Air Terjun Bidadari, Sentul Paradise Park, Bukan di Sentul City

Dear Temans,

Pernah piknik ke Air Terjun Bidadari di Sentul? Tak perlu jauh-jauh untuk menikmati keindahan alam Bogor.  Bagi yang datang dari luar kota tak perlu risau memikirkan naik transportasi apa dari bandara ke Sentul, Kabupaten Bogor. Kita diberi kemudahan booking airport transfers. 

Air Terjun Bidadari Bogor
Piknik ke Sentul ternyata menyenangkan dan banyak pilihan tempat wisata. Selama ini, Sentul terkenal dengan arena balapnya. Tapi, ternyata tak hanya itu kelebihannya. 

Saat kumpul keluarga pada liburan sekolah, adalah waktunya kami mengeksplorasi Sentul.  Kami pun mencari blog yang membahas wisata di Sentul City. 


Baiklah, kami bersepuluh dengan pak supir yang sedang bekerja pun berangkat semobil naik Livina. Sempit tapi ah dekat ini hanya ke Sentul City.

Kami tertarik dengan ulasan seorang blogger  dalam artikel  10 wisata terkenal di Sentul City. Artikelnya menyebutkan tentang air terjun Bidadari dan Taman Patung. Baiklah.


Kami pun berangkat dari Kota Bogor lewat Tol menuju Sentul City. Di blog itu memang nggak dijelaskan berapa jarak lokasi Sentul Paradise Park itu dari Sentul City. Dan aku nggak ubek-ubek lagi lebih lanjut hihihi.

Walaupun tersirat rasa heran, masak ya ada air terjun di tengah Sentul City? Biasanya kan di pelosok daerah gitu?


Olala, kami terkecoh sama tulisan si blogger hahaha. Ternyata lokasi Sentul Paradise Park yang ia sebut di kawasan Sentul City itu jauuh bingit! Haha.

Butuh waktu perjalanan sekitar 50 menitan hingga 1 jam dari pintu Tol Sentul City untuk mencapai kawasannya karena kami sibuk bertanya pada warga sekitar. Itu juga pakai bantuan GPS.


Waduh, bertualang beneran kita ini? Padahal kami pakai baju santai mau ke mal dan nggak bawa bekal.
Iya, perjalanannya seperti kalau mau ke Sukabumi lewat jalan tikus hehe, jalanan sempit dan menanjak.

Berliku-liku seperti daerah Puncak juga. Mana mobilnya berat pula ya, jadi agak ngos-ngosan hehe. AC pun dimatikan karena khawatir tidak kuat menanjak.


Pemandangannya indah.
Ada jurang juga hehe menggetarkan hati. Siapa bilang ini Sentul City, Bang blogger? Huh! Jalanan pun terus menanjak dan makin berliku. Rada jelek dan berbatu juga di beberapa bagian.
Aduh!

Beralamat di Desa Bojong Koneng, Sentul Kabupaten Bogor. Kami melewati Jalan Raya Cijayanti dan menempuh sekitar 22 Km, Bang! Kalau dari Bogor Kota,  bisa juga lewat Cimahpar katanya.

Berhubung adik iparku dan anaknya nggak tahan naik mobil, jadilah mereka muntah-muntah di perjalanan. Kami pun berhenti untuk bebersih. Ciut deh hatiku karena aku yang mencari informasi di internet soal halan-halan kali ini hihi.


Akhirnya, ada keramaian dan spanduk yang bertuliskan Sentul Paradise Park. Yes, Sudah sampai!  Olala, senang dulu. Ternyata perjalanan kalian masih panjang dan berbatu! 

Oh tidak, jalanannya benar-benar rusak dan berbatu. Kami melihat deretan mobil sedang berjibaku menyusuri jalan rusak parah itu. Terbayang kalau hujan, pasti jadi arena road race, mandi lumpur!

Mamaku kali ini benar-benar mengomel tidak mau meneruskan perjalanan. Mobil imutnya kudu kerja keras hari ini, hiks! Asal nggak kandas saja! Mana muatannya berat, Beb! Tapi, masa sudah jauh-jauh kesini eh putar balik lagi? Kami pun meneguhkan tekad.


Akhirnya, ada gapura Sentul Paradise Park!
Eng ing eng, tapi perjalanan masih jauh. Kami melihat mobil Brio sedang berjuang di kejauhan. Emakku merapal doa keselamatan. Alhamdulillah, akhirnya tiba juga!

Kami menuju ke loket dan menemukan harga tiket masuk yang cukup fantastis. Per orang kudu membayar Rp40.000 karena sedang masa liburan. Harga yang sama juga berlaku bila weekend. Untuk hari biasa Rp25.000 per orang.

Untungnya, air terjun Bidadari ini tak perlu berjalan kaki jauh.  Hanya jalan kaki sebentar, kami sudah sampai ke air terjun fenomenal ini karena perjalanannya yang membuat sport jantung. Karena masih suasana libur sekolah, ramai sekali. Kolam dangkal untuk bermain air dipenuhi orang jadi mirip cendol, hehe. 


Yang melegakan hati setelah perjalanan panjang dan kantong bolong, air terjunnya memang cantik. Pemandangan sekitar air terjun berupa bukit-bukit menghijau pun memanjakan mata.

Walau air terjunnya tidak terlalu tinggi, sekitar 40m tapi aliran airnya deras. Banyak orang mandi di bawah air terjun itu padahal tidak terlalu luas. Disebut air terjun Bidadari karena jika selesai hujan, sering nampak pelangi disana.

Objek wisata ini sudah dikenal sejak 10 tahun lalu, warga kampung disekitar perumahanku sering main kesana. Tapi, saat itu masih disebut air terjun Bojong Koneng sesuai nama desanya. Setelah dikelola swasta, kawasan wisata ini berganti nama menjadi Sentul Paradise Park. 

Alde senang sekali karena dia belum pernah melihat air terjun. Dia bahkan memaksa mandi di sungainya tapi kami kan berencana piknik santai di Sentul City, tidak membawa perlengkapan mandi hahaha. Dia menangis deh tapi tak lama karena diajak berfoto dibawah air terjun. 

Ada banyak saung untuk bersantai di sekitar air terjun dan bisa disewa. Ada tempat makan juga. Ada persewaan ban renang dan permainan flying fox. Kami tak lama disana karena mendung sudah menyelimuti. Takut hujan deras. Kebayang gimana hancurnya  jalanan kalau hujan? 

Ternyata pulangnya, mobil nyaris kandas dan kami pun terpaksa turun dan berjalan kaki hahaha. Bagus tempat wisatanya tapi lebih keren kalau dikelola lebih baik lagi terutama jalanannya yang rusak berat. Jadi saran untuk yang berwisata ke Sentul Paradise Park, datanglah pagi-pagi karena biasanya siangan dikit hujan.

Jangan pas libur atau weekend karena ramai banget pengunjungnya. Terus, pakai mobil yang tinggi biar nggak kandas hehe. Terakhir, jangan pakai high heel nanti terpeleset, Cyiiin! Hihihi... 






Dewi Rieka

Seorang penulis buku, blogger dan suka berbagi ilmu menulis di Ruang Aksara

Post a Comment

Previous Post Next Post