5 Langkah Membeli dan Cek Tiket KAI di Website Traveloka - Small Things, Kecil Tapi Penting

5 Langkah Membeli dan Cek Tiket KAI di Website Traveloka

Dear Temans, kalian termasuk Sahabat Kai, tidak? Kalau aku penggemar naik kereta api sejak zaman dahulu kala. Apalagi pas zamannya aku takut banget naik pesawat, hehe. Saat tiket pesawat mahal seperti saat ini, kereta api menjadi pilihan utamaku untuk bepergian.



Ada beberapa cara untuk membeli tiket kereta api. Misalnya membeli tiket langsung di loket stasiun, membeli tiket di minimarket, memesan tiket kereta di aplikasi KAI hingga membelinya di Traveloka, salah satu penyedia jasa pembelian tiket online yang cukup terkenal. layanan yang diberikan cukup beragam, dan lengkap. 

Salah satu layanannya adalah menyediakan tiket kereta api ke berbagai tujuan di Indonesia. Jika kalian ingin melakukan traveling menggunakan kereta api, tentunya dapat melakukan pemesanan atau membeli tiket di aplikasi atau website. Sedangkan cara atau langkah beli dan cek tiket KAI di website Traveloka ini tidak terlalu sulit, kalian hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut ini :

1. Cari kereta yang diinginkan

Tahap pertama, buka website Traveloka. Kemudian masuk ke menu “Transportasi”, dan pilih sub menu “tiket kereta api”. Kalian akan melihat beberapa kolom yang harus diisi. Adapun kolom yang yang harus diisi antara lain kolom asal (stasiun awal berangkat), ada juga kolom tujuan (stasiun yang akan dituju). 


Selain itu ada juga kolom tambahan, mulai dari kolom tanggal berangkat, yaitu jadwal berangkat menggunakan kereta api, dan ada pula kolom pulang-pergi. Kalian yang ingin membeli tiket pulang-pergi, sebaiknya gunakan kolom ini, untuk memperoleh tanggal kepulangan. Ada juga kolom berisi jumlah penumpang yang akan ikut perjalanan. Mulai dari jumlah penumpang dewasa dan jumlah penumpang bayi.    

2. Memilih dan memesan kereta

Selanjutnya, Kita akan memperoleh informasi tentang nama kereta, jadwal keberangkatan, jadwal tiba, durasi perjalanan, jumlah transit, dan juga harga tiket per orang akan muncul. 

Kalian bisa memilih salah satu jenis kereta yang akan digunakan berdasarkan nama kereta, waktu keberangkatan, hingga harga yang ditawarkan. 

3. Melengkapi data penumpang

Langkah selanjutnya adalah  melengkapi beberapa data, mulai dari data pemesan yaitu nama pemesan, no ponsel yang dapat dihubungi, dan juga alamat email. 

Selain data pemesan, jangan lupa mengisi data penumpang yang akan membeli tiket. Data yang dimaksud, antara lain nama penumpang, nomer tanda pengenal, dan yang lainnya. Pastikan berbagai informasi yang diberikan benar dan lengkap. Sebelum masuk ke tahap selanjutnya, pastikan berbagai data yang baru diberikan tepat. Jangan lupa untuk cek ulang, ya!

4. Lakukan pembayaran 

Setelah proses pemesanan tiket sudah selesai dilakukan, maka berikutnya masuk ke dalam proses pembayaran.


Sistem pembayaran yang diterima dan ditawarkan oleh pihak Traveloka ini cukup beragam, mulai dari menggunakan kartu kredit (Traveloka menerima kartu berlogo Visa dan mastercard), menggunakan transfer atau melalui ATM, melalui kartu debit, membayar di Indomart / Alfamart, menggunakan aplikasi Uangku, hingga pembayaran paylater.   

Kalian bisa memilih salah satu dari beberapa metode pembayaran yang ditawarkan. Lakukan pembayaran sebelum batas waktu yang ditentukan habis. 

5. Dapatkan e-tiket 

Setelah proses pembayaran selesai, kita akan memperoleh e-tiket, yang dikirimkan melalui email. 

Selain di email, kita juga dapat mengecek e-tiket ini di menu pesanan saya di website atau aplikasi. Tentunya informasi ini diakses, melalui situs atau aplikasi Traveloka. 

Pastikan data yang ada di dalam tiket tersebut tepat, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, tidak ada salahnya jika menghubungi pihak customer service yang ada. 

Agar lebih praktis, kita mengunduh email tersebut di ponsel agar mudah saat  proses check in, kita dapat  menunjukkan tiket  tersebut secara cepat pada petugas jaga di stasiun. 




24 comments:

  1. Aku naik KA itu kayak hiburan dalam hidup gitu Mbaaaa
    Jes ejes ejeesssss, hepi banget kalo lagi traveling pake sepur
    Thanks Traveloka for making life much easier!

    ReplyDelete
  2. hwaaa dah lama ga ajak boyz wisata naik kereta. kepikiran sih pengen ajak mereka ke jawa naik kereta kayaknya seru. makin gampang yaa bisa pesan di traveloka

    ReplyDelete
  3. Aku juga kalau pesan tiket pesawat, kereta api dan hotel di Travaeloka. Udah deh gak usah pindah ke lain hati,udah nyaman aku sama aplikasinya :))

    ReplyDelete
  4. semua serba praktiiiis ya Dew, pesan tiket hingga keberangkatan, milih tempat duduk semua serba online. Dan itu memangkas harga melambung tinggi akibat nge print kertas, buang waktu antree dan macam macam lainnya lagi!

