Pertolongan Pertama Pada Serangan Stroke - Small Things, Kecil Tapi Penting

Pertolongan Pertama Pada Serangan Stroke

Dear Temans, 
Selamat Tahun Baru 2020, semoga kita semua selalu diberkahi Allah, aamiin. Kami sekeluarga menutup tahun 2019 dengan sebuah ujian dari Allah. Ibu mertua yang aktif dan lincah mendadak terserang stroke. Tekanan darahnya saat itu mencapai 200. Astaghfirullah.

Pertolongan Pertama Pada Serangan Stroke
Cepat sembuh Bu

Kejadiannya sekitar awal November, pulang dari acara reuni keluarga besar yang meriah di Solo, Ibu harus dilarikan ke IGD RSUD Ungaran karena sulit tidur dan lemas. Ia langsung dirawat inap. Ternyata, Ibu mengalami gejala stroke. Saat itu, beliau masih bisa duduk.

Setelah pulang dari RS, tak lama Ibu mengalami serangan dan kembali dirawat. Tubuhnya separuh lemas, susah digerakkan. Pemicunya konon, saat ia tidur pulas, dibangunkan karena ada yang menjenguknya. Hiks. 

Setelah Ibu pulang dari perawatan rawat inap RSUD, Ibu kembali diuji dengan serangan berikutnya. Kali ini, kami membawanya ke RS Elisabeth di Semarang. Saat mengalami serangan ini, aku sedang ada di rumah Ibu sehingga menyaksikan langsung. 

Pertolongan Pertama Pada Serangan Stroke
Ibu dan Pak Bagus 

Gejalanya, Ibu mendadak sulit bernapas, bibirnya agak miring, dan bicaranya kurang jelas. Saat itu, yang terpikirkan adalah memberi pertolongan pertama dan segera membawa Ibu ke rumah sakit. Akhirnya, kami mendapatkan ambulan untuk ke rumah sakit. 

Apa itu stroke?
Dari buku Stroke karya dr. Valery Feihin, Ph.D, terbitan BIP, 2006, yang kubaca, stroke adalah cedera vaskular akut pada otak. Stroke adalah cedera mendadak dan berat pada pembuluh darah di otak. Cedera dapat disebabkan oleh sumbatan bekuan darah, penyempitan hingga pecah pembuluh darah. 

Stroke bisa menampakkan gejala, bisa juga tidak. Gejala dapat bersifat fisik, psikologis dan perilaku. Seseorang terkena stroke jika mengalami salah satu atau kombinasi gejala selama lebih dari 24 jam.

Sedangkan orang disebut mengalami gejala stroke atau serangan iskemik sesaat atau  transient ischemic attack (TIA) jika semua gejala lenyap dalam 24 jam. TIA ini juga disebut stroke kecil atau ringan. 

Pertolongan Pertama Pada Serangan Stroke
Dijenguk saudara

Tapi, jangan disepelekan karena jika seseorang mengalami TIA atau gejala stroke, ia beresiko tinggi terkena stroke dan harus segera ditangani dokter. Gejala biasanya datang mendadak dan berlangsung selama 10 detik hingga 15 menit. 

Apa saja gejala peringatan stroke (TIA)?

1.Hilangnya kekuatan di salah satu bagian tubuh terutama di satu sisi, termasuk wajah, lengan, atau tungkai.

2. Rasa kebas atau baal, hilangnya sensasi di satu bagian tubuh atau salah satu sisi.



3.Tidak mampu berbicara dengan benar atau memahami bahasa.

4.Hilangnya keseimbangan berdiri tak mantap atau jatuh .

5. Serangan sementara jenis lain seperti vertigo, pusing bergoyang, kesulitan menelan, kebingungan dan gangguan daya ingat.

6. Nyeri kepala terlalu parah, muncul mendadak.

7. Kehilangan kesadaran bahkan kejang.

Nah, gejala stroke bisa salah satu atau beberapa gejala, dapat terjadi hanya beberapa detik hingga satu hari!  Jika kamu atau seseorang mengalami gejala diatas dan timbul mendadak, segera panggil ambulan dan pergi ke rumah sakit. 

Pertolongan Pertama Pada Serangan Stroke
Nailah jaga Mbah Uti

Sulitnya, gejalanya kadang tak dicurigai sebagai serangan stroke. Seperti tetanggaku yang terbangun kaget ketika ada tamu datang dini hari. Setelah membuka pintu, mendadak lemas dan terjatuh, hilang keseimbangan. Karena dikira lemas biasa, baru dua hari kemudian baru ia ke dokter dan ternyata itu adalah serangan stroke. 

