Sunday, September 24, 2017

7 Aplikasi Pendukung Ngeblog Dedew

7 Aplikasi Pendukung Ngeblog Dedew. Dear Temans, tahun ini memang aku kebanyakan ngeblog ketimbang menulis buku, huhu. Pilu, deh. 

Sharing tentang ngeblog (Foto Tribun Jateng)

Yup, Saat ini, aku mengelola 4 blog beserta akun media sosial masing-masing blog yaitu Twitter, Instagram dan Fan Page.

Keempat blogku adalah  yang utama www.dewirieka.com, terus toko onlineku bisa kamu intip di www.tokonabihah.com, blog tentang wisata dan kuliner Kabupaten Semarang www.semarangcoret.com dan yang terbaru adalah blog jalan-jalanku di www.pejalansantai.com


Alhamdulillah, peringkat blogku lumayan kece sehingga lumayan sering dapat job. Kegigihan dan keuletan ternyata membuahkan hasil, yes. 

Saat ini aku lebih memaksimalkan ponsel pintar daripada ngeblog via laptop. Prospek ngeblog dan ngebuzzer saat ini lumayan cerah, saat ini ngeblog mulai menghasilkan pendapatan karena brand dan pihak lain mulai melirik blog untuk bekerjasama. 


Misalnya untuk menulis artikel review suatu produk seperti yang banyak kutuliskan di ketiga blogku.  Atau ngebuzzer suatu program atau produk di akun media sosialku.

Puluhan brand sudah bekerjasama denganku diantaranya Tokopedia, Ezytravel, ASUS, Zalora, Dancow, Pertamina, dan banyak lagi. 

Ya, ngeblog makin bertumbuh. Tak hanya untuk curhat, silaturahmi, atau berlatih menulis, atau mendokumentasikan artikelku yang dimuat media massa seperti tujuanku awal ngeblog dulu. Saat masih unyu dan bergumul dengan Multiply.

Saat itu, aku murni berlatih menulis dan cari teman, hihi. Alhamdulillah, bisa dapat penghasilan tambahan di kala semangat menulis bukuku sedang lesu, yes. 

Saat ini, Kuusahakan sih tetap seimbang baik ngeblog dan menulis buku karena kepuasannya berbeda. Menulis buku itu proyek jangka panjang yang seru. 


Kebetulan tema aplikasi yang menunjang ngeblog ini menjadi topik #ArisanBlogGandjelRel ke 11. Usulan pemenang putaran ini yaitu Mbak Rahmawati dan Nyi Panengah Dewanti. 

Mbak Rahma kerap berbagi cerita yang mengharukan di blog untuk mengenang almarhum anaknya. Ya, menulis bagus sekali untuk menghibur hati dan proses penyembuhan luka batin. 

Sedangkan Nyi adalah penulis produktif yang baru menikah. Keep productive ya Nyii habis jadi nyonyah, hehe. 

Ya, aku memiliki beberapa aplikasi andalan yang kugunakan untuk mendukung kegiatan ngeblogku di ponsel pintar. Apa saja? Intip yuk!

1. Google Chrome

Aplikasi browser di ponsel ini baru kumanfaatkan. Tadinya, aku pakai browser Penguin yang rasanya makin berat. Untuk buka blogspot, aku nggak pakai aplikasi tapi cukup buka via browser ini. Praktis, bisa sekalian buka Google Search untuk cari bahan tulisan. 

2. WPS Office

Aku juga sering menulis artikel blog di WPS Office sebelum dikopas ke Blogspot. Aplikasi ini bisa juga untuk buka dokumen invoice atau brief job dari klien, menghitung jumlah kata, hehe. 

Asyik juga mengetik naskah cerita via ponsel dengan menggunakan WPS Office. Lengkap lho aplikasi ini ada fitur untuk scan, terus bikin slide presentasi hingga bikin spreadsheet. Mau coba ah, bikin slide presentasi di ponsel. Keren! 


