Cerita Naik Bus Gajah Mungkur, Teman Perjalanan Yang Nyaman - Small Things, Kecil Tapi Penting

Cerita Naik Bus Gajah Mungkur, Teman Perjalanan Yang Nyaman


Dear Temans,
Mungkin banyak yang sudah baca di buku Anak Kos Dodol, kalau zaman kuliah di Jogja, orangtuaku tinggal di Palembang. Karena itulah, kalau akhir pekan atau libur pendek biasanya aku suka ngintil teman mudik ke rumahnya. Biasanya yang rumahnya nggak jauh dari Jogja seperti Boyolali, Pekalongan hingga Wonogiri. 


Bus Gajah Mungkur Wonogiri

Pengalaman berkesan ketika main ke Wonogiri yaitu diajak piknik ke Air Terjun Girimanik dan Waduk Gajah Mungkur. Rasanya fresh banget habis ujian terus piknik menikmati alam. Teman kosku penyelamat hidupku deh, terima kasih sudah mengajak makhluk kurang piknik ini refreshing, haha. 

Nah, Bagi kamu yang tinggal di Wonogiri dan sekitarnya, tentu familiar dengan bus Gajah Mungkur. Bus dengan berbagai macam kelas ini, telah menjadi teman terbaik bagi banyak orang dalam perjalanan. Terutama masalah harga, hehe. Konon, harga tiket bus Gajah Mungkur lebih terjangkau. Maklum, darah anak kos tetap perhitungan walaupun sudah jadi mamak-mamak. Jadi penasaran pengen mengulik lebih jauh, nih.

Perusahaan otobus yang berkantor di Kidul Ngadirojo, Wonogiri telah berdiri sejak tahun 1968. Namun PO Gajah Mungkur baru resmi dikukuhkan tanggal 26 Mei 2012. Awalnya, PO yang didirikan oleh Darmo Sutarno ini diberi nama Tunggal Dara.

Bus Gajah Mungkur

Ya, bus Gajah Mungkur adalah moda transportasi darat yang berasal dari Wonogiri. Jadi, nggak heran kalau armada ini populer di daerah Wonogiri dan sekitarnya. 

Bus Gajah Mungkur Wonogiri

Tahu tidak, Bus Gajah Mungkur juga menyediakan bus dengan rute antar provinsi lho alias AKAP (Antar Kota Antar Provinsi). Jadi, nggak hanya ada rute perjalanan pulang–pergi dari Wonogiri menuju Solo dan  sebaliknya. Aih, aku baru tahu!

Rute Perjalanan Bus Gajah Mungkur

Ya, selain rute perjalanan Wonogiri–Solo, bus Gajah Mungkur ternyata memiliki beragam rute lain termasuk rute AKAP. Bahkan beberapa rute yang populer adalah rute AKAP dari Jakarta menuju beberapa kota di provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

Mungkin efek peresmian jalan Tol Trans Jawa yang nyaman jadi orang kini memilih naik bus yang waktu perjalanannya makin singkat dengan biaya terjangkau. Rute perjalanan AKAP ini meliputi :

1. Rute perjalanan Jakarta-Semarang dan sebaliknya.
2. Rute perjalanan Jakarta-Solo dan sebaliknya.
3. Rute perjalanan Jakarta-Surabaya dan sebaliknya.
4. Rute perjalanan Jakarta-Jogja dan sebaliknya.
5. Rute perjalanan Jakarta-Malang dan sebaliknya.
6. Rute perjalanan Surabaya-Semarang dan sebaliknya. 7. Rute perjalanan Bandung-Jogja dan sebaliknya.

Jenis Kelas dan Fasilitas Bus

Sebagai teman perjalanan, armada bus Gajah Mungkur akan memberikan pelayanan terbaik. Bus Gajah Mungkur menyediakan dua kelas bus yang terdiri dari kelas big top dan kelas eksekutif. Kelas big top merupakan sebutan populer bagi kelas super eksekutif bus Gajah Mungkur.