Jika kalian curiga seseorang mengalami serangan stroke, segera panggil ambulan dan lakukan pertolongan pertama berikut ini: 

1. Jika pasien tak sadar, periksa pernapasan dan denyut nadi, longgarkan pakaian. 

2. Jika berada di dalam ruangan, baringkan di tempat tidur atau sofa. Baringkan secara miring dengan kepala terangkat. Jangan biarkan orang pingsan tidur terlentang karena dapat menyebabkan tersedak atau tersumbat saluran napasnya karena lidah.

3. Apabila pasien kesulitan bernapas atau muntah, biarkan berbaring menyamping dengan kepala terangkat. 

4. Jika kejang, singkirkan semua benda yang dapat membentur pasien. Jangan menahan pasien dengan cara apapun termasuk memasukkan jari atau sendok ke mulutnya.

Pertolongan Pertama Pada Serangan Stroke
Buku panduan Stroke 

5. Jangan memberi penderita apa pun untuk dimakan atau diminum karena beresiko tersedak atau terhirup makanan ke paru-paru. 

6. Jika lengan atau tungkai lemah, topanglah dan jangan menariknya saat pasien dipindahkan.

Nah, itulah beberapa langkah pertolongan pertama pada serangan stroke. Semoga bermanfaat ya, Temans. 

Alhamdulillah, keadaan Ibu semakin membaik dengan perawatan dan terapi di rumah. Ia juga sudah bisa makan biasa yang lembut, sudah lepas selang. 

Yang penting, kita sabar dan selalu menjaga suasana hati pasien agar tetap stabil dan bersemangat, rajin dihibur agar hatinya lebih ringan. Itulah saran yang kudapatkan dari Manda dan Mbak Wati. Terima kasih ya teman-temanku tersayang atas doa dan dukungannya. Doaku untuk kalian semua..

Sumber Tulisan:
Buku Stroke, dr. Valery Feihin, Ph.D,
Terbitan BIP, 2006
   

27 comments:

  1. Secara sederhana, stroke terjadi ketika ada cedera pada pembuluh darah di otak, ya Mak. Yang susah itu kalau tanpa gejala ya ....duh semoga kita semua terhindar, ya Mak.

    ReplyDelete
  2. Sama banget dgn ibuku mbao.. jd sedih terkena stroke ringan tiba2 jatuh dari tempat tidur Dan separuh tubuhnya gak bisa bergerak,, alhamdulillah skrng sdh baikkan ... Penting bngt Tau ttg pertolongan Pertama ya

    ReplyDelete
  3. Wah, priyayi sepuh/penderita stroke ga boleh dibangunkan secara mendadak gitu ya Mba? Noted. berarti kalo jenguk org sakit, better gapapa pasien tidur aja. Yg jenguk kan bisa ngobrol dgn caregiver-nya ya

    ReplyDelete
  4. Ya Allah mba aku ikut sedih. Jadi inget mama sendiri huhuhu. Gimana sekarang keadaan ibunya mba? Semoga semakin membaik ya mba. Terimaksih mba untuk tulisannya yang mengedukasi sekali. Ternyata serangannya atau gejalanya kayak yang ringan ya. Jadi banyak yang nyepelein. Aduh kita harus peka berarti ya

    ReplyDelete
  5. Semoga kondisi ibu mertua semakin membaik ya mbak.
    Pengalaman saya, merawat orang stroke itu harus ekstra sabar, karena rata-rata bukan cuma perlu disembuhkan secara fisik, tapi juga kondisi psikologisnya. Yang biasanya kuat kemana-mana sendiri, kini harus selalu butuh bantuan orang lain. Kondisi ini yang sering membuat down. Nah yang paling berat itu tetap meyakinkan dia untuk semangat bisa sembuh

    ReplyDelete
  6. Ingat bapakku kepeleset abis dari mesjid pulangnya langsung ga bisa ngomong dan lumpuh sebelah kanan mba untungnya langsung dibawa ke rumkit setelah di periksa banyak pembuluh darah pecah di kepalanya dan beberapa sumbatan sampai hari ini masih berobat jalan

    ReplyDelete
  7. Ikut sedih waktu dengar kabar dan belum sempat nengok mbak. Jadi ingat bapakku waktu kena serangan stroke, tapi bapak dulu tensinya normal. Kata dokter sih karena usia dan kecapekan.
    Semoga ibu makin membaik ya mbak, insyaa Allah bisa pulih kalo rajin terapi. Semangat juga buat mba Dew dan pak Bagus, juga seluruh keluarga, selalu ada kebaikan dari musibah ini.

