Serunya English Club di Perpustakaan Cinta Baca Bogor - Small Things, Kecil Tapi Penting

Serunya English Club di Perpustakaan Cinta Baca Bogor

Dear Temans,
Beberapa waktu lalu, aku mengulas tentang Perpustakaan Cinta Baca di Bogor ya. Kali ini aku mau cerita tentang kegiatan rutin English Club dan Story Telling di Cinta Baca.

English Club Perpustakaan Cinta Baca Bogor
English Club Cinta Baca Bogor
 (Foto: Cinta Baca)

Perpustakaan Cinta Baca yang beralamat di Jalan Bogor Baru A2/17 Tegal Gundil, Bogor ini cukup banyak anggotanya. Saat liburan sekolah, mereka banyak mengadakan kegiatan gratis. 

Tahu kan, liburan kali ini panjang sekali karena liburan lebaran ditambah dengan liburan sekolah. Kalau tak pandai menyiasati, anak-anak bakalan mengeluh bosan sepanjang hari. Hehe. Aku sampai terpikir menulis artikel 8 benda yang bikin liburan anak asyik di my-best.id, hihi. Jangan lupa mampir ya! 

English Club Perpustakaan Cinta Baca Bogor
Para narasumber main pantomim

Website tersebut menarik lho. Isinya berbagai produk rekomendasi para influencer yang dapat dibeli di market place. Bingung pilih skinker atau peralatan kemping? Bisa cek rekomendasinya di sini. Membantu banget kan!

Nah, lanjut tentang Cinta Baca, aku dan Kak Nailah sering melihat akun Instagram mereka. Maklum, Kak Nai semangat sekali belajar Bahasa Inggris. Dan ia tertarik banget kegiatan belajar Bahasa Inggris di sana. Jadi, ketika liburan di Bogor kami merapat deh ke sana pada hari Selasa pukul 15.30. 

English Club Perpustakaan Cinta Baca Bogor
Menari Cha Cha bersama-sama (Foto: Cinta Baca)

Setiap hari Selasa, ada yang namanya English Club. Biasanya diisi oleh native speaker dari berbagai negara. Ya, kebanyakan pengisinya adalah mahasiswa dari luar negeri yang sedang berlibur di Indonesia. Apalagi, saat itu di Amerika Serikat liburan musim panas. 

Oh iya, Acara bertajuk Culture Exchange itu termasuk kegiatan English Club yang cukup besar. Pesertanya membludak memenuhi lantai dua perpustakaan. Di pojok ruangan disediakan camilan ringan dan minuman. 

Bintang tamunya adalah lima mahasiswa dari Amerika Serikat. Nama mereka adalah Amanda, Ian, Mark, Kevin dan  Mary. Amanda adalah mahasiswi berdarah AS dan Indonesia yang sedang kuliah di Bogor. Penampilannya tidak terlalu bule dengan rambutnya yang hitam. 

English Club Perpustakaan Cinta Baca Bogor
Memperagakan salaman gaya Amrik 

Saat kami datang, acara baru dimulai. Mereka memperkenalkan diri dan bercerita tentang budaya dan adat-istiadat daerah mereka. Ya, kelimanya tinggal di negara bagian yang berbeda. Dan kebiasaan tiap daerah ternyata bisa jauh berbeda. 

Termasuk aksen bahasa mereka. Ian yang tinggal di Mississippi logat bicaranya ala koboi gitu, haha. Menyebut suatu kata bisa beda dengan teman-temannya yang lain. Ada Mark yang menceritakan ingar-bingarnya musik jazz dan blues di daerah asalnya, New Orleans. Menarik!

English Club Perpustakaan Cinta Baca Bogor
Semoga makin semangat belajar kak

English Club Perpustakaan Cinta Baca Bogor
Ian yang logatnya lucuu

Seru juga deh mendengar cerita tentang musik, makanan, dan kebiasaan unik di daerah mereka. Kami juga diajak pantomim, menari dan bernyanyi bersama. Amanda yang bersuara merdu malah tampil menyanyikan lagu Opera yang tinggi nadanya. Wow! 

Karena judulnya pertukaran budaya, dari pihak Cinta Baca juga presentasi tentang keindahan negara kita dan memutar video pariwisata Wonderful Indonesia. Ada pula penampilan Widya menari jaipongan dan Pak Delta bernyanyi lagu Judi dari Rhoma Irama dengan suara dan gaya persis penyanyi aslinya. Meriah dan nggak berhenti ngakak! Hahaha.

Nailah bahagia banget mengikuti English Club hari itu. Kami sempat dua kali ikut acaranya. Sayang jauh ya, padahal acara ini bergizi sekali bisa melatih keberanian kita untuk ngomong dalam bahasa Inggris. 

English Club Perpustakaan Cinta Baca Bogor
Kegiatan Kejar Baca setiap Jumat
(Foto: Cinta Baca)

Selain English Club Cinta Baca yang boleh diikuti anak-anak dan dewasa, ada kegiatan Kejar Baca atau Story Telling setiap Jumat sore. Pengisi acaranya juga biasanya native speaker atau kakak-kakak mahasiswa yang membacakan buku cerita dan mengajak anak-anak bermain. Seru ya kegiatannya! 

Semoga nanti bisa ada acara seseru ini di Ungaran. Atau mungkin ada mama-mama yang ingin berkolaborasi denganku bikin acara serupa di sini? Hehe, yuk! 