Bus Gajah Mungkur Wonogiri

Kedua kelas yang ditawarkan bus Gajah Mungkur ini, memiliki fasilitas hampir sama. Keduanya menggunakan Mercedes Benz High Deck Double Glass dengan reclining seat, AC, WiFi, toilet, ruangan khusus untuk perokok, stop kontak, fasilitas hiburan sentral, selimut, bantal dan berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Perbedaannya adalah bus kelas big top memiliki format tempat duduk 1–2 dengan kapasitas bus 20 orang. Sedangkan kelas eksekutif menggunakan format 2–2 dan kapasitasnya 30 orang. Overall, kedua kelas ini sama-sama bagus jadi penumpang tidak kelelahan dan tetap nyaman hingga tiba di kota tujuan. 

Duh, jadi kangen pengen naik bus antar provinsi lagi, rencananya aku dan sobatku Winda ingin menjajal bus ke Denpasar, Bali. Ada nggak ya, rute perjalanan Bus Gajah Mungkur ke Bali? 

Foto: Pixabay.com

13 comments:

  1. Jadi rindu euy naik kereta lagi! Di sini gak ada kereta. Motor, mobil, bus, sepeda ... Tumplek bleg!

    ReplyDelete
  2. Sudah lama gak naik bis yang jarak jauh. Tapi kalau naik bis dalam kota mah sering. Kelilingan aja pakai busway. Yang bis gajah mungkur belum pernah coba

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah ke wonogiri nih. Padahal nama waduknya udah kenal sejak belajar di sd

    ReplyDelete
  4. aku juga sudah lama nggak naik bis nih. kayaknya seru juga ya, apalagi anak juga antusias kalau lihat bis di jalan hehehe

    ReplyDelete
  5. Wah aku blm pernah naik bis ini nih.. Tampaknya aman dan nyaman ya mba..mau juga coba kapan2..

    ReplyDelete
  6. Udah lama banget ga ngebis, meskipun capek dan lama tp seru naik bus. Suamiku tu penggemar bus kadang naik bus pengen nyobain aja gitu klo ada bus yg armadanya baru, sampe tempat trs lamgsung balik lagi. Kurang kerjaan banget kan hahahah

    ReplyDelete
  7. Dah lama banget nggak naik bus jarak jauh..jadi kangen...paling jauh naik bus sekarang paling ke Kebumen mudik ke mertua

    ReplyDelete
  8. Rutenya lumayan banyak juga ya..
    Btw aku lagi merencanakan mudik naik bis, cuma masih mikir anak2 kuat apa nggak..

    ReplyDelete
  9. Aku nggak pernah naik bus jarak jauh kecuali wisata, mbak. Justru suami nih yang suka naik bus dari SEmarang ke Jakarta, tapi bus nya belum pernah dapat dari Wonogiri. Seringnya dari Purwodadi atau Kudus

    ReplyDelete
  10. Jalan-jalan pake bisa gajah mungkur sepertinya menyenangkan, jadi pengen nyobain yang big topnya nih, hehe

    ReplyDelete
  11. Lumayan nih busnya ada yang dari Semarang juga ya, bisa ke Jakarta dan Surabaya naik Bus Gajah Mungkur. Ayo kapan kita rame-rame liburan ke sana naik bus? Boleh dicoba nih.

    ReplyDelete
  12. Bus di Jawa bagus-bagus ya, Bus Gajah Mungkur ini salah satunya. Saya sudah lama gak naik bus antar kota/provinsi. Dulu sering banget pas masih kecil.

    ReplyDelete
  13. Pengalaman naik transportasi umum, di samping ongkosnya yg murah, sering juga karena bisa ide tulisan yang buanyak.
    Makanya jadi suka kangen buat naik angkot lagi.

    ReplyDelete

Recent

recentposts