    ReplyDelete
  8. Sehat selalu buat Ibu mertua ya Mba Dedew, nenek saya juga kena serangan stroke, sedih memang karena beliau tidak bisa beraktivitas normal lagi. Tapi kami tetap harus menjaga kondisi rumah dan suasana hati harus tetap gembira, menjauhkan beliau dari berita yang sekiranya membebani pikirannya.

    ReplyDelete
  9. Penting bangetnih paham akan pertolongan pertama pada yang terkena serangan stroke , makasih banyak sharingnya mbak Dewi.

    ReplyDelete
  10. Wah, Mba Dedew.. ini tulisannya bermanfaat banget. Saya jadi paham apa aja gelaja stroke.

    ReplyDelete
  11. Wah aku baca cerita stroke nya tegang banget terus langsung adem begitu baca kalimat penutupnya.saat stroke memang doa dan dukungan yg paling utama

    ReplyDelete
  12. Jadi ingat tante aku mba yang kena stroke. Nenekku sebelumnya juga kena stroke. Smoga kita semua selalu diberikan kesehatan ya mba. Makasih sudah berbagi mba

    ReplyDelete
  13. Semoga ibu mertunya lekas pulih dan kembali lincah beraktivitas Mba...

    ReplyDelete
  14. Aku jadi ingat ketika mamahku dulu terkena stroke, beliau harus dirawat di rumah sakit selama 1,5 bulan dan setelahnya menjalani serangkaian terapi. Sebelah kanannya lumpuh dulu itu, alhamdulillah sekarang sudah seperti biasa lagi. Walau tangan kanannya kalau nulis masih suka kayak ngambang gitu.

    ReplyDelete
  15. Semoga ibu mertua cepat membaik ya Mbak Dedew. Baca artikel ini jadi lebih mengerti apa yang harus dilakukan pertama kali jika ada kasus stroke ringan atau tiba tiba terjatuh

    ReplyDelete
  16. Selamat tahun baru juga.

    Semoga Ibu makin sehat dan tidak kambuh lagi strokenya.

    Saya jadi ingat Mama saya, kadang ngeluh kepalanya sakit karena vertigo dan suka pusing. Semoga bukan gejala stroke. :(

    ReplyDelete
  17. Mbak semoga kondisi Ibu tercinta makin membaik ya
    Syukurnya segera dibawa ke RS.
    Bapak mertua (alm) cuma tinggal berdua Ibu, saat stroke, telat ketahuan, ga sempat ke RS sudah meninggal.
    Saya senang jadi tahu info stroke dari artikel ini

    ReplyDelete
  18. Wah berarti kebangun mendadak saat tidur pulas itu nggak baik ya Mbak. Bahaya juga. Bisa memicu kekagetan pada pembuluh otak.

    ReplyDelete
  19. Bener banget perihal jangan memberi makan n minum ini krn bs tersedak. Pernah liat dulu. Serem. Huhu. Semoga kita semua selalu dijaga kesehatannya ya mba.

    ReplyDelete
  20. Pelukkkk
    Sabar mb dew
    Salam sayang buat Ibu
    Semoga cepat sembuh

    ReplyDelete
  21. Semoga ibu lekas membaik ya Dew. Pasti beliau juga sudah pengin untuk kembali pulih. Harus terus disemangati yaaa... Dirimu yang sabar ya Dew, jaga kesehatan juga. Kiss kiss...

    ReplyDelete
  22. Syafakillahu untuk Ibunda...
    Semoga dimudahkan dalam penyembuhannya dan Ibu segera bisa beraktifitas seperti sedia kala.

    ReplyDelete
  23. katanya kalau dalam 3 jam dr serangan langsung dibawa ke UGD dan dapat penanganan, stroke gak bikin sampai lumpuh ya kak? ada tetangga yg keluarga tanggap, alhamdulillah gak sampai kenapa2. semoga ibunya selalu sehat yaa

    ReplyDelete
  24. Syafakillah untuk ibu mertua. Semoga ibu mertua segera pulih kembali. Tetap semangat ya Dew merawat ibu mertua. Terima kasih juga untuk semua sharing ilmunya. Aku jadi paham nih tentang stroke.

    ReplyDelete
  25. Semoga ibu segera pulih, Mbak. Terkondisikan segalanya.

    ReplyDelete
  26. Moga ibu lekas sembuh ya maak. Tulisan ini mengingatkan kitabutk selalu menjaga kesehatan, aku juga merasa ngeri kalo tiba2 sakit merasa blm menerapkan gaya hidup sehat.

    ReplyDelete
  27. Semoga keadaan ibunda segera membaik ya Mbak.
    Kita memang tak tahu kapan stroke bisa menyerang, jadi p3k pada kejadian ini memang harus tahu. Terima kasih buat tulisannya Mbak. Salam kenal.

    ReplyDelete

Recent

recentposts