    ReplyDelete
  5. Lebih praktis kalau pake e-tiket ya Mbak. Aku pernah bikin orderan tiket KAI sama bosku, tak pesenin lewat Traveloka, pas ada promo :D tapi aku nggak bilang sama bosku, malah ditambahi fee karena bantu order tiket KAI 🤣 😂

    ReplyDelete
  6. Sekarang aku pun kalau beli tiket kereta api lewat Traveloka, selain biar gampang dan aku bisa pesan apa saja memalui Traveloka biar travelingku lebih nyaman.

    ReplyDelete
  7. Pesan tiket termasuk tiket kereta api memang makin mudah yang mak berkat Traveloka, aku juga paling suka OTA Traveloka karena layanannya lengkap banget dan transaksinya juga mudah serta cepat.

    ReplyDelete
  8. Mbak aku teakhir beli tiket KAI 2 tahun lalu pas mudik lebaran. Dan tahu enggak , pas cari di website resmi KAI habis dong. Eh, waktu cari di Traveloka dapat tiketnya. Hepiii! Keknya memang ada kuota buat Traveloka

    ReplyDelete
  9. Ini nih yang menari buat konsumen:

    Sistem pembayaran yang diterima dan ditawarkan oleh pihak Traveloka ini cukup beragam, mulai dari menggunakan kartu kredit (Traveloka menerima kartu berlogo Visa dan mastercard), menggunakan transfer atau melalui ATM, melalui kartu debit, membayar di Indomart / Alfamart, menggunakan aplikasi Uangku, hingga pembayaran paylater.



    Pembayarannya banyak pilihan dan mudah.

    ReplyDelete
  10. Karena harga tiket kai sekarang lumayan, saya lebih sering cari peruntungan cari goshow mbak ahahaha. Tapi traveloka asyik juga lah ya buat cari-cari tiket 😁

    ReplyDelete
  11. Aku seneng banget kak jadinya kalau beli tiket kereta atau transportasi lainnya saat ini bisa dengan mudah di traveloka ya kak..

    ReplyDelete
  12. Saya setiap beli tiket kereta api di Traveloka terus Mbak. Praktis dan mudah.

    ReplyDelete
  13. halo Mbak Dewi Rieka, saya sebagai pengguna kereta api tapi malah belum pernah pesen via Traveloka. Langkah-langkah untuk pesen tiketnya gampang banget ya ternyata. Traveloka kalau membantu pelanggan emang nggak setengah-setengah, ada terusss inovasinya.

    ReplyDelete
  14. Wah jadi diingetin mau cek tiket juga mbak. Tapi skrng kyknya kudu sebulan sebelum hari H ya minimal ceknya utk tiket KA? Beberapa kali juga aku beli tiket via traveloka. Kira2 jelang tahun baruan gini ada promo gak ya heheh

    ReplyDelete
  15. duuuuh praktisnya. inget banget dulu saat naik kereta, belum kenal pemesanan tiket online. jadinya antre lama di stasiun

    ReplyDelete
  16. Aku nih suka banget naik kereta api. Enak banget emang ya kalau bisa pesen tiket kereta api di traveloka. Lebih gampang dan praktis.

    ReplyDelete
  17. Aku pernah mengalami kesulitan saat mau cetak tiket KAI mbak. Tapi alhamdulillah ga sampe ketinggalan pfoo hoho

    Kudu rajin nhkmY website dan email jl hs

    ReplyDelete
  18. JAdi ingat pengalaman suami yang salah memesan tanggal saat mau ke Bogor, mbak. Akhirnya daripada hangus karena gak terpakai tiketnya, dia ngurus ke kantor KAI di stasiun Tawang. Alhamdulillah bisa disesuaikan dengan tanggal keberangkatan yang diinginkannya. Cuma nambah biaya berapa gitu, dikit sih

    ReplyDelete
  19. Praktis banget ya pesan tiket KAI pake traveloka. Tinggal klik klik dan simpan tiket elektroniknya. Ntar di stasiun tinggal tunjukin aja yaaaa...

    ReplyDelete
  20. aku juga suka banget beli keperluan traveling di Traveloka... beli tiket kereta juga mudah ya...

    ReplyDelete
  21. Berkat Traveloka semua serba mudah ya. Tidak hanya bisa memesan tiket pesawat atau pesan hotel. Untuk pesan tiket kereta api pun bisa melalui traveloka

    ReplyDelete
  22. Praktis banget beli tiket kreta api di traveloka, btw untuk kereta yang tujuan jarak pendek kayak solo jogja atau solo semarang gity tersedia di traveloka juga nggak mbak?

    ReplyDelete
  23. Sebelum ada apliakasi KAI, aku suka banget beli tiket kereta api di Traveloka. Eh sampai sekarang sih, prosesnya mudah dan mayan dapat poin hehe

    ReplyDelete
  24. Saya udah lama nih belum buka traveloka lagi. Sejak menikah seringnya yang pesen tiket suami. Hehe.

    ReplyDelete

Recent

recentposts