuk menjelaskan beberapa data yang diperlukan, seperti nama, jumlah penumpang dan informasi lainnya. 

Tips Praktis Membeli Tiket KA Logawa
Traveling lebih seru dengan kereta api

Dalam hal ini, pihak minimarket akan mengeluarkan tiket kereta, yang nantinya akan kamu tukar dengan kartu boarding pass setibanya di stasiun awal yang akan digunakan. Untuk proses pembayaran, kamu dapat membayarnya langsung di minimarket tersebut. 

Salah satu kekurangan ketika membeli tiket di minimarket ini adalah, kamu tidak dapat melihat jadwal kereta yang ada. itu sebabnya, kamu sebaiknya mengetahui kapan jadwal keberangkatan kereta KA Lodaya itu sendiri. 

Adapun rata-rata tiket yang akan diberikan, dalam bentuk e-tiket. E-tiket ini akan dikirim langsung ke email kalian. Dengan e-tiket ini, kamu dapat menukarkannya kembali dengan cara mencetak e-tiket menjadi kartu boarding pass. Proses cetak ini, dapat dilakukan di loket mandiri yang ada di stasiun. Tentunya proses ini akan dilakukan sendiri, tanpa bantuan staf KAI. 

25 comments:

  1. Aku sueneenggg banget naik kereta!
    Walopun ya, waktu tempuhnya lumayan lama, tapi worth it bangeettt, lihat pemandangan INDONESIA tercinta :))

    ReplyDelete
  2. Kelebihan beli di OTA ya Mak: tidak adanya biaya pemesanan, aplikasinya mudah diakses, responsif, dan pastinya aman.

    Makanya masyarakat jaman now harus melek digital. 😇

    ReplyDelete
  3. Asik banget ya, sekarang beli tiket kereta api gak pakai ribet lagi tinggal buka aplikasinya Traveloka saja. Soalnya dulu mamahku ngalamin banget kalau beli tiket kereta pasti nyuruh adiknya ke stasiun deh.

    ReplyDelete
  4. Hey there just wanted to give you a quick heads up. The text in your article seem to be running off the screen in Safari.
    I'm not sure if this is a format issue or
    something to do with web browser compatibility but I figured I'd post to let you know.
    The design look great though! Hope you get the issue solved soon. Many thanks

    ReplyDelete
  5. Jadi ingat jam masih sering bolak balik Jogja-Jakarta naik kereta, tahun 2000. Bolak-balik ke stasiun buat ngecek ketersediaan tiket.

    Kalau sekarang tinggal geser-geser layar hp aja, tiket sudah di tangan.

    ReplyDelete
  6. Kadang itu beli tiket di minimarket juga sering error deh Mbak 😂

    Mending pake traveloka aja deh kalau pesen tiket KA

    ReplyDelete
  7. Saya baru sekali ke Jember. Dari Surabaya naik mobil dan rasanya jauuuuhh banget hehehe. Mungkin karena baru pertama kali. Jadi rasanya jauh. Kayaknya lain kali saya mau cobain naik kereta aja.

    ReplyDelete
  8. Beli tiket apapun sekarang mudah banget yaaa, ngga perlu ribet2 kyak dulu, apalagi utk kereta api, dulu aku mah sampe kudu ngabtri desek2an di stasiun 😁 alhamdulillah sekarang lebih mudah utk semua orang

    ReplyDelete
  9. Jadi nggak sabar buat siapkan waktu untuk travelling sama anak naik kereta api. Skarang udah tahu nih cara pesan tiket yang menyenangkan :)

    ReplyDelete
  10. Sekarang beli tiket kereta api memang makin mudah, jadi ngak ada ceritanya mau naik kereta api tapi ngak punya tiket karena bisa di beli jauh-jauh hari. Tempat belinya juga banyak ya mak, jadi makin praktislah kalau mau travelling atau pulang kampung.