25 comments:

  1. wah seru banget ada perpustakaan yang penuh dengan kegiatan educatif ini. terlebih lagi ada native speaker langsung yang mengajarkan bahasa inggris dengan mengundang banyak antusias anak-anak. saya harap tidak hanya bogor saja tapi di daerah lain harusnya lebih banyak perpustakaan seperti ini.

    ReplyDelete
  2. Iih ini seru banget! Aku suka kegiatan2 yg kayak gini soalnya suka bingung kalau anak liburan ngapain ya biar seru tapi tetep dapetin ilmu, daripada di rumah doang nonton tivi hihihi :D kalau di Jakarta punya infonya ngga mba?

    ReplyDelete
  3. Ikut acara dan pertemuan begini apalagi dalam kelas English Club dengan native speaker itu improve banget apalagi buat anak-anak ya mbak

    ReplyDelete
  4. Liburan yang berkesan dan bermanfaat banget buat anak-anak ya, Mba. Apalagi bisa ketemu dan ngedenger langsung bule cas cis cus XD :D

    ReplyDelete
  5. aduhai mau banget, bisa kali ya diajukan ke perpus kota saya. Itu seru banget, ada native speaker segala

    ReplyDelete
  6. senangnyaaa jadi bisa belajar budaya bangsa lain. mungkin seperti kita di sini yg logat bicaranya macam2 ya kak. hihi. jd penasaran bagaimana aksen mereka deh. pengen dengerin langsung

    ReplyDelete
  7. ih asik banget! ini buat visitor boleh atau hanya yang terdaftar sih mba? untuk usia berapa aja sih boleh ikutan?

    ReplyDelete
  8. Jadi inget zaman SMA, ada eskul english study club. Emang seru karena kita dipaksa untuk speaking English di situ dan membiasakan diri mengucapkan ya.

    ReplyDelete
  9. Aku tuh pengen anakku jago bahasa Inggris dan kayaknya harus ikut kegiatan seperti ini biar juga makin jago ngomong bahasa iNggris :)

    ReplyDelete
  10. Waaah makasih infonya mbak. Buat anak2 kecil 4-6 tahunan bisa juga gak ya? AKu pengen ikutin anakku sekaligus emaknya jg pengen banget belajar Bhs. Inggris. Ada websitenya atau gmn mbak? Pengen tahu lebih lanjut, ini pertemuannya annual atau pas liburan itu aja ya?

    ReplyDelete
  11. ikutan acara seperti ini emang seru banget ya mbak. Apalagi untuk anak-anak. Dapat menambah ilmu bagi mereka banget. Apalagi penyajinya langsung dari lluar negeri. Makin klop deh

    ReplyDelete
  12. Mba, acara English Club di perpustakaan Bogor ini berbayar atau gimana mba? Mayan nih buat improve skill english language

    ReplyDelete
  13. Wuiihh seru banget ya. Mbak, kalau bikin acara begini di Semarang atau Ungaran, kabarin aq ya. Pengen banget ajak anakku ikutan.

    ReplyDelete
  14. Seru banget ini mba, aku juga pengin belajar bahasa inggris.

    ReplyDelete
  15. Mb dew dirimu iki pindah mrenr atau kepiye mba? Seringe ndek bogor saiki ya

    ReplyDelete
  16. Aku juga pernah ikut aktivitas yang sama lho.
    My English Club, namanya!

    Klub ini hanya untuk relawan pengajar yang tidak punya latar belakang pendidikan bahasa Inggris namun ingin berbagi di komunitas tempat dia bergabung.

    Seru banget!

    Jadi pengen bikin artikelnya eui...

    ReplyDelete
  17. Wah, seru sekali acara. Untuk belajar bahasa asing yang terpenting memang berani menggunakanny agar semakin lancar...

    ReplyDelete
  18. Wah, seru banget ini. Anak-anakku kalo ikutan pada suka deh. Dari internet mereka jadi suka Bahasa Inggris. Kepengen deh bisa mereka bisa praktekin ngomong langsung gitu. Di English Club hal ini sangat memungkinkan.

    ReplyDelete
  19. Asik banget ini ada English Club, ini khusus anak-anak gitu atau gimana mbak? Menurutku anak-anak juga perlu sekali mengenal dan bisa belajar bahasa Inggris karena mau tidak mau ini selalu dipakai sih.

    ReplyDelete
  20. Anak-anak ini paling semangat kalau acaranya ada hubungannya sama culture exchange.
    Mereka bisa saling mendapat cerita dan kebiasaan baru.

    ReplyDelete
  21. Seru banget acara English Club-nya. Belajar sambil bermain. Anak-anak jadi nggak bosen belajarnya. Semoga Bahasa Inggris Kak Nai semakin bagus ya.

    ReplyDelete
  22. Idenya keren nih, Mba Dewi. Harusnya setiap perpustakaan memilki program2 yang interaktif seperi ini. Biar hidup perpustakaannya.

    ReplyDelete
  23. Mbak, ini Bogornya ndek mana je, kapan-kapan pengin ke sana euy. Anankku seneng banget acara-acara kayak gini. Untuk melatih percaya diri juga menambah wawasan baru kayaknya perlu banget sering dibawa ke event2 kayak gini.

    ReplyDelete
  24. wah keren nih kegiatannya.. kalo ada yang deket sini mau banget nih anakku kuikutkan...

    ReplyDelete
  25. Bagus banget ini kegiatannya. Iya, sayangnya jauh di Bogor. Semoga bisa menular ke kota-kota lain ya mbak, pasti bakal banyak juga peminatnya

    ReplyDelete

Recent

recentposts