3. PicsArt

Untuk mengedit foto agar tidak terlalu besar resolusinya di blog, aku mengunduh aplikasi PicsArt di ponsel. Terbantu banget karena bisa memposting foto yang nggak berat di blog berkat PicsArt ini. PicsArt ini juga bisa untuk mendandani foto, bikin kolase dan banyak lagi fiturnya. 

4. Share It

Untuk kirim-kirim foto, selain Watsap aku juga pakai Share It. Lebih ringan dan cepat deh kalau pakai aplikasi ini. Kirim file dokumen bahkan aplikasi lain pun bisa. Nggak zaman pakai Bluetooth, Sis! Wkwk. 

5. Watsapp

Ini andalanku untuk berkomunikasi dengan agency, klien, teman-teman blogger hingga editor bukuku. Biasanya koordinasi sebuah job menggunakan Watsap, bisa secara personal atau membentuk grup khusus. 

6. Gmail

Aplikasi Gmail juga berguna banget nih untuk kegiatan ngeblog. Biasanya kita pakai email untuk kirim brief job, atau invoice dan penawaran kerja.

Dengan unduh aplikasi ini, Kita jadi nggak ketinggalan info gegara nggak sempat buka e-mail. Sayang kan, peluang kerja melayang karena kita telat buka e-mail?

Kita bisa memasang beberapa akun email di dalam satu aplikasi. Jadi, tetap update kalau ada email masuk. Balasnya pun bisa langsung via ponsel!

7. Aplikasi Media Sosial

Saat ini blogger dituntut untuk punya akun media sosial yang cukup banyak teman atau followernya. Jadi, kami tak hanya ngeblog tapi sepaket jadi buzzer, hehe. 

Untuk itu, aku memasang aplikasi Twitter dan Instagram di ponselku. Satu aplikasi bisa memuat hingga beberapa akun Instagram dan Twitter. Praktis. Jangan sampai salah akun yaa, pas ngetwit! Haha. 

Nah, itulah tujuh aplikasi yang jadi andalanku saat ngeblog. Doakan ya, aku bisa tetap semangat berbagi lewat tulisanku di blog dan di buku. Sampai jumpa! 

12 comments:

  1. Ibarat memasak, aplikasi-aplikasi ini adalah alat dapur yang wajib ada utk menghasilkan masakan yang enak di meja makan.

    Lah perumpamaanku kok ya makanan, ketahuan hobi makan haha :D

    ReplyDelete
  2. Mbak, aku suka sama tema HPnya. Laut, biru. *rak nyambung.
    Tapi kalo tema HP kece gini, bisa makin semangat deh ya ngeblognya.

    ReplyDelete
  3. Kece lah Dedew, produktif biyangeeettt :*

    ReplyDelete
  4. Mbak dewwwww,aku padamu!!!keren bangetlah pokoknya!!!ya nulis,ya ngeblog...
    aku belum instan share it,tabletku g cukup.

    ReplyDelete
  5. Wah komplit y mba aplikasinya. Tfs mb dedew...

    ReplyDelete
  6. Cocok nih aku pakai semua, tapi belum bisa fokus mengelola banyak blog, keren Mbk

    ReplyDelete
  7. Asyik yah, ngeblok jadi makin mudah..kapanpun dan dimanapun kita berada.. aku juga suka pake WPS :)

    ReplyDelete
  8. Blogger sejati nih mb Dedew....konsisten ngeblog, memanfaatkan aplikasi yang ada..ditunjang dengan menciptakan artikel yang menarik dan berbobot tentu akan membuat agency melirik blog bahkan sering diajak kerjasama. TFS ya mbak

    ReplyDelete
  9. Yoast engine nggak pake kak? Hihihi

    ReplyDelete
  10. Wah baru pakai yang 1, 5,6 dan 7 aja nih, aku mah suka langsung aja di entry blogpostnya mbak dew heuheu

    ReplyDelete
  11. salut deh mbak dedew bisa banyak pegang blog dan update semua.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...