    ReplyDelete
  11. Aku seringnya beli tiket lewat aplikasi atau webnya OTA. Udah mau mudik lebaran lagi nih mbak udah pesan tiket kereta belum? :)

    ReplyDelete
  12. Kalau kaya aku yang daerahnya gak ada kereta api, kalau mau pesan ya baiknya online aja. Jadi pas berangkat gak pakai drama kalau tiket on the spot habis

    ReplyDelete
  13. Aku belom pernah nyoba beli tiket kereta di OTA. Seringnya di loket langsung, atau di minimarket. Kudu nyoba deh.

    ReplyDelete
  14. seru banget sekarang beli kereta api bisa online dan bisa nentuin tanggal segala ya mbak. Dulu aku naik kereta api ya harus belinya di stasiun. Tapi aku naik kereta api udah lama banget seh. Sekarang udah gak pernah lagi, hehee

    ReplyDelete
  15. pesan tiket jd lebih praktis ya. apalagi gak ada biaya tambahan yg dibebankan. bisa pilah pilih kereta sesuka hati, pula

    ReplyDelete
  16. Hello mbak, pas komen ini aku juga lagi ada di atas kereta lho. Aku beli tiket di OTA dan promonya lumayan. Kalau naik KA Ladoya aku blm pernah sih kyknya krn gak ada yg jurusan yg sering ku tuju. Iya skrng makin gampang ya kalau mau mesen tiket KA baik via web KAI maupun OTA

    ReplyDelete
  17. Pas pertama kali beli tiket kereta api saya pakai OTA juga dan alhamdulillah memudahkan yah dan ga bikin saya bingung heheh, seneng deh jadinya ingin travelling lagi, hehe.

    ReplyDelete
  18. Padahal beli tiket kereta api udah semudah ini ya mbak, tapi kalau ke stasiun tuh masih banyaak aja yang ngantre tiket on the spot. Kebayang kalau nggak ada kemudahan beli secara online ini pasti antreannya bisa lebih panjang lagi tuh. Untung sekarang bisa online, suka ada promo pula

    ReplyDelete
  19. Saya biasanya naik kereta api jurusan Bandung - Jakarta. Jadi pengen ambil jalur lain, traveling ke Jogja atau Solo naik kereta.

    ReplyDelete
  20. Aku juga kalau naik kereta belinya lewat Traveloka mbak. Praktis dan mudah

    ReplyDelete
  21. Makin mudah memang pesan tiket kereta, bahkan via minimarket. Ntar tinggal cetak sendiri boarding passnya pas nyampe stasiun. Beresss... perjalanan lancar.

    ReplyDelete
  22. Beli tiket zaman sekarang memang udah praktis banget ya, Mbak. Ga perlu ngantri lagi di stasiun. Zaman kakakku sekolah thn 90an harus antri di stasiun berjam2, belum lagi resiko kena copet. Huhuhu. Bersyukur banget hidup di era digital ini. Segala sesuatu jauh lebih mudah.

    ReplyDelete
  23. Kereta Api Logawa ini langganannya Mertua kalau ke Jogja atau Purwokerto. Aku kalau pesenin tiket selalu online. Kalau nggak beli lewat KAI access ya pakai OTA. Enak praktis. Tinggal ngeprint tiket di stasiun sebelum berangkat.

    ReplyDelete
  24. enak ya kalau pesan pakai OTA itu lebih hemat waktu. Udah gitu tanpa biaya tambahan juga. TOP BGT deh pokoknya. Apalagi aku dan keluarga suka banget naik kereta api meskipun jarang traveling sih, hehe

    ReplyDelete
  25. Di foto pertama, interiornya lain deh beda sama interior kereta yang sering aku lihat. Kereta api semakin banyak kemajuan nih. Sekarang book tiket kereta juga udah bisa dimana aja. Favoritku di KAI access sih tapi ga jarang juga pesen lewat OTA soalnya sering banyak promo hehe.

    ReplyDelete

Recent

recentposts